Wednesday, November 5, 2008

Proposal Google Microsoft Disetujui

Wicak Hidayat - detikinet

Jakarta - Proposal yang didukung oleh Google, Microsoft dan beberapa pihak lain, mendapatkan persetujuan. Ruang kosong frekuensi televisi pun siap dimanfaatkan untuk internet nirkabel yang memiliki jangkauan sangat luas.

Proposal tersebut disetujui oleh Federal Communications Commission (FCC), otoritas yang mengatur penggunaan frekuensi di Amerika Serikat. Seperti dikutip detikINET dari SFGate, Rabu (5/11/2008), FCC secara bulat menyetujui proposal yang mengajukan penggunaan frekuensi kosong.

Google, Microsoft, Hewlett-Packard, Motorola dan banyak pihak lain telah beberapa tahun mengajukan pemanfaatan ruang kosong pada frekuensi yang digunakan untuk siaran televisi. Ruang yang disebut 'white space' itu adalah wilayah yang tidak digunakan oleh televisi siaran analog di AS.

Proposal tersebut mengajukan agar white space yang ada bisa digunakan untuk akses data nirkabel berkapasitas besar. Diyakini frekuensi yang terbuka nantinya bisa digunakan untuk lebih memajukan akses internet nirkabel.

Perusahaan siaran televisi adalah termasuk yang menentang proposal tersebut. National Association of Broadcasters mengatakan penggunaan white space ditakutkan akan mengganggu siaran televisi analog. Selain itu artis seperti Dolly Parton mengatakan ada potensi gangguan pada perangkat mikrofon nirkabel.

Keunggulan frekuensi yang baru saja dibuka itu adalah jangkauannya yang jauh lebih luas dari WiFi. Hal ini memungkinkan penyebaran broadband nirkabel hingga wilayah yang saat ini masih kesulitan.

Perangkat yang nantinya bisa memanfaatkan frekuensi tersebut disyaratkan harus mampu mendeteksi sinyal televisi analog yang ada di suatu lokasi dan menghindari interferensi.

( wsh / wsh )