Monday, February 9, 2009

Merapi

merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi Gunung Merapi adalah gunung berapi yang paling aktif di seluruh dunia. Dengan ketinggian 2968 m. di atas permukaan laut (kondisi tahun 2001) atau 3079 meter di atas kota Jogja, Gunung Merapi terletak pada 7'32,5' Lintang Selatan dan 110'26,5' Bujur Timur dan secara administratif gunung ini memiliki batas-batas langsung atas wilayah Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten. Jika sedang pilek gunung ini mengeluarkan lava pijar yang indah sekali bila dilihat, tapi sangat panas jika dipegang bisa-bisa beresiko jadi gosong, atau malah bisa menghapuskan hutang karena penagih utang udah nggak bisa nyari lagi...

Merapi ini juga kadang sangat sensitif dengan isu-isu nasional, kata banyak orang menjadi pertanda kejadian beberapa saat sebelum kejadian, entah apa itu benar atau tidak belum ada penelitian yang jelas kakakaka...., khawatir juga seandainya nanti ada krisis besar-besaran lagi moga-moga nggak ikut ketularan pilek atau marah besar, maklum udah lama dia berselimut terus, dan sangat mencurigakan karena biasanya setelah diam gitu tahu-tahu batuk-batuk... waduh Mbah Maridjan pasti jadi rujukan lagi..., ngeri juga karena kejadian saat ini selalu menimbulkan korban-korban yang puluhan seperti kebakaran semak di ostrali kemaren, pesawat trobel, kapal tenggelam belum lagi perang berkobar dimana-mana makin rame, ambon yang udah aman aja kumat lagi... walah... dasar udah hobi perang ya sulit dicegah..., asal nggak seperti kejadian baru-baru kemaren itu, dipukul pake tangan kiri aja bablas... memalukan....

merapi gunung merapi gunung merapi gunung merapi gunung merapi gunung
Hari minggu kemaren kesempatan bisa walking-walking around merapi, meskipun pas mau berangakat udah liat ada kampanye motor ijo-ijo... wah pengin sekali ikut seperti saat dahulu kala yang ganas, indah dan romantis... (maklum mantan pegiat) dari suryaden berputar ke klaten, boyolali sambil njagong teman (telat lagi), kemudian muter ke barat via Selo, bagi yang sering mendaki Merapi lewat utara pasti tahu deh, dan tujuan utama adalah Ketep Pass yang selalu saja membuat rindu sekalian bayar hutang karena udah kadung sering janji sama keluarga, kesempatan nih buat menepati sekali-sekali ... kekekke... padahal pengin juga mampir lagi ke tahu pojok magelang, sayang nggak kelewatan...

Sepanjang perjalanan dari timur antara merapi dan merbabu, wadoh... banyak sekali muda-mudi yang asyik dipinggir jalan sambil menikmati pemandangan luas, dipinggir jalan dan diatas tebing-tebing indah tapi curam tersebut, betapa memang mencari pemandangan dan hawa segar sudah sampe ke pelosok-pelosok pedalaman gitu, namun jalan yang bagus dan masih aman juga mendukung untuk sekedar touring swasta bersama pasangannya masing-masing wekekeke...

Dari Ketep Pass ini bisa melihat merapi merbabu dengan sangat jelas sekali, bahkan kalo pas merapi pilek menjadi sasaran favorit para pyromania yang terkagum-kagum lava pijar yang wow... tak terbayangkan dahsatnya..., sayang hari itu angin besar sekali sehingga nggak bisa berlama-lama, kemudian dilanjutkan ke Muntilan untuk kemudian finish di suryaden lagi... wahahha.. lunas....
selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo

Foto: nggak minjem

74 comments:

  1. heleh.pilek sama batuknya ajah dah serem apa lagi klo muntaber wakakakakaka...

    kang.. ntu anak istri yha.. lucu anaknya~~
    boleh cubid dikit yaaaaah..

    *ga jadi deh, tar fuda cubid, malah dapet bogem mentah dari kang suryaden* wakakakkaka

    nang ning nang ning nung.. halah ngeliat muka fuda doang pasti langsung nangis..~>.<~

    ReplyDelete
  2. bdewey... baru kale ini baca potingan ringan ala suryaden enyaak enyaaak..

    ga perlu nenggek paramex lagi Syalalala...

    ReplyDelete
  3. @ fuda : biar fuda kemotivasi tuh ... hahahahah

    ReplyDelete
  4. tumben saya bisa mencerna postingan ini..intinya adalah, iku potone sopo, den ayu sama adek kecil yak

    ReplyDelete
  5. kangen ma mbah maridjan ya maz? ke sono aja gih, bawa mawar sama apem, menyambut palentin, hehe

    ReplyDelete
  6. moga-moga dengan kampanyae pemilu damai ini merapi pun damai dan selalu sehat, ngeri banget loch kalau merapi udach pilek apalagi batuk...
    huch asal jangan muntah aja

    ReplyDelete
  7. Jadi kepingin kesana..tapi entah kapan...emang disana Bang surya buat permohonan apa kok ada janji-janji segala ...semacam hajat gitu ya

    ReplyDelete
  8. Tahun 2001-2003 aku sering ngliat Merapi sambil nganter tamu dari Perancis, th 2002 pas lagi batuk juga. Wah suaranya menyeramkan bedebam...bedebum...
    Waktu itu perginya lewat Muntilan (kalo dari Jogja) ke kanan ... jalannya nanjak terus hingga pos terakhir tempat pemonitor Merapi ... lalu sewa guide dan lanjut harus jalan kaki yang nanjak lagi ... tempatnya bagus, pas sekali berhadapan dengan merapi.

    Sayang nama tempatnya lupa. Apa itu Selo?

    ReplyDelete
  9. Yang itu pasti istri ama putri bang surya ...Kok Bang surya nya gak ada ya..kemana ya

    ReplyDelete
  10. Mbah Marijan turun gunun sehari brapa kali ya....

    ReplyDelete
  11. KO AKU GA DI AJAK YAX (WELEH WONG AKU JAUH JE )ANAKNYA DAH PINTAR POSE YAH KANG LUCUDEH
    KALAU YANG INI AKU MUDENG SEMUDENG-MUDENGNYA KANG GA RIBET MENCERNANYA WKWKWKWKWKWKWK

    ReplyDelete
  12. dah mampir ke mbah maraidjan mas??? sapa tahu dapat minuman energi sak kerdus ... huehehehe

    ReplyDelete
  13. deket mbah marijan ya?? bukannya dah jadi seleb skrg???

    ReplyDelete
  14. Nah, kalo ini saya bisa komentar tanpa perlu bolak-balik beberapa kali dan beberapa hari dulu untuk mencerna, hahahahaaaa!!!

    Oiya toh Gn. Merapi itu 'peka' dengan gejolak bangsa kita? Hmm..jangan2 memang harus pendekar gunung Merapi yang turun gunung juga untuk menyelamatkan bangsa ini.

    Hidup Sultan HB X!! Hihihi... kok jadi kampanye ya saya?

    ReplyDelete
  15. merapi...oh merapi..aku rindu padamu, karena merapi mbah maridjan jadi selebriti. dan aku tetap menjadi seorang pendaki. tapi tak apa karena merapi pula aku jatuh hati dan nyaris terdiam diri....merapi oh merapi... 3 bulan lagi aku jenguk kamu ya.

    ReplyDelete
  16. ketep pass emang enak buat nongkrong
    udah lama nggak kesana

    ReplyDelete
  17. itu anaknya capa yap?lutju dan imut :D

    ReplyDelete
  18. Tumben agak ringan postingnya, lebih mudah dicerna saya.

    Hemm hati hati kalau Merapi sudah batuk-batuk, jangan sampai kebru muntah

    ReplyDelete
  19. spt yg lainnya, tumben postingannya bisa dicerna langsung hihihi...
    blon pernah kesana, jd pgn liat spt apa sih merapi kalo batuk

    ReplyDelete
  20. Merapi keluar apinya, Merbabu keluar babunya

    ReplyDelete
  21. wah aku kemaren ke ketep pass pas banget lagi mendung. waaaaaaaa ga ngeliat merapi d

    ReplyDelete
  22. kapan hari nonton di TV sini, Indonesia memang banyak gunung berapi yg masih aktip yak

    motor ijo2x apaan sih ?

    ReplyDelete
  23. Puangtes, mantan pegiat toh hue..he.. 2009 nyaleg g? Tentang gunung merapi, saya pernah main ke tempat sodara Sleman, tepatnya di Pajangan, samping Pak Dalang Gito Gati. Iseng2 jalan ke malemnya diajak ke kaliurang, dari situ tampak jelas ada warna merah mengalir dari puncak. Indah tapi juga tegang menyaksikannya.

    ReplyDelete
  24. WUkekek, dede manis senyum ama aku hue..he.. Salam buat keluarga

    ReplyDelete
  25. belum pernah kesana paling banter dulu jaman masih muda cuman ciremai itupun sekali seumur hidup...hhmm pengen tapi entah kapan

    ReplyDelete
  26. Hm..ngomongin Merapi jadi inget tuh Mbah maridjan...sekarang kan beken jadi bintang iklan pula. Pengen nih jalan-jalan ke gunung...kapan ya punya waktu luang ?

    ReplyDelete
  27. Hm..jadi inget mbah marijan..kan sekarang lagi beken..jadi bintang iklan pula. Pengen banget ke gunung..tapi waktunya gak ada...kapan ya?

    ReplyDelete
  28. Salam Kenal
    Kok fotonya Mbah Marijan nggak dipasang thooo ?
    Klu ada Merapi ya ... harus ada Mbah Marijan ....

    ReplyDelete
  29. Ada dua hal...
    2. Waktu nang Selo, aku nang nggone Ki Ageng Selo pepundennya Mataram.
    1. Kelambine bojomu kok podo yo karo kelambine bojoku?????
    kekekekeke....

    ReplyDelete
  30. ngeri bayangin merapi batuk. gimana kentutnya ya... wuihhh

    salam
    pongpet

    ReplyDelete
  31. @ cebong ipiet : bener bong... kekeke

    @ ADVINTRO : bisa digajul mbah maridjan nanti aku...

    @ Baka Kelana : janji sama si kecil... ahahhahaha...

    @ juliach : kalo nggak salah itu pos Babadan mba...

    @ Sang Penyamun : sedang santai dia sekarang bro...

    @ awie : wuahahha...

    @ mantan kyai: disana adanya wedang gedang ... (minuman pisang) je mas

    @ antoni.web.id: tetep merakyat....

    @ G : sukurlah... kakakka...

    @ Abiagi Smith : wah langsung dijadwalkan...

    @ annosmile : makin rame loh...

    @ ipanks : anaknya ibunya hihihi...

    @ Erik : pokoknya melarikan diri ajah...

    @ Linda Belle : mirip lilin... kikiki...

    @ marsudiyanto : wuahahaa.. iki meta logika pak?

    @ attayaya : sedih dong...

    @ mercuryfalling : itu loh.. partai pedang panjang...

    @ seno: hahaha... asik ya liat lava pijar...

    @ Shanty Mahanani : iya jangan diperisteri loh... hehehe

    @ omiyan : puncak dari selo, cuman 4 km, tapi dengan sudut 40 derajat...

    @ Jokky Whylantoro : harus diadakan tuh...

    @ Sang Cerpenis bercerita : beres, lah janjian langsung di tujuan.. kakakka...

    @ Anton : kapan-kapa deh ke mbah maridjan...

    @ itempoeti : wuahaha... lah iya to...

    @ pongpet : awas... bayangane mosok yang anal aja seh... akakkaka...

    ReplyDelete
  32. saya ngerasa merinding kalo liat2 berita di tipi soal gunung2... gak kebayang yang lihat langsung larvanya.... pasti menajubkan ya?

    ReplyDelete
  33. hayahhh
    kok sudah ke yang 36nyaaaa??

    ReplyDelete
  34. foto gungungnya keren2 bang...itu mantan pacar sama sikecil ya?? kok bang surya ngga sekalian ikutan foto heheheh
    Pengen kegunung lagi nihh..inget jaman SMA dulu...kemping ke gunung dengan bawaan segunung juga saking semangatnya heheh

    ReplyDelete
  35. pas jaman gempa kae, nek wengi-wengi ro cahbocah sambi nunggu balbalan piala dunia hiburane nonton kembang api live from merapi...

    ReplyDelete
  36. Wah,.... walupun bagus tp bahaya juga yah....

    Itu anaknya sadar kamera yo.... hehehe...
    imut bgt,

    ReplyDelete
  37. wah sbenarnya dari duluh tuh aq pengen liat tuh namanya gunung merapi so aq hanya bisa liat di tlevisi......
    doakan yah moga suatu saat aq bisa ampe ksana....

    ReplyDelete
  38. nang merapi jagoane mbah marijan. kapan kapan nyong ngambil foto gunung slamet ah...

    ReplyDelete
  39. wah istrinya yah kang, uhuyyyyy asyikkk jalan - jalan euyyyyy apalagi sama si kecil...suittt...suittt...

    kang, CDnya JUPE diembat ama mak lampir di merapi...tulung ambilkeun dunkzzzz...JUPE kan jadi ndak make CD kemana - mana yahhhh...hikzzz maluuuu...

    kaboerrrrrrrr....

    ReplyDelete
  40. nah mas, sampe ke gunung merapi juga akhirnya? bener kata endar ada mbah marijan nggak heheee

    ReplyDelete
  41. weee salam buat mbake dan si kecil, lutuuu.seneng mestinya keluarga bisa jalan bareng ya mas

    ReplyDelete
  42. pemandangane memang uapik polll... pada dua letusan besar terakhir, saya menyempatkan berkunjung ke merapi malam hari, melihat indahnya lava pijar menuruni lereng gunung... indah tapi ganas...

    ReplyDelete
  43. perjalanan yg mengesankan, pengen balik kesana lg mas..suer

    ReplyDelete
  44. Aku pernah nginep semalem di Mbebeng... dingin banget, tur wedi, sebab lava pijarnya tak pernah berhenti turun...

    ReplyDelete
  45. @ http://tentangku.us/: indah bukan maen pokoke...

    @ Atca : kemping dan masak-masak oi... nikmatnya...

    @ grubik : iya pas saat itu memang indah sekali...

    @ BlaGaBloGer : pengin pasti ya... kekekke..

    @ katobengke : iya dong maen aja mas...

    @ endar fitrianto : tenan loh gunung slametya...

    @ gdenarayana: udah dibagi-bagikan ke hutan katanya... hahahha...

    @ dede : sayang nggak mampir ke kinahrejo, kapan-kapan deh..

    @ wewarna : sering malah tiap minggu loh mbak...

    @ Andy MSE : deg-degan juga ya pas liat... tapi emang sangat indah...

    @ Nyante Aza Lae : di sumatra kan juga indah-indah ya mas...

    @ munawar am : wah kapan itu mas, sekarang bebeng udah berpasir gitu...

    ReplyDelete
  46. waaah takut kalo deket2 gunung gituan.... takut meletus.....

    ReplyDelete
  47. haha...bisa aja perang ko' hobi..
    eh, boleh tuh. walking gk ngajak2 nih....
    jd gunung merapi itu gk asal nama ya;baru tau aku.
    wah...moga aja tuh si gunung bersaHabat ya.


    Yup !

    PS: mau belajar mawang ah ke Mbah Marijan...rosooooo

    ReplyDelete
  48. iya tuh, liat dari ketep bagus.
    tp sayangnya pas kesana pas mendung..berkabut.jd ya gitu deeehhh...cuma neropong kabut doang..huh!
    tp film tntang merapi yang diputer di ketep tuh kerenn..yah, setidaknya bs mngobati kekecewaanku gara2 kabut..!hohohoho

    ReplyDelete
  49. been missing ur previous post..
    kayaknya rugi kalo saya ketinggalan postingannya kang surya ini.

    Mungkin kalo saya boleh bilang, jangan-jangan Merapi itu peliharaannya mbah maridjan ya..hehehe. Sepertinya bukan hanya merapi yang bergejolak ya..mungkin merapi ikut mendukung Pemilu Damai Indonesia 2009 sembilan ya, meskipun dengan batuk batuk sedikit.

    Itu potonaa..lucu si kecil..udah sadar kamera lagi, nah jangan-jangan ketularan narsis dari bokapnya nih..kabuuur..

    ReplyDelete
  50. ups..salah link kang..kalo link yang itu ngga ada blog nya..

    ReplyDelete
  51. Duh bagus gambarnya ... jadi kangen ngeliat Merapi ... semasa kuliah sering ke Kaliurang.

    ReplyDelete
  52. Jadi pengen kesana Sur, tar kalo abang kesana temenin Sur ...Lom pernah nih hue he

    ReplyDelete
  53. mana fotonya dengan Mbah Maridjan ....
    akhir januari lalu ngga sempat ke Ketep Pass ... hujan terus..

    ReplyDelete
  54. gubrakk .. si ajudan rupanya agen CD ya Sur ..

    ReplyDelete
  55. kalo bicara gunung merapi yang saya bayangkan pasti hal-hal yang berbau misteri... x_x ....

    ReplyDelete
  56. Selalu ada hikmah dibalik kejadian alam...
    Seperti wilayah sekitar merapi yang pastinya subur krn dialiri lava...

    ReplyDelete
  57. saya paling suka melihat merapi kalau pakai tropong di ketep itu, mas surya. merapi jadi terlihat makin memesona. rasanya kok kepingin lagi datang ke sana. duh, pilk aja sanggup mengeluarkan piar, apalagi kalau sampai merapi batuk2, yak? kekeke ....

    ReplyDelete
  58. @ indra putu achyar : hus... bisik-bisik aja ya...

    @ awan_clickerz : iya banyak tuh yang hobi perang...

    @ puspa ayu : sering berselimut memang sekarang merapi...

    @ Kamilia : wakakka... smoga damai juga, seperti spring dirumahmu...

    @ Pencerah : udah hapal tempatnya to pak...

    @ Ersis Warmansyah Abbas : hah... dulu di jogja pak EWA...

    @ abang : beres, pm aja ...

    @ bunda : wah jauh bun nggak mampir, januari dulu memang berkabut terus...

    @ arifudin : udah fenomena alam yang biasa mas...

    @ perlawanan hati : wahahaha... memang misteri juga...

    @ tengkuputeh : betul, banyak berkah juga disana...

    @ sawali tuhusetya : memang indah dilihat nggih pak...

    ReplyDelete
  59. dikalimantan gak ada gunung yang berapi...
    jadi pengen liat lebih deket ihhhh....:D
    kpn kesannya ya,,,, :-(

    ReplyDelete
  60. Ketemu mbah Marijan ya Mas...?

    ReplyDelete
  61. Gunung ki asline apik, cuman aku sok ra tahan adem wae mas..bedo nek gunung sing marai sumuk, nah kuwi gek arep...hehehehe

    ReplyDelete
  62. saya emang setuju banget kalo ini emang duasyatt..katanya langit itemnya aja bisa gak ilang ilang dalam 2 minggu..waktu th 18an kayaknya..

    ReplyDelete
  63. Hmmm.. pingin liat jadinya.. kalo pilek cuma meler ya gpp, tapi kalo sampe bersin2.. hiiiii.. atut

    ReplyDelete
  64. huaaa mbah marijan piye kabare niku mas hehehe
    dulu pas lagi santernya pengukuhan merapi sebagai taman nasional, aku masih kuliah di jogja hihihi gak penting yak:p

    ReplyDelete
  65. Belum ada yang baru, no comment dulu...!

    ReplyDelete
  66. harus tetap waspada terhadap bahaya merapi

    ReplyDelete
  67. tiap denger ketep pass, jadi inget jagung manis bakar..yummiee..

    ReplyDelete
  68. kapan bisa kesono lagee, kayak jaman nom-noman dulu, mojok di bawah pohon rindang.hehe....roman...

    ReplyDelete
  69. yang ditakuti dari merapi kan wedus gembelnya doang,..he he he eeee!!

    ReplyDelete

Message from the green side