Monday, August 30, 2010

Palsu

Beralas teguh, dibingkai pelangi bersandar pada cahaya ketika menapak demi setapak karunia cerah hari demi hari, tanpa harus berkaca meski remuk tulang yang dipaksa berlari dan lari dari nyata hasrat selalu saja tak dirasa, hanya lari dan lari sejauh-jauhnya mencari nyata dari harap tipis nan semakin tipis berselimut palsu. Palsu, ya teguh, pelangi dan cahaya itu palsu, bukan aslinya, itu hanyalah buatan demi memanjangkan jarak berlari ini.

Thursday, August 26, 2010

noktah merah

All that we can do is just survive
All that we can do to help ourselves
Is stay alive...

Apa yang kau lakukan demi menghancurkan semua yang ada dan natural, menjadi segalanya terarah hanya untuk menundukkan dan melemahkan kami yang kau anggap hanya berfikir melalui syahwat. Aturan-aturan semakin memuakan saja, mengapa muak, karena itu hanya aturan, dan bahkan para pelanggar yang kau hukum disana, malah enak-enak karena melanggar aturan itu, atau karena dia adalah besanmu. Memalukan sekali apalagi dengan entah kau sudah pikun atau memang sudah tak waras lagi ketika membagi-bagikan buku anakmu yang bukan hanya jelek tapi memang tak patut dipublikasikan.

Wednesday, August 25, 2010

Seragam Anak SMP

Seragam anak SMP biasanya berwarna putih dan biru, jika anda memang belum pernah melihatnya akan ada skrinsut dibawah ini tentang seragam SMP. Anak SMP dahulu berpuluh tahun yang lalu seragam Anak SMP belum memakai celana panjang. Mungkin dengan alasan tertentu maka sekarang seragam anak SMP memakai yang panjang untuk yang cowok.

Apabila memang seragam sekolah anak SMP bisa dibuat sendiri, tidak perlu beli di sekolahan maka beginilah bentuk seragam Anak SMP dan bagaimana menjahitnya bagi yang anak SMP cowok, maupun anak SMP cewek.

Monday, August 23, 2010

anak smp

Anak Sekolah Menengah Pertama atau anak SMP menurut pandangan teori perkembangan anak yang dilontarkan oleh Jean Piaget kurang lebih juga hampir sama dengan yang dilontarkan oleh James Mark Baldwin, menjadi empat tahap perkembangan yang lebih kurang sama dengan masa infancy, pra-sekolah, anak-anak, dan remaja. Masing-masing tahap membawakan gambaran realitas yang dilihat oleh individu pada umur-umur tersebut. Merujuk hal itu maka anak SMP atau esempe sudah masuk dalam masa perkembangan remaja, dimana umurnya rata-rata antara 11 hingga 15 tahun, secara normal, namun apabila memasuki masa SMP dengan model akselerasi karena kecerdasannya maka sudah barang tentu tidak bisa digolongkan dalam jenjang-jenjang yang normal, namun secara kecerdasan umur kemungkinan keadaan yang sama masih bisa di permaklumkan, sebab hormon-hormon ataupun perkembangan jasmani secara biologis tentunya hampir bisa dipastikan sama dengan yang lainnya, dalam situasi yang wajar.

Friday, August 20, 2010

as usual....

sekejap datang makro itu membentang, luas bak terkira, dalam alunan senyap berbuai semilir angin tiba-tiba tanpa arah, berputar mengitari untuk kemudian menari-nari seakan membawa sebuah hentak yang lain, hentak pertama, hentak kedua, ketiga dan seterusnya, as usual ketika berada pada titik terendah ketidak tahuan akan apa makna ketika semua sudah tergoncang tak berbagi alasan ataupun makna. debu-debu terbawa angin itu pun as usual menari-nari membawa ejek atau puji yang tak tentu harap, kosong tiada benah apapun untuk dibawa, as usual hanya jujur yang terpukul oleh sesuatu diluar harap, tanpa makna ataupun bunyi saron nang ning nong neng nung....

Tuesday, August 17, 2010

dirgahayu

Sudah bukan seumuran jagung lagi, sudah beberapa generasi tepatnya apalagi ketika rata-rata umur kehidupan di negeri ini yang lumayan tidak panjang-panjang. Mengisi sesuatu demi orang banyak memang sulit, bukan semudah yang biasa diomongkan di gardu-gardu ronda ataupun di angkringan-angkringan pinggir jalan. Rumit bin ajaib plus ditambah dengan bumbu-bumbu pedas kekerasan ataupun belut permasalahan yang tentu saja sangat sulit untuk dipegang apalagi dimasak sebagaimana yang biasa jadi kulakan di pasar Godean. Dinasti demi dinasti akan di lahirkan, mewarnai peta politik, untuk saling menguasai ataupun untuk saling mendepak demi kemaujudan keinginan kelompoknya atau keyakinan yang menjadi aras perjuangannya. Kadang hanya sekotak, sepotong ataupun remah-remah, sulit mencapai yang bisa dipakai untuk bersama, terkecuali harus dipaksakan. Toh memang perbedaan masih menjadi belenggu yang seharusnya adalah rangkaian indah apabila bisa dipetakan bersama bersumbu pada kesadaran dan kesabaran.

Monday, August 16, 2010

highway star

kosong saja terasa semuanya, tanpa arti meski bagaimana harus dibangun, rasa itu telah menisbikan sendiri apa arti dan kedalamannya.

Saturday, August 14, 2010

narsis

Bukan hanya berharap di bulan yang notabene sangat penuh berkah, dengan secara nyata harus dibayarkan dengan letih dan dahaga. Siapapun bisa merasakan aneh dan ajaibnya apabila memang tidak menutup hati dengan kubangan logika ataupun kebutuhan material. Terasa ketika kosong melompong, awang uwung dalam lapar dan dahaga segala gerak nafsu dan keinginan yang mengalir dalam tubuh maupun otak, nyata bergerak betapa rasa kerupuk atau sekerat roti dalam kulkas yang seakan melambai untuk dilumat menutup kosongnya perut demi seuntai harap kasih sayang dari langit, ya.. darimana lagi selain dari sana, sang pencipta langit dan bumi bahkan dunia lain atau gambar kabut lain yang selalu saja berusaha diungkap misterinya oleh seluruh rasa haus akan apa arti penciptaan dan untuk apa diciptakan hingga sejauhmana hal yang sudah tercipta.

Saturday, August 7, 2010

lipsync

Bagaimana akan melakukan redenominasi ketika baru saja mengeluarkan cetakan uang yang baru. Mengada-ada selalu dan tanpa alasan meski akhirnya isu itu kalah dengan video keong racun yang mengherankan dan sepertinya memang malah banyak yang menyukainya. Sebagaimana politik lipsync yang juga selalu saja dilakukan seperti coretan pylox yang aneh tak ada artinya itu, atau rumah aspirasi yang juga nggak ada juntrungnya selain hanya menteror agar lupa dengan ada masalah apa sebenarnya. Atau memang hanya lipsync untuk sekedar sejenak merasakan lucu dan brainstorm untuk eyel-eyelan hingga semuanya lelah dan tak peduli meski harga sambel yang menjadi makanan rakyat sebab tanpa lauk yang lengkap pun nasi itu bisa terasa enak tertutupi rasa pedas yang menggairahkan.

Sunday, August 1, 2010

spending my time

untunglah kau tak terlalu memperhatikan ataupun merasakan ketika diri ini berada pada titik terendah, titik yang sangat memalukan, tiada diri tiada mau tiada harap, atau apapun yang membuat diri bersinar bagaikan cahaya diluar sana yang berbinar bak memberi ejek, ejek terdalam namun tak terasa apapun bahkan panas mentari di siang bolong pun tak bisa mengubah ejek itu menjadi semacam penggerak semangat untuk keluar mencumbu cahaya, berasyik masyuk melalui kehidupan yang sudah jauh dari biasa ini. ketakberdayaan itu telah membunuh apapun ketika tiada binar wajah yang selalu diidam.