Saturday, November 29, 2008

Catatan Rilis BlankOn 4.0 - Meuligoe

Info dari pengembang open source di Indonesia yang langsung saya kutip dari websitenya (http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/4/CatatanRilis) slahkan membaca dan hidup opensource Indonesia:

BlankOn Linux adalah distribusi Linux yang dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Komunitas Ubuntu Indonesia demi menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia.

Dengan menghadirkan filosofi, kemudahan, dan kehandalan yang ditawarkan Ubuntu Linux sebagai distribusi aslinya, BlankOn Linux dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

BlankOn 4.0 Meuligoe yang menggunakan kata "Meuligoe" sebagai nama kodenya, dibuat dengan menggunakan Ubuntu Intrepid Ibex (8.10) sebagai basis utamanya.

Kata Meuligoe (cara baca: meu-ligo) berdasarkan kutipan resmi Kamus Bahasa Aceh merupakan tempat kediaman, atau bangunan tambahan yang terdapat pada bangunan utama, yang biasanya terdapat di bagian paling depan dari sebuah bangunan (teras) tanpa dinding dengan tiang pilar yang banyak, yang fungsi utamanya untuk memuliakan tamu yang berkunjung, dan juga bisa digunakan sebagai tempat bertukar pikiran (Sumber: Bukhari Daud dan Mark Curie). Meuligoe kadang juga bisa diartikan sebagai istana. Namun ada juga yang mengistilahkan Meuligoe sebagai pendopo. Dari sumber yang bisa dipercaya mengatakan Meuligoe itu memiliki arti mahligai, dipakai sebagai sebutan untuk Istana Aceh (Meuligoe Aceh), yang sebelumnya disebut Darut Donya.

Meulige diproyeksikan menjadi tolak ukur perkembangan pemanfaatan penggunaan Perangkat Lunak Bebas/Terbuka (Open Source Software) di Aceh dan diharapkan mempermulus agenda migrasi OSS seperti yang direncanakan. Di samping itu perkembangan Meuligoe juga diharapkan dapat membantu/mendukung secara keseluruhan terciptanya masyarakat madani di Indonesia yang bersahaja dalam penggunaan perangkat lunak.

BlankOn 4.0 Meuligoe memiliki dua varian untuk dapat menjangkau pengguna komputer dari tipe mutakhir hingga para pengguna komputer lama yang memiliki keterbatasan. Varian-varian tersebut diberi nama Standar dan Minimalis. BlankOn 4.0 Meuligoe memiliki dua alternatif instalasi yaitu Live CD dan alternate (instalasi dalam mode teks).

Dalam BlankOn 4.0 Meuligoe ini BlankOn mendapatkan bantuan dari Yayasan Air Putih dan YPLI untuk mengadakan Tantangan BlankOn 2009 yang ditujukan kepada masyarakat umum.

Fitur BlankOn 4.0

Umum

  • Menggunakan basis Ubuntu 8.10 dengan ribuan perangkat lunak yang tersedia pada repositori dalam jaringan.
  • Linux kernel 2.6.27, GNOME 2.24, GIMP, Inkscape, Gnucash dan masih banyak lagi.
  • Antarmuka pengguna yang menggunakan Bahasa Indonesia.
  • Dukungan multimedia yang lebih baik, Anda dapat langsung memutar mp3 dan DVD sesaat selesai menginstal BlankOn 4.0.
  • Tema dan tampilan grafis yang khas Indonesia.
  • Menggunakan memori swap virtual dengan modul kernel compcache yang memungkinkan LiveCD berjalan mulus walau RAM terbatas

Versi Standar

  • OpenOffice?.org 2.4
  • Peramban web Firefox 3
  • Program surat elektronik Evolution

Versi Minimalis

  • Abiword dan Gnumeric untuk aplikasi perkantoran
  • Peramban web Epiphany
  • Program surat elektronik Thunderbird
  • Program peramban Wikipedia tanpa jaringan Daluang (tahap ujicoba).

Tangkapan Layar BlankOn 4.0 Meuligoe

http://www.blankonlinux.or.id/screenshot.html

Kebutuhan perangkat keras

Untuk instalasi Standar dibutuhkan RAM minimal sebesar 256 MB dan untuk minimalis 128 MB. Semakin besar RAM yang tersedia, semakin cepat proses instalasi.

Unduh BlankOn 4.0 Meuligoe

BlankOn 4.0 Meuligoe dapat diunduh dari halaman Unduh pada situs www.BlankOnLinux.or.id, baik dari situs utama maupun dari situs cermin lainnya.

Pindah dari Ubuntu 8.10 (Intrepid Ibex)

Untuk memigrasikan sistem dari Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex ke BlankOn 4.0 Meuligoe, pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagaimana dijelaskan pada halaman Intrepid ke Meuligoe.

Upgrade dari BlankOn 3.0 (Lontara)

Untuk memigrasikan sistem dari BlankOn 3.0 (Lontara) ke BlankOn 4.0 Meuligoe, pengguna dapat melakukan langkah-langkah sebagaimana dijelaskan pada halaman Lontara ke Meuligoe.

Informasi lain berkenaan dengan instalasi dan peningkatan versi (upgrade) dari sistem lama Silakan baca panduan upgrade Ubuntu 8.10 Intrepid Ibex.

Umpan balik & Partisipasi

Proyek BlankOn selalu terbuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin terlibat dan berperan aktif dalam pengembangan BlankOn Linux. Informasi untuk berpartisipasi di BlankOn dapat Anda baca pada halaman ini:

http://groups.google.com/group/BlankOn/web/bagaimana-berpartisipasi

Bila Anda menemukan masalah dan bugs pada rilis BlankOn 4.0 Meuligoe beta ini dipersilakan untuk membuat laporan bugs melalui:

http://dev.blankonlinux.or.id/newticket

Dan jika Anda memiliki pertanyaan atau membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai BlankOn, Anda dapat menanyakannya langsung kepada para pengembang BlankOn yang berada di:

http://groups.google.com/group/BlankOn

Masalah yang diketahui

  • Ada sedikit masalah saat melakukan upgrade dari Lontara ke Meuligoe. Silakan merujuk ke halaman Lontara ke Meuligoe untuk informasi lebih lengkap.

Proyek perangkat lunak bebas/terbuka yang digunakan di Meuligoe

Berikut adalah daftar proyek perangkat lunak bebas/terbuka yang digunakan dalam BlankOn 4.0 Meuligoe:

Silakan juga bergabung dalam proyek-proyek di atas bila Anda tertarik untuk berpartisipasi.

Tentang YPLI

YPLI adalah organisasi nirlaba yang bergerak dalam pengembangan software dan sumber daya manusia di bidang Linux, Free Software, dan Perangkat Lunak Bebas/Terbuka (FOSS) di Indonesia.

Tentang Ubuntu Indonesia

Komunitas Ubuntu Indonesia merupakan komunitas para pengguna Ubuntu yang dibentuk untuk membantu mempromosikan Ubuntu di Indonesia. Saat ini Komunitas Ubuntu Indonesia telah secara resmi diakui sebagai Ubuntu Local Community (LoCo?) Team oleh Ubuntu.

Linux adalah merek dagang terdaftar milik Linus Torvalds. Ubuntu and Canonical adalah merek dagang terdaftar milik Canonical Ltd. Merek dagang dan hak cipta lain yang dirujuk catatan ini adalah kepunyaan masing-masing pemiliknya.

Tim pengembang BlankOn 4.0 Meuligoe mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak di bawah ini yang telah turut mendukung proyek BlankOn 4.0 Meuligoe. Daftar berikut diurut secara alfabetis: