Wednesday, December 31, 2008

Persetan tahun baru

Selamat buat semuanya yang merayakan tahun baru 2009, tak ada kata atau umpatan yang dilayangkan sehubungan dengan peristiwa berlalunya satu lingkaran penuh (versi internasional) putaran bumi mengelilingi matahari sebagai sumber kekuatan dan sinar bagi seluruh bumi.

Bukan sebuah keharusan menikmati pergantian tahun, karena memang tidak ada aturannya selain karena bank yang sibuk menyusun laporan tahunan, dan semua yang berbau masalah ekonomi melakukan tutup buka kegiatan dan sebagainya, entah dengan embel-embel refleksi kek, kaleidoskop, retret, ato entah lah istilah-istilah yang membius dan membingungkan.

Terompet, kendaraan, debu, uang, kembang api, musik seakan mewarnai acara pergantian tahun. Anak-anak, remaja dan orangtua seakan gegap gempita dengan apa yang disukainya untuk merayakan bisa dengan hura-hura, arung jeram, naik gunung, kemping, main musik dan semua yang membuat senang, seakan semua kejadian terlupa hanya untuk menyambut jam 00.00.

Tidak terkecuali para pasangan di mabuk cinta akan melakukan sesuatu untuk selalu diingat sepanjang masa. Kadang mereka berjanji pas pertengahan malam sambil berpelukan setahun, atau berciuman selama setahun, atau ..*thiiiit*... selama setahun, atau sekedar berdoa atas nama tahun baru, pastilah asik juga mengalami kejadian seperti itu...hii membayangkan yang indah-indah...

Memang keindahan ini membuat kita lupa dengan berapa newcomer untuk pengguna narkoba, seks bebas, korban HIV dan aids, memang hal indah kadang dibaliknya bersemayam kegelapan-kegelapan dan jurang yang sangat dalam. Okelah kita bersuka ria namun jangan sampai lengah kepada kegelapan yang menghadang di balik terang benderang perayaan yang entah apa maksudnya.

Selamat tahun baru, berbahagialah masih bisa menunggu kenyataan-kenyataan baru yang akan datang, semoga kita semua dalam lindungan-Nya.

Monday, December 29, 2008

Isak sang Dewi

Alkisah di sebuah belahan dunia yang majemuk laksana kumpulan dewi-dewi yang seksi, sabar, cantik menawan, kaya raya, rendah hati, lugu, terbuka, tangguh, berwarna-warni dan berjubel antrian untuk dapat ditulis tentangnya.

Dewi ini menjadi impian (imajiner kata Ben Anderson) ini, hanya ada dalam impian dan pikiran semata. Laksana sekumpulan dewi-dewi yang menjadi idaman banyak satria, dalam keseksian, tingkah laku, sifat dan kepribadiannya yang tulus dan selalu berkembang untuk mengarungi hidup yang dicita-citakannya.

Sudah banyak para satria yang mencoba menjadi pasangannya, sejak jaman dahulu kala, seperti satria-satria Sriwijaya, Majapahit dan Mataram yang pernah mesra mengarungi jalannya waktu dalam kedamaian dan kejayaan pada masanya. Tidak ketinggalan para bajak laut yang berkepribadian kapitalisme pernah menjadi pasangannya dalam mengarungi zaman namun dengan merobek-robek dan membuatnya menjadi sakit yang berkepanjangan, dan dia pula yang memberi nama Hindia Timur secara asal karena saking bodohnya dan sok pintar tidak bertanya pada yang berhak.

Sampailah kemudian sang dewi-dewi ini di bawa ke sebuah pintu gerbang kejayaan untuk secara merdeka menentukan nasibnya bersama, dalam sebuah bingkai yang diangankan oleh seorang satria menjadi sebuah kekuatan sosial dan politik yang dibatasi oleh geografis rumah-rumahnya. Gegap gempita mereka bersorak, bersuka ria dengan penuh harapan, keyakinan akan kekuatan dan kerukunan yang menjadi landasan bersama.

Seiring berjalannya waktu para dewi ini berjalan bersama menghadapi kekuatan dari luar, namun banyak juga pengorbanan harus diberikan untuk mempertahankan mimpinya, beberapa ingin mencari pasanganya sendiri namun masih bisa diingatkan oleh yang lain, hingga kadang harus dengan kekerasan untuk mempertahankan mimpi ini. Karena tidak sedikit pendekar berwatak jahat yang menginginkan kenikmatan ciuman atau mencumbui keelokan yang seakan tidak ada habisnya, hingga banyak menyisakan trauma yang berkepanjangan meninggalkan benih-benih percekcokan para satria yang semakin lama hanya menginginkan kepuasan sesaat tanpa mempedulikan sakitnya vagina sang dewi.

Pernah juga para pendekar berwatak jahat itu mendandani para dewi dengan pakaian, parfum, beha, celana dalam, rumah, mobil, bahkan kasur yang sama, untuk kemudian dijebak, ditakut-takuti dan diperkosa beramai-ramai hingga melahirkan anak-anak yang penakut, cacat, dan perwatakan-perwatakan yang aneh seperti mudah curiga, mudah mengamuk, suka mencuri, memfitnah, merampok, bahkan seperti pendahulunya menjadi pemerkosa. Hanya para pendekar pilihanlah yang bisa memahami mimpi-mimpi mulia para dewi ini, namun kadang dalam ketulusannya malah mudah disakiti dan bahkan dibunuh baik secara nyata maupun dibunuh kemanusiaannya.

Hingga pada suatu ketika pemimpin pendekar berwatak jahat ditumbangkan oleh para satria muda, namun belum juga benih-benih yang dilahirkan dari kebiadaban pemerkosa itu hilang dengan bersih, bahkan dengan liciknya mencoba menjual dewi-dewi cantik untuk dinikmati hidung belang manca dengan harga yang murah, mereka telah melacurkan para dewi ini secara lahir dan bathin. Sehingga semakin sengsaralah anak-anak sang dewi karena ulah para pendekar berwatak jahat yang tidak memiliki kekayaan imajinasi dan pemahaman cerdas sebagaimana yang pernah dijanjikan para satria dahulu sehingga membuat para dewi terpesona.

Saat ini para dewi sedang menangis terisak-isak karena dililit hutang dan melihat anak-anaknya harus berjubel antri sembako bahkan minyak yang keluar dari nadi-nadi di payudaranya disedot oleh orang lain, mineral dan batu bara yang tersimpan dibalik kulitnya yang ranum pun dijual murah untuk orang lain, bukan untuk anak-anaknya yang harus berjuang mati-matian mempertahankan hidup dan menanti kesengsaraan selanjutnya bersamanya hingga menyadari arti mimpi dan mewujudkannya dalam ancaman angkara murka yang semakin kuat saja.

Friday, December 26, 2008

Engah....

Empat tahun yang lalu, di hari ini bersama teman-teman sibuk memasukkan barang-barang seperti sandal, selimut, tenda hingga pakaian yang akan dikirim ke Papua bagi para saudara yang terkena bencana di sana.

Beberapa kontainer sedikit demi sedikit kami selesaikan hingga matahari agak condong ke barat. Kemudian beristirahat dan berencana pulang setelah paket tersebut berangkat ke tujuannya. Rasa lelah tergantikan dengan bayangan kesukacitaan para saudara yang nantinya menerima benda-benda tersebut.

Hingga kemudian mendengar berita tentang air laut yang menerjang ujung barat pulau Sumatera, sangat memukau dan mengerikan air yang menggenangi tempat itu. Lebih mengejutkan lagi adalah jumlah korban yang setiap saat di update selalu bertambah hingga puluhan ribu korban. Betapa hadiah akhir tahun yang paling mengerikan saat itu, duniapun tercengang melihat pemandangan yang begitu menakjubkan sekaligus mengerikan itu.

Hingga terjadinya Gempa Jawa yang meluluh lantakkan Jogja pada Mei 2 tahun setelah Tsunami di Aceh, baru kemudian bermunculan kesadaran akan kebencanaan yang agak progresif. Sangat kelihatan di saat-saat kritis itu peran lembaga non pemerintah yang biasanya dimusuhi oleh birokrasi karena lantang berbicara, dengan akses yang dimilikinya bisa dengan langsung berkoordinasi dan menurunkan apa yang dibutuhkan korban, tidak harus melalui aturan-aturan dan birokrasi yang berbelit-belit dan tidak sampai ke tujuan. Uniknya lagi lembaga-lembaga non pemerintah itu setelah otoritas kekuasaan menguasai medan langsung ditendang hingga tidak kelihatan lagi di permukaan.

Hal itu adalah masa-masa indah bagi penanganan kebencanaan, indah karena uang masih banyak dan belum terkena tsunami keuangan global. Sulit membayangkan ketika nantinya sumberdaya untuk menangani hal ini tidak ada karena masing-masing negara sibuk mengurusi pengangguran dalam negerinya. Ketika semua orang merasakan ketidakadilan, kezaliman, dan saling mencurigai.

Tuesday, December 23, 2008

Awas wabah Gila

berdomisili di daerah Jalan Kaliurang dengan sebutan yang terkenal yaitu Rumah Sakit Jiwa Lalijiwo, yang beberapa waktu sempat jadi sablonan di kaos maupun topi yaitu Lulusan Lalijiwo, lalijiwo ini berpenghuni banyak sekali dari berbagai kelas, ada yang bekas pejuang hingga bekas anak sekolah yang karena pusing tidak keterima Sipenmaru *mode jadul on* atau Pertguruan Tinggi Negeri pilihannya kesimbangan jiwanya agak terganggu. Dan akmi warga kampung di dekat RSJ itu yang sekarang namanya lupa aku, akrab dan mengenal para pasiennya, bahkan beberapa tetangga juga hidup dari adanya RSJ itu, salah satunya adalah simbah depan rumahku yang selalu menyediakan pisang untuk konsumsi rutin pasien.

Salah satu pengalaman yang lucu tapi kurasa juga aku mulai ketularan gila adalah ketika ada pasien yang tiap hari bertugas mengambil pisang di depan rumah, orangnya ganteng, tinggi besar mantan PNS katanya, ketika dia sedang memanggul pisang yang berat di atas kepalanya ketika berjalan tiba-tiba celana kolornya itu mlotrok kebawah sendiri sehingga kelihatan deh sampai ke akar-akarnya, dan gilanya.... dia berteriak minta tolong kepada orang-orang untuk menaikan celananya yang mlorot tersebut, kontan aja para ibu-ibu dan cewek-cewek yang ada lari ketakutan dan gilirankulah yang tega menolongnya...wah ketularan edan aku ini, dan dia setelah itu menurunkan pisangnya dan berkata nuwun yo le....walah.

Paling kaget ketika ibuku tiba-tiba teriak..."ada bintang film lewat...", mulanya aku tak tahu tapi lama-lama curiga juga, ketika keluar dari rumah ...wah ternyata ada pasien cewek yang cantik lolos dari tempatnya dan keluar jalan-jalan tanpa busana sepeserpun..., walah celakanya juga ada tetanggaku yang gara-gara sering lihat ...melamarnya dan sampai sekarang berkeluarga, ya ampun wis...sing edan siapa to iki...., dan berbagai macem pengalaman nggilani lainnya adalah ketika kali progo banjir masih nekat turun arung jeram sehingga ketika di pusaran air yang sangat besar perahu karetnya nggak mau keluar sampe kira-kira 2 jam dan kami semua udah pasrah, nembak cewek yang seminggu kemudian diralat, trus pengalaman cium cewek pertama yang hasilnya adalah tamparan maha dahsyat...plaaaak, waduh panase, modaro....

Mungkin karena sejak kecil udah sering main ke Lalijiwo jadi agak kurang waras,ato imun dengan stress sehingga dalam menjalani hidup ini jadi agak rileks, berbeda dengan apa yang kutakutkan saat ini yaitu orang waras yang menyadari dengan waras kekurangan dan gelapnya masa depan sehingga rela menjalani bunuh diri...wih ngeri tenan.

Mengapa terjadi kasus-kasus seperti bunuh diri dari mall, pembunuhan mutilasi, narkoba, dan paling ringan adalah stress yang sering dianggap gila menjadi sesuatu yang rendah gridnya dibandingkan dengan lainnya, karena tidak dekat dengan maut?

Mengapa para sineas dan novelis hanya mengangkat Laskar Pelangi, cuma komedi dan merendahkan pendidikan dengan mengagungkan sistem persekolahan yang hingga saat ini malah berakibat banyaknya murid stress, biaya pendidikan mahal dan bahkan bunuh diri?

Rupanya kegilaan ini telah bertambah gridnya, di tahun 98 sudah banyak orang gila karena krismon, mungkinkah di krismon gelombang kedua ini ( di Rusia orang sudah tidak boleh bicara "krisis" ) sudah lain lagi tingkat kegilaannya. Namun bagaimanapun juga saya tidak berharap yang saya tulis ini akan terjadi.

Saturday, December 20, 2008

Bilakah kuasa ereksi tulus?

politisi busukMemahami keinginan pasangan agar bisa mencapai puncak kenikmatan bersama sangat diperlukan sehingga irama, gerak dan tenaga yang diperlukan bisa sinkron, sinergi, tidak membuat lecet atau efek depan lainnya. Persiapan awal sangat menentukan untuk memastikan foreplay atau treatmen awal. Sentuhan-sentuhan halus disertai dialog, kontak mata, ditambah ekspresi mimik wajah ceria atau tanpa beban akan memberikan jalan masuk yang smooth untuk melancarkan stimulus rangsang serangan balik dari respon yang bisa diprediksi dan memberi kenikmatan balik yang sesuai. Jangan terlalu liar atau agresif, berikanlah ruang dan jeda sela untuk memberinya waktu memutuskan bagian mana yang akan dinikmatinya dandibutuhkan saat itu seperti mengulum, mengelus balik, atau sentuhan-sentuhan yang tak terbayangkan pada awalnya akan berjalan secara alamiah.

Ketika telah siap memulai babak kenikmatan selanjutnya kudu dipersiapkanlah posisi dan pikiran yang relaks, jangan tergesa-gesa karena meskipun sudah licin namun masih saja resiko lecet dan luka masih ada, jalankanlah dengan pelan dan smooth tidak lupa sentuhan-sentuhan yang mendukung jalanya pelaksanaan tugas berat ke ending bersama, untuk diulangi lagi seterusnya...biar puas, puas, puaaas sampai masing-masing sang ereksi selesai bertugas.

Hal diatas bisa dilakukan secara sempurna oleh orang yang dikaruniai perlengkapan yang sempurna, entah apa yang dilakukan oleh orang-orang yang menyandang "ambiguous genitalia" yaitu ketidakjelasan bentuk alat pria dan wanitanya karena ketidaksempurnaan hormon dan kromosom XY dan XX nya, meskipun perwujudan luar mereka jelas laki-laki atau perempuan. Mereka bukanlah interseks, namun masih seperti kebanyakan orang yang heteroseksual, semoga ada obat yang bisa menyempurnakan para penyandangnya.

Ambiguous Genitalia ini seperti yang dilakukan oleh para politisi busuk di sini -maaf-, yaitu maunya ereksi ingin menyetubuhi kekuasaan dan rakyatnya namun tidak jelas dalam pelaksanaan tugas-tugas untuk mencapai kenikmatan bersama secara formal, belum lagi para pengikutnya yang melakukan persetubuhan dengan mulut, perut dan angkaranya. Celaka lagi adalah mereka selalu mengalami ejakulasi prematur, bahkan sudah muncrat ketika baru membayangkan atau membicarakannya, karena mereka hanya menerima duitnya namun tidak langsung terjun ke masyarakat menunaikan tugas seperti awal ketika melakukan foreplay, sebelum dilakukannya penetrasi kartu di bilik suara, yang sekarang diganti dengan contreng...haha..

Jangan sampai para politisi busuk berkuasa, karena mereka menganggap kekuasaan hanyalah pemuas ereksi angkaranya, seperti yang dipraktekannya baik secara lahir maupun bathin, apakah pertiwi ini hanyalah bagai pemuas nafsu yang diam-diam menyimpan dendam karena selalu disalahkan, dilecehkan dan dikorbankan?

Thursday, December 18, 2008

Gerakan Legowo Internasional

Legowo, legawa, berserah diri, menerima kenyataan dalam bahasa Indonesia, sehubungan dengan gelapnya masa depan dunia dalam hal energi, kesehatan, dan kesejahteraan penduduk dunia yang terpilah dalam ras, keyakinan, suku, bangsa, politik dan administrasi. Menyadari dan menerima kenyataan bahwa semua bangsa di bumi ini memiliki keinginan yang sama untuk aman, sehat, makmur, bahagia, dan dapat melaksanakan tugas-tugas kehidupannya.

Standar-standar perilaku dan batasannya dari ideologi hingga yang mikro-mikro di rumah tangga berasal dari kompromi-kompromi kepentingan para pelakunya, untuk kemudian dipaksakan ke komunitas internasional, kita, orangtua dan anak-anak kita. Kadang menjadi hal gila diluar nalar dan pemunahan sekelompok manusia yang tidak mau dipaksa dengan hasil kompromi yang sudah dihasilkan. Dari banyak kompromi itupun menghasilkan klaster-klaster, bahkan kategori yang besar-besar dengan sub kategori yang banyak sekali, celakanya hal itu seakan menjadi jalan hidup, berkolaborasi dan didukung fanatisme yang rela dibela dengan nyawa.

Nyawa dikorbankan untuk membela kepentingan atas nama sesuatu yang dibuat oleh manusia itu sendiri, dan sudah biasa jika menghilangkan nyawa orang lain untuk sesuatu yang dibuatnya sendiri atas nama kepentingan bersama dalam tanda petik yang sebenarnya tidak memiliki makna hakiki dalam tugas kehidupan sebagaimana maksud tujuan untuk apa kita ada di dunia ini. Kesengsaraan dan pembunuhan masal memang sudah direncanakan oleh manusia sendiri untuk kepentingannya, dan dilakukan secara resmi berdasarkan kompromi yang dibuatnya, seperti perjanjian Giyanti, Bretton Woods, Linggarjati, Camp David, dan lain sebagainya yang mengakibatkan kerugian ekonomi maupun sosial.

Sekarang di pintu gerbang kesengsaraan dunia yang dibuat oleh sekelompok manusia sendiri, seharusnya segera disadari akan kompromi-kompromi atau kebijakan atau regulasi yang salah dan selalu mengorbankan manusia yang lainnya, secara langsung maupun tidak harus segera dibenahi, dirombak bahkan jika perlu jangan dipakai lagi. Sekolah dan sains diarahkan kepada pengembangan inteligensia yang sebenarnya yaitu kesimbangan logika dan jiwa, agar dapat menepis pemikiran-pemikiran yang jauh dari keseimbangan dan merusak kehidupan. Pentafsiran tentang kekayaan, kemajemukan, kesejahteraan dikembalikan pada nilai yang semestinya, bukan menumpuk harta, dan mendapatkan kesejahteraan sendiri tanpa melihat lingkungan sosial yang timpang.

Resesi global bisa menjadi sinyal untuk mengubah banyak definisi tentang kemewahan, ekonomi, laba, kesejahteraan, kekayaan dan sebagainya yang sudah disalah artikan sebagai tujuan kehidupan, tanpa melihat sekitarnya yang menjadi korban atas ambisi pencapaiannya. Produsen-produsen kemewahan sampe hasil bumi saat ini sedang dirundung malang, apakah ini sebuah pertanda untuk merenovasi bumi ini, kembali ke titik nol, legowo menerima kenyataan dan memulai lembaran baru kehidupan yang lebih adil dan beradab, atau menunggu lebih parah lagi.

Dimana-mana orang bicara resesi, berlomba-lomba menjadi ekonom, memberi suntikan dana, rangsangan ekonomi, bingung mau investasi kemana, tanpa melihat saudaranya di Zimbabwe, Kenya, Somalia, yang karena keganasan para ekonom menciptakan sistem ekonomi dunia ini, menjadi super melarat dan entah mau apa lagi hidupnya. Bahkan para pencari Tuhan yang berada di tanah suci pun - yang menghabiskan biaya ribuan dollar per kepala -, mungkin tidak berpikir atau bahkan tidak tahu mana itu Zimbabwe yang inflasi 200 juta persen, dan kehebatan wabah koleranya. Inilah yang namanya lingkaran setan, bilakah kita keluar dari lingkaran ini?

Keruntuhan raksasa-raksasa ekonomi membuat kita harus legowo, sportif, menjadi pemain yang sopan dan fair. Legowo melihat akar masalah yang ada, legowo menurunkan harga-harga yang sudah diluar perikemanusiaan, legowo menyadari bahwa harga komoditas yang semakin naik adalah ekuivalen dengan membunuh saudara-saudara kita yang kurang beruntung, legowo mengevaluasi peraturan-peraturan yang hanya membela pemilik modal, legowo menyadari bahwa jika tetangga sengsara adalah kekurangan kita, legowo berjihad memperbaiki kesalahan-kesalahan kolektif yang telah dilakukan, legowo menanam kebaikan yang berkelanjutan, dan masih banyak lagi.

Keniscayaan ini harus mulai dibangun dari pribadi-pribadi hingga ke penentu keputusan, akan berhasil jika teguh pada kebersihan hati, iman kepada keadilan dan hak asasi manusia. Marilah kita membangun cinta keadilan yang legowo, dan siap kapanpun berteriak lantang menyerukan legowo tanpa kekerasan kepada kedunguan politik, tirani modal, penguasa sumberdaya, pelaku dan pembela kebusukan-kebusukan agar sadar bila tidak ingin ditikam oleh pisau keadilan, zaman dan alam semesta, yang sudah menunjukkan sinyalnya.

Wednesday, December 17, 2008

Seksonomi, alternatif baru

"The end of American Empire", begitulah para ahli ekonomi mengatakan sendiri kondisi mereka saat ini, dan saat ini Bernie Madoff sedang menjadi lakon di negeri Paman Sam itu dengan menguapnya sekitar 50 milyar dollar dari perusahaan sekuritasnya (Bernard L. Madoff Investment Securities), yang dana tersebut sebagian besar adalah dana investasi dan dana pensiun dari nasabahnya, serta sangat disayangkan bahwa Madoff juga tidak akan pernah membayarnya.

Ditambah dengan semakin tidak populernya Amerika karena Presidennya Josh Bus aja dilempar sepatu di Irak, "kowe asu!!!" kata pelemparnya yang nggak pernah latihan lempar sepatu itu, mbok yang dilempar kameranya kan lebih heroik lagi, namun sepatu pun sudah dianggap pahlawan oleh warga disana yang entah mengapa muak dengan Amerika yang prajuritnya ganteng-ganteng mirip Bradd Pit itu. Celaka lagi sepatu itu ada yang mau beli seharga 100rebu dollar, menurut kawan kita di blog perlawanan hatinya yang menawan . Tapi memang benar juga kalo krisis global ini adalah tanggung jawab Amerika dengan Bretton Woods-nya dan ocehan orang-orang Russia yang akan mengganti nama 'White House' dengan 'Black House' karena presidennya berkulit Obama.
"Everyone wants to save and no one wants to spend. That makes it very hard to get growth," said Johnson, likening the U.S. economic predicament to having fallen into a bathtub and struggling to get traction to climb up the slippery wall.

(Reporting by Mark Egan; additional reporting in New York by Nick Zieminski; Editing by Peter Cooney) on Reuters.com

"People start seeing their economic situation change, and it stimulates a sort of survival panic," said Gaetano Vaccaro, deputy clinical director of Moonview Sanctuary, which treats patients for emotional and behavioral disorders.

"When we are in a survival panic, we are prone to really extreme behaviors."

The greater opportunity of the downturn, Vaccaro said, is that it represents a chance to move away from "irrational" and "careless" consumerism toward "a more discerning consumer."

(Reporting by Nicole Maestri; Editing by Michele Gershberg and Eddie Evans) on Reuters.com

Kehidupan ekonomi seharusnya berjalan dengan adanya transaksi akan semakin hancur sendiri karena warga yang eman dengan uangnya untuk dibelanjakan, karena ketakutan sendiri akan hantu resesi yang dibenaknya sangatlah mengerikan. Jadi ingat kata Wapres kita Jusuf Kalla yang menghimbau untuk agak berboros sedikit untuk menjaga jalannya roda ekonomi.

Memang seperti buah simalakama, mau boros nanti nggak ada pemasukan, kalo nggak belanja nanti tidak bisa makan, dan ekonomi tidak berjalan. Ngeri juga karena banyak temen-temen yang membocorkan rahasia ketika rapat di gedung-gedung birokrat di Jekate, "Para menteri dan pejabat sudah merengek-rengek kepada ILO dan perusahaan suasta untuk tidak mem-PHK para karyawannya". Nah lo... dan kabarnya imbas Krisis Amerika akan sampai disini kira-kira pertengahan tahun 2009, wis modyar tenan ... kalo paham masalah ini pastilah sahwat politikus akan tidak bisa ereksi lagi, tapi entahlah kalo pikiran mereka dengan rakyat melarat pastilah penjaja seks dan pasar seksonomi akan berkibar. Hal ini bisa dikembangkan juga jika pasar bidang seksonomi dijaga dan tidak diganggu preman dan Satpol PP yang tiap hari update data seksonomi.

Sunday, December 14, 2008

Erection update

Konon nenek sihir berkata, jadilah penyihir yang baik dan benar, yang kemudian ditiru menjadi buku tuntunan berbahasa yang baik. Nilai-nilai kebaikan yang ditanamkan para orang tua sejak kecil semakin dilupakan ketika usia sudah semakin ranum dan dihadapkan dengan kenyataan bahwa bukan hanya kebaikan yang dicari dalam hidup, namun dollar dan rupiah juga lah sebagai penyokong kehidupan.

Pada awalnya menjadi penyokong kehidupan namun jaman semakin berkembang, dan penyokong kehidupan itu menjadi sesuatu yang harus dikejar dalam kehidupan karena semakin sulit dan persaingan yang semakin keras untuk mendapatkannya. Menjadi sesuatu yang selalu tak bisa dijawab ketika perjalanan antar kota yang sering dilakukan adalah maraknya pusat-pusat perbelanjaan dan munculnya ruko-ruko yang mewabah, semua dibangun untuk menjaring rupiah dan dollar untuk hidup atau meneruskan langkah kehidupan. Pada episode ini kaum pencari uang segmen logis pikirannya yang berusaha untuk meramaikan perdagangan dan ekonomi secara tradisionallah yang menjadi penggerak ekonomi, baik liberalis maupun lainnya, karena basisnya adalah modal semua.

Menyikapi para pemodal dan cukong yang memiliki sahwat mengmupulkan rupiah secara masif adalah para cukong politik dan antek-anteknya yang menggunakan cara-cara yang sangat tidak rasional, sebagai contoh adalahh warung pinggir jalan yang disulap menjadi angkringan politik dengan judul Kantor DPD partai A, atau kantor DPC partai X. Model jualan sahwat politik ini sangat aneh karena hanya mengadalkan nafsu dan kengacengannya untuk menjadi penguasa atau legislatif dimana mereka bisa menguasai aliran dan mata air ekonomi wilayah, bahkan bangsa ini.

Tidak pernah berubah dan menyadari kenyataan-kenyataan sejarah yang membuktikan kemerosotan bangsa ini gara-gara konflik ereksi kekuasaan ini, berapa nyawa yang lolos tanpa ijin si empunya, dan endingnya juga sudah pasti pemenangnya adalah yang bisa ngaceng dan punya senjata tambahan dimana sepermanya bisa untuk bunuh orang bukan untuk membangkitkan kenikmatan atau nyawa yang baru secara alamiah.

Karena ereksi sifatnya hanya temporer dan selesai ketika sudah dipuaskan, atau berhenti sendiri. Maka orang-orang yang hanya ngaceng kekuasaan itu hanya berpikir untuk dirinya sendiri sebenarnya bukan untuk kepentingan orang banyak bahkan tidak tahu sama sekali apa yang dibutuhkan oleh para pecinta dunia maya, yang biasanya hanya bisa erkesi di depan monitor warnet dan semua sudah selesai disitu tanpa harus mengoleksi dakwaan dari penegak hukum.

Sampe disini permasalahan nafsu ini sudah menimbulkan kesengsaraan yang merata, dan kapan-kapan diterusin lagi yah..

Friday, December 12, 2008

Sistem anti tabrakan

Volvo xc60 sebuah mobil SUV baru dari Swedia telah dirilis dengan fitur baru bernama nama "City Safety - Kota yang Aman", mobil ini dilengkapi dengan pendeteksi ciuman eh tabrakan di jalan raya, sehingga bisa menghindari kejadian yang kita semua tidak inginkan tersebut, tidak lupa fasilitas standar seperti airbags, anti selip, bahkan ada rem otomatis yang bisa mengkudeta sopir jika dalam keadaan bahaya. Kota aman ini beroperasi pada kecepatan 30 kilometer per jam atau 19 mil per jam, dipilih pada kecepatan itu karena sebagian kecelakaan ada pada kecepatan tersebut katanya, khususnya pada keadaan jalan yang penuh sesak dan macet sehingga jalannya pelan-pelan kayak semut yang menimbulkan emosi para pengendara. Fitur ini menggunakan laser yang terletak di belakang saluran udara untuk mengamati keadaan di depan mobil, menghitung kecepatan dan jarak. Rem otomatis bekerja jika ciuman tidak bisa dihindarkan, hal ini juga berfungsi ketika parkir sehingga bisa rapat, teratur dan efisien.

Sejumlah pabrik juga sudah mengenalkan rem otomatis seperti Daimler dari Jerman juga menggunakan fitur ini dengan memakai radar pada beberapa mobil keluaran Mercedes Benz dengan nama Distronic, juga mengoperasikan rem otomatis dan penyesuaian antara rem dan kecepatan untuk menjaga jarak yang konstan dari mobil lainnya. Fitur ini langsung mengambilalih komando sopir ketika tabrakan hendak terjadi, jika sopir siap ketika dia menginjak pedal rem, maka rem akan otomatis bekerja dengan kekuatan penuh meskipun tidak diinjak penuh, ataupun ketika sopir lengah dalam menginjak pedal rem, fitur ini langsung mengerem sendiri secara otomatis.

Keamananan di jalan

Hal ini disebut 'intelligent' vehicle safety systems yang memiliki kemampuan untuk membuat jalan raya menjadi lebih aman, di amini juga oleh penelitian yang dilakukan oleh VTT Technical Ressearch Center, sebuah organisasi peneliti dari Finlandia. Elektronik kontrol stabilitas ini akan menaikkan kemampuan handling mobil dengan deteksi dan membantu mencegah roda agar tidak mudah selip. Penelitian menunjukkan jika seluruh mobil di Eropa menggunakan sistem ini maka akan mengurangi 17% jumlah kematian dari kecelakaan jalan raya, dan menurunkan 13% dari kecelakan yang diakibatkan dari sopir yang lalai dan keluar jalur. Alarm peringatan batas kecepatan akan menyelamatkan fatalitas kecelakaan sejauh 13%. Sistem yang sudah ada dapat dikombinasikan, misalnya kamera penunjuk marka jalan di BMW seri 7 dapat juga untuk menunjukkan indikator kecepatan pada dasbor untuk menunjukkan batas-batas kecepatan.

Sistem keamanan ini memang mahal namun akan digunakan oleh sebagian besar mobil mewah seperti antilock brake system. Hal ini akan membuat mobil menjadi 'aware' waspada terhadap sekitarnya. Meskipun perlengkapan yang cerdas bermunculan, Jan Ivarsson, kepala bidang keamanan mobil Volvo, sangat yakin untuk dapat membuat mobil yang ramah dan tidak akan membuat orang terluka atau terbunuh. Pabrik Volvo bereksperimen untuk membuat mobil yang dapat menyetir sendiri ketika berhadapan dengan mobil lain dari depan, ataupun mengenali pejalan kaki yang melintasi atau menyeberang jalan dan mengeremnya.

Pada tahun 2009 Daimler akan memperkenalkan perangkat yang memperingatkan sopir dari kelelahan. Alat ini menggunakan beberapa sensor untuk mengatur profil dari cara seseorang menyetir dan membunyikan alarm jika ia terpisah dari alat itu. Secara khusus, alat ini memonitor perilaku sopir, ketika ia menjadi agak aneh atau berbeda polanya, ini merupakan indikator yang baik untuk rasa lelah. Daimler juga bereksperimen tentang cara untuk membuat rem mobil otomatis jika trafic light menyala merah.

Kebanyakan dari sistem keamanan pada awalnya adalah memberikan peringatan bahaya sebelum mengambil alih kontrol. Meski ada jeda waktu sistem ini seperti yang dikatakan Rodolfo Schonenburg, Kepala sistem keamanan pasif Daimler, menjelaskan bahwa sebagai "electronic crumple zone" menerapkan pengereman agak sedikit terlambatpun pada akhirnya akan mengurangi akibat buruk dari berciuman eh tabrakan.

Terkadang memang tidak ada toleransi untuk beberapa keterlambatan tindakan menghindari kecelakan, seperti ketika di lampu merah dalam keadaan jalan yang sangat ramai dan macet pastilah ada mobil yang melanggar lampu merah. Hal ini menunjukkan bahwa sistem keamanan ini harus dapat bekerja secara mandiri, dalam keadaan yang sangat cepat, dibandingkan dengan reflek atau kemampuan manusia. Namun jika mobil dapat bergerak sendiri secara otomatis semuanya, hal ini juga perlu dipikirkan kembali, karena bisa 'pating blasur' juga, dan menimbulkan kekhawiran yang lain.

Kekhawatiran para periset juga adalah, sebagai contoh ketika ada anak kecil yang berlari ke jalan yang ramai. Ketika salah satu mobil secara otomatis menghindar dan mengerem mendadak, akan merangsang mobil yang lain untuk mengambil tindakan juga. Akibat dari respon otomatis ini dapat menimbulkan kematian yang lebih banyak, cedera, dan kerusakan yang lebih mahal. Jadi para periset saat ini juga memikirkan bagaimana caranya masing-masing mobil dapat saling mengirimkan informasi, berkomunikasi dan berkoordinir tentang manuver yang akan dilakukannya saat itu untuk menghindari kecelakan kata Thomas Batz dari Institut Fraunhofer untuk Pengolahan Data dan Informasi di Karlsruhe, Jerman.

Karyanya adalah bagian dari proyek yang lebih luas pada "kognitif mobil" dengan melibatkan kelompok lain, termasuk Universitas Karlsruhe dan Technical University di Munich. Tahun lalu beberapa peneliti mengikuti Urban Challenge, sebuah acara yang diadakan oleh Agensi Proyek penelitian keamanan mendalam (DARPA) untuk menghasilkan kendaraan yang mampu beroperasi sendiri di dalam kota. DARPA ingin menggunakan teknologi tersebut untuk memproduksi kendaraan robot untuk mendukung militer di wilayah konflik.

Dukungan

Mr. Batz dan koleganya memikirkan perangkat lunak yang dapat mengumpulkan informasi dari sensor-sensor di mobil untuk dapat dipergunakan sebagai pengatur perilaku kelompok kendaraan yang ada saat itu ketika dalam keadaan darurat. Hal ini akan memperpendek perintah-perintah mesin otomatis, seperti ketika ada pejalan kaki yang menyeberang maka 2 mobil di depan yang menuju ke arah yang sama, atau ke pinggir, sementara dua lainnya dibelakang harus mengerem secara cepat, atau tetap saja berjalan di pinggir jika tidak ada pejalan kaki yang terdeteksi. Serta sistem ini juga harus dapat mengenali mobil yang tidak memakai sistem keamanan serupa.

Para produsen mobil juga sudah memikirkan hal tersebut juga. Seperti Daimler, percaya bahwa informasi tentang berat dan kekuatan kendaraan dapat diinformasikan sebelum tabrakan terjadi secara instan, kemudian sistem pertahanan akan merespon untuk pengencangan sabuk pengaman, sehingga antisipasi dapat dioptimalkan. Insinyur-insinyur Volvo juga memimpikan mobil yang dapat mendeteksi bahaya jalan licin. Beberapa GPS juga sudah dilengkapi dengan peringatan akan kemacetan lalulintas.

Kolaborasi sistem anti tabrakan ini tidak hanya menghadapi tantangan dalam hal teknis, namun juga dalam bidang hukum, seperti ketika ada satu mobil yang memberikan instruksi kepada mobil yang lain untuk melakukan gerakan darurat otomatis, yang mengakibatkan tabrakan pihak ketiga? dan belum ada keyakinan bahwa sistem semi-otonom ini akan memberikan keringanan dalam menghadapi kecelakaan, seperti yang terjadi pada pilot pesawat terbang dengan kokpit yang sudah dikomputerisasi.

Akhirnya, jawabannya adalah sangat mungkin komputer akan mengambil alih segala tindakan dan menyetir mobil seperti layaknya robot. Mercedes E-Class dengan kelangkapannya dapat berjalan minggir atau ketengah sendiri untuk menghindari keramaian dan mencari jalannya sendiri. Pengalaman yang diperoleh DARPA juga memberikan keyakinan tentang kemungkinan mobil dapat mengatasi keramaian dn antrian lalulintas, khususnya dalam pandangan mesin yang lebih canggih. Sedikit demi sedikit, akan datang saatnya untuk masuk ke mobil dan berkata "Pulang ke rumah"

inspirasi dan sumber dari http://www.economist.com/science/displaystory.cfm?story_id=12758720

Thursday, December 11, 2008

intermezo warna

Setiap orang pasti memiliki warna-warna favorit yang paling disukainya, dan ternyata menurut ilmu titen, ada kaitan antara warna, kepribadian, nasib, minat, dan juga hormon reproduksinya, mungkin hal ini sangat tidak ilmiah namun adakalanya hal yang tidak ilmiah lebih mencengangkan kita, dan membuat berdecak-decak, meskipun kita tidak harus mempercayainya seratus persen, terutama kaitannya dengan seks, keintiman dan hasrat birahi, yang kadang kala kita percaya bahwa setiap orang memiliki kemampuan seks, praduga seks, rangsangan seks, perspektif seks, dan persepsi tentang seks yang di pukul rata. Sehingga sebagai suatu rangsangan adalah Undang-undang pornografi yang melihat dan menghakimi rangsangan seks, dan pemahaman tentang seks yang sama, atau kita diajak melihat seks dan pornografi sebagai sesuatu yang sama.

Seks adalah sebuah kebutuhan biologis, yang setiap manusia mungkin sama-sama memerlukannya, namun intesitas dan ketertarikan tentang seks dan pornografi jelas tiap orang berbeda, dan memiliki fungsi yang beda pula, sehingga kita perlu mengetahui utnuk diri kita sendiri saja berdasarkan warna yang kita sukai, bukan menghakimi bahwa penyuka warna ini pasti memiliki minat seksual seperti ini, bukan tapi cobalah lihat saja sebagai hiburan dan penambah nafsu eh pengetahuan saja.

Merah
Memiliki kecenderungan mempunyai sifat bagai harimau kelaparan. Amat mudah terangsang dan menyukai seks dalam segala bentuk serta cara. Begitu ada percikan api, langsung membara dan makan waktu lama untuk memadamkannya. Pecinta merah juga cenderung bersifat sebagai "penyerang" dalam berhubungan intim.

Biru
Pecinta biru merupakan partner yang sangat menyenangkan dalam bercinta. Mereka sangat lembut dan peka terhadap pasangannya. Mereka mampu menciptakan suasana romantis dan melakukan pendekatan dengan cara elegan. Pria pencinta biru bagaikan seorang pianis. Halus tapi perkasa dalam bercinta seperti memainkan baby grand piano. Sebaliknya untuk wanitanya, mereka pencinta seks sejati, amat menggebu-gebu laksana ombak atau api yang menyala. Baik pria maupun wanitanya sama sama menikmati foreplay saat berhubungan intim.

Hijau
Mereka yang memilih hijau sebagai warna favorit, umumnya adalah orang orang yang ceria, lugu dalam kehidupan seksnya. Wanita penyuka hijau selalu ingin bercintaan bagaikan seorang perawan, sedangkan kaum prianya seolah-olah seperti anak kecil yang bingung tapi membuat penasaran. Pecinta hijau umumnya sopan, menarik tapi dingin, tidak bergairah! Namun sebagai teman mereka setia dan dapat dipercaya.

Coklat
Penggemar warna coklat merupakan aset sebagai teman sejati. Pecinta coklat bersifat hangat, peka dan perhatian pada pasangannya. Seks berlangsung selama 24 jam sehari di dalam pikirannya. Mereka membutuhkan waktu yang banyak dan privasi dalam bercinta. Hati hati dengan emosinya yang meledak ledak yang bisa mengakhiri segalanya.

Pink
Sifatnya cenderung kekanakkanakan, begitu juga dalam masalah seks. Para wanitanya suka menggoda, memberi janji tapi sedikit menepati. Sementara pria penyuka pink adalah tipe Don Juan yang mendambakan seks. Mereka adalah pria yang bisa membuat tiga janji untuk satu malam sekaligus, tapi mengingkari semuanya. Punya suami penyuka pink, pandai pandailah menghadapinya.

Oranye
Mereka menyukai seks yang penuh fantasi, seoalh bermain drama dimana mereka adalah pemain utamanya.Foreplay sangat penting bagi mereka saat bercinta, sambil membisikan kata kata mesra berfantasi demi memenuhi semua impiannya. Walau kadang tak mencapai orgasme mereka dapat berakting dengan baik

Ungu
Penggemar warna ungu menyadari dirinya sebagai orang yang anggun. Wanita pencinta ungu biasanya senang pada sesuatu yang bersih dan indah. Sedangkan pelaku prianya adalah pelaku bisnis yang handal. Pendekatan ini juga berlaku bagi kehidupan seks yang mereka, baik pria ataupun wanita pencinta ungu, sadar betul bahwa mereka bisa memuaskan lawan jenisnya.

Putih
Mereka yang tergila-gila pada warna putih biasanya berpikir bahwa seks adalah sesuatu yang kotor. Mereka cenderung fanatik dan kolot. Ciuman di depan umum misalnya sangat menjijikan bagi mereka. Bercinta di siang hari adalah sesuatu yang tidak lazim. Wanita pencinta putih akan berganti pakaian dibawah selimut, sedangkan bagi prianya akan mandi sebelum dan sesudah berhubungan intim

Abu-Abu
Biasanya mereka yang kerap bimbang menyukai abu-abu, Mereka tidak pernah merasakan sesuatu secara menggebu gebu. Mereka memilih warna bagaikan bayangan yang tidak jelas. Pria penyuka abu-abu beranggapan bahwa seks hanyalah suatu hiburan untuk menghilangkan stress. Jadi jangan pikir mereka bakal mencintai anda karena yang diinginkan hanya hubungan intim aja. Tapi bila abu abu digabung dengan warna lain, pasangan abu-abu akan menjadi pasangan setia, bahkan perkawinan sesama pencinta abu-abu bisa menjanjikan kebahagiaan

(dari berbagai sumber dan boleh tidak percaya)

Juwita

Indah tak terperi, Jauh tiada terhingga, dekat bagai kesatuan, luas tak terbantahkan, lurus bagai peluru sang sniper, disayangi hingga dibela mati, di benci hingga dibela mati jua.

Memberi harapan bak intan gemilang, bercahaya tiada nan pudar, harum semerbak wangimu, bahkan intan dan bunga terharum tak sanggup tandingimu, kaulah juwita sang penebar wewangian.

Hanya insan sempurna nan tahu dan paham, kemana arah dirimu membuai, membela, memberi pengetahuan nan abadi, tak lekang di makan zaman, dirimu lah intan tak ternilai, intan termahal, intan terhormat, namun sebaliknya tak dianggap bagi insan tak mengetahui, tak memahami, tak mengamalkan, oh juwita.

Bulan, matahari, bintang gemintang, debu, satwa dan manusia menjadi saksi, keharumanmu, kekekalanmu, kekuatanmu, keperkasaanmu, tiada nan menandingi, siapa akan menganggu pasukanmu kan bertarung terhormat.

Kesejukan dalam buaian tetes embun pagi hari, slalu datang dalam irama yang teratur, tiada terasa, tiada sangka halus lembut, bodohnya diri ini jika mengingkari kanyataan, yang tlah kau limpahkan tetes demi tetes yang menyejukkan nurani dan kalbu, tiada pernah kau tertidur, meski kedamaian tlah menjagamu, dan keemasan yang senantias kunanti, dalam suka maupun duka, sepahit bunga kanthil yang pohonnya menjulang lurus, selurus wangi aromanya...

Duhai juwita sang penerang hati, bagaikan bulan dan matahari yang selalu menerangi bumi, tiada pernah mengeluh dan ikhlas menerima tantangan dan cobaan, duhai kekasih ... selamat hari kemenangan, hari kesaksian atas kebaikan untuk seluruh alam dan isinya.

Survive di saat krisis ekonomi

Sudah barang tentu segenap lapisan dan kelas akan terkena dampak krisis, apalagi krisis ekonomi. Baik inflasi ataupun deflasi kelas atas maupun kelas bawah semuanya akan terkena imbasnya tanpa kecuali. Sebenarnya hal ini adalah hukum alam, atau hukum keseimbangan dimana pendulum perekonomian mencari titik equlibrium yang baru, karena ada bagian yang sakit atau sedang dalam proses penyembuhan. Dan diketahui yang sakit adalah bidang financial subprime mortgage di Amerika Serikat yang melibatkan darah atau uang segar dari seluruh belahan penjuru dunia yang ditanam disana muncrat entah kemana, jadi luka deh salah satu bagian dari tubuh yang namanya ekonomi global.

Wong suryaden disini tidak akan ngebahas bailout, bailout, bailout, yang rame di setiap surat kabar maya dan nyata namun yang dicari adalah seni beladiri, atau coping behavior untuk terus survive meskipun krisis financial mendera, dan sebenarnya yang krisis itu adalah bank, negara, perusahaan besar dan kecil, yang tidak dapat memenuhi kewajibannya kepada biaya-biaya yang harus dikeluarkan, dan tetap saja korbannya adalah kita-kita yang uangnya dari kerja disana, kalo nggak nganggur. Ass prek lah...

Nanti yang akan terjadi adalah inflasi atau deflasi, dua-duanya sama dan membuat hidup kita jadi sengsara, lumayan kalo masih punya uang jika deflasi, tapi kalo inflasi ya mending gak punya duit aja, karena kalo punya duit ya sama saja, terus habis dan cepat sekali. Namun bagaimanapun alat tukar pembayaran itu kita harus punya karena barter sudah tidak umum lagi, gimana jika gak bisa makan terus jual mobil tapi yang datang mau beli mobil bawanya rumah atau meja...ya apa mau dimakan tuh meja.

Kita memang harus pintar untuk mensiasati ini, diantaranya adalah bekerja untuk menghasikan uang dari pekerjaan yang tidak terkena dampak krisis meskipun itu tidak biasa, seperti:
  1. Bikin sekolahan sendiri, dengan keahlian yang dimiliki harus bisa menjual ilmu dan mendidik orang atau anak yang semuanya butuh pendidikan.
  2. Bekerja dalam bidang basic sosial services, atau jasa-jasa sosial dasar, seperti bidang kesehatan dan layanan lainnya, dan
  3. kalo bisa memproduksi obat-obatan murah sendiri karena nantinya banyak orang sakit, karena layanan kesehatan akan sangat mahal apalagi obat-obatan. dan lingkungan pasti tidak terjaga, kecuali
  4. menyediakan jasa bersih-bersih lingkungan, dengan kata lain cleaning servis yang murah,
  5. jual rambutmu jika sudah panjang dan terpelihara dengan baik, atau kumis, atau apalah yang tumbuh di tubuh sepanjang tidak terkena aturan pornografi dan haram,
  6. Gunakan halaman atau pot untuk menanam tanaman yang bisa dijual atau dimakan,
  7. pelihara binatang, siapa tahu sudah nggak ada yang jualan kambing atau ayam, jadi bisa dijual mahal atau dimakan sendiri,
  8. Cari barang-barang seperti emas, gigi emas, rambut emas, atau semua yang bisa didapatkan dari alam yang berupa tambang atau peninggalan nenek moyang.
  9. belajar silat atau bela diri, karena kejahatan dan kriminalitas pasti menghantui dan jadi bahaya laten, atau jadi preman sekalian saja biar ketangkep polisi dan dihukum, lumayan dipenjara dapat makan gratis, kalo gak malah didiemin saja karena negara baru tidak bisa ngasih,
  10. jadi tentara bayaran, siapa tahu bisa ekspedisi ke Afrika atau antartika jika mau yang dingin,
  11. Jangan ngemis karena tidak baik dan saingannya pasti banyak,
  12. berdoa semoga krisis ekonomi tidak jadi atau cepet selesai agar yang kaya tidak ikut miskin dan yang miskin masih bisa hidup karena tidak terlalu lama laparnya,
  13. jangan boros, beli sembako saja untuk makan,
  14. pajak...? nggak tahu...
Itulah beberapa saran kenhir yang bisa dipakai untuk survive disaat krisis, seandainya saja kenthir duluan niscaya, sudah immun terhadap cobaan yang akan mendera...tapi selama masih inget sama Tuhan, semua akan selamat karena toh rezeki yang ngatur adalah Dia yang maha Kaya.

Barangkali ada tambahan yang lebih gila dan nyaman untuk dilakukan, dan lebih survive juga...suryaden mengundangnya dan sangat berterima kasih sebelum semuanya jadi kenthir ato ikut-ikutan kenthir.

Wednesday, December 10, 2008

ka'bah

Di saat-saat ini, banyak kolega dan saudara yang sedang melakukan aktivitas idaman kaum mukminin di seantero dunia ini, yaitu ibadah haji. Meskipun tampak sangat padat, makin menambah rasa keimanan yang melihatnya, karena setiap melihat ka'bah hati seorang mukmin pastilah bergetar, apalagi setelah mengucapkan Baitullah, serasa itulah antena terkuat untuk menangkap sinyal keAgungan-Nya. Sekaligus magnet terbesar dan terkuat bagi kalbu dan hati para mukminin yang dikaruniai hidayah, Allohu Akbar.

Ditambah dengan keindahan foto yang disajikan majalah Time di portalnya yang tiap hari menyajikan Foto Essay yang bagus, tapi dengan foto essay kali ini tentang ibadah haji, wow membuat berdetak kagum bukan masalah high tech nya tapi gambarnya tentang Makkah yang sangat bagus. Sekaligus memperlihatkan kekuatan dan kedahsyatan umat Islam akan kecintaannya terhadap Baitullah, Nabi dan tuntunan agamanya. Terbayang jelas perjuangan para jamaah untuk mengeksplorasi dan menjalankan tertib haji yang protokolnya sangat jelas dan pasti. Dan tidak terbayang pusingnya panitia...

Lautan jamaah yang terhormat tersebut, sangat memukau, justeru dengan pakaian haji yang serba putih dan sederhana terlihat sangat mewah dari jauh. Saat ini dengan tenda, hotel dan Masjidil Haram yang sudah sedemikian megah dan kokoh itu, terbayang juga bagaimana wajah kota itu dahulu sebelum adanya terowongan, hotel, tenda dan masjid yang sudah menjadi sangat berbeda. Namun untungnya saya belum menemukan statistik peserta jamaah tiap tahunnya, namun mungkin angkanya juga berkisar jutaan jamaah dari seluruh negara di dunia ini. Dengan perjuangan perjalanan yang mungkin tidak semudah dan secepat sekarang.

Seharusnya yang menjadi keajaiban dunia bukan hanya bangunan yang megah tapi juga sebuah aktifitas, atau kegiatan tertentu yang rutin dilaksanakan. Karena aktivitas ini betul-betul ajaib, dan menakjubkan. Jutaan orang dari seantero dunia melakukan aktivitas, harapan dan menuju tempat yang sama setiap tahunnya, dan juga pada tanggal yang sudah ditentukan, wallahu alam, kalo science mau mengakuinya. Tapi mau diakui atau tidak tetap saja aktifitas ini akan berjalan langgeng, Amin.

Berapa banyak uang, jasa dan orang yang menerima benefit dari ibadah haji ini, kalo mau dihitung mungkin akan membuat kita tercengang sendiri, belum ceritera dan pengalaman dari masing-masing individu pelakunya, pengalaman keluarga yang di rumah, tentusaja akan sangat berlainan dan unik. Tempat itu memang kelihatan sangat tandus dan panas, namun jika kita menyaksikannya terlihat jiwa dan pandangan mata yang sangat teduh dari para jamaah yang semoga ibadahnya diterima dan mendapatkan apa yang diidam-idamkannya.

Foto: dari majalah Time, oleh Mohammad Kheirkhah / UPI / Landov

Tuesday, December 9, 2008

Wedhuzz, nasibmu kini, sapi juga ya...

Tercengang, dua hari ini menonton berita di sejumlah televisi nasional tentang antrian dan kericuhan pengambilan kupon untuk mendapatkan daging kurban dari lembaga atau instansi tertentu yang menyelenggarakannya. Aneh dan mengenaskan adalah di Mabes Polri yang pintu besi atau pagarnya ya ...lupaa malah ambrol.

Belum lagi dikota-kota laennya, yang tidak dicover oleh media bergambar gerak ini, menjadi suatu clurit eh tanda tanya yang besoar sekali dihati ini, kenapa kok bisa begini ya...apakah mereka ingin mendapatkan daging itu untuk sekedar di makan, karena mungkin memang daging itu menyehatkan dan tentu saja enak. Tapi hati ini juga tersirat...apakah untuk dijual lagi...dasar watak pedagang...komentar untuk diri sendiri, yang kalo tidak punya duit juga kelabakan setengah mati.

Melihat antrian yang demikian panjang seperti orang-orang kaya yang akan wukuf di Arafah sana...walah .. ini bukan mencari pahala dari Yang Maha Esa, tapi untuk mencari daging kambing..untuk dimakan, untuk mengenyangkan perut. Namun bisa juga mereka rela untuk berdesak-desakkan ini apakah ada yang menyuruhnya dengan kata lain apakah ada yang menggerakkannya untuk memberitahukan kegagalan pemerintah misalnya, dalam hal kemiskinan...tapi saya rasa juga tidak mungkin. Berarti mereka seperti saya juga yang ngiler pengin makan sate kambing...wakakak....

Kalo mau dikatakan potret kemiskinan atau kelaparan di negeri ini, ini bukan potret lagi namanya...sebuah poster raksasa atau baliho kemiskinan...atau baliho kelaparan...yek...

Meskipun begitu kita harus bersukur dan ingat kepada pengorbanan Nabi Ismail dan Nabi Ibrahim yang pertama kali mengalami ujian dari Tuhan dalam hal keikhlasan dan kerelaan. Kalo bukan Nabi jelas cerita dan manfaatnya tidak sampai saat ini dong ya...Amin

Saturday, December 6, 2008

Subsidi rakyat langsung

Mencermati efisiensi, hal yang disaat yang akan datang akan menjadi bom waktu di Indonesia. Banyak sekali jabatan dan lembaga pemerintah yang seharusnya bisa disinergikan atau dimerjerkan karena kesamaan kerja dan bidang yang sama. Akan dicermati dan akan dirampingkan mengingat kebutuhan dana negara yang semakin lama semakin banyak sementara efisiensi kerja dan sinergi masih belum diperhatikan.

Hutang yang semakin melambung, sementara pendapatan negara banyak terpangkas untuk hal-hal yang tidak begitu produktif seperti pilkada, survei-survei, dan banyaknya PNS yang kerjanya juga hanya pelayanan, bukan di sektor produksi penghasil uang. Menjadi momok bagi pemerintah karena seiring dengan krisis finansial global yang kedepannya tidak akan lebih baik namun akan memburuk karena aktor-aktornya yang tidak bisa diprediksi, melibatkan banyak kepentingan dan tidak ada yang mau rugi. Akan berbenturan dengan permasalahan sosial baik di negara kaya ataupun miskin, yang memberi hutang pastilah akan menagihnya demi memberi makan warganya yang sudah sejak dahulu menikmati riba dari bunga investasinya, yang tidak lain hanyalah piutang belaka.

Kertas yang namanya uang itu akan semakin dicari, sementara pekerjaan dan jalan untuk mendapatkannya semakin sulit. Negara yang selalu membela yang kaya atau manufaktur dengan dalih kenegaraan atau kepentingan rakyat banyak, yang selama ini menjadi kedok utnuk melakukan korupsi seharusnyalah praktek seperti ini dihentikan segera, karena akan menuai badai yang lebih dahsyat nantinya pada permasalahan ekonomi dan sosial yang lebih pelik nantinya, belum lagi masalah keamanan dan kriminalitas yang pasti mengikuti bagaikan maut yang mengikuti setiap insan yang lahir ke dunia ini.

Akan lebih baik dan menguntungkan bagi negra jika nantinya ada 'bail out' atau semacam suntikan keuangan kepada bank atau perusahaan besar yang akan rugi dihindari, biarkanlah bank dan perusahaan besar itu ambruk karena kesalahannya sendiri, karena itu adalah seleksi alam, tidak usah diselamatkan, dan alangkah lebih baiknya jika uang itu langsung diberikan ke sektor riil di masyarakat agar bisa bertahan dan mengembangkan perekonomiannya, tidak ada ruginya negara memiliki rakyat yang bisa mandiri, karena toh berapa besar pajak yang diterima negara saat ini, dan berapa orang yang tahu-tahu kaya hanya karena menjadi penarik pajak atau konsultan keuangan yang pada saat ini pecah ndase karena ilmu ekonomi yang dipelajarinya itu dipraktekkan secara tidak benar.

Maka berikanlah subsidi langsung kepada rakyat, bukan ke perusahaan atau komoditi seperti minyak murah, bbm, air, pupuk dan lain sebagainya yang melalui perusahaan besar, kemudian distributor, terus pengecer. Karena merekalah sebenarnya lingkaran setan ketidak jelasan dan korupsi. Seperti yang terjadi saat ini ketika BBM harus turun, sementara Pertamina yang sejak dulu gak jelas itu, katanya rugi tapi iklannya di televisi terus-terusan, padahal minyak itu kan gak usah diiklankan kita pasti beli. Pupuk bersubsidi yang malah hilang dari peredaran sementara petani karena butuh ya harus mengalah meskipun pasti harganya tidak seperti yang dicanangkan pemerintah yang mungkin maksudnya baik dan positif.

Jika pemerintah paham akan hal ini maka niscaya kepercayaan masyarakat yang sudah karatan ini, akan tumbuh kembali dan mendukung terciptanya iklim ekonomi yang lebih cerah, karena jika tidak memiliki rakyat maka negara itu tidak memiliki apa-apa lagi. Camkan.

Thursday, December 4, 2008

Tuntut Penghapusan Tes Wajib HIV bagi TKI

Solidaritas Perempuan Tuntut Penghapusan Tes Wajib HIV bagi TKI

Jakarta, CyberNews. Solidaritas Perempuan (SP) menuntut pemerintah menghentikan praktik tes wajib HIV (mandatory HIV testing) bagi tenaga kerja Indonesia sebagai syarat bekerja di luar negeri. SP meminta pemerintah memperbaiki tes kesehatan buruh migran dengan mengimplementasikan tes yang ramah bagi buruh migran dengan tujuan sepenuhnya untuk meningkatkan kesehatan dan kondisi yang baik bagi buruh migran, bukan untuk membatasi hak bekerja mereka atau untuk kepentingan mengontrol migrasi.

"Hingga saat ini, masih terjadi pelanggaran HAM terhadap buruh migran dalam kaitan dengan status HIV mereka. Mereka diwajibkan untuk menjalani tes HIV secara wajib sebagai syarat keberangkatan. Aturan ini dikuatkan oleh pasal 49 ayat 1 UU No 39/2004 yang mewajibkan calon buruh migran untuk menjalani tes kesehatan. Akibatnya, banyak buruh calon migran Indonesia yang gagal bekerja ke luar negeri akibat status HIV mereka setelah mengikuti tes kesehatan. Mereka kehilangan hak atas kerjanya karena terjangkit HIV," papar Wardarina, Koordinator Program Solidaritas Perempuan, dalam pernyataan pers kepada Suara Merdeka CyberNews, Selasa (2/12).

Wardarina meminta pemerintah segera menyediakan pelayanan dan perawatan kesehatan yang memadai bagi tenaga kerja Indonesia (TKI), termasuk akses terhadap ART bagi buruh migran positif HIV. Dalam konteks ini, usaha koordinasi antara pemerintah, agen pengerah (PJTKI), klinik, dan pihak-pihak lainnya perlu segera dilakukan sebagai upaya melindungi kesehatan dan hak-hak buruh migran.

"Secara konsisten dan sungguh-sungguh mengimplementasikan Deklarasi Komitmen UNGASS mengenai HIV dan AIDS, khususnya article 50 yaitu membangun dan mengimplementasikan strategi-strategi yang dapat memfasilitasi akses buruh migran terhadap program-program pencegahan HIV dan AIDS, termasuk menyediakan informasi mengenai kesehatan dan pelayanan sosial," katanya.

Pemerintah juga diminta segera meratifikasi Konvensi PBB 1990 mengenai perlindungan hak semua pekerja migran dan anggota keluarganya, karena system migrasi yang diatur berdasarkan UU 39 tahun 2004 terbukti sangat minim perlindungan dan telah merentankan buruh migran terhadap penularan HIV dan AIDS.

(Imam M Djuki /CN05)




Thaufiek Zulbahary
Kepala Divisi Advokasi Kebijakan
Solidaritas Perempuan (Women's Solidarity for Human Rights)
Jl. Jati Padang Raya Gang Wahid No. 64 Jakarta - Indonesia
Telp.(+6221)782-6008 Faks.(+6221)780-2529 E-mail: soliper@centrin.net.id

Bloger, sebuah ancaman bagi semua?

Dear teman-teman semua, mungkin kebebasan dunia "tidak ada" atau "maya" atau "cyber" akan hilang atau musnah, barangkali beberapa tahun ke depan kebebasan menulis di blog atau website yang kita bayar sendiri, kita online-kan sendiri, kita biayaai sendiri, kita bangun dan tulis sendiri untuk informasi atau senang-senang dan melepas kepenatan, akan menjadi barang yang sangat mewah, mahal dan langka.

Mengapa bisa terjadi hal seperti itu karena blogger akan menulis segala sesuatu yang mengganjal dihati dan pikirannya, lebih positif daripada membom istana negara, atau istana para penguasa birokrasi yang semakin lama, semakin terusik oleh kesalahannya sendiri, atau kepentingannya sendiri untuk mempertahankan kekuasaan. Dengan membuat orang jangan lagi melihat dan mengkritiknya. Dia tahu kalo salah maka maafkanlah, mungkin begitu maksudnya ya.

Seharusnya para penguasa itu merasa berterima kasih karena sudah dikritik, dan dinasehati lewat media yang namanya blogger, toh mungkin tidak semua orang bisa membaca dan akses internet. Kenapa mesti risih dan merasa terancam dengan apa yang dikatakan blogger, contohnya si suroy sroy itu yang malah dengan jelas berkata jangan percaya sama blogger.

Bagaimana bisa menjadi lebih baik jika ada orang yang berseberangan dibunuh, atau dipenjara, dan repotnya lagi hanya karena menuliskan pikirannya, bukan memberontak secara fisik atau melakukan pergerakan fisik yang dapat mencelakai orang lain. Gedubrak...bukan komunis bukan yang beragama sama saja dalam hal mempertahankan kekuasaannya..sama kejamnya. Jadi bagaimana anda mau pilih komunis, sosialis, kapitalis, atau campuran tidak jelas seperti disini?

Ada baiknya kita semua merenung untuk memikirkan hal ini, karena bisa jadi kita semua sudah apatis, yang terjadi biarlah terjadi.

Tapi lucu juga jika kita tahu bahwa blogger yang berasal dari kata web dan logger, yang awalnya adalah catatan di web, menjadi sebuah senjata yang dianggap berbahaya, karena kalo dikembalikan pada hakikat awalnya kan cuma sebuah catatan pribadi, tetapi pemerintah bisa membuka dan mengawasinya...lah gimana ini, gak ada lagi dong privasi, ini adalah pelanggaran
berat dan tidak manusiawi, so sebenarnya kita bisa nggak nuntut ini?


Kekang Blogger, Vietnam 'Sewa' Google dan Yahoo
Fino Yurio Kristo - detikinet

Vietnam - Demi mengendalikan aktivitas para blogger internet, pemerintah komunis Vietnam berniat minta bantuan pada raksasa internet Google dan Yahoo. Negeri ini memang dikenal ketat soal blog.

Dilansir Reuters dan dikutip detikINET, Rabu (3/12/2008), pemerintah Vietnam bakal meluncurkan aturan baru yang menekankan blog seharusnya hanya diperuntukkan sebagai buku harian saja, bukan untuk sarana beropini tentang politik, agama atau kemasyarakatan.

Menurut deputi Kementerian Komunikasi Vietnam, Do Quy Doan, regulasi baru itu tujuannya untuk mencegah pelanggaran hukum di area blogging. Kementerian akan menghubungi Google dan Yahoo untuk menjalin kerja sama menciptakan lingkungan online yang sehat bagi blogger.

Jumlah blogger memang meledak di Vietnam. Banyak orang senang sharing pendapat secara bebas di blog, di mana negara sulit mengontrol secara ketat.

Beberapa blogger menulis tentang hal biasa namun ada pula yang nekat membahas isu politik yang berpotensi membuat mereka dihukum. Hal itu pernah terjadi pada blogger bernama Dieu Cay yang dijebloskan ke penjara karena membahas isu politik.

Dalam proposal peraturan baru, blogger yang melanggar aturan bisa dikenai denda sampai US$ 12.000 dan hukuman 12 tahun penjara. Hukuman ini bakal dikenakan bagi blogger yang dinilai menyebar informasi salah mengenai politik, agama, maupun pemerintahan.

http://www.detikinet.com/read/2008/12/03/121108/1047118/398/kekang-blogger-vietnam-sewa-google-dan-yahoo

Ubuntu vs Vista

Sebulan lalu, Ubuntu 8,10 resmi diluncurkan, dengan fitur-fitur yang baru dan peningkatan kinerja lebih dari versi sebelumnya dan sangat signifikan. Serta yang jelas sistem operasi ini bebas, Ubuntu telah di-download. Dalam kondisi kekuatan yang secara kritis dapat menangkap atau jauh melebihi Sistem operasi desktopnya Microsoft - dan menjadi hambatan dan ancaman yang ampuh untuk perangkat lunak raksasa lainnya di pasar.



Koneksitas Ubuntu

Terhubung ke jaringan melalui Ethernet, Wi-Fi atau wireless broadband hanya dengan dengan dua klik - sebuah penampilan Ubuntu 8,10 yang dirilis beberapabulan terakhir.


Koneksi Vista

Dalam koneksi kabel Ethernet, Vista dalam banyak kasus koneksi - tidak ada pertanyaan yang diajukan dengan kata lain ...oke deh.... Tetapi sentuhan jari bolak-balik antara Ethernet dan WLAN, misalnya, harus mengklik bolak-balik dan menavigasinya melalui sejumlah menu, seperti "mendiagnosa dan perbaikan," yang dalam banyak kasus tidak diperlukan.



Ubuntu menyambut semua "user Guest"

Fitur "guest" di ubuntu sangat mudah dan intuitif. Ubuntu terbuka dengan semua jenis pc maupun sharing dengan komputer yang lainya dari penggunaan besar - enterprise- hingga pengguna rumahan -pribadi. Ubuntu juga memberikan fasilitas gambar pada user "guest", dan bisa disimpan dan digunakan dimanapun

...weh la..kok bisa...sip..sip..sip



Vista memperbolehkan pemakai tamu namun...

Vista memang ada akun guest namun tanpa gambar, dan cara membuat akun baru pun sangat tidak user friendly atau bahasa indonesianya ramah terhadap penggunanya...nah lo.



Aplikasi yang mendukung Ubuntu

Tidak mengherankan kalau Office tidak bisa dijalankan du Ubuntu, namun respon cepat dari pengembang opensource juga dapat dibanggakan dengan mengupgrade openoffice nya hingga bisa berjalan selayaknya aplikasi office, meskipun begitu baru 80% memang dibandingkan aplikasi Windos, seperti Microsoft Access yang mungkin baru akan dikembangkan di Ubuntu, meskipun begitu hal ini sudah cukup bagus dan mencengangkan.



Aplikasi yang diusung Vista

Cukup lama untuk menemukan dan memenuhi aplikasi yang support dengan vista, sekarang memang sudah hadir Microsoft Office 2007, namun juga dengan biaya tambahan yang signifikan tidak seperti OpenOffice dan IBM Symphoni yang jelas murah dan tidak bayar malahan. Lantas mau apa jika ada yang gratis dan bagus, memnuhi standar lagi?



Multimedia di Ubuntu

Silahkan cek sendiri, semua perlengkapan standar multimedia ada disini, sekarang sudah support flas, mp3, ipod, dan player yang sudah pre install, cek sendiri aja kehebatan Ubuntu dalam fasilitas multimedia, keren coy.


Vista Multimedia

Dalam banyak kesempatan, Windows multimedia disupport oleh Microsoft Windows Media Center Edition dengan selera XP, yang sangat bagus dan terpelihara dengan baik, serta dalam banyak laporan yang ada menjadi suatu media yang sangat mudah dan enak untuk dipergunakan. Namun perkembangan yang bagus ini seakan terhenti setelah Media Center Editions di launching, karena Microsoft membatasi diri dalam perkembangannya atau dibiarkan saja, nah pada kesempatan ini Linux dan Ubuntu menangkap kesempatan tersebut dengan manis.

Performa Ubuntu

Saat dicoba oleh Geekbench 2 benchmarking, Ubuntu memperlihatkan performa yang luar biasa, hampir tidak ada kekurangan, dan sangat lebih baik dibandingkan dengan Vista meskipun sudah dilakukan dengan konfigurasi dan spesifikasi hardware yang sama.

Performa Vista

Seperti windos biasanya yang pasti berjeda dan agak goblok, Vista memerlukan hardware yang baru, spesifikasi tinggi dan memori minimal 1 GB, bayangkan Vendornya aja memberi saran untuk memakai memori 2 GB, jelas sangat beda jauh dengan linux yang tidak macem-macem. Meskipun dengan Memori yang besar toh vista dalam benchmark yang dilakukan oleh Geekbench kalah jauh dengan Ubuntu 810




Ubuntu Jelas Murah

Anda pengin Ubuntu silahkan download saja, dan Ubuntu versi 810 jelas sangat stabil dan memiliki kemampuan yang ....silahkan deh coba sendiri.


Vista Jelas lebih mahal

Mau pilih yang mana, vista ultimate atau bisnis, harganya satu hingga dua juta belum lagi tambahannya, Microsoft terlalu menghargai kepintaran dan skill untuk keuntungannya. Tapi sekarang lihat Linux apalagi Ubuntu yang bukan saingannya Vista tapi mungkin sepadan dengan Windows 7, mulailah cemas hai para pekerja di Redmont, anda hanya bisa ngiler nantinya, dan kepintaran anda seharusnya disumbangkan utuk kebaikan ilmu pengetahuan, bukan untuk dijadikan uang dan memperkaya diri, ingatlah bahwa semua kepintaran itu milik yang maha kuasa, dan semoga kamu cepat sadar, atau hancur. Meskipun kamu sudah mendapatkan laba yang super banyak masih saja kamu mencari tambahan, dasar.

sumber http://www.crn.com/software/212201252;jsessionid=5AS3EHDLC0RBQQSNDLOSKH0CJUNN2JVN?pgno=1

Resesi oh...benarkah kau datang

Hidup memang kadang di atas, kadang di bawah
tak ada yang pernah mengharapkan ketika
harus terjerembab ke bawah, dan menyakitkan
menjadikanku sadar betapa manusia hanya ingin enaknya saja...
karena hanya berpikir dan berkemauan untuk
hidup layak, kaya, dan mati masuk surga....

Apakah hal yang di katakan oleh para motivator benar?
Entah...mengapa orang butuh mendengarkan sesuatu,
yang mengistimewakannya...apakah ini ego atau
kebutuhan, atau hanya untuk media ekspresi belaka

Dalam foto itu adalah Ibunda McIntosh pada resesi tahun 1930
Mereka juga bingung kenapa ada resesi....
belum lagi mereka tahu dan merasakan zimbabwe...
yang inflasinya 200 juta persen plus kolera dan konflik

mengapa harus ada resesi, inflasi, deflasi, devaluasi...
mengapa...gunakanlah hati untuk berpikir...
apakah sistem tatanan saat ini sudah benar?
terus kalo salah, yang benar bagaimana dong?

Indonesiaku telah memiliki hutang yang suangat banyak,
menjadi semakin tidak mungkin untuk dapat diselesaikan...
apalagi membayar lunas, mencicil aja sulit...
hei pemerintah kenapa kamu dulu harus ngutang...

Apakah utang untuk mempertahankan kekuasaan,
menipu rakyat, atau menggerogoti kekayaan negara..
ini negaramu...kamu mati juga dikubur disini, dan
masih banyak tanah yang kosong untuk para penjahat

kadang kita merasa selalu dikibuli oleh para umarah,
mungkin gobloknya kita disini, percaya saja,
atau pinternya kita...untuk diemin saja,
biar ngomong nyerocos, tapi gak bener

tiap pidato selalu ngeluarin petuah, petunjuk
kadang marah lihat orang tidur...ngritik media lainnya
tapi nggak tahu bahwa apa yang ditutupinya
akan segera kelihatan, dan sekali tentara tetap tentara
ngeri nggak...

hei orang kaya, belum cukupkah kekayaaan dan keuntunganmu,
harga harusnya turun malah kau naikkan...
dasar bajingan kamu...tahu nggak
kamu hanya menunggu datangnya azab...
entah azab dari tuhan atau dari para tetanggamu yang dijinkan tuhan
untuk memberimu pelajaran....dan

hanya waktu yang akan membuktikannya...
saat ini kamu takut akan datangnya resesi...
saat ini kamu masih bisa merasakan takut...
sebantar lagi kamu tidak akan merasakan apa-apa.

suryaden, 41208

75 Juta Dollar untuk Mozilla Firefox

The Mozilla Foundation pulled in $75 million in revenue in 2007, the "vast majority" of it from a search partnership with Google, the Firefox backer plans to announce Wednesday.
"Mozilla is well positioned to remain vital and effective during the current difficult economic times," according to Mozilla Chairman Mitchell Baker in a blog post about the foundation's 2007 results. The revenue includes that of both the foundation and its for-profit subsidiary, Mozilla Corp., that's focused on developing Firefox and related open-source browser technology.

The revenue increased about 12 percent from 2006, when Mozilla garnered $66.8 million in revenue. Its 2007 expenses were $33 million, a 68 percent increase over 2006. About 80 percent of that money was spent on Mozilla's 150 employees
Pendapatan yang sangat besar ini diraih oleh Mozilla Foundation pada tahun 2007, yang naik 12 persen dari tahun 2006, dan hasil ini untuk membiayai proyek dan 150 orang karyawannya. Perusahaan nirlaba ini membuktikan bahwa dengan software opensourcenya dan dengan lisensi GPL nya yang tidak dijual mampu memberikan layanan yang bagus, fasilitas yang lengkap dan lebih bagus dari produk berbayar lainnya, bahkan dengan pendukung dan extension yang semakin berkembang saja.

Penghasilan sebesar itu adalah dari halaman awal yang mengacu ke Google search, dan di sidebar kanan atas ada juga fasilitas pencarian ke Google juga, dimana setiap halaman yang muncuk dari permintaan pencarian akan di klik dan muncul iklan dari Google disebelah kanan. Meskipun Google merilis browser opensource juga dengan nama Google Chrome, Mozilla tidak merasa terancam dengan hal tersebut, dan bahkan mereka telah memperbaharui kontraknya dengan Google hingga tahun 2011. Selamat untuk pengembang Firefox dan dunia opensource yang menjadi lebih ramah dan diidolakan pada masa krisis ekonomi global saat ini.

Di ambil dan dipoles dari: http://news.cnet.com/8301-1001_3-10102297-92.html?part=rss&subj=news&tag=2547-1_3-0-20

Zimbabwe yang makin aneh

Gila, Inflasi di Zimbabwe 200 Juta Persen!
Rabu, 3 Desember 2008 | 18:18 WIB

HARARE, RABU- Otoritas moneter Zimbabwe menerbitkan uang kertas pertama pecahan 100 juta dolar, menyusul kian meroketnya tingkat inflasi di negara tersebut hingga mencapai lebih dari dua ratus juta persen.

Zimbabwe menerbitkan tiga denominasi baru mata uang kertas, termasuk mata uang kertas pecahan 100 juta dolar, karena negara miskin ini berjuang mengatasi inflasi yang berlari kencang. Demikian dilaporkan media pemerintah, Rabu (3/12).

Bank Sentral Zimbabwe (The Reserve Bank of Zimbabwe/RBZ) mengatakan, penerbitan uang kertas pecahan baru itu menyusul sebuah kajian baru-baru ini dari pembatasan penarikan uang tunai.

Pembatasan telah direvisi naik menjadi 50 juta dolar Zimbabwe untuk perorangan dan 100 juta dolar untuk pemegang rekening perusahaan, The Herald mengatakan.

Sebelumnya, batas penarikan uang tunai untuk rekening perorangan adalah 500.000 dolar, sementara perusahaan dizinkan menarik satu juta dolar per hari.

Pecahan baru uang kertas --100 juta, 50 juta, dan 10 juta dolar-- dilakukan ketika para penyimpan dana harus menganri panjang di bank-bank dan anjungan tunai mandiri (ATM) untuk menarik uang. Uang kertas pecahan baru itu akan mulai beredar pada Kamis besok.

Gubernur RBZ Gideon Gono, baru-baru ini mengumumkan bahwa bank sentral sedang bekerja untuk menjamin para pekerja memiliki cukup uang tunai selama musim pesta.

Penerbitan uang kertas baru itu kurang dari sebulan, setelah bank sentral memperkenalkan uang kertas pecahan 500.000 dolar dan 100.000 dolar, untuk bertransaksi dengan harga barang-barang pokok yang membubung tinggi.

Uang kertas 100.000 dolar Zimbabwe nilainya hanya setara dengan satu dolar AS yang digunakan secara luas paralel di pasar gelap, dan hanya separuh jumlah kebutuhan untuk membeli satu papan roti.

Selama tahun ini, dua puluh tujuh denominasi mata uang baru telah diperkenalkan di Zimbabwe. Suatu gambaran sebagai sebuah model ekonomi dan sebuah keranjang roti regional, ekonomi Zimbabwe telah jatuh dalam satu dekade terakhir, dan disana sekarang sedang kekurangan makanan pokok seperti gula dan minyak goreng.

Ketika Gono ditunjuk sebagai gubernur bank sentral pada November 2003, inflasi Zimbabwe tercatat 619,50 persen, namun hingga Juli, inflasi tahunan telah mencapai 213 juta persen.

MSH
Sumber : Ant dan http://kompas.com/read/xml/2008/12/03/18180844/gila.inflasi.di.zimbabwe.200.juta.persen

Tuesday, December 2, 2008

Pintu Gerbang Kehancuran Tatanan Dunia

Semakin hari, semakin terasa aneh, njelehi dan menjijikan, selamat datang resesi ekonomi dunia, akankah dirimu membawa juga kehancuran dari keputusasaan manusia, yang nantinya akan menjadi keputusasaan kelompok, politik, hingga keputusasaan para pemimpin negara. Selama berabad-abad ini, entah dimulai dari kapan, entah setelah penemuan benua Amerika oleh Columbus, atau sejak perang Salib, atau memang ini adalah sisi hitam kemanusiaan, dalam arti harafiah, bukan yang lain.

Siapapun mengetahui baik sadar atau tidak, bahwa kehancuran ini, memang berawal dari ego kekuasaan, dan diakui juga dalam pepatah Jawa, bahwa hidup di dunia yang menjadi godaan adalah Tahta, Harta dan Wanita. Ternyata hal dulunya saya sepelekan ini akan mengejawantah dalam berbagai hal. Selamat datang Kehancuran dunia, seharusnya dengan mengendornya nafas perekonomian, mengacu pada teorinya ekonomi bahwa harga ditentukan oleh permintaan, namun hukum ini sebentar lagi akan diuji. Bayangkan jika PHK akan menjadi trend usaha, berapa banyak kemampuan daya beli masyarakat yang menurun, meskipun ini sudah terjadi di bursa uang, namun pada kenyataaanya nanti mungkin tidak berlaku lagi. Demi mempertahankan resiko kerugian, meski, orang yang usaha tahu bahwa dalam usahanya bisa untung atau rugi, mereka akan selalu mencari untungnya saja dan menghindari kerugian dengan menghalalkan berbagai cara.

Selamat datang kehancuran, sangat mengerikan sekali yang terbayang karena ego untuk mengganti nilai tukar dengan emas, namun emasnya di manipulasi hingga tidak ketahuan dimana akan dicari. PHK para buruh yang nanti menjadi hal biasa dan mode, dimana prosentase kalangan ini lebih banyak wanitanya, akan memunculkan bisnis tersendiri yang menyenangkan bagi yang punya duit, akan banyak seks yang dijajakan demi mendapatkan sepiring nasi, karena nantinya bisnis ini saking banyaknya akan turun nilai jualnya.

Negara sebagai organisasi yang besar, akan memproteksi ekonominya sendiri-sendiri dimana-mana digembar-gemborkan hidup mandiri, meniminimalisir import karena memberi makan orang lain, dan kemungkinan besar juga negara yang memiliki hutang besar akan dipukuli oleh para debt collector karena yang memberi hutang tidak menerima angsuran dan bunganya, sementara kelaparan dan kejahatan ada dimana-mana, mau tidak mau hutang harus segera dibayarkan. Maka tidak dipungkiri senjata akan beradu demi kertas yang telah menjadi tuhan dan disembah-sembah.

Masyarakat akan tumbuh rasa tidak percaya kepada administrasi negara, karena tidak dapat mengatur harga dan pasar yang sudah menjadi sedemikian bebas, dan memiliki kemauan sendiri, dimana intinya adalah profit taking, mencari keuntungan sebanyak-banyaknya dan tidak mau rugi meskipun keseimbangan ekonomi mengharuskannya. Maka muncullah konflik aneh, dimana harga-harga komoditi tetap mahal namun tidak ada permintaan.

Meskipun sudah demikian parahnya nanti, dan tidak ada yang memiliki kemampuan untuk mengubahnya, tetap saja Tahta akan diperebutkan oleh mereka yang ego dan otaknya demikian dalam terobsesi dengan tahta, demikian pula dengan harta, dan wanita akan tetap menjadi obyek dan pelengkap penderita. Hingga manusia akan mencari kematian sebagai cara untuk melarikan diri dari kenyataan hidup yang menurutnya sudah tidak masuk akal lagi.

Hal diatas mungkin sekali akan terjadi nanti, namun semoga saj tidak. Tanda-tandanya memang sudah kelihatan dalam penurunan harga BBM yang tadinya naik karena efek harga minyak dunia dan subsidi, namun setelah harga minyak dunia turun harga BBM masih saja bertahan, dan tidak turun banyak secara fair, dan harga biaya transportasi pun tidak turun, karena alasan profit, bukan karena hukum ekonomi yang memang sudah diingkarinya.

Semua komoditi akan dikenai pajak, karena satu-satunya penghasilan yang bisa diharapkan oleh negara, karena komoditi tambang yang merupakan berkah dari sang Pencipta sudah terjual atau habis dikuasai oleh asing. Serta tuntutan pembayaran hutang yang jatuh tempo dan nilainya sudah melambung berlipat-lipat juga karena permainan nilai tukar dengan mata uang asing, yang tentunya juga si pemberi hutang.

Nulis ini jadi ngantuk sekali deh...semoga ini cuma mimpi.

Jangan Harap Tarif Angkot Turun
Ahmad Munjin & Asteria
http://inilah.com/berita/ekonomi/2008/12/01/65741/jangan-harap-tarif-angkot-turun/

INILAH.COM, Jakarta – Pemerintah mulai hari ini sudah menurunkan harga premium Rp 500 menjadi Rp 5.500 per liter. Namun jangan berharap penurunan harga BBM ini bakal diikuti dengan penurunan ongkos transportasi ataupun harga jual bahan-bahan pokok.

Sepanjang Senin (1/12) tak ada reaksi dari kalangan pengusaha untuk merespon penurunan harga BBM jenis premium ini. Di Kota dan Kabupaten Cirebon misalnya, tarif angkutan kota (angkot) masih tetap Rp 2.500 per orang dewasa, sedangkan pelajar dan mahasiswa juga tetap Rp 1.500 per orang.

Di Tangerang juga tidak ada perubahan tarif. Ongkos jarak dekat angkutan R11 jurusan Perumnas Karawaci-Cikokol tetap Rp 2.000 per orang. Begitu pula di sejumlah kota nyaris tak ada respon untuk menurunkan tarif angkutan.

Alasan pengusaha angkutan ini jelas yakni besarnya penurunan harga premium yang hanya mencapai Rp 500 per liter, tetap tidak dapat mengimbangi besarnya operasional. Sehingga pengusaha pun memutuskan tarif angkot memang tidak ikut turun.

Alasan lainnya, pengeluaran yang telah dikeluarkan para pemilik maupun sopir angkot tidak hanya sebatas BBM tetapi juga untuk pembelian suku cadang kendaraan yang ikut naik sejak kenaikan BBM.

Sebelumnya Kepala Biro Hukum dan Humas Departemen ESDM Sutisna Prawira mengungkapkan, terhitung mulai pukul 00.00 WIB 1 Desember 2008, harga eceran BBM tertentu jenis premium turun menjadi Rp 5.500, per liter dari sebelumnya Rp 6.000 per liter.

Ketetapan penurunan harga ini berdasarkan Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Permen ESDM) Nomor 38 tahun 2008 tentang Harga Jual Eceran BBM Jenis Minyak Tanah, Premium, dan Minyak Solar untuk Keperluan Rumah Tangga, Usaha Kecil, Usaha Perikanan, Transportasi, dan Pelayanan Umum, pada 28 November 2008.

Pemerintah menurunkan harga BBM terkait anjoknya harga minyak mentah di pasar dunia lebih dari 50% hingga sempat menyentuh level US$ 49 per barel, dibandingkan rekor tertinggi di level US$ 147 per barel Juli 2008 lalu.

Pemerintah juga akan mengkaji apakah penurunan harga jual premium juga akan diikuti dengan penurunan BBM jenis solar pada Januari 2009 mendatang. Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, kajian menurunkan harga jual solar merupakan salah satu usaha meringankan beban rakyat.

"Kita baru saja menurunkan BBM, kita lihat apakah bulan depan solar juga bisa turun. Upaya untuk meringankan beban rakyat harus dilakukan sepanjang 'klop' dengan upaya penyelamatan perekonomian secara utuh," kata Presiden.

Sejumlah pengusaha transportasi memang berharap penurunan harga BBM juga berlaku pada jenis solar. Mengingat kendaraan besar seperti distribusi bahan pokok maupun produk-produk lainnya serta bus-bus antar kota banyak mengkonsumsi solar. Sehingga diharapkan penurunan harga solar dapat berdampak positif bagi iklim usaha.

Ketua DPR Agung Laksono menilai pemberlakuan kebijakan pemerintah tentang penurunan harga BBM ini positif, meskipun terlalu lama. Ia pun meyakini, turunnya harga BBM akan menggairahkan kembali daya beli masyarakat. “Ujungnya, pertumbuhan perekonomian di sektor riil diharapkan bisa kembali meningkat,” ujarnya.

Sementara ekonom Umar Juoro jauh-jauh hari sudah mengingatkan penurunan BBM ini tidak efektif bagi masyarakat terutama bagi yang berpendapatan rendah mengingat subsidi BBM dari pemerintah masih besar,.

“Kalau untuk menekan inflasi dengan menurunkan harga BBM memang bisa. Tapi menurut saya, nggak usah diturunkan BBM-nya. Penyesuaian BBM itu, terutama untuk premium, lebih baik menggunakan formula saja,” ujarnya.

Formulasi yang dimaksud Umar untuk menjadikan harga minyak domestik lebih efektif dan efisien adalah dengan menerapkan sistem auto rejection (penghentian otomatis) batas atas.

Sistem auto rejection merupakan solusi jitu untuk kebijakan harga BBM karena dapat mengamankan posisi APBN dari dampak gejolak harga minyak dunia. “Dengan rumus itu, jika harga minyak dunia terlalu tinggi maka subsidi distop,” katanya. [E1]

Monday, December 1, 2008

Tips, jika ditodong di ATM

Saat ini sudah banyak sekali ATM-ATM di pelosok kota, bahkan kadang di pinggir jalan raya yang jauh dari pemukiman warga, di kampus, dan celakanya juga kadang tidak ada satpam yang menjaganya, namun malah tukang parkir partikelir yang sebenarnya tanpa dia pun kita bisa parkir dengan aman.

Nah letak ATM yang kadang nylempit dan jauh dari pemukiman atau lalu lintas orang berjalan, plus rasa kepedulian lingkungan sosial kita yang semakin berkarat ini, karena kesibukan dan capeknya membuat dapur ngebul buat keluarga kita. Menambah peluang yang bagus untuk para penjahat nangkring di ATM untuk mencari korban, meskipun di ATM sendiri biasanya ditaruh kamera tersembunyi, namun apa kita tahu kamera tersembunyi beroperasi atau rusak.

Bukan itu saja sebenarnya yang mengancam keselamatan kita sebenarnya, karena memang semu di desain tidak ramah keselamatan, seperti lampu untuk fasilitas umum, penerangan jalan yang seadanya, so jaga diri adalah modal utama hidup di Indonesia, karena kita tidak pernah dijamin oleh negara, bahkan kadang negara yang merasa terancam oleh rakyatnya yang meminta fasilitas atau hak atas nama keselamatan jiwa. Dan kadang ini dibisniskan oleh orang yang kebetulan memiliki wewenang untuk hal ini.

Namun Bank atau lembaga swasta kadang lebih mengerti dan tips yang saya dapat dari erabaru untuk keselamatan anda jika ditodong di ATM atau apalah adalah :
Anda bisa minta pertolongan diam-diam dengan memberikan nomor pin secara terbalik,misal no asli pin anda 1414 input 4141 di ATM maka mesin akan mengeluarkan uang Anda, juga tanda bahaya ke kantor polisi tanpa diketahui penjahat tersebut. Fasilitas ini tersedia di seluruh ATM.