Thursday, November 3, 2011

#Kopdar #Blogger #Nusantara #Upacara, #Merdeka!!!!

Entah mengapa di kota kecil itu, perhelatan kopdar blogger nusantara diadakan. Pada sebuah kota yang berada dalam keputusasaan karena terkena wabah lumpur, dan mencoreng semua mimpi para penduduknya, mungkin, mungkin loh. Bagaimanapun daerah ini dekat dengan Mojokerto, dan mungkin adalah letak dimana dahulu para senior kita mendirikan sebuah negara yang legendaris berjejuluk Majapahit. Majapahit, sebuah negara kerajaan dengan Mahapatih Gajah Mada yang bersumpah menyatukan Nusantara dalam kenusantaraannya, tanpa kita ketahui dengan jelas bagaimanakah gambar peta dan bumi yang dimiliki para sesepuh kita masa itu.


Apapun itu, entah dengan teknologi pembodohan macam apa sehingga cerita tersebut tidak sangat jelas bisa kita pahami bersama, karena adanya penjajahan Belanda dan sebagainya dan sebagainya yang juga setelah kita merdeka pun para ahli sejarah hanya berkutat pada catatan dan buku yang ditulis sepanjang pengetahuan dan maksud politik penulisnya. Kasihan benar deh kita... menjadi korban ketidaktahuan yang sustainable, bahkan mungkin harus sekolah S2 atau S3 ke negara asing untuk sekedar tahu siapa sih kita, warga nusantara ini.

Pada hari itu, sehari sebelum mbah Sangkil operasi kakinya, ada aktifitas antara OC dan SC Kopdar Blogger Nusantara di site yang rencananya akan digunakan untuk Kopdar Blogger Se-Nusantara, membahas ini itu yang akhirnya pun harus berubah begini dan begitu sebagaimana jumlah para peserta Kopdar yang sudah dilakukan 28 hingga 30 Oktober beberapa hari yang lampau. Semalam sebelumnya ngobrol bersama para pegiat komunitas blogger Ponorogo - Blogger Kota Reyog, dengan suasana santai dan akrab hingga larut malam harus menuju ke Sidoarjo.

Alhasil, terlalu pagi sesampainya di Sidoarjo. Kesempatan waktu dinihari tersebut untuk berjalan-jalan ala backpacker kurang kerjaan karena jalan kesana-kemari di saat orang-orang sedang terlelap istirahat, dasar kenthir. Warung kopi belum ada yang buka, ketika capek ternyata tempat ternyaman ada di pinggir jalan depan polsek jalan Pahlawan Sidoarjo. Setelah terang tanah ternyata apa yang teramat nyaman untuk istirahat, dan kemudian ada ibu-ibu yang membuka warung kopi disitu ternyata adalah Taman Makam Pahlawan yang cukup lama, dimana para pahlawan yang dimakamkan di sana, di nisannya tertulis tahun 1945. Ah.. ini benar-benar makam para pahlawan kemerdekaan yang pada saat itu berjoang memerdekakan negara tercinta Republik Indonesia. Penerus insan perawat Nusantara, bumi indah gemah ripah loh jinawi. Sungguh di hari Sumpah Pemuda harus ada upacara penghormatan dari para sedulur blogger se-Nusantara untuk menghormati dan mendoakan para seniornya memperjuangkan kemerdekaan dengan harapan berisi konten positif kemerdekaan yang wajar dan berarti bagi orang-orang yang mengaku warga negara Indonesia.

Terngiang saat itu, bahwa Kopdar Blogger Nusantara bukan hanya event semata, kopdar bisa dilakukan setiap saat, di setiap tempat, diseluruh wajah bumi Nusantara. Blogger Nusantara juga bukan hanya istilah semata, bukan hanya penyeimbang atau perbaikan atas apa yang sudah ada. Blogger Nusantara adalah entitas, diakui atau tidak, Blogger Nusantara akan memberikan manfaat positif bukan hanya untuk blogger, namun untuk lingkungan yang bisa diwarnainya dengan keindahan.

Sebagaimana jati diri blogger nusantara dan tekad blogger nusantara:


Jati Diri Blogger Nusantara

Kami Blogger Nusantara:

  1. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan, keragaman, kebebasan berekspresi selaras norma budaya nusantara.
  2. Mengembangkan potensi diri menjadi insan kreatif, mandiri, jujur, peduli, antusias, kritis dan profesional.
  3. Memanfaatkan teknologi informasi dengan kebersihan hati untuk mencapai tujuan dan mewarnai kehidupan.
  4. Membangun jejaring dan berpartisipasi merawat bumi nusantara seisinya.
  5. Membangun sinergi, mendokumentasikan, mengasah kepekaan sosial untuk mencerdaskan kehidupan bangsa.

Tekad Blogger Nusantara:

  • Kami blogger nusantara, satu kebanggaan bersama, blogger Indonesia.
  • Kami blogger nusantara, satu misi bersama, persaudaraan dan kemandirian blogger Indonesia,
  • Kami blogger nusantara, satu visi bersama, insan kreatif media digital Indonesia
Cantik bercahaya, Blogger Nusantara, Amin