Tuesday, July 21, 2009

Hari Anak Nasional 2009

hari anak nasional indonesiaMenyambut hari anak nasional 23 Juli 2009, sudah selayaknya dan wajib bagi jajaran pemerintahan Republik Indonesia untuk meminta maaf kepada bangsa dan konstituennya terutama kepada para pengemban masa depan yang mau tidak mau harus menikmati pertunjukan dan pentas teater politik, adu strategi dan apapun yang karena arus media informasi sedemikian cepat dan transparan. Mau tidak mau anak sebagai pengemban masa depan kadang masih memiliki filer yang belum tertata rapi sehingga untuk menyaring informasi yang ada dan tersedia diperlukan tehnik-tehnik tersendiri khusus untuk pendidikan anak. Betapa Bom JW Marriott dan bom di restoran Ritz-Carlton adalah sesuatu yang akan membuat anak-anak kita bisa memiliki perspektif lain tentang kekerasan dan keamanan bangsa sendiri. Hari anak nasional 2009 adalah momen yang sempurna bagi pemerintah bersama jajaran intelijennya harus dengan satria berani meminta maaf kepada anak-anak maupun rakyat Indonesia sebagai konstituennya atas kejadian memalukan dan menunjukkan ketidakprofesionalitasnya dalam menjaga keamanan. Jika hal ini terjadi di pantai atau laut Ambalat yang jauh dari pemukiman penduduk mungkin sudah spantasnya karena tidak satupun orang disana.



“Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi“


-- Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 28 B ayat (2) --

Sudah sepantasnya jika Hari Anak Nasional 2009 saat ini mulai dikembalikan kepada sejatinya hari anak tersebut, bukannya berisi upacara-upacara seremonial semata namun harus diisi dengan renungan agung tentang apa yang pernah negara berikan kepada anak Indonesia, bukan saatnya lagi anak-anak dan rakyat menuntut haknya lagi, sudah terlalu lama upaya untuk menuntut hak namun tak akan pernah kunjung selesai dan terpenuhi ketika pemerintah hanya mengakomodasi dan menandatangani konvensi-konvensi internasional namun pada prakteknya tidak bisa dilakukan dan memang tidak sanksi internasional yang kuat untuk memberikan hukuman kepada negara tertentu, paling pol hanyalah sanksi ekonomi dan boikot, negara miskin nggak usah diberi sanksi ekonomi sudah memang miskin sendiri karena korupsi dan kesalahan fatal lainnya.

hari anak nasional indonesia
Sejauh mana beratnya orang meminta maaf atas kesalahan yang dilakukannya, apalagi pemerintahan yang ujungnya kekuasaan, apabila berani dengan dada dan pernyataan yang benar-benar tulus pastinya akan menciptakan kesejahteraan dan keamanan yang sesungguhnya dan tanpa diminta. Betapa peristiwa-peristiwa kekerasan pastilah ada muara dan jalan keluarnya jika bisa dilantarkan dengan pengetahuan yang jujur tanpa aspek politik kelompok tertentu yang ingin mendominasi. Beranikah nanti meminta maaf karena salah urus dalam menghadapi terorisme karena harus dan terpaksa harus mengijinkan kelompok antiteror dari negara lain untuk dengan seenaknya sendiri menuduh keluarga bangsa ini sebagai teroris dan ekstrimis yang kadang bagi orang awam sangat tidak masuk akal tersebut. Tanpa cinta untuk mengembalikan jati diri bangsa tidak mungkin bangsa ini akan mengalami kemajuan dalam bidang ekonomi maupun keamanan, kecuali dengan jalan pintas kekerasan negara dan kediktatoran ala rejim orde baru yang dahulu. Apa jadinya hari anak nasional 2009 akan sukses dan menelorkan keberhasilan jangka panjang jika tidak didasari rasa cinta kepada anak-anak.

Dengan pendidikan untuk mengembalikan jati diri bangsa sebagai garda terdepan sangat mungkin untuk menciptakan generasi penerus yang memiliki kemampuan dan rasa percaya diri atas nama kebangsaan yang utuh. Bukan tidak mungkin seorang presiden yang berwibawa nantinya akan muncul dengan satria dan ketika melakukan kesalahan atau atas nama masa lalu mau dan berani meminta maaf atas kekeliruan dalam pelaksanaan karena mengakibatkan korban dan rasa tidak puas kelangan tertentu. Bagaimanapun juga ini adalah mimpi yang harus diwujudkan pula, sebab sangat tidak mungkin ketika seorang petinggi melakukan kesalahan dalam kebijakannya yang sudah matang akan merasa bersalah, ataukah karena sejak anak-anak memang tidak mendapatkan pendidikan yang berpihak pada kebenaran dalam berperilaku serta menghormati orang lain apa adanya, setara dan egaliter, memang ini hanyalah angan semata, mohon maaf jika ada yang tersinggung, dan salam stop dreaming start action, Selamat merayakan hari anak nasional 2009.




"Greatest Love Of All"

I believe the children are our are future
Teach them well and let them lead the way
Show them all the beauty they possess inside
Give them a sense of pride to make it easier
Let the children's laughter remind us how we used to be
Everybody searching for a hero
People need someone to look up to
I never found anyone to fulfill my needs
A lonely place to be
So I learned to depend on me

[Chorus:]
I decided long ago, never to walk in anyone's shadows
If I fail, if I succeed
At least I live as I believe
No matter what they take from me
They can't take away my dignity
Because the greatest love of all
Is happening to me
I found the greatest love of all
Inside of me
The greatest love of all
Is easy to achieve
Learning to love yourself
It is the greatest love of all

I believe the children are our future
Teach them well and let them lead the way
Show them all the beauty they possess inside
Give them a sense of pride to make it easier
Let the children's laughter remind us how we used to be

[Chorus]

And if by chance, that special place
That you've been dreaming of
Leads you to a lonely place
Find your strength in love