Tuesday, January 3, 2012

berjalan, olahraga paling berguna bagi tubuh

Berjalan sepuluh menit seiring aktifitas akan menjaga kebugaran tubuh, jika dilakukan setiap hari mungkin akan menyelamatkan nyawa dan terhindar dari penyakit-penyakit mematikan. Akan sangat baik ketika itu dikalikan tiga. Menjadi setengah jam setiap harinya baik untuk beraktifitas, bekerja atau apapun. Hal yang sangat mudah dan tidak berbiaya ini kadang terasa sulit untuk menjaga intensitasnya. Karena beban pekerjaan atau memang rasa capek yang sangat sulit dilawan ketika aktivitas berpikir sedang mendominasi.
Berjalan adalah olahraga yang menggerakkan seluruh tubuh, mungkin renang dan lari marathon akan lebih baik, namun hal tersebut tak bisa dilakukan setiap hari, apalagi lari marathon yang mungkin akan membuat badan harus istirahat selama beberapa saat, terlebih jika tak pernah melakukannya.

Hal menarik bagi dunia modern ini meskipun tak menarik bagi yang setiap harinya sudah melakukan, apalagi mungkin hal seperti ini adalah cara kuno, tidak inovatif dan hanya mengangkat sesuatu yang sudah lama, tidak ada pembaruan. Namun sebagai mahluk yang masih hidup tentunya hal-hal mendasar akanlah selalu sama, seperti bangun pagi harus melek. Menjalankan aktivitas makan untuk mengisi perut ketika rasa lapar sudah datang, ketika haus harus minum dan sebagainya adalah cara-cara kuno life skill yang sampai menjelang kiamat pun manusia harus melakukannya. Apalagi jika aktifitas bernafas masih akrab dengan hidup kita.

Berjalan sebagai cara untuk mempertahankan kesehatan ini dikuliahkan oleh Dr. Mike Evans, Dosen, pendiri the Health Design Lab pada Ka Shing Knowledge Institute, Seorang professor Obat keluarga dan kesehatan masyarakat di Universitas Toronto, dan staff kesehatan fisik di Rumah sakit St. Michael's. Dia menerangkan banyak hal tentang manfaat beraktifitas dan berolahraga dengan cara berjalan kaki yang harus dilakukan setiap hari. Dan katanya berjalan adalah obat mujarab bagi banyak kondisi yang menyebabkan sakit. Hal ini adalah jawaban atas banyak pertanyaan yang ada di kepala banyak orang maupun yang menjadi pertanyaan berat bagi para pengampu kesehatan tentang bagaimana cara efektif mempertahankan kesehatan dan kebugaran.
For 23.5 hours each day you can sit, slouch, sleep, whatever…but whatever the whatever, make sure you walk for the remaining 0.5 hours in the day. It is the single best thing you can do for your mental and physical health. It is the “green prescription” the cash-free Rx we can all self-prescribe to improve quality of life. It does assume you can walk, of course, so one might say it’s for the 99%
Berjalan, olahraga dan pengetahuan seperti ini, harus dikampanyekan agar setiap orang tetap berada dan ingat pada kemanusiaannya, selain berjalan adalah salah satu cara untuk mengawetkan nyawa dan kesehatan badan.

23 and 1/2 hours: What is the single best thing we can do for our health?