Thursday, December 4, 2008

Ubuntu vs Vista

Sebulan lalu, Ubuntu 8,10 resmi diluncurkan, dengan fitur-fitur yang baru dan peningkatan kinerja lebih dari versi sebelumnya dan sangat signifikan. Serta yang jelas sistem operasi ini bebas, Ubuntu telah di-download. Dalam kondisi kekuatan yang secara kritis dapat menangkap atau jauh melebihi Sistem operasi desktopnya Microsoft - dan menjadi hambatan dan ancaman yang ampuh untuk perangkat lunak raksasa lainnya di pasar.



Koneksitas Ubuntu

Terhubung ke jaringan melalui Ethernet, Wi-Fi atau wireless broadband hanya dengan dengan dua klik - sebuah penampilan Ubuntu 8,10 yang dirilis beberapabulan terakhir.


Koneksi Vista

Dalam koneksi kabel Ethernet, Vista dalam banyak kasus koneksi - tidak ada pertanyaan yang diajukan dengan kata lain ...oke deh.... Tetapi sentuhan jari bolak-balik antara Ethernet dan WLAN, misalnya, harus mengklik bolak-balik dan menavigasinya melalui sejumlah menu, seperti "mendiagnosa dan perbaikan," yang dalam banyak kasus tidak diperlukan.



Ubuntu menyambut semua "user Guest"

Fitur "guest" di ubuntu sangat mudah dan intuitif. Ubuntu terbuka dengan semua jenis pc maupun sharing dengan komputer yang lainya dari penggunaan besar - enterprise- hingga pengguna rumahan -pribadi. Ubuntu juga memberikan fasilitas gambar pada user "guest", dan bisa disimpan dan digunakan dimanapun

...weh la..kok bisa...sip..sip..sip



Vista memperbolehkan pemakai tamu namun...

Vista memang ada akun guest namun tanpa gambar, dan cara membuat akun baru pun sangat tidak user friendly atau bahasa indonesianya ramah terhadap penggunanya...nah lo.



Aplikasi yang mendukung Ubuntu

Tidak mengherankan kalau Office tidak bisa dijalankan du Ubuntu, namun respon cepat dari pengembang opensource juga dapat dibanggakan dengan mengupgrade openoffice nya hingga bisa berjalan selayaknya aplikasi office, meskipun begitu baru 80% memang dibandingkan aplikasi Windos, seperti Microsoft Access yang mungkin baru akan dikembangkan di Ubuntu, meskipun begitu hal ini sudah cukup bagus dan mencengangkan.



Aplikasi yang diusung Vista

Cukup lama untuk menemukan dan memenuhi aplikasi yang support dengan vista, sekarang memang sudah hadir Microsoft Office 2007, namun juga dengan biaya tambahan yang signifikan tidak seperti OpenOffice dan IBM Symphoni yang jelas murah dan tidak bayar malahan. Lantas mau apa jika ada yang gratis dan bagus, memnuhi standar lagi?



Multimedia di Ubuntu

Silahkan cek sendiri, semua perlengkapan standar multimedia ada disini, sekarang sudah support flas, mp3, ipod, dan player yang sudah pre install, cek sendiri aja kehebatan Ubuntu dalam fasilitas multimedia, keren coy.


Vista Multimedia

Dalam banyak kesempatan, Windows multimedia disupport oleh Microsoft Windows Media Center Edition dengan selera XP, yang sangat bagus dan terpelihara dengan baik, serta dalam banyak laporan yang ada menjadi suatu media yang sangat mudah dan enak untuk dipergunakan. Namun perkembangan yang bagus ini seakan terhenti setelah Media Center Editions di launching, karena Microsoft membatasi diri dalam perkembangannya atau dibiarkan saja, nah pada kesempatan ini Linux dan Ubuntu menangkap kesempatan tersebut dengan manis.

Performa Ubuntu

Saat dicoba oleh Geekbench 2 benchmarking, Ubuntu memperlihatkan performa yang luar biasa, hampir tidak ada kekurangan, dan sangat lebih baik dibandingkan dengan Vista meskipun sudah dilakukan dengan konfigurasi dan spesifikasi hardware yang sama.

Performa Vista

Seperti windos biasanya yang pasti berjeda dan agak goblok, Vista memerlukan hardware yang baru, spesifikasi tinggi dan memori minimal 1 GB, bayangkan Vendornya aja memberi saran untuk memakai memori 2 GB, jelas sangat beda jauh dengan linux yang tidak macem-macem. Meskipun dengan Memori yang besar toh vista dalam benchmark yang dilakukan oleh Geekbench kalah jauh dengan Ubuntu 810




Ubuntu Jelas Murah

Anda pengin Ubuntu silahkan download saja, dan Ubuntu versi 810 jelas sangat stabil dan memiliki kemampuan yang ....silahkan deh coba sendiri.


Vista Jelas lebih mahal

Mau pilih yang mana, vista ultimate atau bisnis, harganya satu hingga dua juta belum lagi tambahannya, Microsoft terlalu menghargai kepintaran dan skill untuk keuntungannya. Tapi sekarang lihat Linux apalagi Ubuntu yang bukan saingannya Vista tapi mungkin sepadan dengan Windows 7, mulailah cemas hai para pekerja di Redmont, anda hanya bisa ngiler nantinya, dan kepintaran anda seharusnya disumbangkan utuk kebaikan ilmu pengetahuan, bukan untuk dijadikan uang dan memperkaya diri, ingatlah bahwa semua kepintaran itu milik yang maha kuasa, dan semoga kamu cepat sadar, atau hancur. Meskipun kamu sudah mendapatkan laba yang super banyak masih saja kamu mencari tambahan, dasar.

sumber http://www.crn.com/software/212201252;jsessionid=5AS3EHDLC0RBQQSNDLOSKH0CJUNN2JVN?pgno=1