Thursday, October 22, 2009

Free Video Cutter, Repair dan Converter

Mari lanjutkan saja, tidak usah sedih karena kemungkinan dengan punggawa baru urusan tehnologi informasi yang dari partai beragamis, bisa membawa berkah atau sesuatu yang baru, moga-moga saja. Memang politik yang penuh jebakan dan lobang-lobang kenikmatan itu kadang tidak membawa hal yang signifikan untuk urusan-urusan bisnis dibawahnya, saya menunggu saja apakah nantinya akses nasional kepada urusan hacking, dan lain sebagainya tentang perdownloadan video-video macam miyabi, raven alexis, ataupun yang lokal dan amatiran. Tak sabar menunggunya.. wow..

Convert Video dengan VLC Media Player

Sekarang saatnya sharing saja tentang fasilitas di VLC Media Player yang ciamik namun kadang terlupakan mesthinya, yaitu kemampuannya untuk dengan mudah mengkonversi file video maupun audio, dari .mpg menjadi divx dan lain sebagainya codecs yang tersedia. Cukup simpel sekali caranya tinggal klik Media >> Convert / Save, pilih file mana yang akan dikonversikan untuk kemudian tinggal klik save saja... so simple... dan software VLC Media Player ini cross platform, alias tersedia untuk Linux Ubuntu, MacOS, BeOS maupun Microsoft Windows, bahkan sudah kompatibel dengan Windows 7.




Free Video Cutter

Kadang untuk mengupload video ke Youtube dibatasi dengan rentang waktu durasi maksimal 10 menit, maka jika file video kita terlalu panjang harus dimutilasi dipotong-potong agar memenuhi TOS yang ada. Untuk itu kita memerlukan tool seperti "video cutter", "video splitter", atau "video clipper". Tools gratis dan rekomended karena tidak harus main bajak, patching atau cracking adalah Free Video Cutter, tinggal download dan cara menggunakannya sangat mudah sekali, tidak usah memerlukan skill profesional dengan hasil yang menakjubkan, dimana codecs yang didukung adalah MPEG 1/2, MPEG4, DivX, Xvid, AVI, WMV, Quicktime MOV, Flash video dan lebih banyak lagi, output video hingga good video quality:

Cara menggunakannya :
  1. Download dan install pada perangkat komputer
  2. Klik 'Open Video' dari hard drive, setelah ketemu dan valid, maka program akan membaca informasi video, seperti Bitrate dan Durasi, kemudian program akan menciptakan video thumbnail
  3. Letakkan panah kiri pada bar Trak kiri untuk memulai posisi cutting
  4. Letakkan penanda kanan untuk set akhir dari cutting videonya, awal cutting harus lebih dahulu daripada ending cuttingnya
  5. Pilih format hasil keluaran video
  6. Klik 'Save Video' untuk menyimpan output videonya



Opsi yang bisa dilakukan:
  1. Change Precision, untuk meletakkan secara default perjarak kemungkinan yang di cutting dan outputnya, misalnya jika video panjangnya 3 menit, (secara default nilai presisi adalah 60), maka hasilnya secara default adalah dipotong per 5 detik, hal ini bisa diubah dengan mengubah nilai pada dialog box 'Options', tersedia pilihan antara 60 hingga 200
  2. Tanpa thumbnail, jika video kita panjang maka bisa digunakan opsi pilihan No Thumbs

Format Video Output:

  • MPEG4 (Moving Picture Experts Group)
  • DivX
  • WMV (Windows Media Video)
  • Quicktime MOV
  • Flash Video (*.flv)
  • MP3 audio, bisa digunakan untuk mengimport audio data dari file video, sehingga bisa untuk membuat musik original soundtrack buatan sendiri

Program ini mensupport sebagian besar format video, namun tidak semuanya, jika program ini bisa menampilkan gambar dari sumber file video, maka dia bisa menjalankannya, jika tidak maka berarti kita tidak bisa menggunakan program ini.

Fix Video AVI rusak dengan DivFix++

DivFix++ adalah program open source yang jelas free, gratis, Lisensi GPL dan bisa didistribusikan kemana-mana jika puas memakainya. Cross Platform bisa berjalan pada sistem operasi Linux, Mac OSX dan Windows. Program ini memang didesain untuk mereparasi file-file hasil download dengan menggunakan bittorrent, gnutella, emule, ftp, http dan beberapa sumber yang bisa digunakan, DivFix++ ini bisa memperbaiki khususnya file AVI video, dan DivX video hingga saat ini.




Penggunaan dan tampilannya sederhana namun selangkah lebih maju, bisa dengan drag and drop eh seret dan paksa.. haha... mana file yang akan diperbaiki tentunya pada source files pada dialog boxnya. Program ini tidak membutuhkan resources yang banyak, tidak memerlukan instalasi pada Windows, tinggal ekstrak dan eksekusi dari file kompresannya.

DivFix++ menyediakan pilihan untuk menyimpan file yang asli, menampilkan hasil video yang diperbaiki pada lokasi temporer, dan menghapusnya juga setelah diperbaiki. Juga menyediakan fasilitas untuk memotong bagian-bagian yang tidak bagus dan tidak kita inginkan. Untuk mendownloadnya silahkan Download DivFix++ tersedia untuk Windows .zip, Mac .dmg, dan Linux Ubuntu .deb, maupun OpenSuse .rpm, semuanya dalam dua versi i386 dan x86_64. Juga tersedia untuk sekali klik install.