Wednesday, November 30, 2011

Desember

Desember, bulan yang menandai akan berakhirnya sebuah tahun. Tahun yang menandai lengkapnya putaran bumi mengitari matahari namun dengan hitungan yang saya kira tidak tepat. Mengapa? karena banyak kalender dan jenis penghitungan perputaran matahari, ada yang berdasarkan bulan, atau langsung ke matahari.

Tuesday, November 29, 2011

today is your day

Berpikir terlalu jauh mungkin bagus, namun bagaimana dengan hari ini. Menurut para wali dan ditiru oleh Zen bahwa tidak ada itu namanya kemarin dan hari esok, kapanpun itu adanya adalah hari ini. Kau akan mengalaminya setiap hari berembun di otak masing-masing, dan kejadian yang pernah terjadipun rasanya adalah hari ini, kecuali mungkin pendapat anda sudah error.

Monday, November 28, 2011

love is found

Ketiadaan akan selalu ceria dan bahagia ketika menemukan cinta, sbagaimana lagu Sade yang judulnya Love is Found. Itu katanya sih,... apa pendapatmu, entahlah... semua pasti menemukan cintanya, entah dalam kadar apa, baik disadari ataupun tidak. Ketidakpercayaan pada cinta pun adalah hal yang sangat mungkin juga, mengapa, hanya pribadi-pribadi pula yang bisa menjawabnya.

Friday, November 25, 2011

another one bites the dust

Ada yang nyambung ada yang tidak nyambung adalah hal yang lumrah. Namun apabila hal tersebut bisa terjadi dalam sebuah event yang sederhananya di gambarkan di sini. Berbagai reaksi pemahaman untuk berkomunitas kadang disangsikan dan sangat membuat bingung untuk apa dan mengapa itu penting seperti di sini. Mengapa harus menyalahkan senioritas atau apa pentingnya senioritas atau karena dia tua lantas dia salah dan menjadi polisi internet. Menjadi pemberontak, tidak setuju atau pengin eksis sendiri adalah kebebasan, dikatakan bagaimana ngetopnya pemikiran-pemikiran mengenai "personal branding" bagaimana caranya dan mengapa itu dibutuhkan tentu memerlukan intersepsi dan roadmap yang njlimet ala para 'marketer'.

Tuesday, November 22, 2011

easy dan tak ada hubungannya

Apa yang terjadi ketika para angkasawan berkumpul? Pastinya hanya akan memenuhi angkasa dengan warna-warna dan gelayut angan yang mereka suka. Tidak ada lagi suara-suara akar rumput. Bahkan katanya sekarang akar rumput sudah menjadi saingan atas eksistensi mereka. Bagaimana lagi hal ini terjadi, semakin sulit membedakan mana akar rumput dan mana angkasawan.

Sunday, November 20, 2011

[ngomnyang] Moves Like Jagger

Moves like Jagger, Lagu eksentrik untuk si eksentrik Mick Jagger-nya Rolling Stones, legenda grup band yang masih hidup. Bisa mengajak penyuka rock jadi hormat pada musik jenis ini juga. Musik memang sarana hiburan yang alamiah, namun betapa ngenesnya ketika panggung pentas musik dengan sound system dan harga yang mahal, rekaman-rekamannya bisa dinikmati dengan player-player yang semakin kecil dengan kualitas suara yang mendekati aslinya. Teknologi memang kadang juga bisa mencipta ketidakadilan. Belum lagi bajak membajak lagu, dan contohnya video yang saya embedkan pun dari Vevo dan di hosting di Youtube, dan lagi-lagi sayapun tidak mengeluarkan seperserpun, meskipun dengan biaya internet tapi itupun tak akan sampai ke Maroon 5 ataupun Christina Aguiliera.

Wednesday, November 16, 2011

Mahadewi

Meski bagaimana nyawa ini bertandang. Ada mahadewi di sana yang selalu menjembatani alam pikir dan perbuatan. Dia Mahadewi menjadi filter untuk melakukan bagaimana nyawa ruhani bertandang dan tetap bertengger dalam alam yang semakin tak keruan rasanya.

Tuesday, November 15, 2011

Jogloabang dan Profauna

Saat itu, sendirian di Jogloabang setelah mondar-mandir ke Cangkringan melihat dan membantu rekan-rekan mengantar serta membagi rumput untuk pakan ternak yang ditinggalkan karena pemiliknya mengungsi. Masih sebelum erupsi besar di tahun 2010 yang membuat kocar-kacir dan 3 kecamatan yaitu Pakem, Turi dan Cangkringan harus ditutup karena menjadi daerah rawan bencana Merapi oleh Mbah Rono. Mendengar dan dengan deg-deg plas secara jelas gemuruh dari dalam bumi tepatnya di bawah gunung Merapi. Gunung Merapi sangat mandiri, dan serasa menyimpan genset yang demikian besar dalam tubuhnya.

Monday, November 14, 2011

November Rain


Meski teori relativitas dari Einstein yang katanya pinter itu, selalu saja terbalik dan kurang. Teori itu pun jelas tak bisa diterapkan sebab bayangan di benak Einstein dan di kepala ini jelas berlainan. Kata orang sih, orang jenius bagaimanapun adalah sama seperti kebanyakan orang juga, tak sempurna, jadi ya lucu juga ketika orang bangga dan kampanye akan dissabilitas. Aneh. Kampanye itu ya tentang kelebihan sesuatu eh ya.. seperti Einstein... keblinger otaknya sendiri.

Wednesday, November 9, 2011

amarah datanglah

Mengapa harus amarah, amarah berwarna merah, dilambangkan kadang dengan api, namun apa di dalamnya? Ada banyak sekali kegunaan dan untuk itulah mengapa zat amarah adalah sesuatu yang sangat berarti dan tak terpisahkan dalam kehidupan. Darah bergejolak, darah pun berwarna merah, kadang kita menyebutnya sebagai amarah. Mau jadi apa kita kalo tidak punya amarah?

Tuesday, November 8, 2011

kang kombor, back to #ndeso

Namanya sebenarnya bukan Kombor, itu hanyalah julukan panggilan dari kakeknya, jika ingin mengenal Kang Kombor silahkan berkenalan sendiri, orangnya sederhana dan jujur apa adanya, namun memiliki keshalehan sosial yang dapat di verifikasi dengan keterlibatannya pada Komunitas Blogger Benteng dan keluasan jejaringnya hingga kepeduliannya dengan pribadi tempaan sekolah Taruna Nusantara yang istimewa tersebut.

Thursday, November 3, 2011

#Kopdar #Blogger #Nusantara #Upacara, #Merdeka!!!!

Entah mengapa di kota kecil itu, perhelatan kopdar blogger nusantara diadakan. Pada sebuah kota yang berada dalam keputusasaan karena terkena wabah lumpur, dan mencoreng semua mimpi para penduduknya, mungkin, mungkin loh. Bagaimanapun daerah ini dekat dengan Mojokerto, dan mungkin adalah letak dimana dahulu para senior kita mendirikan sebuah negara yang legendaris berjejuluk Majapahit. Majapahit, sebuah negara kerajaan dengan Mahapatih Gajah Mada yang bersumpah menyatukan Nusantara dalam kenusantaraannya, tanpa kita ketahui dengan jelas bagaimanakah gambar peta dan bumi yang dimiliki para sesepuh kita masa itu.

Wednesday, November 2, 2011

makan sore

Memangnya lumrah makan sore hari, tapi apa sih yang nggak lumrah di negeri ini. Mengapa harus makan di sore hari, tentunya ini bukan pertanyaan, apalagi jika dikaitkan dengan makan yang teratur. Makan teratur sebenarnya bukan jadwal jam menurut saya pribadi, makan teratur itu ketika lapar, tubuh membutuhkan nutrisi maka itulah saat kita makan.