Tuesday, August 25, 2009

memaafkan kemiskinan

telaga ngebel ponorogo - memaafkan kemiskinan - suryaden.blogspot.com - rusli zainal sang visionerAndaikata saling memaafkan adalah perbuatan yang dilindungi dengan undang-undang, betapa menarik dan damainya Negeri Begajul, sebab penghargaan atas kata maaf akan berada pada tempat yang sangat mulia. Akan tetapi semua orang juga tahu apalagi malaikat bahwa untuk mengucapkan kata maaf dari lubuk hati terdalam sangatlah sukar. Harus berhadapan dengan ego dan conciousness yang tidak diketahui oleh para ahli dimana letaknya. Kesadaran untuk mengungkapan jati diri maupun rasa cinta yang terdalam bagi diri sendiri apalagi ketika harus menghadapi permasalahan tentang cinta untuk mengembalikan jati diri bangsa.

Beruntung bisa menikmati keindahan telaga ngebel, sekedar untuk bisa merefleksikan sesuatu bahwa dari perjalanan panjang kehidupan yang akan dicari dan memuaskan hati hanyalah pancaran keindahan dari apa yang bisa kita saksikan. Semua seakan-akan hanya akan terlihat semu ketika di hari ini, dalam rasa lapar dan dahaga menikmati kedahsyatan bulan puasa. Dalam upaya memenjarakan dan memusnahkan sedikit demi sedikit ketidakmampuan dalam membangun cahaya hati, cahaya yang dahulu diabadikan ketika lahir di dunia, sebagai sebuah cahaya dan putihnya hati sebelum terkoyak-koyak oleh hawa nafsu dan salah arah pendidikan apalagi pendidikan untuk mengembalikan jati diri bangsa.

Tidak ada salahnya memang untuk berangan-angan dalam menemukan dan membangun jati diri menuju nirvana dengan panduan-panduan yang ada dalam menjalani bulan ramadhan ini. Mengapa angan-angan karena dalam perkembangannya sangat sedikit insan kamil yang bisa dilahirkan dari perpaduan siksa dan kenikmatan dunia. Betapa banyak orang harus berangan-angan dan berimajinasi untuk mendapatkannya, merekapun berusaha untuk membangun image-image seperti halnya seorang teman yang bertanya tentang siapa Rusli Zainal sang Visioner. Ataupun yang sudah percaya diri untuk mengatakan dan menjelaskan tentang Rusli Zainal Sang Visioner. Demi kemaslahatan umat dan orang banyak memang baik adanya, namun untuk jangka panjang dan nilai-nilai yang muncul entah siapa lagi yang mau tahu. Bahkan dalam kontes pemilihan orang nomer satu kemarinpun yang berpikir jauh ke depan malah tergilas dengan kepentingan-kepentingan mendadak seperti kepentingan untuk membuat hangus terorisme.

Alam kesadaran memang tidak diketahui dimana letaknya secara fisikali, namun bisa dirasakan dan disentuh, bahkan diremas-remas ketika memasuki bulan suci maupun ketika bulan ini berlangsung dengan operasi-operasi atas ketunasusilaan, bahkan ada pula fatwa larangan untuk mengemis dan memberi sedekah pada gembel dipinggir jalan. Memang semuanya menyesakkan dada dan membuat sakit di mata namun bukan seperti itukan cara penyelesaian dan pengurangan kemiskinan. Apakah rasa kesadaran bersaudara dan tradisi memaafkan itu hanya sekedar seremonial dalam SMS, kartu dan ucapan lebaran maupun selamat berpuasa. Sudahkah mereka kehilangan akal untuk memaafkan kemiskinan yang sejatinya adalah cambuk bagi kesadaran semua?





Throwing it all away
Genesis


Need I say I love you
Need I say I care
Need I say that emotions,
Something we dont share
I dont want to be sitting here
Trying to deceive you
Cos you know I know baby
That I dont wanna go.

We cannot live together
We cannot live apart
Thats the situation
Ive known it from the start
Every time that I look at you
I can see the future
Cos you know I know babe
That I dont wanna go.

Throwing it all away
Throwing it all away
Is there nothing that I can say
To make you change your mind
I watch the world go round and round
And see mine turning upside down
Youre throwing it all away.

Now who will light up the darkness
Who will hold your hand
Who will find you the answers
When you dont understand
Why should I have to be the one
Who has to convince you
Cos you know I know baby
That I dont wanna go.

Someday youll be sorry
Someday when youre free
Memories will remind you
That our love was meant to be
Late at night when you call my name
The only sound youll hear
Is the sound of your voice calling
Calling after me.

Just throwing it all away
Throwing it all away
Theres nothing I can say
Were throwing it all away
Yes were throwing it all away...