Sunday, September 1, 2013

revolusi konsumsi

Ketika saat mengejar kekayaan tidak harus dengan keringat. Tetes keringat tak lagi dihargai sebagai mana adanya. Pekerjaan tanpa mengeluarkan keringat bisa jadi memberikan hasil yang lebih besar daripada bapak-bapak, ibu-ibu yang harus mandi keringat di sawah, pasar atau ruang-ruang tanpa AC. Kemungkinan hal ini adalah bentuk lain atau revolusi keadilan. Revolusi keadilan dan penilaian yang akan juga membuka pintu revolusi konsumsi.


Pengorbanan yang berada di awal dan tak pernah habis seperti investasi, laksana memelihara mesin untuk mencetak kekayaan. Membuka sebuah lorong besar bernama 'konsumsi' yang tak lain adalah bentuk elit dari 'konsumerisme'. Uang yang dahulu harus dikejar dengan nyawa dan berupa emas seharga uang tersebut, kini digantikan kertas, bahkan dikenal sebagai alat pembayaran yang tertunda. Semacam invois, pernyataan permintaan pembayaran.

Bukan itu, namun revolusi konsumsi bagi orang-orang yang dengan mudah dapat mendapatkan kertas-kertas yang bernilai dan menilai nilai tukar terhadap apapun. Kertas tersebut dapat membeli dengan mudah keputusan-keputusan politik, ideologi, nyawa bahkan apapun di saat ini, dengan ragam kemiskinan yang membuat orang sibuk. Sibuk dengan kemiskinannya sendiri-sendiri.

Kemiskinan, bukanlah tempat yang sangat jelek. Kemiskinan adalah ladang subur bagi tumbuhnya mimpi-mimpi dan arogansi-arogansi yang akan muncul ketika kemiskinan telah menjadi 'kristal' dalam hati dan menjadi frame otak. Apakah ini bentuk kebodohan? bukan, jelas tidak akan diterima nalar, karena ini adalah bentuk kecerdasan, kecerdasan yang lain.

Dengan kekayaan dan nilai uang yang semaki menggelembung. Kemudahan-kemudahan untuk menjadikan konsums menjadi hal yang menguntungkan berbagai pihak semakin terbuka lebar. Mimpi dan keingintahuan adalah sifat wajar dan ada pada setiap orang. Ketika sudah tiba saatnya maka haus dan lapar tentang mimpi yang belum terwujud dan keingintahuan harus segera dipenuhi dan dipuaskan. Lebih dari itu adanya ancaman kemiskinan lainnya adalah seberapa jauh engkau berpengalaman dan apa saja yang pernah kamu temui dan pelajari.

Embel-embel dan rasa bangga lainnya memang semu menurut orang lain, orang lainnya merasa wajib untuk memilikinya. Barangkali berbagai buku ilmu pengetahuan untuk di santap dan dikonsumsi adalah hal positip dan baik, membutuhkan pencernaan tertentu untuk menyantapnya namun tidak sedikit yang hanya akan dibuang sia-sia. Demikian pula ideologi, bahkan janji-janji politik adalah konsumsi yang akan terbuang percuma dan tak ada yang menanyakannya lagi.

Konsumsi hingga harus melakukan revolusi konsumsi seperti ini dilakukan oleh orang-orang yang sangat pintar, cerdas, kaya, memiliki pengaruh dan tak luput mereka adalah para guru-guru besar yang suaranya kita dengar. Betapa kita harus memilih sesuatu yang mudah tanpa keringat dengan keuntungan suap tertentu untuk mengimpor segala jenis bahan pangan hingga nilainya cukup untuk membeli nyawa dan pulau ribuan orang. Konsumsi telah melupakan dan tak memahami arti lagi bahwa tetesan keringat adalah salah satu rantai dalam pembuatannya, namun keringat untuk menghabiskan konsumsi tersebut.


Deff Leppard | Miss You In A Heartbeat

I believe, that there's something deep inside
That shouldn't be from time to time.
I sure found out, thought love was such a crime
The more you care, the more you fall
No need to worry, no need to turn away
'Cause it don't matter, anyway

(oohh oohh oohh)
I miss you in a heartbeat
(oohh oohh oohh)
I miss you right away
(oohh oohh oohh)
I miss you in a heartbeat
'cause it ain't love, if it don't feel that way
oh no

When we touch, I just lose my self control
A sad sensation I can't hide
To love is easy, it ain't easy to walk away
I keep the faith and there's a reason why, yeah
No need to worry, no need to turn away
'Cause it don't matter, anyway
baby

(oohh oohh oohh)
I miss you in a heartbeat
(oohh oohh oohh)
Yeah I miss you right away
(oohh oohh oohh)
I miss you in a heartbeat
'cause it ain't love, if it don't feel that way

Now, I ain't big on promises, I'll be true to you
'Cause I'd do 'bout anything, yeah
for some one like, baby for you

(oohh oohh oohh)
I miss you in a heartbeat
(oohh oohh oohh)
yeah I miss you right away
(oohh oohh oohh)
oh, I'm gonna miss you in a heartbeat
'cause it ain't love, if it don't feel that way