Saturday, November 2, 2013

larut

Menjalani perjalanan hidup dengan segala keragaman yang tercipta dan dihadapi adalah hal biasa. Namun ketika perjalanan menjadi monoton, adalah perjalanan yang paling menantang dan menyenangkan. Mencari keragaman pemandangan, tempat hingga suasana menjadi hal yang kurang menantang karena kita tidak terlibat di dalamnya, menjadi penonton dan tidak masuk ke dalam permasalahan.


Memang nampaknya monoton dalam perjalanan yang tidak berpindah tempat maupun gerak, dengan arti ruang gerak yang tidak terlalu harus luas, tak perlu menggunakan pesawat terbang, kapal laut atau perjalanan darat yang memakan waktu berjam-jam. Hanya menghabis-habiskan energi dan waktu, sementara waktu untuk melarutkan diri memerlukan beberapa saat yang sangat berguna.

Larut untuk mengetahui sesuatu di kedalaman adalah hal paling menarik daripada mengetahui banyak hal dari permukaan, untuk kemudian mengambil keputusan dan kesimpulan yang salah meski menurut teori itu benar, namun apalagi, tidak ada asiknya.

Banyak orang pintar yang mengatakan 'kenali dirimu', 'kenali dirimu' berulang-ulang dan selalu diulang-ulang, untuk apa?. Misterius jawabannya karena kita selalu diproyeksikan untuk mengenali medan, mengenal dunia luar dan menjelajahinya atau bahkan merusaknya untuk menjadi komoditi profit yang membutuhkan kapital yang besar.

Mengenali diri, bukan tidak mungkin tidak berkaitan dengan kecerdasan baik emosi maupun intelegensi. Kemampuan tiap orang berbeda-beda, namun untuk mengenali diri, dibutuhkan hal lain selain itu, yaitu cinta. 

Meski lima huruf yang dikelola menjadi kata 'cinta' adalah hal yang tak terdefinisikan dengan baik, namun memberikan pengaruh pada cara untuk mengenali diri. Ada yang bisa mengenali diri dengan melihat dunia luar kemudian memproyeksikan ke dalam diri dan tubuhnya, ada yang harus tersandung-sandung untuk mengetahui mengapa 'stuck' pada hal tertentu, namun ada juga yang beruntung langsung bisa melakukannnya tanpa disadari atau dengan sadar melakukannyanya. Meski dengan satu guru yang sama, baik metode maupun figurnya.

23 comments:

  1. You actually make it look really easy in your presentation,
    but I regard it as a true one that you feel unable to understand.I am prefetching your next submission,
    I will try to keep it!

    ReplyDelete
  2. kata - katanya bagus min. lanjutkan min. kami perusahaan kemasan makanan kertas doakan agar mimin jadi penulis yang hebat dan terkenal.

    ReplyDelete
  3. artikeol yang sangat bagus dan cukup menginspirasi, bahwasannya dalam menjalani segala kegiatan dan aktivitas lima huruf yang disusun menjadi satu kata yaitu cinta itu sangatlah penting.

    ReplyDelete
  4. kata-kata yang bagus dan menyentuh hati, semoga sukses terus min serta ditunggu artikel-artikel inspiratif lainnya.

    ReplyDelete
  5. kata - katanya menyentuh deh min. saya sebagai supplier tiang pju jadi terharu bacanya.

    ReplyDelete
  6. 988Poker adalah situs IDN poker online yang sudah terkenal di Indonesia banyak sekali para penjudi online di tanah air
    https://jaruma.com.ng/community/profile/situs988poker/

    ReplyDelete
  7. After going over a number of the blog posts on your site, I truly like your technique of blogging.
    I added it to my bookmark site list and will be checking back in the near future.
    Please visit my web site as well and let me know your opinion https://friendpc.com/community/profile/situs988poker/

    ReplyDelete
  8. Sebagai situs IDN Poker terbaik, Sonic Poker melayani Anda dengan sepenuh hati. Yang kami sediakan untuk Anda adalah seperti layanan pelanggan kami yang siap 24 jam untuk anda, http://naszekielce.info/forum/profile.php?mode=viewprofile&u=542

    ReplyDelete
  9. a trusted online gambling listing site for IDN Poker Online Indonesia agents to provide the most complete 9 card gambling games

    ReplyDelete
  10. Hanya menggunakan 1 akun id yang anda daftar sudah dapat menikmati semua permainain yang kami miliki. Yang sangat amat lengkap seperti : Poker, Ceme, Domino QQ, BlackJack, Sakong, capsa susun, Bandar ceme kelilinig, Omaha, Super10 dan Superbull http://ufotech.com.vn/members/blankcorp.647938/

    ReplyDelete

Message from the green side