Monday, December 1, 2008

Tips, jika ditodong di ATM

Saat ini sudah banyak sekali ATM-ATM di pelosok kota, bahkan kadang di pinggir jalan raya yang jauh dari pemukiman warga, di kampus, dan celakanya juga kadang tidak ada satpam yang menjaganya, namun malah tukang parkir partikelir yang sebenarnya tanpa dia pun kita bisa parkir dengan aman.

Nah letak ATM yang kadang nylempit dan jauh dari pemukiman atau lalu lintas orang berjalan, plus rasa kepedulian lingkungan sosial kita yang semakin berkarat ini, karena kesibukan dan capeknya membuat dapur ngebul buat keluarga kita. Menambah peluang yang bagus untuk para penjahat nangkring di ATM untuk mencari korban, meskipun di ATM sendiri biasanya ditaruh kamera tersembunyi, namun apa kita tahu kamera tersembunyi beroperasi atau rusak.

Bukan itu saja sebenarnya yang mengancam keselamatan kita sebenarnya, karena memang semu di desain tidak ramah keselamatan, seperti lampu untuk fasilitas umum, penerangan jalan yang seadanya, so jaga diri adalah modal utama hidup di Indonesia, karena kita tidak pernah dijamin oleh negara, bahkan kadang negara yang merasa terancam oleh rakyatnya yang meminta fasilitas atau hak atas nama keselamatan jiwa. Dan kadang ini dibisniskan oleh orang yang kebetulan memiliki wewenang untuk hal ini.

Namun Bank atau lembaga swasta kadang lebih mengerti dan tips yang saya dapat dari erabaru untuk keselamatan anda jika ditodong di ATM atau apalah adalah :
Anda bisa minta pertolongan diam-diam dengan memberikan nomor pin secara terbalik,misal no asli pin anda 1414 input 4141 di ATM maka mesin akan mengeluarkan uang Anda, juga tanda bahaya ke kantor polisi tanpa diketahui penjahat tersebut. Fasilitas ini tersedia di seluruh ATM.