Friday, December 16, 2011

Gunung Raung

Gunung Raung terletak di Jawa Timur, Indonesia. Letaknya seperti halnya gunung-gunung lain di pulau Jawa adalah menjadi perbatasan antar kabupaten, juga Gunung Merapi di Jogja yang malah juga batas propinsi antara Jateng dan DIY. Gunung Raung ada yang di wilayah administratif Jember, Bondowoso maupun Banyuwangi. Namun kalo di tilik dari bahasa warga yang digunakan sepertinya Gunung Raung ini berada di wilayah Madura.

Gunung Raung memiliki ketinggian di atas 3000 meter di atas permukaan laut, jika ingin tahu lebih pas-nya cari saja di Google. Desa dan kecamatan di bawah gunung Raung juga unik kebanyakan memakai nama depan Sumber, mungkin karena dulunya banyak sumber mata air karena gunung biasanya identik dengan kesuburan dan sumber mata air, selain hal lainnya yang juga banyak sekali, tergantung mau cari apa.


Mungkin karena kebacut gak percaya dengan hal aneh namun memang tempat-tempat di Gunung Raung namanya aneh-aneh seperti pondok mayit dan sebagainya, dan katanya di kawahnya tersebut ada jalan dan lorong yang tembusnya sampai ke Madura. Namun memang pohon-pohon yang tinggi masih banyak sekali, rimbun dan sangar. Bahkan katanya masih banyak macan atau harimau yang masih hidup di gunung ini.

Sebelum sampai puncak, jalan memang seperti halnya gunung yang aktif lainnya, banyak batu, namun di Gunung Raung ini, sepertinya aneh, karena lempeng batu yang dulunya pasti karena erupsi yang besar sepertinya menutupi dan hingga ke puncaknya yang berbentuk kaldera. Bahkan untuk mencapai puncak tertinggi harus dengan perjuangan keras karena letaknya yang jauh dari jalur pendakian normal. Tentu saja kalo nekat, pasti bisalah mencapai puncak batu yang tertinggi di kawasan puncaknya tersebut. Hanya resikonya, dalamnya kaldera kawah Gunung Raung ini lumayan, mungkin sekitar 200 meter, dan tentu saja... overhang.

Mendaki gunung Raung, menuju desa terakhirnya di kaki gunung cukup jauh dari keramaian, mungkin saat ini masih harus dengan ojek. Bisa dicapai dari kota Bondowoso yang terdekat, meskipun gunung ini juga sangat indah ketika di lihat dari perkebunan Glenmore di Banyuwangi, ataupun dari kota Jember. Nama Raung memang terkesan aneh untuk bahasa Jawa, entah artinya apa, belum sempat tanya-tanya.

Seperti halnya di Pulau seberang sana yang sedang ramai disebut seperti Bantimurung objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan semoga Gunung Raung pun tetap alami dan tampil tanpa harus banyak gincu yang merusaknya. Lima puluh tahun lagi minimalnya :D