Thursday, December 29, 2011

mengajar dengan android

Masih banyak diskusi memang tentang pemakaian handphone baik smartphone maupun yang bukan di sekolah. Hal yang sulit untuk dihindari memang terutama ketika pelajaran TIK sudah dimulai sejak kelas satu Sekolah Dasar. Anak menggunakan dan belajar tehnologi mainstream yang beredar umum di masyarakat, sementara sekolah masih asyik masyuk dengan kurikulum dan pendidikan karakter yang harus disesuaikan dengan tema belajar tahun pertahun yang semakin berkembang.

Hal itu secara formal mungkin adalah beban para praktisi pendidikan. Sebagai masyarakat umum dalam memberikan pengajaran dan pendidikan kepada anak pastilah mengacu pada apa yang ada dalam kehidupan sehari-hari yang selalu berkembang. Anak akan belajar menggunakan apapun yang baru yang berada di rumah, dia akan tahu sebagai yang pertama bahkan barang makanan di dalam kulkas, almari pakaian ataupun yang berada di samping rumah.

Apalagi berkaitan dengan peralatan baik berbau teknologi atau bukan, pun yang bisa interaktif, terutama jika sudah mengenal gadget, desktop atau alat permainan yang mengasyikkan, dan tanpa perlu berjalan-jalan jauh untuk mendapatkannya. Cukup di rumah, aman, nyaman, jauh dari bising kota dan keriuhan orang berkendara, dalam lingkungan orang-orang yang dikenalnya. Maka mau tak mau mereka akan belajar penggunaan teknologi pula. Terlepas dari diskusi apakah internet baik atau buruk kepada anak. Internet atau bukan itu tidak penting, sebenarnya.

Melihat-lihat blog google tentang opensource, cukup menarik ketika Google menawarkan aplikasi free untuk membuat kuis ataupun polling yang mudah dan bisa diakses langsung via internet ataupun aplikasi di handheld android. Jelas maksud utama dari aplikasi ini adalah untuk mengedepankan produktifitas penggunaaan handheld smartphone di kelas atau sekolahan.

Quiz dan Polling untuk hal ini bisa di buat dengan mudah dengan Google Apps fitur Google Spreadsheet, yang bisa di aplikasikan di Android maupun web dengan embedding player, handheld lain seperti laptop, ipad, iphone maupun laptop dapat pula menjalankannya dengan mudah. Melihat petunjuk pembuatan 'Teaching with mobile' cukup mengesankan, karena mudah dan bisa langsung jadi. Hasil dan statistik respon dari siswa bisa langsung didapatkan.


screenshot dari sumbernya

Google pun memberikan keterangan apa yang ada di balik ini semua:
How it’s built
The Quiz & Poll application showcases how you can combine several Google technologies to make an easy to use app. The code is useful for developers curious about following technologies and how they interact:
Silahkan mencoba, jelas ini bukan hanya untuk guru di sekolahan saja, namun sebenarnya bisa digunakan untuk hal lainnya yang mendukung produktivitas. Untuk petunjuknya bisa lihat video ini:


Untuk membuat Quiz bisa dengan cara:

  1. Copy template Quiz
  2. Save as, ganti nama menjadi kuis anda inginkan, namun jangan ganti [Q] identifiernya
  3. Share melalui quiz-n-poll@appspot.gserviceaccount.com untuk editing
  4. Update worksheets Questions and Information sebagaimana petunjuknya
  5. Tandai jawaban yang benar dengan * setelah cell respon
  6. Bagikan kepada murid atau yang akan diikutkan kuis dengan cara:
    • Pada spreadsheet, pada menu Quiz Games, pilih Share with students
    • Pada app android, pilih Quiz Games -> MENU -> My Own Quizzes -> Share
    • Tambahkan pada Quiz untuk setiap orang, atau akesibel untuk semua orang dan mengirim email ke me@destil.cz
Aplikasi menarik ini di dapat dari tulisan Teaching with Mobile dan http://quiz-n-poll.appspot.com/ 

22 comments:

  1. ya sekarang ini androit lagi laris2nya dan banyak orang yang memakai fasilitas terse3but

    ReplyDelete
  2. android bener bener menunjang untuk belajar bhs prancis juga loh :D aku pake android juga soalnya

    ReplyDelete
  3. Android memang OS populer banget nih di masa sekarang :)

    ReplyDelete
  4. wah mantap gan infonya
    salam kenal ya di tunggu update berikutnya

    ReplyDelete
  5. bagaimana bisa mengajar dengan android.mungkin ini dinamakan dengan moderen kalii ya,..?

    ReplyDelete
  6. Anroid lagi meledak nih pasti di tahun 2012 membuat revolusi baru :)

    ReplyDelete
  7. seharusnya kurikulum di tiap sekolah harus bisa menyesuaikan dengan tren masa kini yang kemanyakan memakai andrid,yah minimal memperkenalkan jangan sampai anak sekarang tertinggal dengan kemajuan tekhnologi....terimakasih gan atas infonya

    ReplyDelete
  8. android memang open source, mungkin itu adalah salah satu yang mengundang banyak developer untuk menciptakan suatu aplikai yang bermafaat, khususnya untuk pendidikan..

    ReplyDelete
  9. Memang Android sangat banyak aplikasi yg bermanfaat, karena developer android berlomba - lomba menciptakan aplikasi yang terbaik dan pastinya "free". :D

    good job android :D

    ReplyDelete
  10. android ini memang canggih deh.....
    banyak manfaat yang bisa diambil dengan smartphone jenis ini...

    ReplyDelete
  11. waaa pasti banyak resolusi dan revolusi yang akan di buat oleh androis pada tahun ini :) sukses terus ya gan :D

    ReplyDelete
  12. uadah jamannya teknologi canggih bermunculan, kemungkinan dimasa yang akan datang akan ada lagi os yang bisa ngalahin android.

    ReplyDelete
  13. info bagus, http://sarahnetslawi.blogspot.com

    ReplyDelete

Message from the green side