Wednesday, October 7, 2009

refreshing sitemap untuk blogger


Sekali-kali refreshing dengan Sitemap untuk blogger, yang biasanya menjadi andalan para blogger agar blognya bisa terindeks ke mesin pencari semisal Google, Bing ataupun Yahoo. Selain bermain-main dengan keyword untuk latihan pengindeksan di mesin pencari atau juga kadang ada yang hobi ikut kontes SEO. Konten dan tulisan yang mencerahkan pembacanya tidak kalah penting, karena meskipun saya nggak paham dengan SEO-SEO nan begini, membuat tulisan yang cukup memiliki arti kadang menjadi impian atau sesuatu yang menyenangkan.

Baru-baru ini si Google Webmasters Tools, situs pintu masuk sitemap untuk blogger dan blog milik Google, membuat semacam verifikasi baru untuk blog, Silahkan melihat sendiri dan login untuk mengaplikasikannya, adapun masih seperti biasa kode verifikasi itu yaitu dengan upload file .html bagi yang memiliki hosting sendiri, atau juga dengan meta tag, bagi blogger maupun yang hosting sendiri, namun ada perubahan dalam kode meta tag tersebut yaitu ada tambahannya, silahkan dipraktekan sendiri, adapu kade dibawah hanyalah contoh, masing-masing domain akan memiliki kode verifikasi sendiri-sendiri:


<meta content='tCTPuRBEjLfMUoHcclPHwYCkZFRYVRH2UurLNaN_kHc' name='google-site-verification'/>

Demikian pula untuk Yahoo Site Explorer, dan Bing, login atau sign up ke situs tersebut kemudian masukkan alamat blog, dan tentunya setelah itu verifikasi. Yahoo memerlukan perlakuan istimewa dalam menambahkan kode meta tag nya ke CSSnya blogspot, sepanjang sampai hari ini saya berhasil dengan kode seperti ini:


<META content='d0b4f92c017acba9' name='y_key'></META>

atau seperti ini juga bisa dengan menambahkan backslash saja:


<META content='d0b4f92c017acba9' name='y_key'/>

Kemudian untuk mendapatkan sitemap dengan cara mudah ada sebuah situs yang menyediakannya, yaitu Labnol[dot]org, langsung praktek di sini, bahkan bisa langsung submit ke Yahoo dan Bing. Petunjuk cara pemakaian sitemap untuk blogger ada pada video dibawah ini: