Tuesday, January 24, 2012

Tattoo

Tattoo, bahasa Indonesianya 'tato'. Sudah dikenal banyak orang dan dimafhumi, adalah hiasan tusukan jarum yang kemudian diluluri warna di tubuh. Ada yang mengharamkan, ada yang tidak, karena dianggap menutupi celah-celah kulit ketika bersuci. Namun sebenarnya warna tattoo yang alami atau ditusuk dengan jarum, tidak menutupi kulit karena warna ada di bagian dalam. Beda dengan stiker atau tattoo temporer.

Ekspresi Diri

Ada banyak jenis tattoo, namun sebagaimana asesoris atau fashion, tato hanyalah sebatas selera dan kesukaan saja. Terkecuali memang ada yang menggunakan filosofi tertentu, sebagaimana suku-suku yang masih memiliki keterikatan dengan sejarah keluarga ajaran suku ataupun lingkungan alam secara sebenarnya, bukan sekedar karena pemahaman akademis yang terlalu pintar dan banyak biasnya.

Ekspresi diri, dan kadang jika sudah sangat suka dengan seni menghias tubuh ini. Tubuh menjadi blog atau ekpresi diri untuk mengingat kejadian yang penting dalam hidupnya. Kadang mungkin ada yang menuliskan tanggal, atau gambaran peristiwa yang bisa diwakili dalam bentuk vektor tattoo. Lucu dan nggak akan ada habisnya ketika suka dengan tokoh kartun, ataupun tokoh komik dan kemudian profil avatar kartun tersebut ditorehkan menjadi tattoo di tubuh, dalam banyak ekspresi dan kejadian.

Dan cilakanya ketika tattoo yang berlandaskan ekspresi, imajinasi kontemporer tanpa pertimbangan yang matang. Kadang beberapa tahun kemudian gambar tersebut menjadi tak menarik lagi karena ada tokoh komik lain lagi yang lebih menarik. Maka gambar tattoo di tubuhnya menjadi membosankan, sehingga pernah ada teman yang entah karena apa menghilangkan semua tattoo di tubuhnya bahkan dengan operasi medis.

Bukti kejayaan dan identitas

Bagi para Yakuza di Jepang, yang modern. Atau samurai pada jaman dahulu, tentu tattoo juga memiliki arti yang lain. Fungsi sederhananya adalah sebagai alat pengenal. Tattoo meskipun setiap orang bisa menentukan motif, justru hal ini menjadi keistimewaan tattoo setiap orang, dan bisa menjadi sesuatu yang unik membedakan si A dan si B hanya ketika melihat tatonya, tanpa harus melihat kartu identitas ataupun label namanya. Tentu hal ini berlaku bagi orang-orang dekatnya.

Bagi suku Dayak, orang yang suka menolong - bidan atau tabib - beda dengan para bangsawan atau pemburu letak dan gambar tattoo-nya. Orang yang terampil mengobati akan memiliki tattoo yang penuh di tangan dan jari. Sementara para pemburu dan lainnya akan memiliki tattoo yang khas juga.

Pertimbangan Bikin Tattoo

Tidak ada aturan yang jelas mengenai tattoo. Namun kadang polisi atau militer mengasosiasikan tatto ini dengan kriminal. Orang bertattoo pasti akan di perhatikan karena preman-preman banyak yang bertattoo. Dan masyarakat sendiri kadang mengasosiasikan tattoo dengan hal-hal yang bukan-bukan dengan stigma-stigma sebagai orang nakal atau sesuatu yang bertentangan dengan norma masyarakat yang kadang terbangun karena imajinasi dan ketakutan para tokoh masyarakat yang dibuat-buat dan tidak jujur.

Tattoo adalah hiasan tubuh yang di bawa mati, ketika belum sempat menghilangkannya semasa hidup. Hal ini tentu membawa banyak implikasi yang bersifat keagamaan, seperti ketika bertemu dengan malaikat (mungkin) di alam kubur, atau beranikah kita menghadap tuhan dengan tubuh penuh tattoo, dan simbol-simbol yang mungkin kadang hanya rekayasa atau tak di pahami pemakainya.

Sederhananya adalah bahwa melakukan tattoo harus memiliki pertimbangan hingga kapan akan bosan, jika gambar-gambar temporer yang hanya menjadi trending topik sesaat, pasti akan membosankan dalam waktu tidak lama. Bagaimana memilih kesukaan yang bisa awet di nikmati motifnya. Namun tentu saja tukang gambar tattoo memiliki banyak pertimbangan dan pertanyaan ketika dia akan mentattoo. Karena tattoo permanen tentunya tak bisa hilang begitu saja dengan mudah. Sementara anda harus yakin bahwa tattoo adalah bagian dari jati diri anda secara lahiriah, setiap orang bisa melihat dan menentukan bahwa itu anda hanya dari tattoo yang terlihat. So... nikmati lagu Tattoo milik Van Halen ini dulu saja...


Tattoo  | Van Halen
Tattoo, tattoo 
I got Elvis on my elbow. 
When I flex, Elvis talks. 
I got hula girls on the back of my leg. 
And she hulas when I walk. 

Screaching cherry red 
Screamin' electric green 
Purple mountain's majesty 
Really talk to me. Talk to me, babe. 

Swap meet Sally 
Tramp stamp Kat 
Mousewife to momshell in the time it took to get that new tattoo. 
Tattoo, tattoo 

(Tattoo, tattoo) 
Show me your dragon magic. 
(Tattoo, tattoo) 
So autobiographic. 

Best believe that needle won't hurt you. 
Best to see these true colors, than to follow one of your false virtues. 

Here's a secret to make you think: 
Why is the crazy stuff we never say, poetry in ink? 
Speaking dayglow red, 
Explode-o pink 
Purple mountain's majesty 
Show me you, I'll show you me. 

Swap meet Sally 
Tramp stamp Kat 
Mousewife to momshell in the time it took to get that new tattoo. 
Tattoo, tattoo. 

(Tattoo, tattoo) 
Sexy dragon magic. 
(Tattoo, tattoo) 
So very autobiographic. 
(Tattoo, tattoo) 
Got a hold on me. 
(Tattoo, tattoo) 
Put a spell on me. 

(Solo) 

Uncle Danny, had a coal tattoo 
He fought for the unions 
Some of us still do. 
On my shoulder is the number 
of the chapter he was in. 
That number is forever 
like the struggle here to win. 

(Everybody!) 
Swap meet Sally 
Tramp stamp Kat 
Mousewife to momshell in the time it takes to get that new tattoo. 
Tattoo, tattoo. 

(Tattoo, tattoo) 
Sexy dragon magic. 
(Tattoo, tattoo) 
So very autobiographic. 
(Tattoo, tattoo) 
Got a hold on me. 
(Tattoo, tattoo) 
Put a spell on me. 
(Tattoo, tattoo) 
I'm in love with you. 
(Tattoo, tattoo) 
Show me me, show me you. 
(Tattoo, tattoo) 
Look at me, look at you. 
(Tattoo, tattoo)
Tattoo, single Van Halen, mengawali album Van Halen yang akan datang "A Different Kind of Truth".