Tuesday, January 24, 2012

Dalara Garuda, tawon monster Sulawesi

Tawon Garuda, ada yang menyebutnya begitu. Dalara Garuda ini adalah spesies tawon baru yang di temukan di Sulawesi. Adalah Lynn Kimsey seorang direktur museum Bohart Entomology di Universitas California Davis. Menemukan sejenis serangga yang memiliki moncong penyengat lebih panjang daripada kakinya. Deskripsi gambaran tentang tawon ini belum dipublikasikan, dan nama Garuda atau Dalara Garuda pun belum secara resmi menjadi namanya. Kimsey hanya bercita-cita menamainya Garuda, selain karena itu nama lambang negara Indonesia, juga memberikan gambaran tentang kekuatan dan kecekatan sebagaimana pasukan Eagle-Warrior yang setengah mistis, dan setengah manusia, memiliki sayap yang lebar, dan kemampuan yang lebih.

Dalara Garuda, Tawon Raksasa dari Sulawesi
Garuda yang ini, disebut pula oeleh Kimsey mirip dan fenomenal seperti Komodo Dragon. Dalawara Garuda ditemukan Kimsey di Mekonga, Sulawesi. Sulawesi mirip dengan Madagaskar dan Australia karena memiliki spesies-spesies hewan yang tidak biasa hidup di bagian lain di bumi ini. Hanya dengan sekejap saja Kimsey tahu bahwa hewan ini, Dalawara Garuda, adalah hewan yang tidak biasa ada di mana-mana.
The Garuda is a predator of other insects and belongs to the genus Dalara in the wasp family Crabronidae. Although little is yet known of the natural history of this winged beast, Kimsey points to behaviours in related species of Dalara that may explain its extraordinary mandibles. Some males sit at the nest entrance and guard against parasites and other wasps that rob nests. This vigilance is repaid with a sexual encounter each time the female returns. Kimsey notes that the Garuda's "jaws are big enough to wrap around the female's thorax and hold her during mating".
Kimsey menjelaskan bahwa Garuda ini adalah predator sesama serangga dan masuk dalam genus Dalara dalam keluarga tawon Crabronidae. Tim ilmuwan yang meneliti hewan dan jamur telah menemukan jutaan spesies baru di Sulawesi. Kimsey sendiri percaya bahwa mungkin ada ratusan bahkan ribuan spesies tersendiri tentang tawon. Dia, Lynn Kimsey sangat peduli dengan pelestarian hutan tropik dan pengembangannya, dan hanya tinggal sedikit waktu untuk lebih mengetahui banyaknya jenis tawon di Sulawesi.

Sumber: New to nature No 63: Dalara garuda

29 comments:

  1. wah, penamaannya harus begitu tuh.. biar identik Indonesia.. tapi lagilagi peneliti luar ya..

    blogwalking

    ReplyDelete
  2. Banyak pengetahuan dan informasi yang saya dapatkan dari situs Anda, terutama yang saya baca saat ini tentang tawon monster, terima kasih dan salam persahabatan dari situs dakwah syariah.

    ReplyDelete
  3. ha....kyaknya kita sudah lama tau kalau indonesia kaya flora dan faunda hanya kita aja yang membantainya...aha,,,,,

    ReplyDelete
  4. wah saya baru tau ada tawon keren seperti itu.

    salam kenal

    ReplyDelete
  5. ternyata banyak spesies di indonesia yang belum terekspos ke dunia luar ataupun yg belum dinamai, walaupun sebenarnya spesies2 itu sudah banyak dikenal masyarakat lokal, yang penting untuk pemberian nama atau nama ilmiah harus mencirikan Indonesia dong... :)

    ReplyDelete
  6. mangtafff baru tahu ane
    ternyata indonesia kaya akan fauna

    ReplyDelete
  7. serem juga tuh tawon nya...
    terimakasih atas info nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah artikelnya oke banget.. kebetulan gw jg orang sulaesi... great blog..salam kenal ya.

      Delete
  8. ternyata masih banyak juga yah jenis serangga yang belum kita ketahui.

    ReplyDelete
  9. bentuk nya serem banget tuh tawon nya...
    pasti sakit tuh kalo nyengat.

    ReplyDelete
  10. nama yang bagus tuh...
    biar semua tau kalo serangga tersebut di temukan di indonesia.

    ReplyDelete
  11. begitu byk spesies langka di negri indonesia..sayang umurnya pendek smua krn akan habis dimakan keserakahan manusia nya

    ReplyDelete
  12. tawonnya gede banget tuhh bang...
    kalo disengat gimana tuhh yaa??
    segede apa bengkaknya... :Dhaha

    ReplyDelete
  13. ternyata masih banyak juga yah jenis serangga yang belum kita ketahui.

    ReplyDelete
  14. mangtafff baru tahu ane
    ternyata indonesia kaya akan fauna

    ReplyDelete
  15. ternyata banyak spesies di indonesia yang belum terekspos ke dunia luar ataupun yg belum dinamai, walaupun sebenarnya spesies2 itu sudah banyak dikenal masyarakat lokal, yang penting untuk pemberian nama atau nama ilmiah harus mencirikan Indonesia dong... :)

    ReplyDelete
  16. betul indonesia ternyata bukan cuma kya di kekayaan alam tp juga flora dan fauna..

    ReplyDelete
  17. wahh banyah hewan langka dan yang baru di temukan di indonesia,,,

    ReplyDelete
  18. Sayang kontribusi peneliti Indonesia (LIPI) yang ikut dalam penelitian serangga ini tidak disebutkan oleh Lynn Kimsey... Dasar Amerika, egois...

    ReplyDelete

Message from the green side