Monday, February 9, 2009

Merapi

merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi merapi Gunung Merapi adalah gunung berapi yang paling aktif di seluruh dunia. Dengan ketinggian 2968 m. di atas permukaan laut (kondisi tahun 2001) atau 3079 meter di atas kota Jogja, Gunung Merapi terletak pada 7'32,5' Lintang Selatan dan 110'26,5' Bujur Timur dan secara administratif gunung ini memiliki batas-batas langsung atas wilayah Sleman, Magelang, Boyolali, dan Klaten. Jika sedang pilek gunung ini mengeluarkan lava pijar yang indah sekali bila dilihat, tapi sangat panas jika dipegang bisa-bisa beresiko jadi gosong, atau malah bisa menghapuskan hutang karena penagih utang udah nggak bisa nyari lagi...

Merapi ini juga kadang sangat sensitif dengan isu-isu nasional, kata banyak orang menjadi pertanda kejadian beberapa saat sebelum kejadian, entah apa itu benar atau tidak belum ada penelitian yang jelas kakakaka...., khawatir juga seandainya nanti ada krisis besar-besaran lagi moga-moga nggak ikut ketularan pilek atau marah besar, maklum udah lama dia berselimut terus, dan sangat mencurigakan karena biasanya setelah diam gitu tahu-tahu batuk-batuk... waduh Mbah Maridjan pasti jadi rujukan lagi..., ngeri juga karena kejadian saat ini selalu menimbulkan korban-korban yang puluhan seperti kebakaran semak di ostrali kemaren, pesawat trobel, kapal tenggelam belum lagi perang berkobar dimana-mana makin rame, ambon yang udah aman aja kumat lagi... walah... dasar udah hobi perang ya sulit dicegah..., asal nggak seperti kejadian baru-baru kemaren itu, dipukul pake tangan kiri aja bablas... memalukan....

merapi gunung merapi gunung merapi gunung merapi gunung merapi gunung
Hari minggu kemaren kesempatan bisa walking-walking around merapi, meskipun pas mau berangakat udah liat ada kampanye motor ijo-ijo... wah pengin sekali ikut seperti saat dahulu kala yang ganas, indah dan romantis... (maklum mantan pegiat) dari suryaden berputar ke klaten, boyolali sambil njagong teman (telat lagi), kemudian muter ke barat via Selo, bagi yang sering mendaki Merapi lewat utara pasti tahu deh, dan tujuan utama adalah Ketep Pass yang selalu saja membuat rindu sekalian bayar hutang karena udah kadung sering janji sama keluarga, kesempatan nih buat menepati sekali-sekali ... kekekke... padahal pengin juga mampir lagi ke tahu pojok magelang, sayang nggak kelewatan...

Sepanjang perjalanan dari timur antara merapi dan merbabu, wadoh... banyak sekali muda-mudi yang asyik dipinggir jalan sambil menikmati pemandangan luas, dipinggir jalan dan diatas tebing-tebing indah tapi curam tersebut, betapa memang mencari pemandangan dan hawa segar sudah sampe ke pelosok-pelosok pedalaman gitu, namun jalan yang bagus dan masih aman juga mendukung untuk sekedar touring swasta bersama pasangannya masing-masing wekekeke...

Dari Ketep Pass ini bisa melihat merapi merbabu dengan sangat jelas sekali, bahkan kalo pas merapi pilek menjadi sasaran favorit para pyromania yang terkagum-kagum lava pijar yang wow... tak terbayangkan dahsatnya..., sayang hari itu angin besar sekali sehingga nggak bisa berlama-lama, kemudian dilanjutkan ke Muntilan untuk kemudian finish di suryaden lagi... wahahha.. lunas....
selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo selo

Foto: nggak minjem