Thursday, April 30, 2009

Island of Life

Ibaratnya alam adalah perempuan, tempat yang lengkap, dimana dia bisa jadi perempuan sekaligus pria ketika menghidupi dan mendidik anak-anaknya, tentunya pria tidak boleh iri dalam hal ini, akui saja. Ibaratnya pria adalah manusia yang selalu menetek dan kekanak-kanakan pada sang alam, selalu meminta dan mengeruk potensinya untuk mengembangkan kehidupannya. Ibaratnya tehnologi adalah nafsu yang bisa menyeramkan ketika berwarna merah, dan menyejukkan ketika berwarna hijau ataupun putih.

Ketika tehnologi menjadi nafsu untuk menguasai dan menjadi angkara murka, maka dia hanya akan meninggalkan kerusakan, yang berbuah kehancuran semata. Menjadikan anak-anaknya serba salah dan diliputi dendam kesumat, dendam yang bingung karena mau dilampiaskan kepada siapa. Tiada yang mengetahui karena memang begitulah arsitektur kehidupan yang sudah dirancang untuk saling menghancurkan ketika salah arah, dan saling membangun ketika buah cinta itu menempati aras keteduhan hati.

Apa yang akan terjadi ketika muncul wabah yang ditimbulkan karena angkara dan kampanye globalisasi sehingga kaum virus pun mau tidak mau harus menunaikan tugasnya untuk menjadi global pula. Betapa latar belakang dan perilaku manusia mempengaruhi alam beserta seluruh isinya, bahkan semakin canggih tehnologi manusia ternyata alam pun mengikuti dan memiliki coping behaviournya (kelit) sendiri.

Sadarkah betapa kita adalah bagian dari alam yang harus selalu saling mencintai, alam yang luas tak terkira dengan macam-macam bendera laksana alam siluman, alam gentayangan, alam borjuasi, alam aristokrat dan sebagainya meskipun hanya di alam belagu... loh... mending mari mendengarkan alunan vokal Jon Anderson dan Kitaro yang mendayu-dayu ini....


Island of Life

She sees me
She understands
She helps
With all of my fears
When we stand together for life
Who will hold a child
In her arms

She reaches out
So many friends
Who seek to live this world
When we stand together for life
She will hold a child
In her arms

Chorus:
Without woman
Earth would fade and die
Without woman
Who am I
Who am I
On this Island of Faith
Who am I
On this Island of Life
You are the Sea
You are the Sky
You are the Ocean
I am the Earth
I am the Island of your Love

She listens
Se understands
For those searching for truth
We will stand together for life
We will hold a child
In our arms

Chorus

She sees me
She understands
She helps
With all of my fears
When we stand together for life
She will hold a child
In her arms

Chorus

Dreams are the understanding of life
Dreams are the understanding

75 comments:

  1. dan kesadaran bahwa kita adalah saling melengkapi

    ReplyDelete
  2. wah bagus banget ..
    tapi kategori alam diibaratkan dengan wanita, rasanya indah juga ya? mm .. jadi mikir mikir mau bikin puisi dari tulisan mas diatas .. salam kenal ya?

    ReplyDelete
  3. enak music-nya mas... dari pada ngedenger janji-janji dari negeri begajul, mending ngedenger music ini.... :D

    ReplyDelete
  4. Dan ia menyanjungkan cinta
    Membiaskan langit langit keindahan
    Dan ia membirukan lautan
    Mengisi dengan jutaan kekayaan

    Alamku ... selimut putri yang elok
    Bergelimang kekayaan bak nirwana
    Alamku .. lukisan Langit
    Menggoreskan warna warna kejinggaan

    Dan dimana kaum yang melihat?
    Adakah kau mampu menyimpan dalam hatimu
    Tanpa perlu terjamah
    Hingga hilang dan punah
    Meninggalkan sisa kerapuhan sisi manusia

    Dan jangan biarkan ia menangis
    Menghujani bumi dengan petir dan gulana
    Dan jangan biarkan ia murka
    Membidik satu demi satu kehancuran

    Tuntunlah sebuah kebersamaan
    Dimana jari jemari bertautan
    Tuntunlah sebuah pengharapan
    Dimana pepohonan menghasilkan

    ReplyDelete
  5. Wekekeke..acara berbalas puisi di ....Mulai!!
    hehehe..

    Kadang2 lucu juga ya... dicokol dengan deretan kata yg deskriptif - empiris ..rak gak mudeng.
    Ketika disuguhkan dengan kemasan ulik-ulik.. atau puisi ... malah kadang rasane "mak Greng" ngunu lho..ekekeke..

    ReplyDelete
  6. hebatnya wanita, makanya ada hari ibu, karena wanita ingin dimengerti

    ReplyDelete
  7. jalan2 pagi, mampir sebentar, lain kesempatan saya hadir kembali,jangan bosan ya :)

    ReplyDelete
  8. @ Kuyus is cute : duh puisimu, duahsat sekali
    @ indra: lagu yang indah sekali ndra...
    @ wawauwiwowa: sombongnya lelaki ... wakaka
    @ seno: maksudku begitu mas...
    @ Xitalho : wuahaha... tak kirimi puisi kayak mengko...
    @ eri-communicator: endak bro, sante ae...

    ReplyDelete
  9. sambil dengerin si kitaro diatas, mari kita baca kutipan pinisepuh jowo..

    ""Suro diro joyodiningrat lebur dening pangastuti. joyojayaning wijayanti, toto titi tentrem. Gemah ripah loh jinawi.Kerto raharjo. rahayu wilujeng. hamemayu hayunig bawono. Hamukti lir ing sambikolo"

    Yang bila di artikan (setahu saya);
    pada tiap pertempuran antara kebaikan dan kejahatan, kemenangan selalu menyertai kebajikan yang ditegakkan di muka bumi. Suro diro joyodiningrat, lebur dening pangastuti. Atau dalam terminologi Islam, idza jaal haqqu wazahaqal bathil, innal bathila kana zahuqa.seyogyanya akan menjadikan alam dan sekitarnya tetap terpelihara dan semua ke angkara murkaan akan terkikis untuk kemaslahatan di dunia ini..

    ReplyDelete
  10. dengan sebuah kata MATERI/KEUNTUNGAN/DUIT kita melupakan segalanya dengan dalih MEMANFAATKAN POTENSI/SEMUA DEMI RAKYAT/DEMI KEPENTINGAN BERSAMA tapi disatu sisi yang kaya makin kaya yang miskin mah makin jontor.....

    rasanya kita hidup bagai menumpang alias menyewa dari para penguasa yang makin arogan

    ReplyDelete
  11. lagunya asik...
    begitulah kehidupan..begitulan teknologi.
    dia bermanfaat tapi tetap saja ada efek sampingnya.

    ReplyDelete
  12. Alam perlu dikelola dengan baik, manakala manusia tidak bisa mengelolanya lagi, maka kesimbangannya terganggu

    Pondokku

    ReplyDelete
  13. Wah mantaf, tp gambarnya seperti truk pengangkut batu bara yah,,, hehehe

    ReplyDelete
  14. Alam selalu memberi
    sesuatu yang terbaik untuk manusia
    Kalo akhirnya apa yang diberikan menjadi tidak baik
    itu karena ulah manusia sendiri

    lagunya oke..
    postingannya okeh juga

    ReplyDelete
  15. saia sadar tapi terkadang saia gak pernah sadar sudah merusaknya
    **dasar hewan gak berguna**

    --aku kere bandwith dadine ra iso delok film lagu kui, hiks--

    ReplyDelete
  16. saya boleh dong ikutan ge er bgt membaca alenia pertamanya kang...hehehe

    alam memang bagian dari kehidupan kita, kita seringkali malah membuat alam semakin menangis, padahal sudah sedemikian gencarnya dikuras. Kalau diibaratkan perempuan, mungkin alam sudah tidak lagi bisa bersolek, makin keriput disana sini..

    Lagunya euy...itu lagu kesukaan saya, terutama Kitaro-nya..hampir semua albumnya saya simpan manis..hehehe.

    ReplyDelete
  17. Kata guruku geografi dulu,alam itu selalu diam.Tapi pembalasannya akan kejam karena tidak mengenal dimensi waktu dan tempat..

    Ngeriii...

    ReplyDelete
  18. nature is the only way for human to survuive. bersahabat dengan alam maka selamatlah kau, bermusuhan dengan alam ucapkan selamat tinggal pada keindahan akhirat sodaraku.... merdekA!

    ReplyDelete
  19. alam diibaratkan perempuan. memangnya perempuan dan alam dimana miripnya??

    ataukah sama-sama objek eksplorasi, indah sebelum tersentuh tangan manusia, menarik untuk dijarah dan dieksploitasi..??

    ah.. jahat benar pikiran ini..
    maafkan..

    ReplyDelete
  20. kasian alam ya tersingkir oleh napsu yang tak ada habisnya.

    ReplyDelete
  21. Alam = Perempuan

    MAkanya Prof paling seneng tidur di alam terbuka....Bwakk..kkkk.....

    ReplyDelete
  22. alam gak pernah jahat, tapi berjalan sebagaimana mestinya, sebagaimana apa yang telah diperbuat terhadapnya, sebagaimana takdir...

    ReplyDelete
  23. hmmm kalo alam diibaratkan perempuan maka indah sekali ya perempuan itu. alam selalu diam, memberikan yang terbaik buat manusia, tapi kenapa masih banyak tangan2 yang merusaknya???

    seneng kitaro juga ya bang, asik tuh lagunya, musiknya hmmmm

    ReplyDelete
  24. lagunya bagus, pianonya Jon Anderson juga bagus.
    jadi pengennnn... :(

    ReplyDelete
  25. nice sharing...
    kadang manusia jadi lupa akan alam yang telah memberikan segala sesuatunya.... contoh kecil penebang liar, enakan nebang pohon tanpa memikirkan efeknya plus ngga menghijaukan kembali hutan... ngambil untungnya saja.. sama dgn teknologi yang semakin bernafsu saat ini......

    ReplyDelete
  26. Wow!
    Setuju dg kata2 Kuyus is Cute.
    Di lirik lagu di atas, dia pake kata ganti 'she'.

    ReplyDelete
  27. -OOT-
    Sekarang aku tau penyebab blog ini berat dan bahkan sering buat browser-ku hang dulu, yaitu FF 1.5.

    Setelah pake FF 3, nyaman-nyaman aja ke blog ini.
    Cihuyyy...

    ReplyDelete
  28. Iya tuh, kasian temen2 di banten, mau nyontreng mereka g dapet DPT, trus dia pakai DPT orang lain yang tidak terpakai, eh...lah.. malah di penjara dan di denda jutaan rupiah, S**** ***S tenan.

    Itu kan kesalahan pemerintah dan KPU toh, wong dia cuma pingin pake haknya. Jan.. jaman edan tenan.

    ReplyDelete
  29. azas saling mencintai, kalau di khianati terus bisa-bisa alam nya marah donk

    btw saya suka kitaro, mas :D

    ReplyDelete
  30. jadi inget ma filem animasi berjudul wall-e, si robot dekil berwawasan lingkungan. mestikah kita belajar dari si robot? knapa tidak...

    ReplyDelete
  31. trus aku kudu piye kang? aku nitip mikir ya xixiixix

    ReplyDelete
  32. dan di alam juga berlaku hukum alam
    yang kuat yang memang
    yang lemah yang kalah

    dan bahwa semua ada siklusnya
    the circle of life...

    udah dari sononya

    ReplyDelete
  33. merusak alam berarti merusak hidup anak cucu kita...

    truk itu kayak yang di tempatku...truk untuk batu bara hehehe

    ReplyDelete
  34. duh omm...postingannya selalu berat...sek tak golek kacamata dolo

    ReplyDelete
  35. bajinguk.., jebule aku durung komeng nang kene (doh)

    wiiiissss..., ho-oh pokoke setujuuuu bangeeeettt...

    Tenaaaaannnn ikiiiiii...

    ReplyDelete
  36. bagus ya liriknya...sama dgn lagunya ndiri

    ReplyDelete
  37. walah...sudah mulai beranjak nie...xixixixi

    sipppp :D

    ReplyDelete
  38. alam diciptakan untuk dikelola dan dipelihara, untuk memenuhi kebutuhan manusia, bukannya malah dieksploitasi untuk memuaskan syahwat setan berwujud manusia.

    kesimpulannya gitu kali yak?!

    ReplyDelete
  39. hhmhm.... kalimat hiperbolik yang dalam mas.....kontemplasi kehidupan, kerusakan dan harmonisasi. ruaaarr biasa..andaikan ini bagian sebuah buku. i will buy it..!

    ReplyDelete
  40. bumi semakin tua, bumi semakin renta..
    jagalah bumi demi anak cucu kita..

    ReplyDelete
  41. island of life kuwi deket pulogadung ya?

    ReplyDelete
  42. alam adalah perempuan. dan yang merusak alam itu biasanya laki2, mas. ya gak? he2.

    ReplyDelete
  43. memang seharusnya technology bisa membimbing alam dan menjaga alam bkn mengeksploitasi..

    ReplyDelete
  44. hmm.....kalo bukan kita sendiri sebagai penerus bangsa..ya siapa lagi....yg jadi masalah skg, "oknum" bangsa indonesia yg gila harta pada ngjual SDA Indonesia ke perusahaan2 asing....yang katanya seh mereka beralasan untuk menambah penghasilan negara....

    ReplyDelete
  45. kita adalah bagian dari alam
    jangan merusak alam jika tidak ingin alam merusak kita
    Sang Pencipta pun akan murka

    ReplyDelete
  46. Hmmm ayo cintai alam kita.. kalau kita diberi maka kita harus memberi

    ReplyDelete
  47. Hm... bener, alam itu memang berkelamin ganda, kalau mau dipandang begitu. Namun mengapa dikatakan mother earth atau ibu pertiwi? Hayoo..

    ReplyDelete
  48. Alam ini untuk dimanfaatkan tetapi kita harus ingat masih ada anak dan cucu kita.

    ReplyDelete
  49. eh pria juga bisa lho diibaratkan alam :D

    ReplyDelete
  50. sudah seharusnya yang sebaik dan sebenarnya bagaimanakah sikap dan perilaku manusia terhadap alam sekitar......jika menyadari sebagai mahluk yang beradab tidakkah sudah tidak seharusnya menjaganya

    ReplyDelete
  51. mari lakukan agar seimbang, walau agak sulit melaksanakannya..

    ReplyDelete
  52. aku juga paling suka lagu ini mas.. "without woman ...." dst.

    **langsung nyari2 koleksi kitaro**

    ReplyDelete
  53. karna itu kehidupan harus seimbang. ke sesama, ke alam, dan juga ke Yang Maha Esa

    ReplyDelete
  54. kitaro masih ada to mas? wah bagus lagunya

    ReplyDelete
  55. kayaknya lagunya bagus, tapi sayang aku gak tau artinya

    ReplyDelete
  56. Memang, seharusnya ada keseimbangan. Kehidupan layaknya Payudara, kiri dan kanan akan lebih indah dipandang bila lengkap.

    ReplyDelete
  57. Hidup memang menyenangkan.....meski terkadang teramat melelahkan....

    ReplyDelete
  58. T3T4P 53M4N64T & 514P 4CT10N !!!
    http://www.symb4h3.blogspot.com
    http://www.coolk45.blogdetik.com

    ReplyDelete
  59. T3T4P 53M4N64T & 514P 4CT10N !!!
    http://www.symb4h3.blogspot.com
    http://www.coolk45.blogdetik.com

    ReplyDelete
  60. Semoga kita sadar bahwa realitas yang kita punya sekarang adalah bentukan para penggarap modal.

    Keep rage against domination

    ReplyDelete
  61. Blum update lagi nih Mas Sur, kabar baik kan? Apa lagi sibuk ya.

    Udah kangen nih ma tulisannya.

    ReplyDelete
  62. Bukan lautan hanya kolam susu..... (music)


    eling lagune koes plus

    ReplyDelete
  63. Hem, postingan tentang alam yang menarik dan puitis sekali! Memang seharusnya kita mencintai sesama dan alam yang akan kita tinggalkan bagi generasi penerus nantinya!

    Mantap Mas!

    ReplyDelete

Message from the green side