Tuesday, November 15, 2011

Jogloabang dan Profauna

Saat itu, sendirian di Jogloabang setelah mondar-mandir ke Cangkringan melihat dan membantu rekan-rekan mengantar serta membagi rumput untuk pakan ternak yang ditinggalkan karena pemiliknya mengungsi. Masih sebelum erupsi besar di tahun 2010 yang membuat kocar-kacir dan 3 kecamatan yaitu Pakem, Turi dan Cangkringan harus ditutup karena menjadi daerah rawan bencana Merapi oleh Mbah Rono. Mendengar dan dengan deg-deg plas secara jelas gemuruh dari dalam bumi tepatnya di bawah gunung Merapi. Gunung Merapi sangat mandiri, dan serasa menyimpan genset yang demikian besar dalam tubuhnya.

Beberapa malam setelahnya, venue ini menjadi penuh sekali dengan rekan-rekan dari jauh yang menyempatkan diri untuk membantu para pengungsi yang sangat bingung dengan pertanyaan sampai kapan harus mengungsi, karena semua peralatan yang dimiliki Vulkanologi dikhabarkan tak berfungsi normal. Terimakasih kepada semuanya yang bergabung dan dengan sepenuh hati, hanya bermodalkan hati dan empati, membantu dan ikut bertahan menunggu Merapi untuk pulih dari kemarahannya.

Ketika pagi hingga sore membantu evakuasi ternak hingga ke daerah-daerah yang sangat super rawan, karena memang tidak diperbolehkan kecuali tim Profauna dan Jogloabang yang memiliki tugas khusus yaitu menyelamatkan harta para petani ternak dimana hewan ternaknya adalah sebagian dari kehidupannya yang teramat vital. Di malam harinya dengan dukungan dan ide tim internet sehat, #pray for Indonesia, Hivos dan XL, segenap relawan berputar untuk menghibur pengungsi dan para penjaga yang ada di desa-desa di kaki Merapi dengan layar tancap. Memutar film-film hiburan yang kadang semalam berada di beberapa tempat dengan dukungan property Jogloabang dan rekan-rekan sesama relawan Merapi.

Video di bawah menceritakan first descent untuk menyemprot anti hama dan membakar ternak-ternak yang tertinggal dan terkena awan panas di kaki Merapi tepatnya di dusun Pangukrejo agar tidak menjadi bibit penyakit yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Pun hal ini berjalan setiap hari menyisir hingga ke wilayah Klaten atas.

Terasa betul ragam kerukunan dan kebersamaan Jogloabangers saat itu dengan satu hati dan tekad hanya untuk sesama tanpa embel-embel apapun. Viva Profauna, Viva Jogloabang.




One | U2

Is it getting better
Or do you feel the same
Will it make it easier on you now 
You got someone to blame
You say...

One love
One life
When it's one need
In the night
One love
We get to share it
Leaves you baby if you 
Don't care for it

Did I disappoint you
Or leave a bad taste in your mouth
You act like you never had love
And you want me to go without
Well it's...

Too late
Tonight
To drag the past out into the light
We're one, but we're not the same
We get to 
Carry each other
Carry each other
One...

Have you come here for forgiveness
Have you come to raise the dead
Have you come here to play Jesus
To the lepers in your head

Did I ask too much
More than a lot
You gave me nothing
Now it's all I got
We're one
But we're not the same
Well we 
Hurt each other
Then we do it again
You say
Love is a temple
Love a higher law
Love is a temple
Love the higher law
You ask me to enter
But then you make me crawl
And I can't be holding on
To what you got
When all you got is hurt

One love
One blood
One life
You got to do what you should
One life
With each other
Sisters
Brothers
One life
But we're not the same
We get to 
Carry each other
Carry each other

One...life

One