Saturday, October 31, 2009

ketika mereka belum resmi

Ketika ilmu pengetahuan beradu, ini bukan masalah seks bebas dan hubungan seks diluar nikah, namun resmi dirilis oleh empunya projek. Tentu saja masalah hubungan seks bebas dan seks di luar nikah bukan urusan saya, tidak menentang, tidak menganjurkan, tidak membela dan tidak menghukumi, itu adalah urusan pribadi masing-masing, dan aneh jika orang lain merasa memiliki sesuatu yang bisa untuk menghukum perilaku tersebut. Terkecuali sudah tekena dogma-dogma aneh yang akhirnya berujung pada mudahnya perseteruan, kekerasan dan tentusaja menguntungkan pihak-pihak yang memiliki kartu truf serta mahir memainkannya. Bukan, bukan itu...


Hal ini hanyalah masalah performa dan tentusaja ideologi sebuah produk, ketika satu produk harus didukung dengan perangkat keras baru dan High End, atau memang suatu produk karya yang bisa mendukung perangkat keras bahkan yang Low End sekalipun. Bahwa penghargaan atas karya maupun hak cipta seharusnya bukan hanya dikampanyekan untuk mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya, namun juga menghargai perbedaan dan kekuatan pasar, serta karya-karya cipta tehnologi yang mungkin sudah agak ketinggalan, meskipun seharusnya bisa di optimalkan kembali untuk mendukungnya demi tidak menumpuknya sampah-sampah perangkat keras yang tentusaja 'eman-eman'.

Bukan pada masalah perang idea antara komunisme, kapitalisme, sosialisme maupun liberalisme namun dengan kewarasan haruslah bisa berpihak meskipun hanya pada masalah produk perangkat baik lunak maupun keras. Mana yang lebih bisa menghargai keadaan dan bukan, dan sebenarnya untuk apakah kita membelinya. Ketika barang yang gratis dan lebih mudah untuk dikembangkan sebenarnya tersedia dan bahkan sepertinya memang lebih cepat perkembangannya.

Inilah gambarannya...sebelum mereka resmi dirilis...