Sunday, September 27, 2009

Google, Selamat Ulang Tahun ke 11


Ternyata perusahaan sebesar Google juga bisa ulang tahun, gimana cara merayakannya mungkin dengan potong kue logo Google. Perusahaan mesin pencari yang menghebohkan ini ternyata sudah berumur sebelas tahun. Masih ingat dahulu ketika masih baru, heran juga lihat logo dibawah hasil pencarian yang panjang dan huruf "o" nya itu yang wahaha... jika huruf "U" jadinya malah nama Patihnya Prabu Kresna di pewayangan...

Sejak pertama kali memang nggak berubah warna dan huruf Goooooooooogle plus tanda panah biru, dan angka 1 hingga kata berikutnya. Juga langsung juga meng"KO" raja yang lama yaitu Yahoo!!! dalam pengindeksan halaman web, tentu saja banyak mata yang langsung jatuh cinta dengan hasil pencarian yang lebih keren, serta halaman web yang lebih entenng ketika dibuka dengan koneksi dial up pada tahun-tahun itu.

Lebih menyenangkan adalah datacenter-datacenter Google yang dirangkai dengan mesin operasi berbasis open source yaitu Linux, doh jika melihat perkembangan seperti itu seharusnyalah open source yang juga dikampanyekan Google yang digawangi Sergey Mikhailovich Brin dan Lawrence Edward “Larry” Page, juga bisa dirasakan dan digunakan oleh mayoritas pengguna komputer.

Entah untuk ke depan karena "Bing" produksi Microsoft saat ini khabarnya bisa mendeteksi nama orang di film, sebuah fitur yang aneh, mengapa harus mendeteksi orang pada film video, bukankah ada credit title di akhir film dan tentunya malah lucu, tidak sehebat ketika dahulu Google bisa membaca teks yang ada di file shockwave flash. Dan terobosan Google saat ini pada Google Picasa 3 yang bisa mengenali wajah dalam foto, lumayan keren malahan. Serta fitur news.google.com ala majalah yang makin aneh aja...

Memang untuk semantik dan algorithma, bisa jadi lebih kalah detail dari mesin pencari pesaingnya namun bukankah para penggemar fanatis google terutama dengan laskar blogspot dan gmailnya sangat bisa diperhitungkan, bahkan seringkali malah jadi juri kontes, pathokan popularitas dan gengsi page rank dan lain sebagainya. Memang saat ini dalam usianya yang 11 tahun internet sepertinya adalah Google dan Google adalah internet itu sendiri pula, sebuah perang di dunia maya yang sangat rumit dan melibatkan banyak sekali pihak yang berkepentingan.



Goooooooooogle,... selamat anda telah 11 tahun, kapan kawine... hahaha