Saturday, December 31, 2011

antiresolusi 2012

Pembakaran, banjir, pembunuhan, pengrusakan, pemelaratan semua berlalu di tahun 2011. Mau apa di tahun 2011, tiada, sama saja, tak berbeda. Sepertinya memang begitu. Yang biasanya menekan akan tetap terus menekan, yang biasanya mengejar akan terus kejar-kejaran, yang biasanya di kejar akan terus berlarian, yang biasanya diam akan terus termangu. Menonton, menyaksikan apa yang akan terjadi dengan kado akhir tahun teraneh, ujung sepi ujung tahun.

Thursday, December 29, 2011

mengajar dengan android

Masih banyak diskusi memang tentang pemakaian handphone baik smartphone maupun yang bukan di sekolah. Hal yang sulit untuk dihindari memang terutama ketika pelajaran TIK sudah dimulai sejak kelas satu Sekolah Dasar. Anak menggunakan dan belajar tehnologi mainstream yang beredar umum di masyarakat, sementara sekolah masih asyik masyuk dengan kurikulum dan pendidikan karakter yang harus disesuaikan dengan tema belajar tahun pertahun yang semakin berkembang.

Sunday, December 25, 2011

ujung sepi ujung tahun

Seiring desir dingin angin Gunung Slamet, mengalun sendu gamelan anak-anak yang sedang latihan di balik tembok tersebut. Mangkat, yah... dengan senang dan tak senang pun harus senang. Sepi tak sepi pun ada ujungnya, sama, selalu sepi, ujung tahun ujung yang sepi. Meski tanpa makna atas penanggalan yang tak kupercaya tersebut.

Saturday, December 24, 2011

2012, semi kiamat, pedih dan amnesia

Saat ini mungkin sudah tidak percaya tentang kiamat, apalagi ramalan bangsa Maya tentang kiamat di tahun 2012. Mungkin itu benar, di dukung pula dengan tanda-tanda kiamat maupun semi kiamat yang kurang mendukung terjadinya kiamat, seperti bulan yang masih bulat, tempat-tempat ibadah yang masih berdiri dan bersuara secara periodik waktu. Masih ada kepedulian sosial, orang-orang yang mau memikirkan donasi ataupun kegiatan sosial demi kemanusiaan. Mereka masih ada dan banyak, sepertinya, Amin.

Monday, December 19, 2011

ganda dewata

Apa itu Ganda Dewata? #kode Katanya namanya lebih terkenal dengan Gandang Dewata ? #mdrcct #jinguk Mungkin iya mungkin iya pula entah, sudah lama gak berkecimpung di dunia persilatan yang itu #kode lagi. Terkenal dengan Gandang Dewata karena bentuknya seperti gendang raksasa, benar saking raksasanya maka dinamakan dewata... apakah dewata itu raksasa... entah, jelas itu pola pemikiran yang keliru dan terlalu menyederhanakan. Memang luas sekali, dan benar kalau gendang raksasa karena untuk sampai ke titik paling atasnya dibutuhkan waktu seminggu berjalan kaki. Mungkin bisa lebih cepat jika memang kakinya bisa melangkah dengan kecepatan yang lebih :D.

Saturday, December 17, 2011

Tweetdeck sudah merdeka

Twitter, Let's Fly : Tweetdeck, demikian twit dari twitter semalam. Siapa yang belum mengenal Tweetdeck, sebuah aplikasi twitter klien yang bisa membuat seseorang yang sebelumnya kurang suka dengan sosial media semacam twitter bisa menjadi keranjingan. Banyak yang mungkin sudah demikian jatuh cinta dengan aplikasi twitter klien ini. Memang sepertinya tweetdeck dapat mewakili dan membuat mudah bagi yang masih merasa kesulitan menggunakan twitter. Terkecuali mungkin yang sudah geeks. Info dari twitter itu adalah:

Friday, December 16, 2011

Gunung Raung

Gunung Raung terletak di Jawa Timur, Indonesia. Letaknya seperti halnya gunung-gunung lain di pulau Jawa adalah menjadi perbatasan antar kabupaten, juga Gunung Merapi di Jogja yang malah juga batas propinsi antara Jateng dan DIY. Gunung Raung ada yang di wilayah administratif Jember, Bondowoso maupun Banyuwangi. Namun kalo di tilik dari bahasa warga yang digunakan sepertinya Gunung Raung ini berada di wilayah Madura.

Thursday, December 15, 2011

bantimurung objek wisata terbaik di sulawesi selatan

Pernah jalan-jalan ke Pulau Sulawesi? Bantimurung? Yang khabarnya 'Bantimurung adalah objek wisata terbaik di Sulawesi Selatan'. Jelas Pulau Sulawesi adalah salah satu daratan favorit. Dengan kekayaan alamnya, lebatnya hutan dan #mdrcct jika mau menerangkan semuanya. Tidak bisa diterangkan, tidak bisa didefinisikan, tidak bisa dianalogikan, tidak bisa dibayangkan, tidak bisa diomongkan saja, tidak bisa ditulis saja, tidak bisa diulang lagi, yang dulu ya dulu sekarang ya sekarang, bisa jadi beda, bisa jadi tidak. Makanya datang saja ke sono.

Wednesday, December 14, 2011

hari ibu dan kanker

berapa juta ibu-ibu yang harus berhadapan dengan mahluk satu ini, kanker. bukan hanya ibu-ibu sebenarnya namun, siapapun juga, dalam range umur, lintas komunitas, negara bahkan ancaman kanker ada di mana-mana dan di setiap tempat. ada yang mengatakan bahwa mahluk ini bukan karena turunan, ada yang mengatakan karena turunan, itu semua tidak penting. yang jelas kita semua berhadapan dengan bayangan hitam kematian yang sangar dari mahluk kanker ini.

Monday, December 12, 2011

drumer difabel

Rick Allen, drummer band Def Leppard adalah drumer difabel karena bertangan satu. Dulunya Rick Allen juga memiliki 2 tangan namun karena kecelakaan yang cukup berat dia kehilangan satu tangan. Hal ini tentu membuat segalanya berbeda karena sebagai penggebuk drum biasanya adalah orang yang memiliki 2 tangan karena peralatan tersebut mensyaratkan begitu dengan 2 stik dan tentunya 2 kaki pun dengan kognisi yang terlatih dan peka baru dapat memainkan drum dengan sempurna.

Wednesday, December 7, 2011

yang istilahnya cipta

Saat sedang berada di puncak gunung apa yang anda rasakan? Apakah anda merasa bahwa dunia ini milik sendiri, dunia sudah kutaklukkan, atau bahkan gunung ini sudah aku kuasai. Apakah seperti itu? boleh juga, mengapa tidak, siapa yang melarang, salah jika hal tersebut disalahkan toh hanya ungkapan diri pribadi kepada diri sendiri, tak menyinggung siapapun... mengapa tersinggung, mengapa terlalu serius. Eksistensi adalah bawaan sejak lahir, bahkan udara dan cahaya pun selalu tersedia untuk anda, gratis dan tidak akan pernah habis, terkecuali memang naas dan sial, lantas apa akhirnya jika naas dan sial bersatu ... modar.. hihi #mdrcct