Saturday, October 9, 2010

Crack atau Reset Password Windows via Ubuntu Linux

Kebangeten memang kalo bisa lupa dengan password buatan sendiri, namun hal itu juga sangat mungkin terjadi juga, siapa tahu. Meskipun begitu, sangat mudah sekali untuk meresetnya kembali, atau kalau ingin agak ruwet sedikit ya lebih mudah lagi dengan instal ulang windows anda. Namun dengan menggunakan Linux Ubuntu dalam bentuk Live CD ataupun Live USB disk pun akan sangat mudah dilakukan dengan syarat koneksi internet tersedia dan mau tidak mau juga harus memiliki CD atau Master Ubuntu dalam bentuk ISO atau dalam bootable USB Flashdisk. Untuk membuat Bootable Flashdisk Ubuntu pun sangat mudah, dengan mengekstrak langsung ISO Ubuntu ke USB Flashdisk dengan 7zip atau apapun yang mendukung, kalaupun kesulitan banyak sumber di internet yang bisa dibaca sebagai panduan tentunya.
Seperti diatas hal yang diperlukan adalah CD Ubuntu ataupun Bootable Flashdisk dengan master Ubuntu didalamnya dan sebuah software bernama chntpw. Adapun langkah demi langkah untuk melakukan cracking ataupun resetting password windows adalah sebagai berikut:
  1. Booting atau menghidupkan kembali sejak awal komputer dengan Ubuntu Live Session baik dengan CD ataupun USB Flashdisk, terserah mana yang ada. Dengan mematikan komputer dahulu kemudian booting up dengan device bootable tersebut. Sehingga akan menjalankan Ubuntu pada Live Session yang artinya bahwa anda menjalankan sistem operasi Ubuntu Linux tanpa harus menginstallnya.
  2. Pada menu command diatas, klik System >> Administration >> Synaptic Package Manager kemudian pilih tab Settings >> Repositories >> Ubuntu Software dan centang "Software restricted by copyright or legal issues", kemudian reload synaptic.
  3. Kemudian menginstall CHNTPWInstall dari Synaptic Package Manager, atau menggunakan Mantera rapal di terminal:
    sudo apt-get install chntpw  
  4.  
  5. Resetting atau Crack Windows Password:
    • Mounting installasi windows anda, tergantung pada anda dahulu menginstallnya dimana, semisal seperti:
      • Copy Paste mantera ini di terminal :
        sudo mkdir /media/WINDOWS
        sudo mount /dev/sda1 /media/WINDOWS
        
      • Installasi default windows memang biasanya ada pada /dev/sda1, namun jika anda suka yang berlainan maka tentunya bisa hafal di partisi mana diletakkan semisal pada /dev/sda2, atau 3 dan seterusnya.... untuk kemudian di mounting pada /media/WINDOWS.
    •  Buka folder konfigurasi Windows anda yang berlokasi di [WINDOWS_DEVICE]/WINDOWS/system32/config/ dengan copy paste mantera terminal (Menu : Application >> Accesories >> Terminal):
      cd /media/WINDOWS/WINDOWS/system32/config/
      
  6. Crack file SAM, inilah file yang kita cari, kemudian crack file ini untuk reset password Windows. Crack SAM dengan memanggillnya dahulu dengan rapal, copy paste rapal ini di terminal Ubuntu:
    chntpw SAM
    
    Selanjutnya ketika muncul tampilan seperti di bawah ini, maka prosesi Crack Windows Password akan dengan sangat mudah dilakukan.
  7. Sebagaimana yang anda lihat, ada lima pilihan opsi, pilih opsi '1' dan kemudian 'Enter'... tarararammmm.... voila... sukses Crack Windows Password.
Happy Cracking....

Via [How to: Reset Windows Password Using Ubuntu]