Tuesday, March 10, 2009

Invisible hand

Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand Invisible hand'Invisible hand' disini bukan yang dikatakan oleh Adam Smith, Milton Friedman, Leon Walras, atau Vifredo Pareto dan lain sebagainya yang membicarakan masalah ekonomi pasar hingga bisa menganalisa kapan krisis ekonomi terjadi dan disembuhkan, kapan-kapan sajalah ngomong hal itu, emang sekarang sudah krisis dan PHK sudah mulai dikampanyekan oleh 'Invisible hand' demi keamanan keuangan perusahaannya, dan kekompakan para warga dunia untuk tidak memiliki uang maupun boros berbelanja secara miskin bersama dan kompak wahaha...

Hanya karena kekacauan pikiran sajalah saya tertarik dengan fenomena 'Invisible hand' ini seperti peristiwa-peristiwa aneh yang muncul di media, tentunya memang ada sumbernya dan cilakanya ada korbannya juga, seperti kasus 'Invisible hand' yang menimpa Kiki Fatmala, eh invisible nggak ya... karena tidak kelihatan dengan jelas. Saling memamerkan foto narsis para caleg di pinggir jalan atau sawah yang dipasang oleh 'Invisible hand' karena sangat tidak teratur dan saling menutupi satu sama lain.

Terkuncinya pesawat sukhoi oleh misille yang di kendalikan oleh 'Invisible hand', namun sekarang sudah nggak ada khabarnya lagi. Terbongkarnya aib-aib para calon legislatif oleh 'Invisible hand' juga meramaikan kabar di media, ataukah 'Invisible hand' ini adalah tukang ketik di media nyata maupun siluman maya, aneh sekali... atau memang bunuh diri...

Penangkapan para koruptor untuk pembersihan dan kadang dituduh bernuansa politis juga sering bermuara pada 'Invisible hand' dari kekuasaan. 'Invisible hand' ini menyentuh kelamin-kelamin musuh kekuasaan untuk dapat diekspose menjadi aib yang sangat memalukan untuk membunuh karakter yang sudah sekian lama dibangun, 'Invisible hand' sangat cerdik dalam melihat permasalahan dalam kehati-hatiannya sehingga bisa jadi hanya karena remasan sedikit rangsang susu sebelahnya... wuakaka... namun bukan berimbas positif seperti pada para penyedia nutrisi di atas gunung nan sejuk.

Secara nalar banyak kejadian yang menimpa semuanya bukan karena 'Invisible hand' yang kadang dimaksudkan kepada Yang Di Atas, namun adalah karma, kesalahan sendiri dan keterkaitan dengan masalalu, atau permasalahan yang lainnya. Manusia kadang tidak mau mengakui dengan akalnya sendiri namun selalu berusaha mencari pembenaran dengan asal kadangkala, dan melarikan permasalahan kepada 'Invisible hand' yang diamini sebagai diluar kekuasaannya.

Dalam kontes menuju kekuasaan inipun tak luput dari 'Invisible hand' tersebut, seperti ketika setiap pilkades, banyak orang tua yang cenderung tidak tidur dan menunggu 'wahyu atau ndaru' yaitu sinar yang membawa berkah pada malam hari dan jatuh ke tempat calon yang akan menang besoknya... wallahu allam ..., semoga dalam politik kekuasaan pun para penguasa juga paham bahwa 'Invisible hand' itu memang ada dan setiap saat bisa berubah arah... dan menyerang tanpa ampun.

gambar: image invisible hand

101 comments:

  1. invisible hand itu siapa ya yang pertama kali memopuperkan istilahnya,

    kenapa kalo memang asosiasinya ke GOD ndak langsung bilang GOD gitu aja?

    ReplyDelete
  2. Terminologi baru buat saya...thanks

    ReplyDelete
  3. invisible hand apa mirip dengan the untouchable mas ?

    ReplyDelete
  4. sudah sewajarnya sebagai manusia yang beriman selalu percaya akan adanya "invisible hand" atau "invisible power" sebagai ujud hukum alam sebab-akibat.

    ReplyDelete
  5. agaknya mas suryaden ingin menyentuhkan Tuhan secara diam-diam buat orang-orang yang gak peduli adanya God.

    ReplyDelete
  6. invisible hand kuwi seng biasane ngremes trus oleh colostrum *ngelirik lereng menoreh* :))

    ReplyDelete
  7. Berarti, kadang invesible hand nggak dilarang tapi harus hati-hati, karena akan jd karma..he5, jd calon penguasa yg biasanya main kotor dr blakang..hati-hati ya..:-D

    ReplyDelete
  8. bukannya sekarang condong ke visible hand???

    ReplyDelete
  9. Top posting !!!

    Abang jadi ingat dengan bapak Ekonomi Modern, Adam Smith, pada abad ke-18 yang menciptakan konsep invisible hand yang menyatakan bahwa tindakan seorang individu yang didorong oleh kepentingan dirinya sendiri pada akhirnya akan menghasilkan solusi yang paling optimum untuk kepentingan bersama. Seakan-akan mereka dituntun oleh ”tangan tak terlihat”’ untuk mencapai efisiensi, suatu kondisi yang menjamin kesejahteraan masyarakat secara umum tercapai maksimal.

    Konsep ini menjadi fondasi yang membangun sistem ekonomi pasar yang menjadi landasan ekonomi di hampir semua negara termasuk Indonesia. Jargon terpenting ekonomi pasar yaitu efisiensi.

    Salam

    ReplyDelete
  10. Hmm... kadang invisible hand ini di kambing hitamkan juga.. Pertanyaan saya tuh.. kenapa namanya kambing hitam? kenapa bukan kambing abu2 atau belang2? kenapa musti si kambing hitam, kasian juga kambing hitam-nya di kambing hitamkan.. kalau gulai kambing atau sate kambing itu jauh lebih enak.

    *OK saya ngaku saya OOT banget*

    ReplyDelete
  11. Invisible hand......penjabarannya luas banget mas...bisa jadi Tuhan, bisa jadi oknum, bisa jadi kambing hitam, bisa juga jadi Maling.....apa lagi kalo punya ilmu Invisible hand...pasti kaga bakal kena tangkep ya mas.....

    ReplyDelete
  12. weh bisa menjadi apa saja ya si invisible hand
    kalo semua semua adalah invisible hand... kenapa si invisible hand ndak daftar calek ajah ya?

    ReplyDelete
  13. Dalam politik kekuasaan aku percaya tuh adanya invisible hand...

    ReplyDelete
  14. invisible hand = cuci tangan, meremas atau mencolek?
    hahahahahaha...

    ReplyDelete
  15. SALUT buat INVISIBLE HAND, hahhaha PENYAMUN NEBENG TRAFFIC AJA DEH.... nice post bro...

    ReplyDelete
  16. untung 'tangan' itu gak kelihatan..
    bayangkan kalau kita bisa melihatnya :)

    ReplyDelete
  17. kalo invisible man ane dah nonton, kalo invisible hand menjelang 090409 mah banyaaak!!!

    ReplyDelete
  18. Saya baru denger ada istilah seperti itu...

    ReplyDelete
  19. Great Posting, mas !!!

    invisible hand itu karma? oknum? atau lempar batu sembunyi tangan ??

    ReplyDelete
  20. sebuah realita kehidupan bahwa kita hidup tak lepas dari sebuah benih yang kita tanam

    ReplyDelete
  21. Invisible hand itu arti spesifik apa ya mas???

    ReplyDelete
  22. Wakakakak....
    Mosokk sech yang nyolek Kiki Fatmala "Invisible Hand"..??
    Invisible Hand itu sebangsa tuyl sama genderuwo khan mas?.. ekekekekek.....

    ReplyDelete
  23. Seperti 'tangan tuhan' gitu yaaa....

    Tapi...klo kasus nya kiki fatmala mah...'jamil hand ' itu namanya...hi...hi...hi....

    ReplyDelete
  24. Blog ini juga bagi saya hadir karena 'invisible hand'. Wong saya gak liat tangan mas Suryaden saat ngetik tulisan2 di blog ini. Hehe..

    ReplyDelete
  25. bakhakhakhakha ..

    klo baju invisible ada nga ?

    pan seru tuh jeroannya kliatan smua @_@ wakakakakakkaka #uhuk2, aduh batuk gara2 ketawa molo ..

    badewey , suryaden ikut2an nembak keyword kiki fatmala wakakakakakakakaka ... ngakak guling2 ..

    ReplyDelete
  26. gooooooooooollll....
    Diego Armando Maradona pun pernah melakukannya...Salute

    ReplyDelete
  27. Ya invisible Hand..hebat! Bahkan tak ada seorangpun tau tentangnya. Aku mending jadi invisible man aja deh...beraksi dari balik layar

    ReplyDelete
  28. Para politikus kotor sadarlah bahwa Sang Invisible Hand dapat dengan mudah menghinakan kalian semua.

    ReplyDelete
  29. Invisible hand, itu saat tangan masuk kedalam celana....hahaha...yg kliatan malah mukanya...aneh

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  31. Sudah lama saya mendengar tentang invisible hand ini, begitu dashyat kekuatan mereka sampai2 gak ada yang bisa menghentikan ataupun sekedar meramalkan apa rencana mereka selanjutnya.Sadar atau tidak, suka maupun nggak suka Indonesia memang masih dikuasai oleh oknum2 kuat yang berada dibalik invisible hand itu...

    ReplyDelete
  32. Hahahahha...kiki fatmala mah gak invisible kalee :D
    Tapi emang bny invisible hand,gak hanya di dunia politiklah, selebritis gitu jg banyak bangeettt

    ReplyDelete
  33. Yang Paling Sering terjadi memang manusia selalu mengatakan ini faktor itu lah inilah, dan manusia jarang mau dipersalahkan :)

    Salam :)

    ReplyDelete
  34. Hmmmm. yang aku tahu siapa yang menabur angin dilah yang kan menuai badai ..trus katanya juga badai pasti terlalu ....
    Invisible hand .... sesuatu yang masih sangat misteri kalau menurut aku ...kita baru bisa tahu ada invisible hand tersebut setelah memanen akibat dari suatu aksi.

    he-he-he nyambung ngak sech ?

    ReplyDelete
  35. Dalam the secret loa kale yach.. dalam quantum ikhlas mungkin Tuhan.. dalam politik apa yach

    ReplyDelete
  36. ngeri membayangkan karya invisible hand di negeri ini. tapi, layaknya negeri melayu, invisible hand ini cepat kelihatannya kok, sabar aja ya....

    ReplyDelete
  37. lha banyak juga invisible hand di dunia ini ya.
    ada satu lagi yang bagus yaitu lukisan "invisible hand" yaitu lukisan yang dibuat oleh orang yang tidak mempunyai tangan (cacat). lukisan tersbut dibuat dengan menggunakan kakinya.

    ReplyDelete
  38. Hm, invisible hand sama invisible man kerenan mana ya ??

    ReplyDelete
  39. kalo saya menurut saya sih, invisible hand itu mata rantai yang terkait, tapi apa konteks kiki fatmala termasuk invisible hand juga..ndak ngerti kalo ini menurut sampeyan invisible juga..
    akhirnya inet saya sehat kembali kang..hampir seminggu batuk2..hehe

    ReplyDelete
  40. Invisible hand ini kadang membantu kadang menjatuhkan...

    ReplyDelete
  41. Pada kenyataannya memang ada 'tangan tak terlihat' dalam hidup kita, hidup manusia...

    ReplyDelete
  42. keknya awak dah kena invisble hand juga kang, yang terkait karma makanya komputer awak di bobol orang kekeke

    ReplyDelete
  43. jadi terharu dan mengharu biru...ada kosa kata baru nih.."invisible hand " hmm...seperti pas dengan situasi masa kini ya....

    ReplyDelete
  44. bahaya neh kalo ada invisible hand... bisa2 ada kasus kyk Kiki Fatmala hehe...gerayangan kemana2 :D

    ReplyDelete
  45. jadi inget sama si gendut maradona om...
    kata mama saya, bang ipul jamil mengada-ada om...
    hahahahhahahahha... lupa diri sampe segitunya :(

    ReplyDelete
  46. haha kalo nyetel tipi perlu pake invinsible hand gak pak? paling mentok-mentoknya pake remote.. hehehehe

    ReplyDelete
  47. kalo untuk kasusnya kiki fatmala kayak nya bukan invisible hand deh

    ReplyDelete
  48. "INVISIBLE HAND" ... ??...
    hmmmmmm.... kasus kiki fatmala sama saipul jamil bisa di bilang begitu ya bang...?.. heeeee

    nice post ....

    ReplyDelete
  49. kalo tangannya gk kliatan kan enak bisa nyuri gk ketahuan..
    hehe

    ReplyDelete
  50. oh jadi saiful jamil itu memiliki tangan yang invisible ya hahahaa...

    tulisannya keren Bang :)

    ReplyDelete
  51. Hmmmm.. sek sek sek.. tak pahami dulu mas.. antara kiki fatmala dan invisible hand.. hehehehehe

    ReplyDelete
  52. Dalam ekonomi diartikan sebagai Tangan-tangan hantu, secara harfiah berarti?

    ReplyDelete
  53. Oh, itu toh artinya invisible hand..saya pikir judul film baru..hehehe

    ReplyDelete
  54. Kalau dunia politik kita menunggu invisible hand (spt konsepnya para ekonom) kayaknya beratus-ratus tahun bakal gak muncul. Lha wong perilaku politiknya masih pada tataran mencari penghidupan dari dunia politik, bukan menghidupkan dunia politik.

    Btw, salam hangat, salm kenal... :D

    ReplyDelete
  55. hummm..banyak intrik :D koyo sinetron ae..opo pancen urip e ki disinetrunno

    ReplyDelete
  56. dikirain artinya apa :)
    aq jg baru denger neh bro kata itu. :D

    ReplyDelete
  57. invisible hand itu apa sih mas?? sama dengan cuci tangan ya

    ReplyDelete
  58. haiyahhhh, pointnya tetep kampanye...wkwkwkwk

    baidewei, ituh udah nak pernah tak urus lagi kang...xixixixi, kebetulan lagi edit themes soalne makanya agak terbengkalai, lagian ituh juga post kampanye semau gue aja, sing penting hasil SERP yg penting ngisruh ae...hahahah

    ntar saya bales pk blogspot saya buat syarikatnya...hehehe, posisine halaman brp neh kang...wkwkwkwk

    ReplyDelete
  59. Beberapa orang bilang itu takdir, beberapa orang bilang itu God, beberapa bilang itu "the way it was"

    Tapi saya rasa, kita cuma butuh orang2 yang punya keberanian bernurani

    ReplyDelete
  60. Invisible Hand = Menyembunyikan tangan
    karena membawa sesuatu yang tidak boleh diketahui orang lain
    Bener gak mas??

    ReplyDelete
  61. invisible hand semacam common enemy yang patut diwaspadai dalam setiap lekuk sejarah; termasuk sejarah kekerasan di negeri ini

    ReplyDelete
  62. invisible hand memang tersembunyi tetapi dampaknya luar biasa

    ReplyDelete
  63. invisible emang lagi naek ojek eh daun....
    Saat yang visible dah gak bisa dipegang janjinya, masyarakat kan lari ke invisible...

    Pasien RS rame2 lari ke invisible PONARI karena visible (RS) lebih sibuk dengan urusan administrasi....

    ReplyDelete
  64. wah meh 75. yang visible2 aja lah

    ReplyDelete
  65. sebagai pengomentar yang kesekian. cuma mo bilang tangan tak terlihat meskipun nggak keliatan tapi apa yang di kerjakan kadang bermanfaat

    ReplyDelete
  66. He he lagi belajar nembak. Kena tembakannya gak?

    ReplyDelete
  67. wahhhh kang, ojo ngejak sing ngenean tooooooooo... daku bingung deh kalau sudah urusan yang kayak beginian.

    ReplyDelete
  68. hhmmm... mari kita invisible-hand sebelum makan..

    ReplyDelete
  69. wah, saya malah baru tahu invisible hand sekarang pak.

    ReplyDelete
  70. first comment here..

    invisible hand = idle hand ga yah??

    hehe...

    ReplyDelete
  71. "invisible hand" yang penuh misteri

    ReplyDelete
  72. wah, kalau sudah ada campur tangan dari sesuatu yang tak tampak, akhirnya dinamika politik jadi makin tdk rasional nih, mas surya, hehe .... mungkin ada benarnya juga, ada banyak pihak yang terlibat dalam kongkalingkong busuk di senayan hingga jejak mereka (nyaris) tak meninggalkan sisa.

    ReplyDelete
  73. *serius baca na*.... invisible hand? *garuk-garuk kepala sambil buka kamus....* tangannya gak keliatan? mungkin itu teguran dari-Nya

    ReplyDelete
  74. keren gambarnya kang (banana_rock)

    ReplyDelete
  75. keren postinagnnya mas...
    sarat bernuansa politis hehehe

    ReplyDelete
  76. Bila tangan Tuhan yang berkehendak jadi anugerah....tapi kalo si inv' hand nya tangan2 setan..wah jadi was-was itu dan was2 adalah temennya setan, hehehhe......gak nyambung?!!!

    ReplyDelete
  77. invisible hand..kl org eh tangan di belakang layar berarti dalang ya kang..hihi

    ReplyDelete
  78. Menjenguk invisible hand pagi2 sambil ngopi di kantor ..

    Salam,
    Invisible man

    ReplyDelete
  79. Bahasa Indonesianya :Tangan tak berkuman,hahaha...

    ReplyDelete
  80. wah, lama saya udah invisible hand, rame sekali di sini, selamt buat mas surya nice artikel!

    ReplyDelete
  81. invisible hand = lempar batu sembunyi tangan...huehuehuehuh

    ReplyDelete
  82. touch me with ur invisible hand om...hiyakakakakak

    ReplyDelete
  83. dah 94 komen nih, apdet dong, semoga bisa pertamac...

    ReplyDelete
  84. pinjem dunk mas invisible handnya hehehe biar bisa dbawa kmana aja wat pijet-pijet, garuk-garuk kalo gatel neh, kan lumayan hehehe:p

    ReplyDelete
  85. semua hal yg di luar kekuasaan selalu dihubungkan ke 'Invisible Hand' ya.....
    gampang nih kalo mau cari kambing hitam... sebut aja 'Invisible Hand'... hehe....

    ReplyDelete
  86. edian kata-katanya vulgar bikin ehem-ehem,tapi kalo ga gitu kan kurang asyik yap om hehehe.

    maap baru bisa berkunjung balik hiks :(

    ReplyDelete
  87. ::99::

    invisble hand,,lempar teman sembunyi tangan..eh salah ya? lempar batu sembunyi tangan dink...

    ReplyDelete
  88. daripada invisible hand saya mending milih second hand

    ReplyDelete

Message from the green side