Tuesday, November 4, 2008

Pengendara Motor Berpotensi Struk di Wajah

Selasa, 4 November 2008 - 11:53 wib

Prasetyo Adhi - Okezone

PENGENDARA motor harus lebih berhati-hati, sebab angin yang menerpa wajah dalam jangka waktu lama dan terus-menerus, berpotensi menimbulkan penyakit stroke wajah atau biasa disebut Bell's Palsy (Facial Palsy).

Bell's Palsy (Facial Palsy) adalah kelainan di mana saraf wajah (dikenal dengan sebutan Saraf Ke-7 atau Cranial Nerve, yaitu saraf yang mengontrol pergerakan wajah. Posisinya berada sekitar 1 jari di depan telinga kiri, kanan Anda) tidak berfungsi dengan baik, kaku, atau paralize. Akibatnya salah satu bagian wajah seperti tertarik atau mencong. Penyakit ini biasa terjadi di kota atau negara bersuhu dingin.

Kelainan ini dapat menyerang pada orang-orang yang mengendarai motor tanpa helm yang menutup wajah dengan rapat, terlalu lama berada di dalam ruang ber-AC, terkena semburan AC dan kipas angin langsung ke wajah, atau mandi air dingin di malam hari.

Penyebab Bell's Palsy, yakni angin yang masuk ke dalam tengkorak atau foramen stilo mastoideum. Angin dingin ini membuat saraf di sekitar wajah sembab lalu membesar. Pembengkakan saraf nomor tujuh atau nervous fascialis ini mengakibatkan pasokan darah ke saraf tersebut terhenti. Hal itu menyebabkan kematian sel sehingga fungsi menghantar impuls atau rangsangnya terganggu. Akibatnya, perintah otak untuk menggerakkan otot-otot wajah tidak dapat diteruskan.

Biasanya penderita mengalami gejala awal rasa nyeri di kepala, di dalam telinga dan sudut rahang. Timbulnya mendadak dan di pagi hari. Karenanya dokter saraf menyarankan, agar para pengguna motor menggunakan helm jenis full face. Lupakan help half face apalagi help proyek, karena hanya melindungi mata. Pilih helm yang tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar.

Selain itu gunakanlah jaket tertutup, jika perlu tambahkan dengan rompi pelindung dada untuk melindungi dari terpaan angin. Bagian dada juga butuh proteksi, karena angin dingin saat berkendara bisa membuat organ terganggu dalam waktu yang lama. Pakai windshield di motor jika memungkinkan. Karena penggunaan windshield di beberapa motor dinilai cukup membantu menahan terpaan angin ke dada.
(ton)

http://autos.okezone.com/index.php/ReadStory/2008/11/04/53/160498/pengendara-motor-berpotensi-struk-di-wajah