Monday, September 27, 2010

tidak akan

Binar itu, menggergaji seluruh tenaga untuk berdiri tegak, memukau membuat kelu lidah seakan tiada berair, kering kerontang, hampa buat sesak dada, betapa berat nafas untuk memacu pergi, menjauh menghilang dalam remang gelap, tatkala harus menjalaninya. Tiada lagi hamparan harap hijau menyegarkan nurani ketika harus merelakan pergi menjauh, sepi tanpa jiwa untuk meraup hidup dalam remang, tanpa asa, bagai penjara yang sebenarnya.

Saturday, September 25, 2010

closer to your heart

Sudah sedemikian jelas dan gamblang walaupun tak usah dijelaskan dengan kata-kata setinggi langit dengan imbalan yang setinggi ribuan gunung. Bahwa tuhan adalah semesta alam, semesta yang bertuhan maupun banyak semesta lain yang memiliki pendar cahaya terang benderang, semua berkata dan menuliskan bahwa tuhan adalah semesta alam, berkah untuk semua semesta dan penghuninya, pencipta, perawat sekaligus nanti penghancurnya, sebagaimana yang langit pernah turunkan dalam rangkaian kata dan kitab yang seolah hanya berjumlah satu, meski tak ada penelitian pasti mengenai itu karena perspektif yang berbeda dan keterbatasan daya olah kelola pikir kemanusiaan dalam keterbatasan maupun sejauhmana mereka menjelajahi semesta pikiran, jiwa, hati dan memahami penandaan yang diberikan oleh langit.

Monday, September 13, 2010

mau apa?

Menggunakan produk buatan China atau buatan manapun memang tidak dilarang dan tidak ada kait mengkaitnya dengan keyakinan atau relijius apapun, mungkin setahu saya. Mungkin hanya alasan karena murah, terjangkau dan lain sebagainya dan toh tak ada yang salah dengan segala alasan tersebut. Entah juga apa bedanya antara negara kapitalis dan negara komunis juga buat apa dipikirkan karena toh itu bukan negara kita, kalo pun masih mengakuinya karena pemimpin disini yang sudah cuek bebek dan tak peduli lagi dengan warganya bahkan dengan kondisi fisik Negeri Begajul yang terkikis perbatasannya sedikit demi sedikit meski dahulu diperjuangkan dengan keringat dan semangat sadumuk bathuk sanyari bumi, tentusaja memang tak ada hubungannya sama sekali.

Wednesday, September 8, 2010

International Burn a Koran Day

Entah ada hubungannya atau tidak antara Stephen Hawkings dengan buku barunya The Grand Design yang mengatakan bahwa tuhan tidak ada kaitannya dalam penciptaan semesta dengan pendeta Terry Jones dengan rencana International Burn a Koran Day pada 11 September 2010 mendatang. Memang konyol dan sangat mungkin tidak ada hubungannya sama sekali. Sebab jelas yang satu menyerang terorisme dan satunya lagi langsung menyatakan bingungnya dengan keberadaan tuhan, yang malah menjadikannya tidak mengakui, secara empiris ilmu pengetahuan, namun entah dalam hatinya.

Sunday, September 5, 2010

tricky

Bagaimana mau bersusah atau memberi, ketika semua hal yang sudah ada sudah semakin tak berarti. Dibalik gemuruh ombak dan riuhnya gelombang global, mengikis rasa-rasa penat yang pernah dialami leluhur. Ketika menimba ilmu dan segala referensi berasal dari sesuatu yang bukan milik sendiri. Saatnyalah membangun kontaminasi akan kebersamaan dalam derita, dan dengan mudahnya memutuskan untuk tak bertindak bodoh, dalam keyakinan retorika buatan yang hanya diimaji karena kekalahan moneter dan kesejahteraan.