Tuesday, January 24, 2012

Dalara Garuda, tawon monster Sulawesi

Tawon Garuda, ada yang menyebutnya begitu. Dalara Garuda ini adalah spesies tawon baru yang di temukan di Sulawesi. Adalah Lynn Kimsey seorang direktur museum Bohart Entomology di Universitas California Davis. Menemukan sejenis serangga yang memiliki moncong penyengat lebih panjang daripada kakinya. Deskripsi gambaran tentang tawon ini belum dipublikasikan, dan nama Garuda atau Dalara Garuda pun belum secara resmi menjadi namanya. Kimsey hanya bercita-cita menamainya Garuda, selain karena itu nama lambang negara Indonesia, juga memberikan gambaran tentang kekuatan dan kecekatan sebagaimana pasukan Eagle-Warrior yang setengah mistis, dan setengah manusia, memiliki sayap yang lebar, dan kemampuan yang lebih.

Dalara Garuda, Tawon Raksasa dari Sulawesi
Garuda yang ini, disebut pula oeleh Kimsey mirip dan fenomenal seperti Komodo Dragon. Dalawara Garuda ditemukan Kimsey di Mekonga, Sulawesi. Sulawesi mirip dengan Madagaskar dan Australia karena memiliki spesies-spesies hewan yang tidak biasa hidup di bagian lain di bumi ini. Hanya dengan sekejap saja Kimsey tahu bahwa hewan ini, Dalawara Garuda, adalah hewan yang tidak biasa ada di mana-mana.
The Garuda is a predator of other insects and belongs to the genus Dalara in the wasp family Crabronidae. Although little is yet known of the natural history of this winged beast, Kimsey points to behaviours in related species of Dalara that may explain its extraordinary mandibles. Some males sit at the nest entrance and guard against parasites and other wasps that rob nests. This vigilance is repaid with a sexual encounter each time the female returns. Kimsey notes that the Garuda's "jaws are big enough to wrap around the female's thorax and hold her during mating".
Kimsey menjelaskan bahwa Garuda ini adalah predator sesama serangga dan masuk dalam genus Dalara dalam keluarga tawon Crabronidae. Tim ilmuwan yang meneliti hewan dan jamur telah menemukan jutaan spesies baru di Sulawesi. Kimsey sendiri percaya bahwa mungkin ada ratusan bahkan ribuan spesies tersendiri tentang tawon. Dia, Lynn Kimsey sangat peduli dengan pelestarian hutan tropik dan pengembangannya, dan hanya tinggal sedikit waktu untuk lebih mengetahui banyaknya jenis tawon di Sulawesi.

Sumber: New to nature No 63: Dalara garuda