Sunday, November 16, 2008

Chrome, browser Google

Browser baru besutan Google.Inc ini sudah di opensource kan, sehingga pengembangannya dapat lebih bebas dan bagi programer yang konsktruktif dan kreatif dapat mengembangkannya lebih jauh sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Chrome ini memiliki banyak sekali fasilitas yang baru, menggunakan mesin daleman besutan Webkit yang juga opensource karena menurut pengembangnya chrome mereka terkesima dengan kecepatan yang dimiliki oleh webkit, yang juga banyak browser sudah mengaplikasikannya misalnya Safari, Mozilla, Yahoo Messengger, dan lain sebagainya terutama yang berbasis linux. 

Dalam pembukaannya saja para pengembang mengatakan bahwa ini bukanlah sekedar browser untuk membuka halaman web, namun adalah sebuah aplikasi yang bukan hanya stabil namun juga aman dan cepat. Ramani di hackosphere.blogspot.com juga mereviu dan mengatakan bahwa Chrome ini bukan hanya sekedar browser saja namun adalah semacam sistem operasi, karena di dalam Chrome ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang sangat kaya. Dan saya dalam keterbatasannya mencoba mengiming-imingi menggunakan browser dengan alasan seperti di bawah ini.

Adapun kelebihan-kelebihan dan pembaharuan Chrome adalah : 
  1. Tata letak yang baru, desain dengan tab yang berada diatas bukan tanpa alasan, karena dalam chrome ini satu tab mewakili satu proses, sehingga masing-masing tab tidak saling tergantung namun berdiri sendiri-sendiri, ssehingga apabila satu tab hang atau macet tidak akan menutup semua browser atau tab yang lainnya. Tab ini dapat digeser dan menjadi satu jendela tersendiri.
  2. Open in a new tab, bukanlah hanya membuka jendela baru namun juga sesuatu yang baru dan bersih dimana semua favorit akan di showcase, dan kemungkinan halaman yang anda inginkan akan ada di sidebar kanan, menurun ke bawah.
  3. Tab yang memiliki proses tersendiri sekaligus dapat memberitahu bagian mana proses yang tidak benar, sehingga ketika kita tutup tab tersebut otomatis hal-hal yang menganggu tadi akan tereliminasi, dengan kata kunci "placing a blame where blame belongs", untuk menghindari fitnah dan bukan seperti pemerintah kita yang "blaming on the victim", ....salahe kalah mesti ora bener tak sikat kowe sisan....
  4. Kecepatan dengan menggunakan webkit, javascript dan v8 yang dipasang di dalam sehingga memotong proses render java di virtual machine dan dilakukan di browser sendiri dengan cakupan jawascript yang baru untuk mesin virtual yang lebih besar. Melanjutkan tim V8 dari Denmark yang sangat expert itu dengan memori manajemen yang diperbaiki. dan bila diperlukan kode javascript yang digunakan jika harus ia akan segera diproses juga melalui V8.
  5. Anda dapat menarik tab keluar dari browser untuk membuat jendela baru, mengumpulkan beberapa tab dalam satu jendela, atau mengatur tab sesuai keinginan dengan cepat dan mudah
  6. Gunakan aplikasi Web tanpa membuka browser. Cara pintas aplikasi dapat langsung digunakan untuk membuka aplikasi online favorit Anda. Saat ini sudah ada aplikasi Google docs, misalnya, dan Chrome ini untuk mendukung hal-hal seperti itu, di masa depan mungkin komputer kita hanya kosong tidak usah menginstal office yang mahal itu, namun aplikasi tersedia di internet, dan yang mendukung untuk itu saat ini hanyalah Chrome.
  7. Tidak ingin halaman yang dikunjungi ditampilkan di riwayat Web Anda? Pilih mode penyamaran untuk penelusuran secara pribadi, setelah browser ditutup seluruh history yang ada akan lenyap.
  8. Di Google Chrome, Anda dapat membuka apapun di web dengan satu kotak. Panel alamat, yang terdapat di bagian atas jendela Chrome biasa, meringkas kerepotan ber-Internet karena berfungsi ganda sebagai kotak penelusuran. Anda juga dapat menggunakan panel alamat untuk menandai situs Web dan mengetahui keamanan situs Web. 
  9. Mode pencarian : Ketik permintaan pencarian pada panel alamat, kemudian panel tersebut secara otomatis menyarankan permintaan terkait dan situs Web populer berdasarkan input. (Google Suggest merupakan layanan default yang memberikan saran otomatis, kecuali jika mesin pencari default menggunakan layanan alternatif.)
  10. Aman, Chrome akan mengupate situs-situs berbahaya (malware dan phising) tiap detiknya dan akan diberitahukan kepada anda demi keamanan anda bertransaksi, mencatat penggunakan credit card, mengetik username dan password login ke bank anda, dan lain sebagainya. Permision akan mengucilkan malware dalam menginstal sendiri dirinya, dalam chrome ini disediakan Sandbox yaitu ruangan virtual untuk proses masing-masing tab, dan akan hilang semuanya ketika tab tersebut ditutup.
  11. Shortcut, Aplikasi webmail gmail misalnya dapat anda letakkan di desktop atau dimanapun anda menginginkannya, hanya dengan fitur gear yang menjadi salah satu andalan chrome.
  12. Adress bar nya bernama omnibox
  13. Pop up, disimpan dipojokan bawah tab yang memprosesnya, dan jika anda memerlukannya dengan mouse anda bisa klik dan ups akan muncul dalam jendela yang baru.
  14. Download yang lebih ringan, dan tidak menganggu proses yang lainnya
Begitulah kiranya browser besutan google yang bagus ini, namun belum dapat diaplikasikan secara total karena internet belum siap untuk memberikan layanan seperti adobe photoshop via google atau internet saat ini masih belum siap menggunakannya. Bayangkan telkom aja mencari keuntungan dengan memahalkan internet dan lain-lain, eh malah google menginginkan internet yang asik seperti ini.

Betapa indahnya jika dengan google chrome ini, kita bisa mengetik dan menggambar dalam satu browser namun dengan tab yang berbeda...kemungkinan memang para penyedia internet akan bisa melakukannya dalam beberapa tahun mendatang, dan rumah kita tetap bersih tanpa harus menyediakan hardisk yang besar.