Friday, August 28, 2009

antara Merdeka, Ramadhan dan Lomba Blog DJ 2009

lomba blog dijaminmurah.com 2009 Lomba Blog DJ 2009Pembelajaran dan cobaan menuju Indonesia yang gagah perkasa tidak terelakkan dengan cobaan dan ujian baik dari dalam maupun dari luar, menggunakan atas nama apapun untuk merongrong kedaulatan dan cita-cita besar Proklamasi 1945. Proses yang akan selalu terulang dimana dalam wahana pemikiran dan paradigma untuk memerdekaan, membangun maupun menyejahterakan warga negara dari banyak sekali kepentingan baik yang bertubrukan maupun seia sekata dengan kebijakan-kebijakan yang kadang dilihat dari beda kacamata memiliki nyawa dan ruh yang berlainan. Semoga apa yang terjadi adalah benar-benar naluriah alamiah bukan atas skenario tertentu untuk mengajak mengarah pada satu pemikiran tertentu yang destruktif bagi rakyat banyak di masa depan. Sebagaimana niatan menulis antara Merdeka, Ramadhan dan Lomba Blog DJ 2009.

Berulang-ulangnya aksi teror hingga pengklaiman hasil jerih budaya nenek moyang oleh bangsa lain tak lain hanyalah cambuk dan energi demi tercapainya nasionalisme yang lebih bermartabat apabila disertai dengan solusi dan tahapan penyelesaian yang memuaskan warga negara. Saling tuding sudah tidak jamannya lagi, menyatukan persepsi kebangsaan atas nama kepentingan negara dan rakyat banyak sudah seharusnya menjadi nafas para politikus dan pemegang kekuasaan. Daripada nanti ketika turun takhta akan dicaci dan dipenjarakan karena kesalahan dalam merujuk paradigma sehingga tidak ada lagi salah arah penyelesaian permasalahan bangsa. Barangkali konsep-konsep optimisme untuk penyelesaian kedepan akan beradu tajam dengan penyelesaian masa lalu yang dianggap sebagai pesimisme karena mengungkit kuburan permasalahan meski dalam benak tiap kepala anak bangsa masih membekas dan menjadi "unfinished bussiness", baik sadar atau tidak sadar semua masalah bangsa harus diselesaikan dengan bijak secara negarawan dan kerelaan atas nama kebenaran yang bisa diungkapkan demi pembelajaran generasi penerus agar tidak merasa dibohongi dan memiliki kewarasan berpikir yang prima tanpa "missing link" dalam mencerna keindahan sejarah masalalu.

Lomba Blog DJ 2009 lomba blog dijaminmurah.com 2009

Tanpa menafikan ajaran agama yang lainnya. Beruntunglah negeri Indonesia memproklamirkan diri pada hari Jumat Legi, 9 Ramadhan 1364 Hijriyah, namun lebih dikenal sebagai 17 Agustus 1945, apa misterinya angka-angka tersebut biarlah menjadi kajian pihak lain yang bersangkutan. Indonesia merdeka disaat berlangsungnya bulan suci Ramadhan, memiliki makna yang sangat dalam, dimana akan selalu ada proses penyucian kembali kepada pemerintahan maupun proses-proses demokrasi yang janggal. Tercermin dari sikap penghayatan serta perjuangan rakyat kecil yang tidak mengenal rasa lelah dan kesal pada pemimpinnya, sejauh untuk kemaslahatan bangsa semua maka seluruh rakyat Indonesia akan mengamininya, betapa kekuatan rakyat pada 10 Nopember 1945 di Surabaya, atau pada Serangan Umum 1 Maret di Jogja, pada peristiwa Bandung Lautan Api, dan peristiwa-peristiwa besar di Sumatera, Sulawesi maupun belahan bumi Indonesia lainnya betapa seia sekata dan tak terkoyakkan.

Jenuh dan terlalu banyak kehancuran dan kehancuran yang dirasakan di masa lalu yang tidak boleh dilupakan, semuanya adalah perjuangan untuk membuktikan kebesaran bangsa ini, namun belum teruji benar ketika untuk mengakui dan mengungkapkan kebenaran atas peristiwa masa lalu, sehingga kadang luka-luka bathiniah bisa dikelola oleh pihak-pihak yang hanya mementingkan kepentingan sesaat untuk menjerumuskan dan mencelakakan pihak lainnya karena permasalahan masa lalu yang belum pernah tercerahkan untuk diselesaikan bahkan ketika sedang menjalani masa-masa transisi keadilan setelah reformasi besar yang dengan cepat diubah arahnya karena kekosongan kekuasaan dan deadlocknya kompromi akan permasalahan yang mencederai hak asasi manusia, bahkan salah perlakuan atas usaha-usaha penyelesaian kasus pelanggaran berat hak asasi manusia karena kepentingan elite tertentu. Seakan mereka menafikan bahwa lahirnya negara proklamasi ketika saat bulan suci umat Islam tidak ada sangkut pautnya dengan keberadaan Tuhan semesta alam sebagai penentu dan pemberi ridha atas keberlanjutan misi kebenaran dan eksistensi Illahiyah. Sebagai misal bahwa pemilihan tanggal 17 adalah jumlah rakaat sholat wajib selama satu hari, kemudian angka 45 dan lain sebagainya yang mengarah kepada pengakuan eksistensi-Nya.

Sekaranglah saatnya sebelum terlalu jauh untuk melupakan, dicanangkan suatu kemauan politik penyesalan akan masa lalu, karena akibat-akibat yang tidak menyenangkan disaat ini disamping gejolak perekonomian dan makin beratnya beban hidup yang harus ditanggung pribadi demi pribadi insan warga negara. Tentulah para penguasa adalah persona-persona yang mencerminkan idea bijak bestari dimana bisa menempatkan kesalahan sebagai proses pembelajaran bersama demi kebaikan yang dicita-citakan bersama. Hal inipun menjadi semangat pembangunan di banyak negara maju agar tidak ada lagi potensi-potensi gesekan untuk berkonflik dan diadu domba tanpa mengetahui untuk apa gerangan. Cukup membinarkan mata hati ketika seorang Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, berkomentar atas perih hati dari ulah anak bangsa yang tidak waras dalam menjalankan misinya untuk merongrong bangsa ini:
"Barangkali ada diantara kita, yang diwaktu yang lalu melakukan kejahatan, membunuh, menghilangkan orang barangkali, dan para pelaku itu barangkali masih lolos dari jeratan hukum, kali ini negara tidak boleh membiarkan mereka menjadi drakula dan penyebar maut di negeri kita. Saya tahu selama lima tahun ini pihak kepolisian telah berkali-kali mencegah dan menggagalkan aksi terorisme. Telah bisa menyita bahan peledak yang siap diledakkan, sudah bisa membongkar beberapa jaringan, meskipun lolos hari ini, terjadilah musibah yang sangat merobek keamanan dan nama baik bangsa dan negara kita."

(Konferensi Pers Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, pasca ledakan bom Kuningan, Jum’at 17 Juli 2009)
Semoga usaha bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang insya Allah juga masih menjabat pada periode mendatang, tidak mengalami hambatan yang berarti dalam menumpas terorisme sekaligus kado hadiah bagi kemerdekaan Indonesia ke 64, juga sebagai berkah Romadhon tahun 1430H, sebagai pembuktian bahwa umat Islam sebagai mayoritas agama yang dipeluk di Indonesia masih solid untuk membangun negara dalam kerangka demokrasi dan perdamaian dunia, tanpa secuil niatan untuk mencelakai dan menodai aspek-apek Hak Asasi Manusia Universal sebagai momentum terciptanya kembali semangat menyejahterakan rakyat dan bangsa Indonesia, dengan menumpas dan membina kejahatan-kejahatan hak asasi manusia maupun para perongrong negara penyebab hancurnya perekonomian dan rasa percaya diri atas rasa kebangsaan dan menuju idea pembangunan pro kerakyatan idaman seluruh masyarakat.

Keputusan terbaik untuk saat ini memang harus dibicarakan dan diinisiasi sendiri oleh Presiden, terutama untuk kasus-kasus pelecehan budaya dan hak atas nama kempemilikan budaya maupun wilayah yang selalu di coba oleh bangsa lain untuk diklaim, harus menjadi semacam "second wind" atau energi tambahan sebagai cambuk semangat membangun pengertian bersama untuk menumbuhkan rasa nasionalisme yang semakin lama semakin berkembang menurut perjalanan zaman, agar tidak tergilas karena kesalahan-kesalahan yang tidak prinsipil.

Semangat Ramadhan yang suci hendaknya memberikan semacam "ice breaker" terutama karena berdekatan dengan peringatan kemerdekaan yang ke 64, serta setelahnya adalah pelantikan pemimpin bangsa Indonesia hasil pemilihan legislatif dan pemilihan presiden yang baru saja sukses dilakukan. Tahun 2009 merupakan tahun yang sangat sibuk dalam peristiwa politik, semoga datangnya bulan penuh rahmat dan berkah ini menyirami jutaan hati insan Indonesia untuk bisa memelihara hati dan jati diri bangsa perjuangan para leluhur bangsa. Mawas diri kepada lingkungan, dapat berjamaah dan mengenal tetangga dengan lebih baik melalui serial ibadah Ramadhan, yang menempatkan ukhuwah pada akhirnya sebagai simbol kemenangan setelah berpuasa sebulan. Bukankah dengan ukhuwah pula negeri ini bisa bersatu, bisa mengenal baik dan buruk, saling mengingatkan antar tetangga dalam kehidupan berbangsa yang arif, serta memelihara kebijakan-kebijakan lokal sang jembatan hati, ideologi, ekonomi, budaya maupun kehidupan sosial yang selama ini tidak tertelaah karena kesibukan sehari-hari dalam pekerjaan dan tugas-tugas profesional yang diemban.

Mudik sebagai wujud budaya kerakyatan adalah berkah Ramadhan dan kemerdekaan sekaligus, dimana setiap keluarga dapat berbahagia berkumpul, saling memaafkan dan menabur persaudaaran kembali. Sebuah tradisi yang indah apabila bisa diceritakan oleh jutaan mulut dan hati yang merayakannya secara resmi dan dirayakan secara nasional. Berkumpulnya jutaan tenaga kerja di wadah lingkungannya sendiri untuk merencanakan masa depan bersama setelah berhari raya. Membawa pulang seperangkat oleh-oleh dari wilayah lain menjadikan kultur ke-Indonesia-an akan semakin berkembang, dan bagaimanapun zakat dan sodakoh memberikan sedikit banyak pemasukan bagi kas daerah. Sebuah keindahan tiada tara yang tak sanggup jutaan blog bisa menceritakkannya, wallahualam...

Demikianlah tulisan enteng-entengan ini disubmitkan juga sebagai peserta "Lomba Blog dijaminmurah.com 2009". Sebagai apresiasi kepada usaha-usaha dalam membangun memajukan dunia Informasi dan Tehnologi secara murah di Indonesia namun tetap bergengsi dengan domain sendiri. Sebagai implikasinya dalam mendukung idea pro rakyat kecil agar bisa membuka usaha maupun untuk sharing saling bertukar informasi melalui internet agar tidak terlalu terdesak dalam percaturan informasi dan tehnologi. Adapun jika berminat untuk menjadi klien pemasar domain dan hosting termurah tidak harus mengikuti Lomba Blog DJ 2009 ini namun silahkan membuktikan sendiri dan membandingkan harga-harga paket yang edan-edanan di:
Adapun lomba blog dijaminmurah.com 2009 adalah Lomba yang menyediakan banyak hadiah bagi para pemenang digelar mulai tanggal 20 Juli 2009 hingga 12 September 2009 dan pengumuman pemenang pada tanggal 13 Oktober 2009. Monggo yang berminat agar segera menulis dan mensubmit blognya disana, thema tulisan adalah tentang Kemerdekaan Republik Indonesia atau Bulan Ramadhan.

Sebagai informasi, Ayo buruan mendaftar dan saling memberikan sharing atas tema yang diusung lomba blog dijaminmurah.com 2009 ini. Semoga sukses dan menikmati kemurahan paket-paket yang tersedia, omong-omong saya juga menghostingkan satu blog di dijaminmurah.com dan sekarang semakin yakin setelah manajemennya diusung langsung oleh PT. Ardh Global Indonesia, untuk kemudian mari mendengarkan lagu sebagaimana kebiasan postingan disini...



Kesaksian
Iwan Fals - Kantata Takwa

Aku mendengar suara
Jerit makhluk terluka
Luka luka hidupnya
Luka

Orang memanah rembulan
Burung sirna sarangnya
Sirna sirna hidup redup
Alam semesta luka

Banyak orang hilang nafkahnya
Aku bernyanyi menjadi saksi
Banyak orang dirampas haknya
Aku bernyanyi menjadi saksi

Mereka dihinakan
Tanpa daya
Ya tanpa daya
Terbiasa hidup sangsi

Orang orang harus dibangunkan
Aku bernyanyi menjadi saksi
Kenyataan harus dikabarkan
Aku bernyanyi menjadi saksi

Lagu ini jeritan jiwa
Hidup bersama harus dijaga
Lagu ini harapan sukma
Hidup yang layak harus dibela

44 comments:

  1. Aku dukung yang ikut aja :D
    Semangat Boss

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  2. moga menang yaaa....

    semangat mas!!!

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  3. selamat dan sukses buat kemerdekaan,
    buat Ramadahan,
    buat lomba DJ

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  4. semangat terus memerangi aksi teroris. jangan sampai mereka berbuat terlalu jauh dan berimbas pada nama baik bangsa

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  5. tak dukung yaou

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  6. tks infonya.

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  7. menarik meskipun berbau politis...

    ReplyDelete
  8. merdeka....
    Semoga Ramadhan membawa berkah kemenangan di lomba blog DJ.

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  9. Kita sebagai anak bangsa sudah harus bangkit,singsingkan lengan baju, bekerja keras dan selalu tertanam dalam hati kita " bangga menjadi bangsa Indonesia"
    Menjelek-jelekkan negara dan bangsa sendiri tak sejalan dengan cita-cita bangsa dan menyia-nyiakan perjuangan para pendahulu kita.
    Salam hangat dari Surabaya


    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  10. Indah banget Mas Sur. Cuma kemarin saya denger ceramah, katanya kita merdekanya tanggal 17 ramadhan, bukan tanggal 9, tapi saya belum cross check sih. Smoga sukses.

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  11. mudah2an IT negara kita makin mantep aja nih mas..makin berkembang..& setara negara2 lain..

    ReplyDelete
  12. Halah, njug panjang banget. (padahal nek panjang-panjang jdai males bacanya).

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  13. Selamat semoga menang ya mas...? :-[

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  14. Wah, ya, padahal dulu pejuangan tu berat banged.......
    *DONT_KNOW*

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  15. wahhh...semoga menang ya Bang..ntar hadiahnya bisa pake mudik nih... :*
    btw, selamat berakhir pekan ya Bang!! :-D

    Recent blog:=- Pandora Unforgettable Moments

    ReplyDelete
  16. BUDHALLL!!!!

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  17. ternyata demikian dangkalnya pengetahuan saiia om... baru tau Indonesia merdeka di bulan romadhon... hhh... apapun bentuk kontes dsb... maju terus om pantang mundur... (sotoy beud gw iia* :'( )

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  18. hmm.. lagu ini lagi.... benar benar dalam maknanya.. kang iwan

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  19. tulisannya mantap mas...
    soal DJ, saya wajib katakan, bahwa itu benar-benar murah... soalnya, saya kan pake itu, hehehe... :D

    semoga menang ya...

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  20. Apik tenan kang, pembahasan yang sangat komplit dan kompleks, terlepas dari kontroversi di balik moment kemerdekaan tersebut, semoga kita bisa mengisi kemerdekaan ini menuju kemerdekaan secara sesungguhnya.
    Moga menang kang...

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  21. i love indonesia so much... menjadi PR semua lapisan kenapa negara tetangga kita yang satu rumpun tega menusuk kita dari belakang...mari bersama-sama membela negara kita tercinta...

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  22. nah, begitu dong, sesekali kita ikutan lomba bareng, hehe .... soal kalah atau menang bukan hal yang penting benar. yang pasti, momen ramadhan dan kemerdekaan tahun ini mudah2an menjadi penggugah para penguasa dan seluruh rakyat negeri ini utk membangun kesadaran kultural secara kolektif.

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  23. wew... ada lomba DJ rupanya :)
    semakin banyak saja nih perlombaan yang merebutkan hadiah :)
    let's go to TKP

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  24. wedaaaan!! tulisan ini bukan enteng-entengan lagi. jadi buku aja kang

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  25. weh, jadi guest nama saya di atas

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  26. Seperti halnya Indonesia mendapatkan 9 bulan 9 th 1364 H sebagai hari baik kelahiran negeri ini, aku juga lagi nyari "hari baik" buat nyari domain dan hostingan baru. Capek gratisan terus. Sukses selalu Mas......

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  27. sundul ... sundul ...
    saya juga pake web hosting DJ
    mudah-mudahan menang yak

    Recent undefined:=-

    ReplyDelete
  28. kena semua kata kuncinya,xixixixi.. :D
    SUKSES DECH!

    ReplyDelete
  29. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  30. mampir menyapa mas suryaden.. kok bisa ya urus blog banyak banyak ada tipsnya
    salam sayang

    ReplyDelete
  31. wkwkkw.. panjang bangeut mana neh yg mesti di komentarin ..xixixi..

    up yg terakhir saja dah.. album kantata takwa emang t
    iada duanya mantep abisss sampai kiamat.. xixixi

    ReplyDelete
  32. SAHABATKU RAIH FITRAH DIRI menjadi MANUSIA SEUTUHNYA UNTUK MENGEMBALIKAN JATI DIRI BANGSA
    Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang ‘tuk Sahabat Sahabatku terchayaaaaaank
    I Love U fullllllllllllllllllllllllllllllll

    ReplyDelete
  33. wah...Kang Boed nyepam dimana-mana nih... >:o
    btw, semoga menang ya Kang... 8-) :*

    ReplyDelete
  34. sebenarnya sih...beruntunglah kita karena Amerika ngebom hiroshima & nagasaki hehhe

    ReplyDelete
  35. is there a web site or anything that will let me go into a chat room or a blog to talk to other DJ's and share thoughts and ideas with those who would understand me??

    ReplyDelete
  36. i don't blog well, and have no ego about any supposed fame. I am also always open to inquiries about myself within reason and treasure the friendships I've developed via P&S over the course of time here.

    ReplyDelete

Message from the green side