Sunday, June 27, 2010

nikmat dunia

fenomena langit jogja pada sore 11 juni 2010
Alam memanglah tidak bisa berbicara entah mungkin kalo ada saatnya bisa mengeluarkan kata-kata siapa yang bisa menyangka ataupun meramalkan sementara memang alam tak memiliki mulut apalagi jika lebih dalam lagi tidak memiliki pita suara mungkin. Tanda-tanda yang diberikannya pun seakan tak beraturan dan sangat sulit untuk ditebak masa berlakunya entah seratus hari, seribu hari ataukah beberapa abad kemudian tidak bisa disimpulkan dan dibuatkan formula rumusnya dengan mudah hanya sesuatu yang bisa dipercaya sebagai sebab dan akibat dapat dicerna dengan mudah oleh akal sebagaimana aksi reaksi, stimulus respon dan sebagainya yang jelas dan erat kaitannya baik secara tercatat ataupun bisa di pertanggungjawabkan dengan mudah di muka khalayak.


Bukankah hal tersebut merupakan interaksi dialektik antara kondisi dan seterusnya adalah sesuatu yang sangat perifer, bisa dirasakan dan dinyatakan dengan mudah tanpa harus dengan diskusi yang mendalam atau dengan kata lain masih bisa dilakukan dengan sekedar cuap untuk bisa memahamkan semuanya akan keadaan tersebut. Seperti kemudahan hidup saat ini yang sedang terbuka dengan lebarnya, tiada aturan yang jelas dan menjerat selain hanya untuk memenangkan salah satu pihak diantara pihak yang lainnya namun overall semuanya bisa dilakukan apabila tidak harus ada perjenjangan maupun kelas sosial yang lagi-lagi dibuat hanya untuk saling membeda-bedakan agar mempermudah pengkategorian untuk bisa dimasukkan dalam sebuah database dan sekali lagi hanya untuk kepentingan tertentu untuk sebuah keinginan untuk saling menguasai sesama manusia maupun dimana manusia tersebut tinggal agar bisa digunakan dengan mudah serta membuat nilai-nilai takaran betapa mana manusia memiliki arti ataupun tidak ketika harus terjadi saling penghilangan dan pemusnahan.

Betapa sangat sederhana ketika semua yang disediakan alam bisa dimanfaatkan dengan kepintaran manusia untuk mengolahnya seperti halnya air yang bebas di alam raya namun akan menjadi berharga ketika berada dalam botol plastik atau kotak kertas, betapa mahalnya bahan bakar sementara di banyak daerah di jawa bisa mengalir dan ditimba seperti di sumur yang kesehariannya bisa digunakan langsung atau hanya dengan proses sederhana tanpa harus melibatkan korporasi besar yang menghabiskan uang banyak hanya untuk saling membayar manusia karena kepintaran atau tingkat pendidikannya yang tinggi. Semua bisa dimaklumi dan disepakati untuk bisa digunakan dan diuangkan demi sebuah kehidupan karena jasa yang dipakai serta dengan ukuran yang dibuat sendiri pula berdasarkan kesepakatan bersama para pihak.

Kemudahan demi kemudahan dimunculkan dan merata untuk kemudian secara tidak sadar akan menumbuhkan juga keangkaramurkaan secara mudah dimana harga diri dan akses penguasaan pun dengan mudah didapatkan ditambah dengan kemudahan menciptakan hukum-hukum untuk selanjutnya dipergunaan untuk menguatkan diri namun lupa bahwa semua itu adalah bukan milik siapa-siapa, betapa hak guna pun bisa diperuntukkan untuk menguasai dan meninggi rendahkan satu sama lain atas nama jabatan ataupun kepemilikan kecerdasan untuk mengatur dan membuat permainan persaingan yang lama kelamaan pun menimbulkan gesekan dan korban yang diyakini sebagai efek atas hukum sebab akibat dan banyak lagi. Meski umur kemanusiaan terbatas namun hasrat untuk saling menguasai dan menimbun harta seakan sebagai jaminan untuk berumur panjang tanpa akan pernah menyadari kapan akhir dari nafas dan detak jantungnya sendiri.

Siapa yang bisa menjalankan arti garis lurus memanjang bagaikan sebuah jalan raya ditengah sawah nan luas, ketika fenomena langit yang indah tersebut bisa diterjemahkan secara gamblang, tanpa harus dengan teori kemanusiaan, matematika, perbintangan, fisika ataupun ketuhanan model sana, sana, sana dan situ. Seperti ketika fenomena hujan meteor, ketakutan, kelucuan kiamat 2012, ngerinya tsunami, bikin traumanya gempa ataupun hal-hal lain yang sulit dilihat kaitannya selain dengan ilmu geologi yang bisa menjelaskan mengapa lempeng benua bergeser, rongga yang runtuh di dalam bumi, namun juga mengapa tidak semua hunian bisa rusak dengan getaran yang sama ataupun mengapa rongga itu harus ada juga mengapa harus ada kecelakaan saru dalam pengeboran oleh PT. Lapindo. Semua bisa saling sangkal, membenarkan, membuat teori sendiri, menyusun paradigma baru atau apapun dengan mudah berbekal tumpukan buku yang dibelinya atau dibaca di perpustakaan juga diskusi-diskusi mendalam yang dibiayaai dengan mahal secara sangat mudah terbuka dan transparan, namun tentunya bukan hal itu yang kita cari. Entahlah.









Armageddon it! - Def Leppard

Ya better come inside when you're ready to
But no chance if ya don't wanna dance
You like (a) four letter words when you're ready to
But then you won't 'cos you know that you can
You got it
But are you gettin' it?
You say that love is (a) won when you get some
But then your finger won't trigger the gun

You know you (ya) can't stop it, so don't rock it
You know you got it
Hey, but are you gettin' it?
Ooh, really gettin' it?
(Oh)
Come get it from me

Uh oh
You try comin' on when you need some
But then you don't 'cos you already did
Yeah, you jangle your jewels while your shakin' ya
And drive the pretty boys outta their heads
You got it
But are you gettin' it?
You flash your bedroom eyes like a jumpin' jack
Then play it pretty with a pat on the back

C'mon get it
Yeah
Do, do, do

(Gimme all of you lovin')
Ev'ry little bit
(Gimme all that you got)
Ev'ry bit of it
(Ev'ry bit of your lovin)
Oh, c'mon live a bit
(Never wanna stop)
Yeah, but are you gettin' it?
(Armageddon it!)
Ooh, really gettin' it?
(Yes, Armaggedon it!)

C'mon, Steve, get it
Huh!

Take it, take it, take it from me
I got an itchy finger following me
Pull it, pull it, c'mon trigger the gun
'Cos the best is (a) yet to come
I say
('Cos the best is yet to come)
Oh, are you gettin' it?
Oh, really gettin' it?
Yes, are you gettin' it?
Whooh, really gettin' it?
(Oh) Come get it from me
(Gimme all of you lovin')
Ev'ry little bit
(Gimme all that you got)
Ev'ry bit of it
(Ev'ry bit of your lovin')
Oh come on live a bit
(Never want it to stop)
Oh, are you getting it?
(Gimme all of your lovin')
Ooh really gettin' it?
(Gimme all that you got)
Oh are you getting it?
(Gimme all of your lovin')
Oh live a bit
(Gimme all that you got)
No
Live a bit
You've gotta live it
(Gimme all of your lovin')
Ooh baby live it
(Gimme all that you got)
C'mon and give it
(Ev'ry bit of your lovin')
Oh come on and give it
(Never want it to stop)
Oh are you gettin' it?
(Gimme all of your lovin')
Ooh really gettin' it?
(Gimme all that you got)
Oh are you gettin' it?
(Ev'ry bit of your lovin')
Oh live a bit
(Never want it to stop)
Whoah
(Gimme all of your lovin')
(Gimme all that you got)