Monday, January 26, 2009

Kebablasan

ziarah blogger timur tengah
"Saya pikir tidak perlu sejauh itu, rokok itu makruh. Makruh itu artinya sebaiknya dihindari. Kalau difatwakan haram terlalu jauh," jelas Sallahudin Wahid
(Detik.com 22/1/2009).
Sebuah reaksi keras yang muncul dari keturunan KH. Hasyim Asyari yang saat ini menjadi pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang. Terlalu jauh artinya kebablasan dan jauh dari tujuan semula alias "pikiren dewe", tidak akan ditulis diposting ini.

Lembaga pewaris tugas-tugas para nabi ini sangat produktif mengeluarkan fatwa, dari haram hingga pelarangan ritual tertentu, selayaknya ditindaklanjuti dengan pembuatan label haram pada barang-barang yang diharamkan secara jelas, bukan malah memberi label pada yang halal saja, sementara yang sangat lucu sekali adalah baik halal maupun haram negara tetap melakukan cukai dan pajak sebagai penghasilan negara. Terlihat jelas kontradiksinya dan masyarakat akan memberi penilaian dengan sudut pandangnya sendiri, ironis sekali, ah... persetan dengan hal itu.

ziarah blogger timur tengahTentang kebablasan juga menjadi pengalaman ketika akan bersilaturahmi dengan rekan-rekan Ziarah Blogger Timur tengah pada 25 Januari 2009 ini, dan akhirnya harus kembali ke jalan yang benar untuk menuju ke rumah Mas Totok Genthokelir, yang ramai sekali dan sedang konferensi via YM merencanakan sesuatu untuk mengisi kekosongan dan tambahan kegiatan persahabatan Blogger istilahnya Brotherhood, mirip lagunya Dire Straits 'Brother in arms' yang lembut.

ziarah blogger timur tengahziarah blogger timur tengahGunungkelir dengan banjir bandwith-nya, plus slogan 'datang tak diundang, pulang tak diantar', terletak di Kabupaten Purworejo Jawa Tengah menjadi salah satu tujuan acara penjaringan persahabatan komunitas blogger Surabaya TPC, ke komunitas blogger ngalam, blogger Warok, komunitas blogger Madiun, komunitas blogger Ngawi, komunitas blogger Bengawan, Cah Andong, Gunungkelir, kemudian pulang melalui Semarang, Pati, Gresik, untuk melakukan ziarah wali sebenarnya (kata Anang) dan pulang kembali ke Surabaya, semoga berkah sampai di rumah masing-masing.

ziarah blogger timur tengahziarah blogger timur tengahKegiatan ini sangat megesankan sekali melihat insan-insan muda yang bersemangat dan bisa ketemu mas Andi,Mse, Mantan Kyai, Gajah Pesing, Anang, Kyai Slamet, Tukang Nggunem, Genthokelir, dan semuanya maaf yang tidak disebutkan satu persatu, saking banyaknya, dan masih heran dengan YouTube yang langsung play tanpa babibu...., mending cerita pake foto aja...

ziarah blogger timur tengahziarah blogger timur tengahziarah blogger timur tengah