Friday, October 31, 2008

Surat Berusia 3.000 Tahun untuk Nabi Daud Ditemukan

JERUSALEM - Baru-baru ini Arkeolog asal Israel berhasil menemukan sebuah teks dalam bahasa Ibrani, yang diduga merupakan surat yang ditujukan kepada Raja Daud, tulisan itu sendiri diperkirakan dibuat pada 3.000 tahun yang lalu.

Penemuan besar ini sendiri merupakan hasil kerja keras dari Professor Yosef Granfinkel dari Hebraw University, Jerusalem. Professor Granfinkel mengatakan bahwa teks yang dia temukan ditulis di biji tembikar. Dia juga mengklaim surat yang dibuat 3.000 tahun lalu tersebut merupakan wasiat yang ditujukan kepada Raja David (Daud).

Teks tulisan tersebut ditemukan oleh para arkeolog dilahan seluas 2,3 hektar yang bernama Elah Fortress, yang berada di Kota Khirbet Qeiyafam, 20 mil sebelah barat daya dari Jerusalem. Para arkeolog mengaku bahwa mereka telah memulai proyek ini sejak Bulan Juni lalu.

Para arkeolog sendiri hingga saat ini masih bekerja untuk memecahkan isi tulisan yang ada di tembikar tersebut, walaupun mereka sudah meyakini ini merupakan surat wasiat untuk Raja Daud. Demikian yang dilaporkan Telegraph, Jumat (30/10/2008).

Bagi Bangsa Yahudi, Raja David merupakan tokoh yang istimewa, ia merupakan raja kedua bagi bangsa tersebut. Keberhasilannya dalam mengalahkan Goliath, yang digambarkan sebagai seorang raksasa, menjadi cerita yang melegenda ke seluruh dunia.

Khierbet Qeiyafam sendiri merupakan medan pertempuran antara David dan Goliath. Jadi kuat dugaan, tembikar yang berisi tulisan untuk Raja Daud tersebut memang asli berasal dari abad 10 sebelum masehi.

"Kronologi dan geografi Khirbet Qeiyafa membuat unik di antara mitologi, sejarah, penulisan sejarah dan ilmu yang berhubungan dengan Raja Daud," ujar Professor Garfinkel.

Dia juga mengharapkan penemuan ini menjadi jalan bagi penemuan-penemuan yang lainnya, untuk mengetahui sejarah kehidupan Raja Daud, dan mencocokannya dengan kitab umat Yahudi. (ahm)

Sumber:
http://international.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/10/31/18/159360/surat-berusia-3-000-tahun-untuk-nabi-daud-ditemukan

Geolog Dunia: Lumpur Sidoarjo Karena Pengeboran Gas

Jakarta (ANTARA News) - Satu pertemuan diantara para geolog terkemuka internasional menyimpulkan, penyebab genangan lumpur di Sidoarjo, pada Mei 2006 yang telah menciptakan malapetaka sosial dan lingkungan di wilayah itu, adalah pengeboran sumur gas di daerah tersebut, klaim seorang geolog Inggris seperti dikutip AFP, Jumat.

Aliran lumpur --AFP menyebutnys Lusi (Lumpur Sidoarjo) mengutip para geolog dunia -- telah menenggelamkan 12 desa, memaksa 30 ribuan orang mengungsi dan masih terus memuntahkan lumpur sampai pada level setara isi 53 kolam renang ukuran Olimpiade setiap hari.

Universitas Durham di Inggris timur laut, menyatakan, 74 ilmuwan top spesialis geologi tambang telah memperdebatkan secara serius Lusi pada satu konferensi di Cape Town, Afrika Selatan, Selasa.

Di konferensi itu, empat geolog mengajukan hipotesis berbeda, termasuk profesor geologi dari Universitas Durham, Richard Davies, demikian universitas itu dalam siaran persnya.

Sebanyak 42 ilmuwan menerima argumentasi ilmiah Richard Davies yang menyebut penyebab genangan lumpur Sidoarjo berasal dari sumur eksplorasi gas Banjar-Panji-1 yang dibor oleh perusahaan minyak dan gas, Lapindo Brantas.

Tiga ilmuwan membenarkan argumentasi Richard Davies, enambelas lainnya menilai "tidak tuntas," sedangkan 13 lainnya mempercayai kombinasi gempa bumi dan pengeboran di sumur gas adalah penyebab muntahnya lumpur Sidoarjo.

Lapindo Brantas menyangkal pengeboran sumur gas sebagai penyebab tumpahnya lumpur ke permukaan sehingga menimbulkan bencana di Sidoarjo, sebaliknya menyebut gempa bumi Yogyakarta yang jaraknya 280 km dari wilayah pengeboran sebagai penyebab bencana itu.

Voting dilakukan pada satu pertemuan yang diadakan selama konferensi Asosiasi Geologi Tambang AS (AAPG) yang berlangsung pada 26-29 Oktober di Cape Town.

Davies telah memimpin sejumlah penelitian mengenai Lusi dan menganggap gempa bumi Yogyakarta terlalu kecil dan terlalu jauh untuk menyebabkan sebuah letusan, di mana sumur gas dibor hanya 150 meter dari lokasi genangan lumpur.

Dalam pertemuan di Cape Town itu, Richard mengemukakan data baru bahwa dia telah membuktikan bahwa sehari sebelum ledakan, sumur gas itu menarik aliran besar dan menyebabkan tekanan hebat ke dalam.

Data itu diperkuat oleh sebuah tape rekaman mengenai proses pengeboran sejak mulai sampai (gas) keluar, demikian Davies.

"Saya tetap meyakini bahwa pemboran adalah penyebab lautan lumpur. Pendapat para ilmuwan internasional di pertemuan Afrika Selatan ini memperkuat keyakinan saya dan berbagai kesimpulan banyak ilmuwan terkemuka lainnya yang meneliti Lusi."

Davies mengatakan, Lusi menurunkan permukaan tanah sekitar 13 meter per tahun dan akhirnya surut ketika permukaan tanah turun lebih dari 140 meter.

Davies menyebut bencana Lusi atau di Indonesia lebih terkenal dengan Lumpur Lapindo ini sebagai bencana lingkungan yang abadi. (*)

sumber: http://www.antara.co.id/arc/2008/10/31/geolog-dunia-lumpur-sidoarjo-karena-pengeboran-gas/

Pria Jepang Ajukan Permohonan Menikah dengan Tokoh dalam Komik

Tokyo (ANTARA News) - Seorang pria Jepang telah memperoleh dukungan ratusan orang dalam kampanye bagi legalisasi perkawinan antara manusia dan tokoh-tokoh kartun, dengan menyatakan dirinya merasa lebih tenteram berada di "dunia dua dimensi".

Buku-buku komik sangat populer di Jepang, dengan beberapa tokoh fiksi menjadi pesohor atau bahkan simbol seks.

Sebaliknya, angka perkawinan semakin menurun karena banyak orang muda Jepang mengalami kesulitan menemukan pasangan hidup.

Taichi Takaashita meluncurkan petisi online yang bertujuan menghimpuan sejuta tanda tangan untuk diajukan kepada pemerintah agar membuat undang-undang tentang pernikahan dengan tokoh-tokoh kartun.

Dalam sepekan dia telah berhasil mengumpulkan lebih dari 1.000 tanda tangan melalui Internet.

"Saya tidak lagi tertarik pada tiga dimensi. Saya bahkan akan menjadi penduduk dunia dua dimensi," tulisnya, seperti dilaporkan AFP.

"Namun demikian, itu tampaknya tak mungkin terwujud dengan teknologi saat ini. Karena itu, paling tidak, apakah suatu hal yang mungkin melegalisasi perkawinan dengan tokoh dua dimensi?"

Untuk menyelaraskan keinginannya menjadi dua dimensi, ia tidak memberikan rincian lengkap identitas dirinya, sehingga orang tak mungkin menghubunginya untuk memberikan penjelasan jika kampanyenya serius atau hanya di bibir saja.

Namun demikian, beberapa orang yang menandatangani petisi itu merupakan pengikutnya yang setia.

"Sejak lama saya hanya bisa jatuh cinta pada orang dua dimensi dan saat ini saya telah memiliki seorang yang betul-betul saya cintai," tulis salah seorang dari mereka.

"Bahkan sekalipun dia fiksional, dia masih bisa mencintai seseorang. Saya ingin mendapatkan persetujuan resmi bagi sistem ini dengan cara apapun, tulis orang itu.

Jepang hanya memperkenankan pernikahan antara pria dan wanita dan tak mengakui hubungan sesama jenis.


Bersikap keterlaluan

Para penggemar buku komik Jepang atau "manga", kadang-kadang memang bertindak keterlaluan.

Pada awal bulan ini, seorang wanita ketagihan manga menyampaikan pesan online untuk membunuh orang tuanya lantaran telah meminta si pecandu berat manga itu agar membuang buku-buku komiknya yang memenuhi tiga ruangan rumahnya.

Perdana Menteri Taro Aso juga penggemar berat manga.

Belum lama ini dia mengeluh bahwa dirinya terlalu sibuk, sehingga tak dapat membaca buku komik sejak menjadi perdana menteri.

http://www.antara.co.id/arc/2008/10/31/pria-jepang-ajukan-permohonan-menikah-dengan-tokoh-dalam-komik/

"The Exorcist" Film Horor Terbaik Hingga Sejauh Ini

London (ANTARA News) - "The Exorcist", film iconic 1973 besutan William Friedkin, terpilih sebagai film horor terbaik yang pernah dibuat, demikian menurut jajak pendapat umum (poll) atas para penonton film Inggris yang disiarkan Kamis.

Film garapan Stanley Kubrick bertajuk "The Shinning", film daur ulang tahun 1980 atas novel klasik Stephen King, berada di urutan kedua dalam survei tersebut, disusul film Ridley Scott pada 1979 yang berjudul "Alien".

Empat film lainnya yang berada di urutan 10 besar dan dirilis antara 1970 hingga 1984 adalah "Halloween" (1978), "A Nightmare on Elm Street" (1984), "The Wicker Man" (1973), dan "The Omen" (1976).

Tiga lainnya yang melengkapi urutan 10 besar ialah "The Silence of the Lambs" (1991), "Saw" (2004), dan "Ring" (1998).

Film "Nosferatu" besutan FW Murnau merupakan film tertua dalam daftar itu, dengan tahun peluncuran 1922, sedangkan "The Mist" dan "Shutter", yang versi DVD-nya diluncurkan tahun ini, merupakan film horor terbaru.

Lebih dari 6.000 pengunjung bioskop dijaring dalam survei oleh ritel hiburan HMV pada laman internet miliknya, antara 19 September hingga 20 Oktober bagi poll tersebut.

Film horor dalam urutan 10 besar itu sebagai berikut :

1. "The Exorcist" (1973) -- William Friedkin
2. "The Shining" (1980) -- Stanley Kubrick
3. "Alien" (1979) -- Ridley Scott
4. "The Silence of the Lambs" (1991) -- Jonathan Demme
5. "Saw" (2004) -- James Wan
6. "Halloween" (1978) -- John Carpenter
7. "A Nightmare on Elm Street" (1984) -- Wes Craven
8. "Ring (Ringu)" (1998) -- Hideo Nakata
9. "The Wicker Man" (1973) -- Robin Hardy
10. "The Omen" (1976) -- Richard Donner.

Demikian laporan AFP dari London. (*)

http://www.antara.co.id/arc/2008/10/31/the-exorcist-film-horor-terbaik-hingga-sejauh-ini/

Esai Fotografi

Esai Foto : Sebuah cara berkomunikasi

Bercerita dengan gambar bukanlah merupakan hal yang baru. Cara tersebut telah dikenal sejak zaman Mesir purba, yang ditorehkan pada dinding-dinding makam, sampai komik modern seperti Sinchan. Dalam dunia fotografi usaha ini telah dimulai ketika Mathew Brady merekam perang saudara Amerika di penghujung abad ke-19. Foto-foto hasil jepretannya ditampilkan dalam bentuk seni dalam upaya memberikan gambaran yang utuh tentang peperangan.

Pada awalnya foto-foto tampa perhitungan alur, sehingga lebih mirip kumpulan foto yang bergerombol. Tidak tersusun sehingga tidak mampu bercerita secara berurut. Barulah tahun 1915, The Illustrated London News menampilkan Perang Dunia I dengan perhitungan tata letak. Itupun kemudian terlihat sebagai bentuk susunan mosaik.

Selain hambatan teknologi cetak, bentuk kamera yang lebih besar dan lensa yang hanya mempunyai diagfrahma (rana) yang kecil membuat pekerjaan fotografer menjadi lamban, sampai-sampai foto yang dihasilakanpun lebih banyak serdadu-serdadu yang mejeng. Penemuan halftone dalam dunia cetak menggantikan wood-cut, turut mendorong perkembangan esai foto. Tehnologi ini memungkinkan foto untuk tampil lebih akurat dan cepat.

Pada tahun 1925, ketika kamera format kecil ditemukan, dengan lensa yang mampu merekam lebih leluasa pada kondisi minim cahaya, terbukalah kemungkinan untuk menampilkan aktifitas manusia apa adanya, foto-foto candit pun mulai berkibar. Dipelopori Eric Salomon. Untuk pertamakalinya potensi yang sesungguhnya dari esai foto mulai di explorasi.

Munich Illustrated Press, sebuah majalah bergambar asal Jerman, menhadirkan atraksi sirkus dengan gaya laporan pandangan mata. Editor majalah tersebut, Stefan Lorant menampilkannya sebagai foto seri yang memperhitungkan tata letak dengan cermat. Kemudian berbagai kemungkinan terus dieksplorasi untuk menghadirkan impresi yang diinginkannya. Lorant bahkan memakai dasar warna hitam untuk menampilkan nuansa romantis bagi esai karya Brassai. Midnight in Paris. Rekaman Brassai mulai dari monumen hingga penghibur nightclub, dari cafe sampai pemabuk menggelosor di trotoar, satu persatu, foto demi foto disusun untuk membangun nuansa malam sebuah kota, menghasilkan foto yang memikat.

Era keemasan

Tehnik foto jurnalistik yang dikembangkan Lorant pada tahun 30-an mulai menarik perhatian penerbit asal Amerika. Pada masa itu, banyak fotografer Jerman yang hengkang ke Amerika untuk menghindari rezim Hitler. Dalam dekade yang sama, Life memproklamirkan sebuah manifesto yang intinya: untuk melihat kehidupan, melihat duinia, menjadi saksi nyata kejadian penting, menyaksikan wajah sedih kemiskinan dan gesture kebanggaan pada mereka yang berhasil, menyaksikan hal-hal aneh, mesin, tentara, bayang-bayang, menyaksikan karya manusia-lukisan, pencakar langit, penemuan baru, menyaksikan sesuatu yang baru, dibalik tembok, di dalam ruangan, sesuatu yang berbahaya.

Terbitan perdana Life memuat berita pembangunan Fort Peck dam di Montana. Selain untuk sampul majalah, Margaret Bourke-White, sang fotografer, juga merekam kehidupan pekerja dan aktifitas keseharian mereka. Hasilnya tampil dalam bentuk esai foto yang kita kenal sekarang: penyatuan elemen-elemen terpisah dalam satu tema. Foto tidak hanya tampil seadanya sebagai kelompok, tapi ditata dalam kesatuan yang bercerita dalam sembilan halaman majalah.

Esai foto ini berhasilkan membangkitkan romantisme masyarakat Amerika akan semangat kehidupan kaum frontir masa lalu. Sebuah rekaman yang sesuai dengan jargon “menghadirkan� dalam manifesto Life.

Esai foto tentang keseharian

Selama perang dunia ke II, selain Robert Cappa, salah seorang fotografer yang tekemuka adalah Leonard. Dia bergabung dengan Life pada usia 22 tahun. Setelah perang usai, masyarakat menginginkan berita pembangunan pasca perang. Tentang keseharian manusia. Untuk itu Leonard yang terkenal handal dalam pergaulan, ditugaskan untuk meliput kehidupan seorang wanita pekerja. Ia kemudian melibatkan diri dalam kehidupan subjeknya sedemikian dalam sehingga mereka mengabaikan kehadirannya sebagai forografer.

Keberhasillan Leonard terlihat dalm esai fotonya “The Private Life of Gweyned Filling”. Segala sesuatu tentang tentang kehidupan gadis ini tidak lagi rahasia. Leonard bahkan mampu membuat pembacanya merasa seolah gadis tersebut adalah tokoh yang mereka kenal dekat. Sedekat adik, kakak, anak atau isteri mereka sendiri.

Bercerita lewat gambar

Maitland Edey, Editor dari staff redaksi Life, dalam bukunya Great Photographic Esaay from Life, menyatakan bahwa esai foto merupakn bentuk yang paling kompleks, dank arena itu paling menantang. Pekerjaan ini tidak hanya melibatkan fotografer tapi uga editor dan desain grafis yang bekerja.

Dalam membangun sebuah esai foto, dibutuhkan seleksi dan pengaturan yang tepat agar foto-foto dapat bercerita lewat satu tema. Secara keseluruhan, masalah yang diangkat harusnya lebih dalam, lebih utuh, lebih imajinatif dan memberikan dimensi yang lebih luas dibandingkan yang dapat dicapai oleh foto tunggal.

Subjek untuk esai foto bisa sangat beragam; bisa kejadian, tokoh, gagasan atau sebuah tempat. Cara penuturanyapun beragam pula; kronologis, tematik atau apa saja. Esai bentuknya fleksibel. Yang terpenting adalah foto-foto tersebut saling melengkapi, menjadi sinergi dalam bentuk alur cerita.

Secara umum, seperti terlihat dalam contoh, foto-foto disusun menjadi cerita yang punya narasi atau alur. Foto pertama biasanya memikat, memancing pembaca untuk ingin tahu kelanjutan dari cerita tersebut. Selanjutnya foto-foto yang membangun badan cerita dan menggiring pemirsa ke puncak. Kemudian foto yang melengkapi cerita dan foto penutup yang berfungsi mengikat sekaligus memberikan kedalaman dan arti.

BERAPA PENDEKATAN UNTUK SEBUAH PENUGASAN

Foto Tunggal

Foto tunggal adalah foto yang dapat berdiri sendiri tampa perlu diterangkan oleh foto lain. Bila diberikan keterangan, foto tersebut sudah cukup menggambarkan semua yang mau diceritakan.
Misalnya fotografer mendapat penugasan untuk memotretan peluncuran sejuta pasang sepatu merek NIKE yang akan di ekspor ke luar negeri. Beberapa pendekatan foto yang dapat dilakukan antara lain;
  1. Foto Peristiwa; Kita dapat mengambil peristiwa tersebut beserta seremonialnya
  2. Foto Umum; Kita juga bisa momotret direktur utama perusahaan tersebut sedang memegang sepatu yang akan di ekspor. Latar belakang/backround nya ratusan buruh yang sedang bekerja di ban berjalan.
  3. Foto Feature; Kita juga bisa momotret buruh-buruh yang sedang beristirahat sambil bercengkrama dengan rekan-rekannya.
Sekarang kita sudah punya 3 macam foto tunggal. Salah satu foto dapat diberitakan tampa perlu tambahan foto lainnya.

Foto Perbandingan
Ketika kita mengamati mesin-mesin dan buruh, kita tentu saja menemukan hal-hal yang menarik perhatian. Tapi, akan segera terasa hasilnya hanyalah foto-foto statik yang tidak memberikan menggambarkan efesiensi. Untuk menggambarkannya kita perlu perbandingan, kecanggihan mesin versus tradisional.

Karena penggambarannya tidak mungkin dalam satu foto, maka kita butuh dua foto. Pertama foto yang menggambarkan aktifitas pemotongan kulit dengan tangan, yang kedua dengan mesin pemotong. Bila keduanya disertai dengan keterangan yang berhubungan dengan kecepatan, maka pembaca akan dapat gambaran yang hidup tentang efesiensi perusahaan tersebut.

Foto Sekuen
Bila kita sangat terkesan melihat proses selembar kulit menjadi sepasang sepatu, kemudian memotret tahapan demi tahapannya maka kita punya foto sekuen.

Foto Ilustrasi
Misalkan seorang reporter telah ditugaskan untuk menulis artikel tentang pabrik itu. Setelah mewawancarai menejer dan buruh di pabrik, ia memberikan penekanan pada dua hal. Pertama, si menejer yang progresif; kedua, sistem pembuangan yang ramah lingkungan. Maka kita dapat memotret si menejer dengan latar belakang system pengolahan limbah pabrik yang canggih. Foto tersebut sifatnya memberi ilustrasi.

Cerita foto butuh tema
Misalkan lagi, untuk mendapatkan gambaran yang menyeluruh dari industri tersebut mengeksplorasi pabrik sehari penuh. Memotret menejer di depan meja kerja, para pekerja dengan ban berjalan, profil gedung yang megah, pengolahan limbah, mesin besar, foto detil dan banyak lagi lainnya. Secara keseluruhan foto-foto itu jauh lebih bercerita dibanding ilustrasi. Akan tetapi keseluruhan foto tersebut tidak dihubungkan dengan benang merah. Membaca akan melihat foto-foto tersebut sebagai elemen lepas, bukan merupakan kesatuan cerita.

Ketika berkeliling mengamati pabrik kita mendapati bahwa meskipun pabrik tersebut bersih, modern, dan rapi, beberapa karyawan merasa lebih nyaman dengan menambahkan pernik-pernik tertentu pada alat kerja mereka. Misalnya, kursi seorang buruh wanita ditambah bantalan kursi empuk. Di sudut lain terlihat termos bergambar mickey mouse milik buruh lainnya. Ketika mengeksplorasi dengan seksama ada lagi yang menempel stiker kecil bertulisan “demi nyai� dan beberapa hal lagi ang menunjukkan sentuhan pribadi penambahan kenyamanan kerja di pabrik yang ultra modern. Alhasil, kita mendapatkan sejumlah foto yang terikat oleh satu tema. Foto yang memperlihatkan bagaimana para buruh mengadaptasi lingkungan yang serba mesin agar merasa lebih nyaman. Lebih sesuai dengan kebutuhan fisik dan psikologis mereka.

Merancang sebuah cerita foto

Masih penasaran dan ingin cerita menukik lebih dalam? Mungkin saja kita beruntung karena wanita yang duduk dengan bantalan kursi sepertinya menjanjikan cerita yang menarik. Taruhlah namanya Aida, 32 tahun, janda dengan satu anak, telah bekerja sebagai buruh 7 tahun. Untuk menghidupkan cerita, kita mulai mengikuti Aida beberapa jam sehari. Sampai dia merasa terbiasa dengan kehadiran kita dan kita dapat menghasilkan foto-foto yang wajar.

Pada akhirnya foto-foto dapat disusun bagaikan sebuah cerita. Dibuka dengan gambar Aida yang memakai seragam tengah bekerja di pabrik. Senyumannya menyembul dari balik mesin seberat dua ton yang dalam semenit mampu menjahit 4 sepatu. Foto pertama ini akan memperkenalkan karakter tokoh kita pada pembaca, gambaran kepribadian dan pekerjaannya. Foto pertama diharapkan mampu mencuri perhatian pembaca sehingga tertarik untuk mengikuti kelanjutan cerita.

Dalam cerita foto, tata letak tidak tergantung dari urut-urutan pengambilan foto. Jadi foto yang mana saja bisa dipakai asalkan memenuhi persyaratan, menarik perhatian dan memiliki pesan.
Foto kedua menggambarkan Aida sedang tergesa-gesa mengantar anaknya ke sekolah naik bajaj. Walaupun bisa saja secara fotografis kurang menarik, tapi foto ini penting untuk melengkapigambaran akan tekanan situasi dan tanggung jawab si tokoh. Gambar berikutnya tentang sebuah pertemuan dengan sesama buruh. Wajah-wajah mereka tegang merundingkan sesuatu, tuntutan kenaikkan upah. Seterusnya adalah gambar Aida dan beberapa rekan sedang menyampaikan usulan tersebut kepada direksi. Kedua foto ini penting karena memberikan penjelasan yang mengikat cerita, meluas kedalaman dan arti cerita.

Foto berikutnya menggambarkan kekecewaan para pekerja, ketika Aida dan rekannya diberitahukan bahwa tuntutan mereka ditolak. Dan, puncaknya adalah foto Aida sedang mogok kerja – berdemo dengan buruh lainnya menuju gedung MPR. Sebagai penutup, foto yang menggambarkan kesedihan di wajah Aida yang menerawang dibalik terali besinya Polda.

Seperti dalam cerita pendek, cerita foto harus punya alur. Dengan foto pembuka cerita sehari bersama buruh pabrik sepatu ini memperkenalkan tokoh utamanya pada pembaca, kemudian membawa pada cerita selanjutnya. Menggiring pada klimaks dengan sebuah foto puncak. Dan sebagai penutup, foto yang menyelesaikan masalah dan menutup cerita.

Jadi disini pembaca diajak untuk melihat pabrik sepatu melalui kacamata seorang buruh. Mengikuti apa yang terjadi dengan Aida. Keseharian dalam kehidupan si tokoh akan menarik perharian pembaca karena difokuskan hanya pada satu orang. Gambaran kegembiraan, kesedihan, konflik dan kegagalan yang dialami tokoh akan menggugah rasa simpati pembaca.

Editor dan staf redaksi pada majalah Life, Maitland Edey dalam bukunya Great Photographic Essay from Life menyatakan bahwa esai foto merupakan bentuk yang paling rumit dan karena itu paling menantang dalam dunia fotografi. Pekerjaan ini melibatkan tidak hanya fotografer tapi sekaligus editor dan artis tata letak.
Dalam membangun sebuah esai foto, dibutuhkan seleksi dan pengaturan yang tepat, agar foto-foto tersebut mampu bercerita dalam satu tema. Masalah yang diangkat seyogyanya secara keseluruhan tampil lebih utuh, lebih dalam, lebih imajinatif, dan lebih menyentuh, dibandingkan dengan yang dapat dicapai oleh foto tunggal.

Subjek dalam esai foto sangat beragam pula: secara kronologis, tematik atau apa saja, esai bentuknya fleksibel, yang penting secara keseluruhan foto-foto tersebut saling memperkuat tema. Membentuk sinergi, penggabungan dua kekuatan atau lebih sedemikian rupa sehingga jumlahnya menjadi lebih besar daripada penjumlahan tiap bagiannya dalam menonjolkan tema.

Foto yang dipilih untuk menjadi esai foto harus disusun menjadi cerita yang mempunyai narasi atau plot line. Foto pertama haruslah memikat (eye catching) sehingga menarik minat pembaca untuk mengetahui kelanjutannya.

Selanjutnya foto-foto yang membangun badan cerita dan menggiring pemirsa ke foto puncak yang biasanya dipasang besar. Foto terakhir akan berfungsi sebagai pengikat, sekaligus memperluas kedalaman dan arti. Foto itu juga berfungsi sebagai penutup cerita, dan tak selalu dipasang besar

Esai foto merupakan ilmu yang sangat menarik, dan mudah untuk memberikan pengaruh kepada publik, dengan kuratorial atau bingkai yang lengkap tentang kondisi pada saat itu, hal ini akan memberikan pemahaman yang mudah bagi masyarakat penikmatnya.

Thursday, October 30, 2008

Kiamat 2012 Versi Bangsa Maya


Dalam Berbagai Ajaran Agama, semua yang bermula pasti akan berakhir. Seperti halnya ada siang akan diikuti oleh malam, adanya sehat pasti akan diikuti datangnya sakit dan adanya sifat jahat pasti akan diimbangi oleh kebaikan. Tinggal bagimana kit amenyikapi semua hal tersebut untuk tetap menjaganya sesuai dengan kehidupan seperti apa yang kita inginkan.

Ada sebuah cerita dan ramalan menarik yang dapat diambil dari setiap ajaran agama dan ramalan para ahli sufi. Dalam mitos-mitos kuno, setiap masa atau kaum memiliki era dan kepercayaan bagimana dunia akan berakhir. Namun disetiap waktunya ramalan tersebut menjadi satu hal yang patut diperhitungkan dan mana yang benar. Menurut para ahli arkeolog, Ramalan Nostradamus dan Para Sufi Bangsa Mayalah yang paling tersohor.

Kalender Bangsa Maya hingga saat ini disebutkan adalah kalender yang paling akurat yang pernah ada di bumi. Sudah banyak kejadian dan fenomena mereka kumpukan dan diterangkan dalam sebuah simbol-simbol dan karakter untuk meramal kehidupan budaya dan akhir jaman. Salah satunya perhitungan kalender menyebutkan bahwa tepatnya tanggal 21 Desember 2012, merupakan "End of Times". Maksud kata ini masih banyak diperdebatkan oleh para ilmuwan dan arkeolog namun makna tersebut salah satunya dimaknai sebagai berakhirnya kehidupan manusia di bumi.

Seperti mengingat kisah nabi Nuh (Noah), pada saat itu, seluruh kehidupan manusia telah musnah. Akibat sebuah bencana yang disebut karena azab, hanya umat nabi Nuh yang hidup dan selamat. Tidak hanya sekali itu, menurut catatan sejarah tlah sebanyak 81 kali kehidupan dibumi membuat seperti siklus. Kehidupan satu muncul dan khiudpan lainnya dihancurkan. Akankah kehidupan manusia di lima tahun mendatang musnah?

"Ketika ramalan demi ramalan saya artikan tersembunyi sebuah makna bahwa perang dunia ketiga akan segera terjadi," kata Doktor Michael Ratherford seoarang arkeolog yang mempelajari manuskrip Nostradamus sejak 1975. Selanjutnya kisah yang ia tangkap dari ramalan tersebut ditulisnya dalam bentuk buku yang berjudul The Nostradamus Code: World War III.

Tumpukan manuskrip yang ditulis oleh Michel de Nostradame, atau lebih dikenal Nostradamus (1503-1566) itu ditemukan oleh anggota dari Italian National Library di Roma. Temuan besar pada Mei 2005 tersebut memberikan makna yang lebih besar sekarang dengan sebutan The Nostradamus Code. Untuk memahaminya, Ratherford menggunakan sebuah teknik analisa seni dan bilangan alogaritma. Data yang dihasilkan dapat dianalisis dalam waktu 10 menit. Dalam buku disebutkan permusuhan dan perkelahian akan berkecamuk dan perang dunia ketiga akan terjadi.

Salah satu terpanas yang saat ini sedikit menyingggung dan benar-benar menjadi tanda dibahas dalam BAB empat buku tersebut. BAB tersebut membahas kapan waktu permasalahan timbul. Dalam syair ke 3 dan 4 Nostradamus Code menyebutkan pada abad ke 20 perselisihan akan banyak terjadi. Pemimpin yang gila meluncurkan bom nuklir ke daerah Mediterania dan Eropa. Selama periode kegelisahan tersebut pemimpin negara di Timur Tengah mampu mendapatkan senjata nuklir. Dia kemudian melakukan sesuatu hal yang kecil dan tidak akan ragu lagi menggunakan senjata untuk peperangan.

Selain itu dalam syair ke 67 disebutkan sumber bencana seperti gunung api, gempabumi, banjir dan musim kekeringan akan semakin dirasakan oleh seluruh umat manusia. Bencana-bencana tersebut akan menyebabkan pertikaian semakin besar dan konflik sosial semakin parah. Amerika disebutkan akan mengalami kondisi yang paling parah terhadap bencana alam seperti gempabumi dan banjir. Pada waktu itu kondisinya akan penuh konflik, keputusasaan dan kesengsaraan. Akibat bencana yang besar tersebut Amerika akan Bangkrut dan struktur politik serta sosialnya melemah.

Tanda lain yang disebutkan dalam syair ke 23 dan 81 disebutkan bahwa kepercayaan anti terhadap keberadaan Tuhan akan kembali meningkat di Timur Tengah. Kepercayaan ini kemudian akan merambah keberbagai penjuru seperti Eropa, dan Wilayah Mediterania. Tanda lainnya adalah untuk negara ke tiga dunia, para pemimpinnya akan saling berselisih. Selain itu masih banyak lagi sumber masalah yang menjadi tanda perang dunia ke tiga untuk menuju akhir dunia.

"Rangkuman dalam buku ini hampir sama penggambarannya seperti dalam kepercayaan Tuhan yang terangkum di umat nabi Musa, di Injil atau Islam," kata Ratherford. Dalam sampel buku yang diterbitkannya tersebut ia tidak menyebutkan apakah Nostradamus menyebutkan waktu akhir dunia seperti bangsa Maya atau tidak. Namun setiap BAB yang diterangkannya bahwa keterangan kapan akhir dunia ini akan terjadi sudah sangat dekat.

Pemusnahan Berkali-kali

Didalam beberapa mitologi-mitologi kuno bahwa bumi ini pernah dilanda banjir dahsyat yang mengerikan, hampir semua peradaban-peradaban zaman dulu ada cerita tentang bencana yang satu ini, misalnya diantara lebih dari 130 suku Indian di Benua Amerika hampir tidak ada suku yang tidak memitoskan banjir dahsyat sebagai topik.

Mari ingat Kisah Nabi Nuh (Noah). Dikisahkan didalam Al-Qur'an maupun Bible, bahwa seluruh peradaban manusia pada saat itu musnah, terkecuali bagi orang-orang yang percaya pada ajaran Tuhan yang disampaikan oleh Nabi Nuh yang selamat dari bencana air bah yang maha dahsyat itu.

Di sekitar pedalaman kaki Gunung Himalaya, Tibet misalnya, orang-orang menjumpai sebuah suku, keturunan dan rupa mereka hampir mirip dengan orang Yunani. Konon katanya, mereka adalah orang-orang yang beruntung masih hidup atas peristiwa banjir yang dahsyat itu.

Pada tahun 1986, kantor berita pemerintah Turki menyatakan bahwa 5.200 meter di atas permukaan laut puncak gunung (Ararat), telah ditemukan sebuah benda yang mirip dengan perahu Nabi Nuh yang berbentuk persegi empat, lalu mengambil gambarnya dari angkasa, dan panjang perahunya sesuai dengan yang dicatat dalam kitab suci.

Adalah sebuah artikel menarik, menurut penuturan dari Master Li Hongzhi (pendiri Falun Gong/Falun Dafa) dalam buku Zhuan Falun Ceramah I halaman 22. Beliau menuturkan bahwa peradaban dimuka bumi ini setidaknya telah dihancurkan kurang lebih sebanyak 81 kali mengalami kemusnahan total.

Lalu kenapa manusia bisa mengalami bencana itu? Mitologi dari setiap negara mempunyai penjelasan yang sama terhadap hal ini. Semua ini dikarenakan kemerosotan dan kebejatan manusia, lalu Sang Penguasa Alam Semesta memutuskan untuk menghukum manusia.

Dikisahkan pada zaman nabi-nabi terdahulu, ada yang disebut sebagai zaman edan dan zaman fitrah kembali, sehabis zaman edan akan kembali lagi ke zaman fitrah sampai saatnya tiba alam semesta ini benar-benar akan dihancurkan secara keseluruhan.

Ketika suatu zaman dimana manusia telah menunjukkan kemerosotan moral yang luar biasa (zaman edan), Sang Pencipta memutuskan untuk mengakhiri peradaban tersebut dengan mengirimkan beberapa bencana besar yang akhirnya mengakhiri kehidupan dimuka bumi pada saat itu.

Hanya beberapa oranglah yang disisakan untuk memulai peradaban baru selanjutnya. Pada waktu peradaban baru ini lahir, hati orang-orang yang berhasil terselamatkan tersebut kembali dalam keadaan bersih/fitrah (setelah bertobat) karena telah disadarkan oleh rentetan bencana mengerikan yang menimpanya dimasa silam.

Pada saat ini, dimana tanda-tanda zaman edan telah dapat terlihat dengan begitu jelas, mungkin kembali saatnya peradaban pada saat ini harus kembali diakhiri, dan akan digantikan dengan sebuah peradaban baru yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan peradaban sebelumnya. (mungkin manusia-manusia yang akan datang akan mengenal sisa-sisa peradaban kita sebagai sebuah peradaban maju yang hilang ditelan masa, seperti halnya kisah mengenai peradaban Atlantis dan Lemuria yang tenggelam dimasa silam).

Tahun 2012 Bumi akan dihancurkan kembali?

Pada sistem penanggalan didalam Kalender Bangsa Maya/Maya Calendar yg merupakan kalender paling akurat hingga kini yg pernah ada di bumi. (Perhitungan Maya Calendar dari 3113 SM sampai 2012 M), mereka (Bangsa Maya) menyatakan pada tahun 2012, tepatnya tanggal 21 Desember 2012, merupakan "End of Times". Maksud dari "End of Times" itu sendiri masih diperdebatkan oleh para ilmuwan, dan arkeolog.

Ada yang menyatakan bahwa maksudnya adalah :

Berhentinya waktu (bumi berhenti berputar)
Peralihan dari Zaman Pisces ke Aquarius
Peralihan dari Abad Silver ke Abad keemasan
End of Times = End of the World as we know it
Akan ada sebuah galactic Wave yang besar, yang memberhentikan semua kegiatan di muka bumi ini, termasuk kemusnahan manusia
Perubahan dari dimensi 3 ke dimensi 4, bahkan 5
Kehidupan manusia meningkat dari level dimensi 3, ke 4, DNA manusia meningkat dari strain 2 ke 12, sehingga manusia dapat menggunakan telepati bahkan telekinesis
Ada yang menyatakan tidak akan terjadi apa-apa
Ada yang menyatakan waktu sudah tidak akan berlaku, jadi waktu tidak linear, tetapi bisa berubah-ubah, sesuai dengan waktu yang kita alami, karena ditemukannya mesin waktu
Ditemukannya mesin waktu dan stargate
Manusia sudah dapat melakukan transportasi ke galaxi lain, melalui stargate
Bangkitnya messiah, yang akan menyelamatkan manusia dari kehancuran
Kebangkitan Isa AS / Jesus
First Contact pertama kali peradaban manusia dengan Alien/UFO
Manusia bergabung dengan komunitas antar galaxi pertama kali, manusia = galaxy being
Dalam kalender bangsa Maya yang sangat tersohor itu, diramalkan bahwa pada periode 1992-2012 bumi akan "dimurnikan", selanjutnya peradaban manusia sekarang ini akan berakhir dan mulai memasuki peradaban baru.

Dalam sejarah peradaban kuno dunia, bangsa Maya dikenal menguasai pengetahuan tentang ilmu falak yang khusus dan mendalam, sistem penanggalan yang sempurna, penghitungan perbintangan yang rumit serta metode pemikiran abstrak yang tinggi. Kesempurnaan dan akurasi dari pada penanggalannya membuat orang takjub.

Sekelompok masyarakat yang misterius ini tinggal di wilayah selatan Mexico sekarang (Yucatan) Guetemala, bagian utara Belize dan bagian barat Honduras. Banyak sekali pyramid, kuil dan bangunan-bangunan kuno yang dibangun oleh Maya yang masih dapat ditemui di sana. Banyak juga batu-batu pahatan dan tulisan-tulisan misterius pada meja-meja yang ditinggalkan mereka.

Para arkeolog percaya bahwa Maya mempunyai peradaban yang luar biasa. Hal itu bisa dilihat dari peninggalannya seperti buku-bukunya, meja-meja batu dan cerita-cerita yang bersifat mistik. Tetapi sayang sekali buku-buku mereka di perpustakaan Maya semuanya sudah dibakar oleh tentara Spanyol ketika menyerang sesudah tahun 1517. Hanya beberapa tulisan pada meja-meja dan beberapa system kalender yang membingungkan tersisa sampai sekarang.

Seorang sejarahwan Amerika, Dr. Jose Arguelles mengabdikan dirinya untuk meneliti peradaban bangsa ini. Ia mendalami ramalan Maya yang dibangun di atas fondasi kalender yang dibuat bangsa itu, dimana prediksi semacam ini persis seperti cara penghitungan Tiongkok, ala Zhou Yi. Kalendernya, secara garis besar menggambarkan siklus hukum benda langit dan hubungannya dengan perubahan manusia.

Dalam karya Arguelles, The Mayan Factor: Path Beyong Technology yang diterbitkan oleh Bear & Company pada 1973, disebutkan dalam penanggalan Maya tercatat bahwa sistim galaksi tata surya kita sedang mengalami 'The Great Cycle' (siklus besar) yang berjangka lima ribu dua ratus tahun lebih. Waktunya dari 3113 SM sampai 2012 M. Dalam siklus besar ini, tata surya dan bumi sedang bergerak melintasi sebuah sinar galaksi (Galatic Beam) yang berasal dari inti galaksi. Diameter sinar secara horizontal ini ialah 5125 tahun bumi. Dengan kata lain, kalau bumi melintasi sinar ini akan memakan waktu 5125 tahun lamanya.

Orang Maya percaya bahwa semua benda angkasa pada galaksi setelah selesai mengalami reaksi dari sinar galaksi dalam siklus besar ini, akan terjadi perubahan secara total. Orang Maya menyebutnya, penyelarasan galaksi (Galatic Synchronization). Siklus besar ini dibagi menjadi 13 tahap, setiap tahap evolusi pun mempunyai catatan yang sangat mendetail. Arguelles dalam bukunya itu menggunakan banyak sekali diagram-diagram untuk menceritakan kondisi evolusi pada setiap tahap. Kemudian setiap tahap itu dibagi lagi menjadi 20 masa evolusi. Setiap masa itu akan memakan waktu 20 tahun lamanya.

Dari masa 20 tahun antara tahun 1992-2012 itu, bumi kita telah memasuki tahap terakhir dari fase Siklus Besar, bangsa Maya menganggap ini adalah periode penting sebelum masa pra-Galatic Synchronization, mereka menamakannya: The Earth Generetion Priod (Periode Regenerasi Bumi). Selama periode ini bumi akan mencapai pemurnian total. Setelah itu, bumi kita akan meninggalkan jangkauan sinar galaksi dan memasuki tahap baru: penyelarasan galaksi.

Pada 21 Desember 2012 akan menjadi hari berakhirnya peradaban umat manusia kali ini, dalam perhitungan kalender Maya. Sesudah itu, umat manusia akan memasuki peradaban baru total yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan peradaban sekarang. Pada hari itu, tepatnya musim dingin tiba, matahari akan bergabung lagi dengan titik silang yang terbentuk akibat ekliptika (jalan matahari) dengan ekuator secara total. Saat itulah, matahari tepat berada di tengah-tengah sela sistem galaksi, atau dengan kata lain galaksi terletak di atas bumi, bagaikan membuka sebuah "Pintu Langit" saja bagi umat manusia.

Mulai 1992, bumi memasuki apa yang oleh bangsa Maya disebut 'Periode Regenerasi Bumi". Pada periode ini, Bumi dimurnikan, termasuk juga hati manusia, (ini hampir mirip ramalan orang Indian Amerika-Utara terhadap orang sekarang ini), subtansi yang tidak baik akan disingkirkan, dan substansi yang baik dan benar akan dipertahankan, akhirnya selaras dengan galaksi (alam semesta), ini adalah singkapan misteri dari gerakan sistem galaksi kita yang diperlihatkan oleh bangsa Maya.

Sejak tahun 1992 sampai 2012 nanti, bagaimana terjadi "pemurnian" dan bagaimana pula terjadi "regenerasi" pada bumi kita ini, tidak disebutkan secara detail oleh bangsa Maya. Dalam ramalan mereka pun tidak menyinggung tentang apa hal konkret yang memberikan semangat manusia untuk bangkit dari kesadaran dan bagaimana bumi mengalami permurnian, yang ditinggalkan oleh mereka kepada anak cucunya (barangkali tidak tercatat). Lantas, fenomena baru apa yang sudah bisa kita lihat sejak tahun 1992 sampai sekarang yang bisa kita kaitkan dengan ramalan bangsa Maya yang beradab itu?

Mungkin sudah diatur, bahwa kalender Maya tidak hilang dan sejarah manusia, dan harus diuraikan dengan kode oleh manusia sekarang. Namun ia tetap saja harus dilihat, apakah umat manusia yang terpesona oleh konsepsinya yang terbentuk sesudah kelahiran dapat menembus batas-batas untuk mengingatkan dan memahami kebenaran yang melampaui sistim pengetahuan kita.

Sebenarnya, jika ditinjau dari beberapa penelitian yang telah dilakukan saat ini. Memang pada beberapa dua dasawarsa belakangan ini, bumi sedang mengalami suatu siklus yang dinamakan pembalikan daya magnet kutub.

Pembalikan daya magnet kutub adalah proses yang terjadi pada waktu kutub utara dan kutub selatan saling bertukar posisi. Ketika ini terjadi, untuk beberapa saat medan magnet bumi mencapai Gauss nol, yang berarti bumi pada waktu itu punya daya magnet nol. Ketika ini terjadi bersamaan dengan perbalikan orbit sebelas tahunan kutub matahari, masalah besar akan terjadi.

Menurut perhitungan computer Hyderabad, pembalikan kutub Bumi dan Matahari dapat mengakibatkan masalah besar selain elektronik tidak bekerja dengan semestinya, burung yang bermigrasi kehilangan haluan, dan bermacam macam:

Sistem ketahanan tubuh semua hewan dan termasuk manusia akan banyak melemah.
Lapisan luar bumi akan mengalami pertambahan gunung berapi, pergerakan tektonik, gempa bumi, dan tanah longsor.
Medan magnet Bumi akan melemah dan radiasi alam semesta berasal dari matahari bertambah berlipat ganda mengakibatkan bahaya radiasi seperti kanker dan sebagainya tidak dapat dihindari
Benda-benda angkasa akan tertarik masuk ke Bumi
Daya gravitasi Bumi akan mengalami perubahan meskipun tidak diketahui bagaimana ia akan berubah.
Jika anda menambahkan semua skenario bencana yang mungkin terjadi, anda dapat dengan mudah mengatakan dengan kalimat sederhana ini, Bumi dapat menjadi tempat yang tidak cocok untuk ditinggali peradaban manusia pada 2012 ataupun mereka yang hidup dekat lapisan luar bumi. Hal ini mungkin saja dapat terjadi pada Mars jutaan tahun yang lalu.

Mungkin benar adanya apa yang dikatakan Bangsa Maya mengenai kehancuran perdaban manusia di tahun 2012 esok, hal tersebut tentunya dapat kita lihat dari sifat-sifat manusia zaman sekarang yang bagaimana moralnya, kelakuan telah sangat merosot dan alam-pun kelihatannya semakin tidak bersahabat dengan kita.

Di Indonesia sendiri seorang peramal mengatakan, "pada tahun 2012 nanti jumlah penduduk di Indonesia ini tinggal 40%". Lalu ketika ditanya apa penyebabnya,dia menuturkan, "pada tahun itu sebuah bencana besar akan melanda Bumi secara Global, mungkin pada setiap negara nantinya hanya menyisakan 30%-40% kehidupan untuk kembali membangun kehidupan baru".

Ramalan serupa juga diutarakan oleh Beberapa Biksu di Tibet yang terkenal dengan penguasaan clairvoyance-nya yang sangat baik. Mereka mengatakan pada awal tahun 2012 merupakan tahun paling mendebarkan bagi umat manusia di muka Bumi, dimana pada permulaan tahun, beberapa fenomena aneh akan banyak bermunculan. Namun dalam penutupnya, Para Biksu mengatakan Bumi akan terselamatkan oleh sebuah kekuatan besar yang melindungi mereka secara kasat mata, sehingga memungkinkan peradaban manusia tidaklah sepenuhnya musnah.

Pada 10 tahun belakangan ini Master Li Hongzhi mengajarkan prisip karakter alam semesta "Zhen-Shan-Ren" (Sejati-Baik-Sabar) yang berefek untuk memurnikan hati manusia dan alam ini. Dalam waktu singkat pengikut latihan kultivasi jiwa dan raga ini telah lebih mencapai dari 200 juta orang yang tersebar lebih di 60 negara. Melalui kultivasi yang terus menerus latihan ini dapat menyapai tujuan menggantikan sel-sel tubuh manusia dengan materi energi tinggi dengan meningkatkan moral manusia sesuai dengan karakter alam semesta.

Tidak ada seorangpun yang bisa meramalkan kapan tepatnya kiamat itu datang. Tapi dilain sisi, akan ada regenarasi suatu peradaban yang diramalkan para Orang Bangsa Maya ditahun 2012 nanti. Ini bukanlah suatu kehancuran Alam semesta secara keseluruhan (Jadi belum bisa diartikan kiamat yang sebenarnya), mungkin nantinya secuil para manusia-manusia yang terselamatkan dari bencana akan kembali membangun tonggak peradaban baru yang lebih baik dan lebih bermoral daripada kita.

sumber : erabaru

Neoliberalisme Telah Mati

Oleh Akhmad Kusaeni

Jakarta (ANTARA News) - Krisis ekonomi yang terjadi di Amerika Serikat menjadi bukti sakaratul maut sistim pasar bebas. Neoliberalisme telah mati!

Neoliberalisme yang selama ini diagung-agungkan telah runtuh. Salah satu pilar penyangga liberalisme ekonomi adalah pasar bebas. Biarkan si "invicible hand" mengatur segalanya berdasar hukum "supply and demand".

Berikan kebebasan total arus kapital, barang dan jasa. Kredo pasar bebas adalah pasar yang tidak diatur dan diintervensi adalah cara terbaik untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. Hanya melalui pasar bebas pertumbuhan ekonomi bisa dicapai.

Ekonom-ekonom pembela pasar bebas sangat percaya bahwa "The best government is the least government". Ekonom tersebut, yang Indonesia dikenal sebagai Mafia Berkeley, sering berguyon bahwa pertumbuhan ekonomi paling cepat di malam hari, ketika pemerintah sedang tidur.

Ternyata pasar bebas itu kini tidak berlaku lagi di negeri yang menjadi pusaran dinamonya. Justeru pertumbuhan ekonomi jadi anjlog dengan pasar yang kelewat bebas. Justeru pemerintahan George W Bush yang tidak bisa tidur, sibuk melakukan intervensi dan berusaha membelenggu si "invisible hand".

Bush menghadapi dilema gawat menghadapi krisis keuangan terberat setelah depresi tahun 1930-an. Pemerintahannya memutuskan untuk melakukan campur tangan. Atas persetujuan Kongres AS, Bush menggelontorkan dana talangan lebih dari satu triliun dolar guna menyelamatkan Lehman Brothers dan perusahaan-perusahaan raksasa Wall Street lain yang diambang kebangkrutan.

"Kita harus bertindak," kata Bush di depan Kongres.

Ia tidak percaya lagi bahwa tangan-tangan ajaib bisa mengoreksi sendiri krisis keuangan yang melanda AS dan berimbas pada seluruh tata ekonomi internasional.


Sudah Dikumandangkan

Ketidakpercayaan atas liberalisasi ekonomi sebetulnya sudah dikumandangkan para ahli dan politisi di Amerika sendiri. Majalah Newsweek edisi 7 Januari 2008 memuat tulisan kolumnis Robert J Samuelson yang berjudul "Selamat Tinggal pada Perdagangan Bebas".

Samuelson menjelaskan bahwa munculnya liberalisasi bersamaan dengan krisis tahun 1929. Waktu itu ada kepercayaan bahwa proteksionisme memperparah depresi AS. Faktor munculnya liberasisasi juga didorong oleh situasi Perang Dingin.

Ada keyakinan bahwa komunisme dapat dilawan dengan saling mensejahterakan negara-negara Barat melalui perdagangan bebas. Pada titik tertentu memang benar adanya. Ketika komunisme runtuh dan sosialisme ambruk dengan bubarnya Uni Soviet, Barat merayakan kemenangan dan "kebenaran" sistim liberalisme atas komunisme/sosialisme.

Francis Fukuyama bahkan berani mengatakan dengan tumbangnya komunisme waktu itu, maka sejarah telah mati. Fukuyama menulis buku "The End of History" untuk menamai era baru pasca Perang Dingin. Sebuah era dunia baru dimana demokrasi dan liberalisasi ekonomi yang akan menjadi nilai dasarnya. Sebuah era baru yang akan membuat dunia lebih damai dan lebih sejahtera di bawah naungan kapitalisme.

Sejak saat dimana Amerika Serikat sebagai satu-satunya negara adidaya, baik di bidang politik dan ekonomi, maka tidak ada halangan lagi untuk menyebarluaskan demokrasi dan liberalisasi. AS terobsesi untuk untuk menjadikan seluruh negara di dunia menjadi negara demokrasi, karena "sesama negara demokrasi tidak saling memerangi".

Negara yang dikatakan masih belum demokratis seperti Irak, Iran dan Korea Utara, perlu dibebaskan. Bilamana perlu, demokrasi ditegakkan di bawah todongan senjata. Diktatur seperti Saddam Hussein mesti digulingkan. Tentara AS harus dikerahkan. Invasi kemudian dilakukan.

Dikucilkan

Negara-negara yang belum menerapkan perdagangan bebas harus ditekan dan didikucilkan. Hambatan-hambatan terhadap tarif harus dihilangkan. Ruang bebas terhadap perdagangan internasional dan investasi seperti AFTA, NAFTA, atau kawasan free trade area harus dibuka selebar-lebarnya.

Lembaga-lembaga keuangan internasional seperti Bank Dunia dan IMF dijadikan alat untuk meliberalisasi ekonomi negara-negara yang membutuhkan bantuan keuangan. Negara-negara yang menolak bergabung dengan WTO atau enggan dipulihkan ekonominya oleh IMF, diberikan sanksi. Bilamana perlu diembargo.

Garisnya sangat jelas. Ikut demokrasi dan liberalisasi atau rasakan akibatnya. Diplomasi "wortel dan pentungan" sudah biasa dilakukan AS.

Itulah dunia yang didambakan dalam konsep "American Dream" yang ternyata hanya utopia. Demokrasi dan liberalisasi ekonomi ternyata tidak seindah yang dimimpikan. Ketika Great Depression (1929) dan Perang Dingin tidak relevan lagi, maka liberalisasi kehilangan mesin pendorongnya. Itu sudah diramalkan sendiri oleh para ahli ekonomi AS, macam Samuelson atau Joseph Stiglitz.

Ekonomi dunia yang "booming" ternyata juga membuat paham liberalisme melemah. China yang dianggap sebagai negara yang proteksionis dan tidak liberal, ternyata bisa tumbuh ekonominya secara mencengangkan. Prof. Kishore Mahbubani dari Singapura meramalkan ekonomi China akan melewati AS dalam tempo kurang dari sepuluh tahun lagi.

"Kita menyaksikan perekonomian Amerika Serikat yang menurun dan Asia yang menanjak, terutama China dan India," katanya.


Mengkhianati

Selain ekonom, politisi AS juga mulai mengkhianati liberalisasi. Hillary Clinton dalam setiap kampanye menyatakan teori-teori yang melandasi perdagangan bebas tidak berlaku lagi dalam era globalisasi.

Jika terpilih sebagai presiden, seperti dikutip Financial Times edisi 3 Desember 2007, Hillary menyatakan akan meninjau kembali perjanjian perdagangan NAFTA, walaupun yang menandatanganinya tahun 1993 adalah suaminya sendiri.

Pengkhianatan terbesar terhadap liberalisasi ekonomi dilakukan oleh pemerintah Bush. Alih-alih membiarkan mekanisme pasar di Wall Street mengoreksi diri sendiri, Bush memberi dana talangan tanpa banyak persyaratan semacam ketika Bank Indonesia menggelontorkan BLBI. Tak ada batas waktu kapan dikembalikan dan batas maksimum dana yang dikucurkan. Tak ada pula keharusan perusahaan merestrukturisasi diri.

Amerika Serikat telah menyimpang dari pakemnya sendiri. Jika AS saja sudah tidak percaya terhadap kredonya sendiri, apalagi yang lain. Mungkin sudah saatnya dunia, seperti dikumandangkan oleh Samuelson, untuk mengucapkan "Selamat Tinggal Perdagangan Bebas".

Telah mati: Liberalisasi ekonomi.(*)

http://www.antara.co.id/arc/2008/10/9/neoliberalisme-telah-mati/

Peramal Kondang Ramalkan Krisis Global 2010 Hancurkan UE

(ANTARA News) - Seorang peramal terkenal Rusia, Pavel Globa, memperkirakan krisis global pada tahun 2010 akan merusak seluruh sistem sekaligus mengubah tatanan dunia.

Sebagaimana dilaporkan Pravda, Globa menyebutkan bahwa "krisis akan berlangsung selama 10 tahun dan akan berakhir tahun 2020. Uni Eropa akan runtuh, begitu juga NATO."

Uni-uni Eropa justru terbentuk, misalnya Uni Eropa Selatan, Uni Eropa Uutara, dan sebagainya.

Jerman akan bersekutu dengan Prancis, Rusia dan Ukraina akan bersekutu dengan Eropa Timur.

Menurut Globa, Rusia tidak akan menderita separah Amerika Serikat dan Uni Eropa.

"Barat akan mengalami krisis selama dua tahun yang disusul dengan berubahnya tatanan dunia," kata Globa dalam wawancara dengan Novy Region news agency.

Dia mengatakan banyak tokoh di Rusia termasuk Menteri Keungan Aleksei Kudrin akan keluar dari pemerintahan.

Globa mengatakan seluruh pejabat ekonomi Rusia akan diganti pada Jaunuari atau Februari 2009 seiring krisis yang masuk tahap selanjutnya.

"Saat Rusia mulai pulih dari bencana krisis, justru krisis keuangan global akan menghantam dunia," katanya.

Pavel Globa sebelumnya memperkirakan bahwa pada musim panas 2008 Rusia, Ukraina dan Belarus akan bergabung di dalam blok Eropa Timur.

Peramal kelahiran 16 Juli 1953 itu punya dua kewarganegaraan, Rusia dan Jerman. Ramalannya yang kemudian terbukti seperti naiknya Putin dan Medvedev, kejatuhan Uni Soviet, serangan teroris 9/11 dan turunnya Fidel Castro.

Tapi, tidak semua ramalannya terbukti. Misalnya, dia pernah meramalkan Castro meninggal tahun 2000 dan percobaan pembunuhan Presiden George W Bush.(*)

sumber: http://www.antara.co.id/arc/2008/10/29/peramal-kondang-ramalkan-krisis-global-2010-hancurkan-ue/

Ahmadinejad Tuding AS Penyebab Krisis Global

Teheran, (ANTARA News) - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad, Rabu, kembali menuding Amerika Serikat sebagai penyebab krisis pasar global.

"Sekarang ini bukan krisis global tapi krisismu (AS)," kata Ahmadinejad di Khorramabad Iran barat.

"Setelah kegagalan politik (di Irak dan Afghanistan), kebijakan-kebijakan yang keliru dari AS juga berdampak pada ekonomi mereka sendiri," kata Ahmadinejad dalam pidato yang disiarkan secara langsung oleh jaringan berita Khabar dan dikutip DPA.

Ahmadinejad mengatakan, hasrat AS dan Barat atas hegemoni telah menyebabkan terjadinya krisis pasar saat ini.

"Kalian (AS) adalah pangkal semua korupsi di dunia dan tidak ada jalan keluar dari masalah ini kecuali kembali ke jalan rohaniah, etik dan keadilan," katanya.

Dia mengingatkan kepada negara-negara sedang membangun bahwa AS kemungkinan akan berusaha mengganti kerugian ekonomi dengan kebijakan-kebijakan imperialistik baru.

Ahmadinejad bertekad bahwa Iran akan berusaha menghentikan usaha AS "mengekspoitasi negara-negara lain."

Lebih lanjut dia mengecam Bank Dunia yang menolak pinjaman bagi negara dunia ketiga, padahal Bank Dunia dengan mudah menyerahkan triliunan dolar untuk negara Barat yang sudah maju.(*)
sumber: www.antara.co.id/arc/2008/10/29/ahmadinejad-tuding-as-penyebab-krisis-global/

Umat Muslim Malaysia Akan Dilarang Yoga

Jakarta (ANTARA News) - Umat muslim Malaysia kemungkinan bakal dilarang berlatih yoga jika kedapatan mengikuti ritual hindu selama beryoga, demikian seorang ulama utama Malaysia, Rabu.

Harussani Zakaria, seorang ulama kontroversial dari Negara Bagian Perak bagian utara mengatakan, Majlis Fatwa Kebangsaan (MUI-nya Malaysia) akan segera mengeluarkan fatwa yang menentukan apakah umat muslim diperbolehkan atau dilarang berlatih yoga.

"Jika yoga itu memasukkan unsur-unsur keyakinan atau agama lain maka itu jelas haram tapi jika hanya untuk berolahraga maka boleh-boleh saja," kata Harussani kepada AFP, Rabu.

"Umat Islam tidak boleh berlatih yoga dalam bentuk aslinya karena memuat unsur agama lain," katanya menanggapi desakan agar kaum muslim dilarang mempraktikan yoga.

Islam adalah agama resmi Malaysia di mana lebih dari 60 persen dari total 27 juta penduduknya memeluk agama Islam dari garis konservatif (kolot).

Berlatih yoga yang di Malaysia populer sebagai solusi untuk mengatasi stres, berasal dari tradisi India ribuan tahun lalu yang dipraktikan orang-orang suci Hindu sebelum kemudian menjadi sangat populer di dunia, terutama di kalangan selebritis Barat.

Zakaria Stapa, profesor pada Fakultas Islam, Universitas Nasional Malaysia, telah mengimbau kaum muslim untuk berhenti berlatih yoga karena akan membuat umat menyimpang dari Islam.

Kaum muslim Malaysia berlatih yoga tidak hanya untuk berolahraga tetapi juga sebagai bagian dari gaya hidup di mana saat dalam beberapa posisi beryoga dibarengi dengan mengucapkan mantra-mantra.

"Haruskah kita mencari cara lain untuk menggapai kedamaian? Yoga bisa menjauhkan umat Muslim dari iman karena gerakan-gerakan yoga berasal dari gaya dan tradisi Hindu," kata Zakaria.

Majlis Fatwa Kebangsaan, organ keagaaman Islam tertinggi Malaysia, Jumat lalu melarang para wanita berpakaian atau bergaya seperti laki-laki dan praktik seks sesama jenis (lesbianisme) karena diharamkan agama. (*)

5 lankah pemerintah hadapi krismon

Jakarta - Dalam RUU APBN 2009 yang akan sah kan hari ini pemerintah dibolehkan melakukan 5 langkah antisipasi kondisi darurat dengan persetujuan DPR terlebih dahulu yang sesuai dengan draft pasal 22 kondisi tertentu yang mengancam perekonomian sehingga membutuhkan waktu cepat.

Dalam pasal 22 tersebut pemerintah boleh melakukan 5 langkah antisipasi jika pertumbuhan ekonomi di bawah asumsi dan ada perbedaan asumsi makro lainnya yang menyebabkan turunnya pendapatan negara dan atau meningkatnya belanja negara secara signifikan.

Kemudian jika ada kenaikan imbal hasil atau yield surat utang negara yang menyebabkan tambahan biaya penerbitan SUN secara signifikan dan terakhir krisis sistemik dalam sistem keuangan dan perbankan nasional yang membutuhkan tambahan dan penjaminan perbankan dan lembaga keuangan bukan bank (LKBB).

Jika ada hal-hal tersebut di atas maka pemerintah dapat melakukan langkah-langkah antisipasi berupa:

Pengeluaran yang belum tersedia anggarannya dan atau pengeluaran melebihi pagu yang ditetapkan dalam APBN 2009.
Pegeseran anggaran belanja antarprogram, antar kegiatan, dan atau antar jenis belanja dalam satu kementerian/lembaga dan atau antar kementerian lembaga.
Penghematan belanja negara dalam rangka peningkatan efisiensi karena sasaran program kegiatan prioritas yang harus tetap tercapai
Penerbitan SBN melebih pagu yang ditetapkan dalam APBN tahun yang bersangkutan
Penarikan dana pembiayaan siaga dari sumber pinjaman bilateral maupun multilateral.

Khusus mengenai pasal 22, sebelumnya beberapa anggota DPR menilai kalau pasal tersebut sebagai pasal karet sehingga perlu ditunda pembahasannya. Namun pemerintah menilai pasal ini perlu. 

"Kami melihat adanya risiko di depan mata yang sangat nyata, dengan dunia mendapat ancaman krisis, tetapi kita masih berasumsi pertumbuhan ekonomi 6%, sehingga ada risiko di bawah 6% itu sangat nyata," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani menanggapi keberatan para anggota DPR.

Pasal 22 menurutnya sangat penting apabila dikemudian hari terjadi kondisi darurat agar APBN 2009 tetap jalan.

"Pasal 22 bukan karet atau dengan spirit negatif. Mohon pasal 22 dikembalikan kalau ada yang melukai hak budget DPR, kami bersedia membicarakannya. Pasal 22 sama dengan pasal 27 dalam UU keuangan negara," jelas Sri Mulyani.

Pada akhirnya DPR dan pemerintah setuju untuk menerapkan pasal 22 dalam APBN 2008 dengan catatan untuk melakukan 5 langkah tadi pemerintah harus mendapat persetujuan DPR. 

Pemerintah juga mendesak proses persetujuannya tidak lama, atau paling tidak 1 x 24 jam untuk mendapatkan persetujuan karena dinilai keputusan pada saat krisis diperlukan dalam hitungan jam.

Terkait dengan batas waktu itu tersebut, DPR akan mengembalikan pada mekanisme tata tertib DPR yaitu apabila dalam rapat pengambilan keputusan pada rapat pertama tidak memenuhi korum, akan dilanjutkan kerapat berikutnya, dan apabila tidak korum juga maka rapat kedua bisa dinyatakan sah menetapkan keputusan.

Selain itu, dalam pasal 23 pun tertera langkah pemerintah yang juga sempat dipertanyakan oleh DPR, yaitu:

Dalam hal realisasi penerimaan negara tidak cukup untuk memenuhi pengeluaran negara pada saat tertentu kekurangannya dapat ditalangi daru dana saldo anggaran lebih (SAL)
Pemerintah dapat menerbitkan surat berharga negara untuk membiayai kebutuhan pengolahan kas bagi pelaksanaan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN), apabila dana tunai pengelolaan kas tidak cukup tersedia untuk memenuhi kebutuhan awal tahun anggaran berikutnya.
Pemerintah dapat melakukan pembelian kembali SBN untuk kepentingan stabilisasi pasar dengan tetap memperhatikan jumlah kebutuhan penerbitan SBN neto untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan yang ditetapkan.

HP Virtualization

Jakarta - Hewlett-Packard (HP) mengenjot penawaran produk dan layanan untuk teknologi virtualisasi Microsoft. Kedua perusahaan memang berkolaborasi membuat sebuah pusat teknologi. 

Virtualisasi belakangan konon sedang ngetren di industri Teknologi Informasi. Teknologi itu disebut bisa mengurangi biaya dan risiko. "Karena, Virtualisasi kini telah berkembang dari sekadar teknologi taktis menjadi strategi transformasi utama," kata Aman Dokania, General Manager, Infrastructure Software, Technology Solutions Group, HP Asia Pacific and Japan dalam siaran pers yang diterima detikINET, Kamis (11/9/2008). 

Terkait dengan kerjasamanya dengan Microsoft, HP pun menggenjot produk-produk yang disebut cocok untuk lingkungan virtualisasi berbasis teknologi Microsoft. Ini termasuk server HP ProLiant dan HP BladeSystem, HP StorageWorks dan HP Thin Client, serta HP software. 

Saat ini HP dan Microsoft sedang mengembangkan pusat teknologi di Reston, Virginia, Amerika Serikat. Pusat gabungan HP dan Microsoft ini diperuntukkan bagi pasar negara-negara bagian Amerika Serikat.

Selain produk, HP juga menawarkan pelatihan dan pendidikan bagi perusahaan yang akan menerapkan virtualisasi tersebut. Ini termasuk pelatihan di kelas, pelatihan online secara langsung, e-learning yang dapat dipelajari sendiri serta beragam pilihan pembelajaran informal.

Teknologi Microsoft dalam virtualisasi adalah Microsoft Windows Server 2008 Hyper-V dan Microsoft Hyper-V Server. Disebutkan bahwa HP ProLiant adalah salah satu platform yang digunakan Microsoft dalam pengujian dan pengembangan sistem tersebut.

"Apa Karena Kami Miskin Tidak Berhak Masuk?"

Perempuan setengah baya itu langsung menyambar toa yang dipegang Hendrik Sirait, pendamping warga eks taman BMW, Jakarta Utara. Dengan lantang, Anna, 55 tahun, langsung berteriak: "Terima kasih atas penghinaan yang bapak berikan kepada kami. Saya doakan semoga Tuhan mengampuni bapak-bapak semua," katanya dengan sorot mata nanar, di depan pintu masuk Ragunan, kemarin. 

Anna bersama 100 warga eks taman BMW yang digusur Pemerintah Daerah DKI Jakarta, Agustus lalu, kecewa. Keinginannya masuk ke Taman Margasatwa Ragunan untuk melepas kepenatan setelah tergusur ditolak pengelola. “Saya memang miskin. Tapi jangan injak harkat dan martabat saya sebagai manusia,” katanya melanjutkan. 

Mereka datang dengan dua metro mini sejak pukul 11.00 WIB. Hingga pukul 13.45 WIB, mereka tetap ditolak masuk. Hendrik lalu bernegosiasi dengan Marzuki, perwakilan dari pengelola Ragunan. Marzuki tetap menolak dengan alasan Ragunan adalah tempat rekreasi, konservasi, dan resapan air. “Apa hubungannya dengan warga yang ingin masuk? Apa bakal ada banjir jika mereka masuk ke dalam?” Hendrik menggugat. 

Ia menjanjikan warga hanya ingin berekreasi lantaran korban butuh hiburan. Spanduk-spanduk pun rela ditinggal di luar. Bahkan warga yang umumnya perempuan tua dan anak-anak itu siap membeli karcis masuk. “Apa lagi keberatan Bapak?” kata Hendrik. “Jika warga masuk, Anda jamin wartawan tidak ada yang meliput?” kata Marzuki. Hendrik pun menyergah. “Wartawan mau meliput atau tidak itu bukan urusan saya,” kata Hendrik. “Jadi saudara bisa jamin tidak?” kata Marzuki lagi. “Itu hak mereka,” Hendrik menukas. “Kalau begitu, warga tidak boleh masuk,” tegas Marzuki. 

Mendengar itu, Hendrik pun menemui warga. Mereka geram lalu berorasi. “Apa karena kami miskin kami ditolak masuk? Warga ingin hiburan, tapi dilarang,” kata seorang warga. “Mereka lebih menghargai binatang ketimbang kami,” kata Anna. AMIRULLAH
 
http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2008/10/29/Metro/krn.20081029.146321.id.html

HP Blade Server

Jakarta - Hewlett-Packard (HP) mengokohkan posisinya di persaingan vendor server blade x86. Untuk kuartal kedua 2008 ini, mereka kembali meraih posisi puncak.

Hasil itu berdasarkan penilaian perusahaan analis industri IDC. Dengan raihan ini, HP mengklaim selama enam kuartal berturut-turut -- sejak kuartal kedua 2007 -- memimpin dalam hal pengiriman unit server blade x86.

Dari data IDC tersebut, untuk kuartal kedua 2008 ini, HP tercatat meraup pangsa pasar 48,3 persen dan tingkat pertumbuhan tahunan sebesar 66,5 persen.

Untuk pendapatan pabrik, HP juga mengklaim mampu mempertahankan posisinya selama tiga kuartal berturut-turut -- sejak kuartal keempat tahun 2007 -- untuk segmen server blade x86 dengan raihan pangsa pasar 46 persen.

Sementara secara global, HP meraih pangsa penghasilan pabrik serta pengiriman unit sebesar 50,1 persen dari total pasar server blade senilai US$1,2 miliar.

"Pelanggan menghadapi permasalahan seperti sumber daya yang kurang memadai, ruangan yang terbatas dan meningkatnya biaya energi dari data center mereka," ujar Tony Parkinson, Vice President, Enterprise Storage & Server HP Asia Pasifik dan Jepang dalam keterangan tertulisnya.

Adapun fasilitas dari server ini memang sangat menggiurkan, dengan hardware yang terdiri dari storage dan servernya, yang dari banyak seri bisa maksimal terisi 10 server balade. bisa hot plug dan fasilitas xen server yang sangat mencukupi kebutuhan.

Saya Siap Jadi Capres

Sri Sultan Hamengku Buwono X 

Saya Siap Jadi Capres 

[YOGYAKARTA] Sri Sultan Hamengku Buwono X siap maju sebagai calon presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 mendatang. Hal itu diungkapkan Sri Sultan melalui Direktur Eksekutif Soegeng Sarjadi, Sukardi Rinakit dan sineas Garin Nugroho kepada SP di Yogyakarta, Selasa (28/10), menjelang berlangsungnya pisowanan ageng di Alun-alun Utara Keraton Yogyakarta. 
Sukardi dan Garin adalah dua dari sekian banyak pendukung acara pisowanan ageng, pertemuan akbar antara Sultan dan rakyatnya. "Ya, Sultan menyatakan dengan kehendak Tuhan Yang Maha Esa dan oleh karena panggilan Ibu Pertiwi, maka Sultan siap memimpin bangsa ini dengan menjadi capres pada Pilpres 2009 nanti. Pernyataan itu disampaikan siang ini pada pisowanan ageng," kata Sukardi. 
Menurut Garin, Sultan tak bisa menolak dukungan rakyat yang luar biasa. "Dalam arti Sultan harus pasrah dengan kehendak rakyat," kata Garin yang bersama Sukardi mendukung Sultan.
Mengenai potensi, lanjut Garin, setidaknya sudah terbukti bahwa DIY selama 10 tahun di bawah kepemimpinan Sultan mengalami perkembangan menakjubkan. 
"Keseimbangan antara pemikiran modern dan kultural tetap terpancar di DIY. Bukan tidak mungkin, Sultan akan menularkan aura ini pada skala nasional," paparnya.
Selain itu, peran ibu negara saat ini sangat minim, jaminan kesejateraan para perempuan dan anak menjadi termarginalkan. "Kita memang kehilangan sosok ibu negara. Di negara lain, setiap ibu negara juga punya visi dan misi. Saya berharap banyak kepada GKR Hemas yang memang sudah berkiprah dalam aktivitas sosial ini," tambahnya.

Mengenai dukungan, kata Garin, memang dukungan itu tidak cukup hanya dengan slogan dan pengerahan massa. Butuh wadah yang pas buat Sultan. Menilik perkembangan yang ada di tubuh Partai Golkar tempat di mana Sultan bernaung, Garin mengaku belum bisa banyak berkomentar. "Untuk sementara Republikan siap melaksanakan misi ini," ujarnya. 
Garin dan Sukardi masuk dalam tim kecil bersama aktivis agama Muslim Abdurachman serta Romo Benny Susetyo Pr, gencar mendukung Sultan.
Sutradara yang menyabet berbagai penghargaan di dalam dan luar negeri ini sedianya menghadiri pemutaran filmnya Opera Jawa di Zuric, Swiss. Namun, ia memilih hadir di pisowanan ageng, Selasa (28/10), demi menyampaikan orasi budaya.
Garin berpendapat, saatnya bangsa ini berubah dan berani menempuh risiko dan menentukan pemimpin yang sejati. "Sikap pemimpin sejati itu hanya ada pada Sultan. Yang lain, bercampur aduk dengan misi pribadi," ujarnya.

Ditanggapi Positif
Sementara itu, Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Taufiq Kiemas menanggapi positif majunya Sri Sultan Hamengku Buwono X sebagai capres. 
Taufik mengakui Sultan merupakan salah satu "saingan berat" untuk PDI-P. Menurutnya, Sultan memiliki sejumlah kriteria memadai untuk maju sebagai capres. "Sultan di Golkar juga senior, anak pejuang, ayahnya yang menyerahkan Yogya kepa- da Bung Karno," katanya di Jakarta, Selasa.
Ketua Umum DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Sutrisno Bachir, Selasa, menilai, majunya Sri Sultan sebagai capres memberi kesegaran bagi kompetisi capres 2009 karena mendorong munculnya calon pemimpin baru, pemimpin alternatif.
Sayang, katanya, syarat pengajuan capres dan cawapres yang diusulkan pada perolehan angka 25 persen kursi di DPR melalui pemilu legislatif, akan mematahkan langkah calon-calon pemimpin alternatif untuk maju di Pilpres 2009, termasuk langkah Sri Sultan. 

"Jika syarat pengajuan capres dan cawapres disepakati pada angka 25 persen kursi di DPR, maka jangan berharap capres alternatif bisa muncul karena dengan syarat itu sudah pasti hanya dua pasang- an calon yang bisa maju," katanya.
Sekjen Pemuda Demokrasi Kebangsaan (Pedeka) Rheindra Jais Sutan Pangeran menambahkan, Sultan sebagai raja menjadi panutan bagi masyarakatnya. Sedangkan seorang gubernur adalah pelayan masyarakat. 
"Harus bisa dibedakan antara panutan dan pelayan. Karena itu, kalau mau bersaing dalam pilpres, Sultan harus mundur dari jabatannya sebagai gubernur," katanya.
Rheindra yang juga Wakil Sekjen Dewan Pimpinan Nasional Partai Demokrasi Kebangsaan (PDK), menyatakan, hadirnya para raja pada acara pisowanan menandakan Sultan mendapat dukungan. 

Dukungan Mengalir
Sementara itu, dukungan kepada Sultan untuk menjadi orang nomor satu di Indonesia terus mengalir. Pada Senin (27/10) para aktivis 1998 mendeklarasikan pergerakan mereka, Persaudaraan Indonesia (Persindo) demi mendukung langkah Sultan menjadi presiden.
Menurut Ketua Dewan Nasional Persindo, Widihasto Wasana Putra, bentuk dukungan itu akan mereka wujudkan dengan menghimpun 20.000 simpatisan dari seluruh Indonesia untuk datang ke pisowanan ageng.
Selain itu Persindo yang terdiri dari para mantan mahasiswa penggerak reformasi menganggap sosok Sultan layak muncul sebagai pemimpin nasional sekaligus mengem- balikan reformasi yang me- lenceng.
"Rakyat butuh pemimpin baru yang punya visi kerakyatan dan seorang negarawan yang tumbuh dari rasa keprihatinan," ujar Widihasto.
Mengenai kendaraan partai untuk Sultan, Persindo dan kalangan muda memilih partai mana yang mengusung Sultan sebagai capres.
Pandangan yang sama juga dilontarkan pengurus Asosiasi Pemerintah Desa (Apdesi) DIY, Jiyono; Ketua Kelompok Perajin DIY, Ramlan; Ketua Forum Petani DIY, Riyanto; dan Ketua Masyarakat Seniman, Endang Sulastri.

Dukungan juga disampaikan Ketua Dewan Syuro DPP Partai Kebangkitan Nasional Ulama KH Abdurrahman Chudlori langsung kepada Sri Sultan pada Minggu (26/10) malam. [152/NCW/J-11/M-16]

Last modified: 28/10/08
 

http://www.suarapembaruan.com/News/2008/10/28/Utama/ut01.htm

Fakta dan berita yang terjadi Selasa, 28 Oktober 2008 :

1. Pisowanan Agung di alun-alun utara Jogyakarta, Sultan bersedia maju sebagai calon presiden.

2. Wiranto Ketua Umum Partai Hanura orasi dalam rangka 80 tahun Sumpah Pemuda, di Universitas Tunas Pembangunan, Solo

3. Megawati Soekarnoputri launching nomer urut PDIP, 28, pada 28 Oktober 2008 di alun-alun utara kraton Solo. 

4. Hidayat Nur Wahid nonton Laskar Pelangi bersama kader-kadernya di Solo Grand Mall. Juga di Solo.

Empat fakta tersebut apakah kebetulan belaka??? Terjadi di pusat bekas
kerajaan Mataram, Jogyakarta Hadiningrat dan Surakarta Hadiningrat. 

Apakah Jogya dan Solo dengan segala eksistensinya (budaya, masyarakat,
fenomena, sumber daya manusia, mitologi, dst) masih diperhitungkan?? 

Ada yang bisa memberi pencerahan tentang hal ini??

Tuesday, October 28, 2008

Krisis Ekonomi Global Perkuat Investasi Lokal

Jakarta (ANTARA News) - Perekonomian global dalam kurun waktu beberapa bulan belakangan ini mengalami turbulensi yang dipicu oleh kejatuhan sektor keuangan di Amerika Serikat, yang secara cepat merontokkan harga pasar saham di Indonesia.

Oleh karena itu, kata pendiri CWMA (Certified Wealth Managers Association), Maikel Sajang Bati dalam panel diskusi, di Jakarta, Senin, para pelaku pasar jangan kapok berinvestasi, tetapi justru saat tepat untuk memborong harga saham yang saat ini sedang jatuh itu.

Dikatakan, krisis yang diawali oleh krisis subprime mortgage pada pertengahan 2007 yang membawa kerugian besar bagi bank komersial, bank investasi dan asset management yang mengelola instrumen keuangan berbasis kredit subprime mortgage, khususnya terhadap bank-bank besar global di kawasan Amerika Serikat dan Eropa, dengan cepat mempengaruhi perekonomian nasional.

"Indonesia juga diperkirakan akan terkena dampak lanjutan krisis keuangan global itu, yakni di sektor keuangan akan terjadi kekurangan pasokan likuiditas di sektor keuangan dan penurunan permintaan dan penurunan harga komoditas utama ekspor Indonesia, seperti Crude Palm Oil (CPO) dan Batu Bara (Coal)," katanya.

Dikatakan, CWMA saat ini mempunyai lebih dari 3.500 anggota yang tersebar di berbagai bidang. Oleh karena itu, CWMA sebagai asosiasi dari para wealth manager, perlu memberikan pencerahan bagi anggotanya (yang tersebar di hampir semua bank di Indonesia, perusahaan asuransi, dan perusahaan sekuritas.

Menjawab pertanyaan, ia mengatakan, untuk menghadapi krisis, para investor saya anjurkan untuk tidak kapok berinvestasi secara selektif. "Kondisi di Indonesia masih lebih baik dibandingkan kondisi di negara-negara lainnya, sehingga investasi di Indonesia akan lebih aman dan menjanjikan hasil yang lebih baik dibandingkan investasi di negara lain," katanya.

Dalam situasi yang sedang tidak menentu sehubungan dengan krisis keuangan global yang terjadi, kita harus kembali mendasarkan tindakan kita pada prinsip investasi, yaitu, Risk and Retur. Setiap investasi memiliki risikonya masing-masing yang sesuai dengan tingkat potensi hasil investasi (high risk, high return). Investor hendaknya menyesuaikan investasinya dengan profil risiko yang diinginkannya. Risiko yang diambil dan return yang diharapkan merupakan gabungan dari beberapa jenis aset yang dimiliki (berupa portofolio investasi).

Langkah cerdas


Dalam menghadapi krisis itu, diperlukan langkah cerdas, seperti, Jika anda mempunyai deposito bertahanlah dengan deposito anda.

Jangan ambil uang anda dari bank. Jika anda ikut ikutan mencairkan dana anda maka anda membuat keadaan semakin memburuk.

Langkah lain, kata Maikel, jika anda memiliki saham dan turunannya, sebaiknya di "hold" dulu kecuali ada keperluan keuangan yang mendesak sehingga kita harus menjualnya. Ikut ikutan menjual saham akan memperburuk keadaan saja.

Peganglah rupiah. Jika anda ikut ikutan memborong dolar, maka harga dolar akan semakin tinggi dan rupiah semakin terpuruk. Harga barang impor akan semakin mahal, dan inflasi dalam negeri akan semakin naik, katanya, seraya menambhkan, krisis akan lebih cepat berlalu jika kita tenang dan waspada.

Perekonomian akan cepat pulih. Harga saham akan cepat rebound. Dolar akan cepat menyesuaikan diri pada kurs yang rasional karena cadangan devisa kita cukup kuat, tegasnya.(*)

Profil Partai: RepublikaN Belajar Dari "Laskar Pelangi"

Profil Partai: RepublikaN Belajar Dari "Laskar Pelangi"



Oleh Junaedi S

Jakarta
(ANTARA News) - Berawal dari rasa keprihatinan akan tata kelola
pemerintahan dan sistem kepartaian politik yang kurang memihak rakyat,
sebanyak 1.945 orang dengan berbagai latar belakang profesi di Cikopo,
Jawa Barat, pada 20 Mei 2007 sepakat mendirikan sebuah partai baru.



Deklarator partai yang terdiri dari sebanyak 1.328 orang laki-laki dan
sejumlah 617 kader perempuan itu bukanlah para elit politik, melainkan
orang kebanyakan yang merasa satu visi dan misi demi mewujudkan partai
berwawasan modern.



Makna bersejarah tahun 1945 itu pula yang ingin ditekankan para pendiri
Partai Republika Nusantara, yang selanjutnya dipopulerkan dengan
sebutan Partai RepublikaN, sebuah nama yang mengingatkan "kaum
republikan" di masa perang kemerdekaan dulu.



Cara pendirian partai yang unik dan berbeda dengan partai-partai
politik lainnya itu, akhirnya mendorong Museum Rekor Indonesia (MURI)
memberikan penghargaan kepada partai berlambang burung garuda terbang
dengan warna kuning emas itu dengan kategori "Pendiri Partai Terbanyak".



Bagi bangsa Indonesia, 1945 merupakan angka dengan makna yang sangat
dalam, yakni tahun di mana rakyat Indonesia memproklamasikan
kemerdekaannya.



Para pendiri bangsa memiliki cita-cita luhur memproklamasikan
kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 demi terwujudnya bangsa
Indonesia yang adil dan makmur. Upaya itu dirintis dengan cara
meletakkan kedaulatan di tangan rakyat, mencerdaskan kehidupan bangsa,
dan mampu memelihara kemerdekaan, ketertiban serta perdamaian dunia.



Namun pada faktanya, cita-cita luhur tersebut belum sepenuhnya dicapai
dan dirasakan sebagai akibat proses dan dinamika sejarah panjang pasca
kemerdekaan serta adanya tata kelola kenegaraan maupun sistem
kepartaian politik yang kurang berpihak kepada rakyat.



Sementara partisipasi aktif masyarakat dalam menggunakan hak politik belum diberdayakan secara optimal.



Bermodalkan persamaan visi di antara sesama anak bangsa yang berasal
dari berbagai suku, etnik, agama, golongan dan profesi, Partai
RepublikaN melangkah pasti karena di dalamnya ada elemen masyarakat
pelaku transportasi, masyarakat pendidikan, kesehatan dan pelaku usaha
mikro sebagai segmen pilar-pilar penyangganya.



Dengan demikian, platform partai ini adalah senantiasa memperjuangkan
secara konsisten pembangunan kesejahteraan terutama dalam empat pilar,
yakni pendidikan, kesehatan, transportasi, serta ekonomi kerakyatan,
dengan tidak meninggalkan sektor sektor lainnya.



Namun demikian, RepublikaN sebagai partai baru juga menghadapi
tantangan yang tidak ringan berupa menurunnya preferensi dan
kepercayaan masyarakat terhadap partai-partai politik saat ini.



Karenanya guna meraih kepercayaan total konstituen dan masyarakat luas,
RepublikaN mencoba strategi baru melalui penerapan kebijakan mutu
sebagai salah satu standar pengelolaan partai modern, di samping tetap
menjaga komitmen membudayakan, meningkatkan mutu dan profesionalisme
manajemen kepartaian secara berkelanjutan.



Partai ini bercita-cita menjadi partai modern dengan membangun
karakteristik seperti partai yang tumbuh dari bawah, akan menetapkan
mutu ISO 9001:2000 tentang organisasi, manajemen, dan mutu kepartaian.



"Kalau ini tercapai dan kita telah mengurusnya lewat Badan Sertifikasi
yang dikonsultasi oleh Lembaga Manajemen Talenta, maka kamilah
satu-satunya partai yang mendapat sertifikat ISO," ujar Yus Sudarso,
Sekjen DPP Partai RepublikaN.



Selain itu, partai ini juga tidak memperkenankan para ketuanya di
jajaran Dewan Pemimpin Pusat partai untuk duduk di pemerintahan. Mereka
hanya berperan sebagai fasilitator bagi masyarakat pelaku dan para
profesional dari masing-masing elemen untuk menjalankan perannya, baik
di eksekutif maupun legislatif.



Dalam upayanya menjadikan RepublikaN sebagai rumah demokrasi sejati,
maka pola kepemimpinan pun berbentuk presidium berjumlah 5 orang.
Artinya ketua umum partai ada lima orang dan bukan satu orang saja yang
faktanya sering menjadi rebutan dan sumber perpecahan partai. Posisi
lima ketua umum atau presidium itu sama semuanya.



Melalui format presidium seperti itu, RepublikaN mampu menghindari
jebakan-jebakan kultus individual yang biasanya melekat pada figur
sentral ketua umum partai.



"Kita fokus pada pengembangan organisasi sambil memilih figur yang
dikenal dan mencintai rakyat. Kalau hanya mengandalkan figur, akibatnya
akan sama dengan partai lama saya," tutur Yus Sudarso.



Selain presidium, struktur partai dilengkapi pula dengan komposisi 25
orang ketua bidang dan 6 wakil sekjen yang membidangi manajemen
organisasi, diklat dan kaderisasi, IT dan keanggotaan, program dan
pemasaran, humas dan komunikasi serta bidang penelitian dan
pengembangan.



Saat ini partai tersebut dipimpin oleh Ketua Presidium Letjen (Purn)
Syahrir MS, mantan Danjen Kopassus, dengan Sekjen-nya Yus Sudarso yang
sebelumnya dikenal sebagai Sekjen Suara Bangsa, sebuah tim independen
pemenangan pasangan Yudhoyono-Kalla dalam Pemilu 2004 serta pengurus
harian DPP Partai Demokrat.





Dukung Sri Sultan



Seperti halnya partai-partai politik peserta Pemilu 2009 lainnya,
Partai RepublikaN yang bernomor urut 21 itu juga telah berancang-ancang
memberikan dukungan kepada tokoh nasional yang dianggap layak memimpin
bangsa ini.



Dari sekian banyak tokoh nasional yang mencuat dipentas politik
nasional saat ini, partai bernomor urut 21 pada Pemilu 2009 itu
menjatuhkan pilihan kepada sosok Gubernur DI Yogyakarta Sri Sultan
Hamengkubuwono X sebagai calon presiden (capres) yang akan diusungnya.



Sri Sultan dinilai para fungsionaris dan kader-kader partai itu sebagai
figur yang paling tepat pada saat ini untuk memimpin bangsa Indonesia
ke depan.



"Karenanya kami telah bulat akan mendukung Sri Sultan sebagai capres di 2009," kata Yus Sudarso.



Keputusan mendukung Sri Sultan itu telah diambil Partai RepublikaN
melalui rapat pimpinan yang khusus digelar untuk membicarakan masalah
pencalonan presiden. Soal perolehan suara di Pemilu legislatif 2009,
partai ini mematok target sebesar sembilan persen suara nasional.



Dengan adanya diferensiasi yang tegas dibandingkan partai-partai
politik lainnya serta program kerja yang terfokus pada pembangunan
kesejahteraan di empat bidang yaitu pendidikan, kesehatan,
transportasi, dan ekonomi kerakyatan, Yus Sudarso optimis target
perolehan sembilan persen itu mampu digapai.





Laskar Pelangi



Tidak hanya itu saja, upaya mendongkrak semangat juang kader-kader
partai juga dilakukan melalui cara unik, yakni mewajibkan mereka
menonton film "Laskar Pelangi" yang saat ini tengah digandrungi
masyarakat luas.



Menurut Ketua Presidium Partai RepublikaN Letjen (Purn) Syahrir MS,
dengan menonton film "Laskar Pelangi" ini diharapkan tergugah etos
juang setiap kader partai dan mereka pun tidak silau dengan partai yang
telah berdiri kokoh, sebagaimana diperlihatkan dalam semangat anak-anak
"Laskar Pelangi".



Film "Laskar Pelangi" dinilai banyak memberikan pesan pendidikan dan
sosial kepada masyarakat Indonesia dan Presiden Susilo Bambang
Yudhoyono pun telah menyempatkan diri menonton film tersebut.



"Yang paling menonjol adalah pesan moral guna membangkitkan semangat
dan etos dalam nilai-nilai ketulusan untuk meraih prestasi dalam
keadaan sesulit apa pun," ujar Syahrir.



Sedemikian besarnya obsesi fungsionaris partai ini terhadap film
"Laskar Pelangi" sampai-sampai produser film tersebut, Mira Lesmana,
dianugerahi Piagam Adi Cipta Seni Budaya.



Piagam Adi Cipta Seni Budaya tersebut merupakan penghargaan tertinggi
yang diberikan Partai RepublikaN kepada seniman dan budayawan karena
dedikasi dan prestasi mereka yang dinilai luar biasa.





Kepengurusan

Ketua Presidium : Letjen. (Purn) Drs. H. Syahrir, MS,SE

Anggota Presidium : Muslim Abdurrahman, Murphy Hutagalung, Orie Andari, dan Sudharto

Sekretaris Jenderal : Drs. Yus Sudarso, SH, MH, MM

Nomor urut : 21



Alamat DPP :

Kompleks Perkantoran Pulo Mas Blok VI No.1-2 Jakarta Timur

Telp. (021) 4702960

Fax. (021) 4702966





(***)

Gara-gara Krisis, Banyak Rakyat Amerika Kurang Tidur

New York (ANTARA News) - Kalau teman anda tampak kuyu atau sering marah-marah tak seperti biasanya di pagi hari, mereka boleh jadi kurang tidur akibat krisis finansial global, demikian menurut riset yang disiarkan Senin.

Sembilan puluh persen responden menyatakan gejolak ekonomi membuat mereka terus terjaga di malam hari, kata survei yang dilakukan ComPsych Corp, perusahaan jasa program bantuan karyawan, seperti dilaporkan Reuters.

Sepertiga dari responden mengungkapkan kekhawatiran terbesar mereka adalah biaya hidup, sedangkan sepertiga lainnya menyebutkan utang kartu kredit mereka.
Menurut satu dari enam mereka yang ditanya mengemukakan kecemasan terbesar mereka adalah pembayaran hipotek, dan seperenam responden lagi menyebutkan kepanikan mereka adalah uang pensiun mereka.

Delapan persen dari mereka yang disurvei mengatakan mereka tidak merasa khawatir.

ComPsych yang berkedudukan di Chicago melakukan survei online atas 1,137 karyawan dewasa di seluruh AS dari 6 Oktober hingga 17 Oktober. Toleransi kesalahan (margin error) survei ini adalah plus atau minus 3 persen. (*)

Gerindra Parpol Baru Dengan Beban Masa Lalu

Profil Partai: Gerindra Parpol Baru Dengan Beban Masa Lalu


Oleh Rini Utami

Jakarta (ANTARA News) - Tak ada partai politik, apalagi baru, yang berani meminang tokoh dari masa lalu dengan segala stigma negatif yang melekat sebagai calon presiden, kecuali Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).

Sosok Prabowo Subianto Djojohadikusumo, tak dipungkiri telah menaikkan pamor partai yang berdiri pada Februari 2008 dan tercatat di Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) pada 3 April 2008.

Mantan petinggi militer itu, bahkan secara terang-terangan menyatakan bersedia dicalonkan sebagai kandidat presiden partai bernomor urut lima itu pada Pemilu 2009 saat Kongres Luar Biasa Gerindra yang berakhir 16 Oktober 2008.

Prabowo Subianto adalah Mantan Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad) dan setelah dipensiun dini dari ketentaraan pada 1998, memfokuskan diri sebagai pengusaha.

Dia pernah memimpin sejumlah perusahaan dengan investasi di dalam dan luar negeri. Kini ia menjadi Presiden Direktur PT Kiani Kertas.

Secara resmi Prabowo baru bergabung ke Partai Gerindra pada 12 Juli 2008. Pada Kongres Luar Biasa Gerindra, Prabowo ditetapkan sebagai Ketua Dewan Pembina, selain Moerdiono yang diangkat menjadi Ketua Dewan Penasehat.

Ketua Umum Partai Gerindra Suhardi mengakui, Prabowo "campur tangan" dalam pembentukan partai itu, tetapi selama ini di belakang layar. Prabowo tak muncul sebab masih tercatat sebagai pengurus Partai Golkar.

Prabowo pernah mengikuti konvensi calon presiden dari Partai Golkar, menjelang Pemilu 2004. Ia kalah. Salah satu "titik lemah" Prabowo, yang akan dipolitisasi lawan politiknya, adalah dugaan keterlibatannya dalam kasus penculikan sejumlah aktivis tahun 1998, menjelang Soeharto lengser. Kasus itu pula yang membuat ia dipensiunkan dini dari kemiliteran.

Suhardi menilai kasus penculikan aktivis itu tidak relevan lagi untuk "menjatuhkan" Prabowo. Kasus itu tak lagi menjadi beban karena berulang kali dijawab dan tidak pernah bisa dibuktikan.

Bahkan, Partai Gerindra kini memiliki "perisai" kuat untuk menangkal tuduhan keterlibatan Prabowo karena dua korban penculikan tahun 1998, Pius Lustrilanang dan Desmond J Mahesa, menjadi kader dan caleg partainya.

Namun demikian, terakhir muncul berita bahwa Panitia Khusus (Pansus) DPR mengenai Penghilangan Orang Secara Paksa 1997-1998 akan dihidupkan kembali. Diberitakan, para jenderal yang akan dipanggil oleh Pansus adalah Wiranto, Prabowo, Sutiyoso, dan Susilo Bambang Yudhoyono.

Menanggapi hal itu Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra Fadli Zon mengatakan, upaya tersebut adalah manuver politik dan operasi politik.

"Pernyataan Ketua Pansus yang akan memanggil mantan jenderal dalam waktu dekat merupakan langkah politik untuk kepentingan jangka pendek, bukan usaha untuk menegakkan hukum dan hak asasi manusia (HAM)," katanya.

Fadli mengatakan, manuver politik oknum DPR tersebut semakin kentara karena belum apa-apa sudah menyatakan tidak bermuatan politik. "Muncul secara tiba-tiba, tidak ada angin tidak ada hujan. Usaha menghidupkan kembali Pansus juga terkesan dipaksakan, padahal masa sidang DPR akan segera berakhir. "Motivasinya apa?," katanya.

Fadli justru menyatakan berbagai upaya tersebut justru menandakan Prabowo dan Gerindra makin besar. Ia mengatakan, pohon yang besar maka akan semakin banyak angin yang menerpa.

Selain sosok Prabowo, figur Muchdi yang diadili karena diduga terlibat kasus pembunuhan terhadap aktivis HAM, Munir, juga menjadi beban masa lalu yang harus dijawab oleh partai berlambang kepala burung Garuda tersebut.


Target

Sementara itu mengenai target partai, Ketua Umum Partai Gerindra Prof Suhardi pernah menyatakan bahwa Gerindra menargetkan perolehan sebesar 20 persen dari 70 juta pemilih di Indonesia.

Target tersebut menurut Ketua Dewan Pembina Gerindra, Prabowo bukan tanpa alasan, sebagai partai baru Gerindra telah mendapatkan anggota cukup banyak.

"Sampai saat ini, berdasarkan laporan dari Dewan Pimpinan Daerah (DPD) dan Daerah Pimpinan Cabang (DPC) anggota Partai Gerindra telah mendekati angka lima juta. Sehingga bukan tidak mungkin pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2009 nanti, perolehan suara akan tercapai," kata Prabowo.

Mengenai banyaknya jumlah anggota, Prabowo beralasan, merupakan keberhasilan dari menjalankan strategi yaitu mengkampanyekan partainya melalui media televisi sebelum Gerindra diumumkan sebagai salah satu peserta Pemilu 2009.

Selain itu kader partai juga konsisten untuk menyampaikan tujuan dan cita-cita kepada rakyat melalui pintu ke pintu dan dari hati ke hati.

"Saat ini dimana-mana terutama ketika saya bertemu wong cilik, orang akan mengatakan Gerindra. Ini merupakan bukti kepercayaan masyarakat akan semangat dan cita-cita membangun bangsa bersama rakyat," ujar Prabowo.

Dalam perebutan suara Pemilu 2009, tambahnya, tidak ada medali perunggu atau juara ketiga dalam urutan perolehan suara karena hanya sang pemenang yang dapat menentukan arah bangsa ini.

Saat ini Gerindra memang termasuk salah satu partai yang giat melakukan promosi besar-besaran. Promosinya, melalui media massa secara terus-menerus, memasuki ruang dan benak masyarakat. Iklan yang muncul hampir setiap hari itu juga memperlihatkan partai ini memiliki kemampuan dana.

Upaya partai mengiklankan diri mulai terlihat. Sebagai contoh, hasil jajak pendapat Lembaga Survei Nasional (LSN) menyebutkan, Gerindra dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sebagai partai baru terpopuler.

Direktur Eksekutif LSN Umar S Bakry mengemukakan, berdasar jajak pendapat pada 20-27 September 2008 di 15 kota besar di Indonesia terhadap 400 responden, Gerindra dan Hanura menduduki peringkat teratas dari sepuluh partai baru peserta Pemilu 2009.

"Dari 400 responden, 65,4 persen mengaku mengenal Gerindra dan 51,9 persen mengenal Hanura, dibandingkan delapan partai baru lainnya," ungkap Umar.

Dia menambahkan, di luar Gerindra dan Hanura tidak ada satu partai baru pun yang popularitasnya melewati angka 30 persen.

Umar mengatakan, selain didukung strategi kampanye dan sosialisasi yang baik berbasis finansial kuat, nama besar Prabowo menjadi modal efektif bagi tingginya popularitas kedua partai tersebut.

Sementara itu survei Lembaga Survei Indonesia yang melibatkan 1.249 responden dan dilaksanakan 8-20 September 2008 menunjukkan partai-partai baru tidak berhasil tampil sebagai kekuatan elektoral baru, kecuali Gerindra yang mendapat dukungan sebanyak 3,2 persen dan Partai Hati Nurani Rakyat 1,2 persen.


Ekonomi Kerakyatan

Mengenai perjuangan partai, dalam deklarasi partai terasa sekali partai tersebut prihatin terhadap kondisi masyarakat kecil saat ini.

Deklarasi partai menyebutkan, mayoritas rakyat masih berkubang dalam penderitaan, sistem politik tak kunjung mampu merumuskan dan melaksanakan perekonomian nasional untuk mengangkat harkat dan martabat mayoritas rakyat Indonesia dari kemelaratan.

Bahkan dalam upaya membangun bangsa, dalam perjalanannya Indonesia telah terjebak sistem ekonomi pasar. Sistem ekonomi pasar telah memporak-porandakan perekonomian bangsa, yang menyebabkan situasi yang sulit bagi kehidupan rakyat dan bangsa.

Hal itu berakibat menggelembungnya jumlah rakyat yang miskin dan menganggur. Pada situasi demikian, tidak ada pilihan lain bagi bangsa ini kecuali harus menciptakan suasana kemandirian bangsa dengan membangun sistem ekonomi kerakyatan.

Partai Gerakan Indonesia Raya adalah partai rakyat yang mendambakan Indonesia yang bangun jiwanya, dan bangun badannya. Partai Gerakan Indonesia Raya adalah partai rakyat yang bertekad memperjuangkan kemakmuran dan keadilan di segala bidang.

Mengenai sistem ekonomi yang ingin dibangun, Prabowo Subianto mengingatkan agar jangan meninggalkan ekonomi kerakyatan karena sistem pasar bebas yang tak terkendali terbukti malah menimbulkan bencana bagi rakyat banyak.

"Setelah krisis ekonomi global ini, AS sendiri mengakui bahwa pasar bebas yang tak terkendali malah menimbulkan bencana bagi rakyat banyak. Kapitalisme murni hanya menguntungkan segelintir orang," katanya.

Ia menambahkan, kekeliruan yang selama ini dilakukan meski pemerintahan berganti berkali-kali karena yang selalu dibela adalah konglomerat besar yang belum tentu membawa kebaikan bagi rakyat banyak.

Gerindra, kata Wakil Ketua Umumnya Fadli Zon, bertekad mengoreksi sistem ekonomi liberal kapitalistik tanpa kontrol yang selama berjalan karena tidak mampu menyejahterakan rakyat.

"Sistem ekonomi kerakyatan yang sesuai dengan konstitusi UUD 1945 semakin ditinggalkan. Gerindra akan mengusung kembali sistem ekonomi kerakyatan dan mengoreksi haluan yang tak sesuai konstitusi," katanya.

Hal tersebut, katanya, merupakan salah satu rekomendasi hasil Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Gerindra.

Fadli mengatakan, sistem ekonomi kerakyatan merupakan sistem yang mampu menopang kemandirian nasional dengan cara menghapus utang lama dan menolak ketergantungan pada utang baru.

"Sistem ekonomi kerakyatan juga menjadikan koperasi sebagai pilar utama ekonomi bangsa, dan memajukan usaha mikro, kecil dan menengah," katanya.

Partai Gerindra, lanjutnya, bertekad mewujudkan swasembada pangan untuk menjamin ketersediaan pangan yang cukup serta menjamin kelangsungan usaha pedagang pasar tradisional dan kaki lima untuk mengurangi pengangguran.

Selain itu, katanya, swasembada energi juga harus diwujudkan dengan mengembangkan energi alternatif yang berasal dari komoditi perkebunan.

Gerindra juga merekomendasikan penghentian penjualan aset-aset negara melalui privatisasi dan mengembangkan BUMN.

Di bidang politik dan hukum, Gerindra merekomendasikan untuk mengoreksi sistem demokrasi liberal yang tidak sesuai dengan jati diri bangsa, mengoreksi pelaksanaan otonomi daerah yang menyimpang dari tujuannya serta memberantas korupsi tanpa tebang pilih. (*)


Kepengurusan
Ketua Dewan Pembina : Prabowo Subianto
Ketua Dewan Penasihat : Moerdiono
Ketua Umum : Prof. Dr. Ir. Suhardi, M.Sc
Sekretaris Jenderal : Ahmad Muzani
Nomor Urut : 15

Alamat
Jl. Brawijaya IX No. 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12160
Telepon : 021-72795478
Fax : 021-7395154
Website : www.partaigerindra.or.id

COPYRIGHT © 2008

Bunuhdiri dan Sakit Jiwa Meningkat di Korsel yang Dibelit Krisis

Seoul (ANTARA News) - Situasi ekonomi yang suram dituding sebagai penyebab meningkatnya gelombang bunuhdiri di Korea Selatan, situasi yang mengulang dampak krisis finansial Asia pada 1997-1998 di negara itu, laporan berita menyatakan pekan ini.

Para pakar medis menyatakan sakit mental juga telah merebak di sini, di tengah terjungkalnya pasar saham pada waktu belakangan ini.

Kantor berita Yonhap melaporkan seorang pria berusia 47 tahun di Gwangju, Korea Selatan barat daya, melakukan bunuhdiri Minggu lalu setelah menderita kerugian besar dalam investasinya di pasar saham.

Ia ditemukan tergantung di kamar mandi apartemennya, Jumat, kata Yonhap, mengutip laporan polisi setempat.

Pria itu menanamkan modalnyua di pasar saham dengan nilai 370 juta won atau sekitar Rp 3 miliar pada dua tahun lalu.

Namun demikian, pria mengalami kerugian dua pertiganya dari modalnya akibat jatuhnya pasar saham.

"Mereka yang mengalami depresi cenderung menyalahkan diri sendiri bila segala hal menjadi kacau. Mereka menyiksa diri akibat kehancuran pasar saham, sekalipun krisis itu merupakan krisis global," katanya.

Bertindak atas petunjuk keluarganya, polisi menemukan pria itu menulis surat pemberitahuan bunuhdiri di mobilnya yang diparkir di tempat sepi, dengan seutas kabel melingkar di lehernya.

Istrinya dapat diselamatkan setelah minum pil tidur di rumahnya.

Pada 9 Oktober, seorang karyawan berusia 32 tahun dari sebuah perusahaan jasa keamanan ditemukan menggantung diri di sebuah penginapan di Seoul, juga tampaknya aksi bunuhdiri terkait dengan tumbangnya pasar saham, kata Korea Times.

"Suami saya terus berkata dirinya bersalah di depan keluarga dan ingin mati saja," kata istrinya kepada polisi.


Modal pinjaman amblas

Pada hari yang sama polisi berhasil menggagalkan upaya bunuhdiri sepasang suami-istri berusia 60 tahunan, tulis Korea Times.

Mereka meminjam 100 juta won dari sebuah perusahaan sekuritas pada Oktober lalu, dan menanamkannya semua di pasar modal dan modal mereka amblas seketika.

"Sekitar 20 persen pasien saya mengeluhkan kepedihan yang mendalam akibat kejatuhan pasar saham. Itulah alasannya mengapa mereka mengalami depresi," kata Ha Jee-Hyun, seorang psikiater di RS Universitas Konkuk kepada AFP.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan pekan lalu bahwa krisis ekonomi global kemungkinan akan menyebabkan naiknya angka bunuhdiri dan sakit mental, dengan banyak orang sedang berjuang mengatasi kerugian akibat disitanya rumah mereka atau lenyapnya penghasilan mereka.

Indeks utama Korea Selatan, KOSPI, telah merosot lebih dari separuhnya dari rekor tinggi 2.085 poin pada Nopember tahun lalu, terutama akibat obral saham dari para investor asing. Penjualan asing mencapai 34,3 triliun won hingga sejauh ini pada 2008. (*)

COPYRIGHT © 2008