Sunday, March 11, 2012

Lokakarya @DesaMembangun di Desa Dermaji Banyumas part 1

Gerakan Desa Membangun yang dipelopori para aktivis opensource utamanya para developer BlankOn ini aktif berkontribusi untuk mengajak warga desa untuk membangun desanya sendiri. Hal menarik yang ditawarkan salah satunya adalah pembuatan portal desa dan Sistem Informasi Desa untuk mempercepat layanan Desa kepada warganya dengan sistem komputer yang terintegrasi dengan database online.

Lokakarya yang sudah berjalan untuk ke sekian kalinya ini di Kelurahan Dermaji Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas diikuti oleh sekitar 110 orang yang terdiri dari 44 Kepala Desa. Lokakarya Desa Membangun di dalamnya berisi kegiatan tentang bagaimana melakukan rembug desa, membuat portal desa, mengeksplorasi kemungkinan pengembangan ekonomi desa, opensoruce penggunaan BlankOn Linux hingga pelatihan penulisan pewartaan ala warga.

Selain BlankOn dan pemerintah desa turut aktif di moment istimewa ini adalah dari Infest Jogja, Gerakan Desa Membangun, Blogger Banyumas, Blogger Nusantara dan beberapa kampus di Purwokerto. Beberapa yang sempat terkena foto sementara ini adalah: