Wednesday, November 30, 2011

Desember

Desember, bulan yang menandai akan berakhirnya sebuah tahun. Tahun yang menandai lengkapnya putaran bumi mengitari matahari namun dengan hitungan yang saya kira tidak tepat. Mengapa? karena banyak kalender dan jenis penghitungan perputaran matahari, ada yang berdasarkan bulan, atau langsung ke matahari.

Mana yang logis? tergantung keyakinan dan patron serta kuasa perspektif keyakinan yang menghantui anda. Bukan karena saya tidak beragama masehi lantas memakai kalender hitungan bulan. Namun mari kita mencoba agak berhitung secara sederhana saja, dari yang terdekat yaitu rotasi bumi, kemudian bulan yang mengitari bumi, dan bumi mengitari matahari.

Mengapa harus ada bulan dan mengapa jumlahnya satu, mengapa juga dia mengitari bumi, entah barangkali ada hitungan fisika dari para jenius yang bisa menerangkannya mengapa bulan ada di sana di atas sana untuk apa dan barangnya juga segede itu?.

Jika menggunakan rumus lingkaran yang konon katanya adalah lingkaran 360 derajat, kesemua benda yaitu bumi, bulan dan matahari, berbentuk bulat. Bulan berotasi, dan mengitari bumi. Bumi berotasi dan mengitari matahari. Semuanya membentuk lingkaran yang pastinya itu adalah 360 derajat, mungkin meleset sedikit (lebih atau kurang) sehingga pada kalender Sultan Agung Hanyokrokusumo waktu meleset tersebut menjadi satu hari tambahan dan hanya 8 tahun sekali. Berbeda dengan tanggalan masehi yang 4 tahunan dan disebut kabisat dan jatuh pada bulan Februari sehingga berumur 28 hari.

Memang ada selisih antara penanggalan hijrah, masehi dan mataraman tersebut, namun kesemuanya mendekati hukum lingkaran yaitu 360 derajat, atau berkisar pada 360 hari yang kemudian dibagi menjadi 12 bulan dan menjadi 30 hari sebulan. Mana yang benar, hitung saja sendiri.

Sultan Agung raja Mataram memang terkenal dengan kecerdasannya, ketika pada masa itu beliau dapat memastikan bahwa tanggal dan hari di Jawa sama dengan kota Mekah. Tanpa teknologi informasi berbasis hardware ataupun gadget seperti sekarang. Namun banyak kisah yang menceritakan bahwa beliau Kanjeng Sultan Agung setiap hari Jumat melakukan ibadah sholat Jumat di Masjidil Haram, hingga ada seseorang yang ketika itu naik haji namun kehabisan ongkos pulang dapat tertolong pulang ke Jawa dengan mengikuti Sultan Agung atas informasi dari pengurus Masjidil Haram. Wallahu alam...

Kadang kita memang sudah terorganisir secara mekanis dengan melihat kalender, atau penunjuk waktu yang memang sudah terjadwal dan menempel di tangan seperti arloji, handheld ataupun gadget yang selalu dibawa. Namun juga baik ketika mencoba untuk melepas itu dan mencoba survive dengan mengetahui penandaan-penandaan atau ciri-ciri alam yang menunjukkan kejelian, kehati-hatian dan detil pertimbangan kearifan yang dibangun menjadi tradisi dan budaya lokal kakek nenek kita. Seperti misalnya dalam menentukan perubahan tanggal dimana pada sore hari melihat bulan (seperti yang selalu ribut ketika hari raya Idul Fitri, namun dilupakan ketika setelahnya, karena rutin tiap tahun ribut), kemudian pada melihat bagaimana bentuk bulan yang terlihat, dan tengah malam adalah posisi yang menentukan sekali akan penanggalan tersebut. Di mana pada penanggalan berbasis bulan akan ada evaluasi tanggal ketika menghadapi purnama, yang jelas itu adalah pertengahan bulan, dan di beri tanda angka 15.

Belum lagi fungsi 7 hari seminggu dan 5 nama hari pasaran yang kesemuanya untuk memudahkan penghitungan jumlah hari bahkan hingga ratusan tahun. Sangat menarik tidak boros kertas, kalkulator, listrik, baterai ataupun mesin CPU yang semakin kita masukkan menjadi bagian dari diri pribadi, padahal bukan :-)





December | Collective Soul


Why drink the water from my hand?

Contagious as you think I am
Just tilt my sun towards your domain
Your cup runneth over again

Don't scream about
Don't think aloud
Turn your head now baby
Just spit me out

Don't worry about
Don't speak of doubt
Turn your head now baby
Just spit me out

Why follow me to higher ground?
Lost as you swear I am
Don't throw away your basic needs,
Ambiance, and vanity

Don't scream about
Don't think aloud
Turn your head now baby
Just spit me out

Don't worry about
Don't speak of doubt
Turn your head now baby
Just spit me out

December promise you gave unto me
December whispers of treachery
December clouds are now covering me
December songs no longer I sing

Don't scream about
Don't think aloud
Turn your head now baby
Just spit me out

Don't worry about
Don't speak of doubt
Turn your head now baby
Just spit me out

December lyrics © Sony/ATV Music Publishing LLC