Monday, December 12, 2011

drumer difabel

Rick Allen, drummer band Def Leppard adalah drumer difabel karena bertangan satu. Dulunya Rick Allen juga memiliki 2 tangan namun karena kecelakaan yang cukup berat dia kehilangan satu tangan. Hal ini tentu membuat segalanya berbeda karena sebagai penggebuk drum biasanya adalah orang yang memiliki 2 tangan karena peralatan tersebut mensyaratkan begitu dengan 2 stik dan tentunya 2 kaki pun dengan kognisi yang terlatih dan peka baru dapat memainkan drum dengan sempurna.


Richard John Cyril Allen was born in Derbyshire, England on 1 November, 1963 to Geoffrey Allen and Kathleen Daly. He received his first drum kit at the age of ten, after promising his mother he would pay for half of the kit and stick to his drum lessons. He joined his first band, Smokey Blue, at the age of 12.
Sumber: http://h2g2.com/dna/h2g2/A8379390
Ketika grup band Def Leppard berada pada deretan kesuksesan setelah album Pyromania pada tahun 1984. Rick Allen harus menghadapi kenyataan bahwa tangannya tinggal satu. Apa yang terjadi ini ternyata tidak menjadikan grup ini bubar atau berganti personel karena salah satu anggotanya menjadi difabel.

Ternyata Rick Allen dapat menyesuaikan hidupnya dengan tangan satu dan terus hidup, di terima dan tidak ditendang oleh grup band yang sedang sukses saat itu. Pertemanan dan perspektif bahwa orang berbeda dalam kemampuan dapat dilihat dengan jelas, betapa sampai saat ini pun Rick Allen masih berada dan menjadi penggebuk drum handal.

Tak ada pandangan miring yang nyinyir padanya. Bahwa bagaimanapun setiap orang dapat menjadi difabel, dalam hitungan detik tanpa kita bisa mengira-iranya. Siapapun tak ingin hidupnya yang nyaman dapat berubah drastis karena salah satu bagian tubuhnya menjadi hilang dan tak berfungsi. Banyak perspektif dan paradigma yang bisa kita bangun dari kejadian yang menimpa Rick Allen dan Def Leppard pada saat itu.

Mengapa ya pesta-pesta akbar olahraga para difabel seperti Asean Para Games 2011 di Solo nggak ngundang band ini?