Sunday, November 23, 2008

Beli Amerika, mumpung murah

Pemerintah Amerika Serikat membutuhkan USD 1.2 Milyar untuk membail out sistem finansialnya saat ini, dan kemungkinan pada bulan-bulan mendatang akan lebih banyak lagi. Pertanyaannya adalah darimana angka ini didapatkan dan uang segitu banyak akan didapat darimana?.

Saya tidak bisa menjawab pertanyaan itu, karena begitu Amerika krisis finansial, maka seluruh dunia terkena imbasnya, dan mengapa semua terkena, ini adalah karena rezim devisa, dan penguasaan pasar modal yang membabi buta. Dan pertanyaan yang terpenting lagi adalah Siapa yang membutuhkan Amerika ketika nanti negara itu ambruk?, pertanyaan aneh memang...

Memang saat ini kita belum begitu merasakan berkah krisis ekonomi Amerika ini, tapi para pembesar negeri ini atau orang-orang high class yang memiliki modal dan dollar mungkin sudah merasakannya dan mendapatkan keuntungan finansial dari turunnya nilai rupiah kepada Dollar Amerika. Imbas kepada kere-kere Indonesia mungkin tidak akan ada rasanya karena sejak lahir hingga saat ini sudah kere, masih hal biasa jika tidak memiliki uang setiap hari ataupun tabungan karena ke Bank pun tidak pernah sama sekali. Puji Tuhan....selamatkan kami.

Berkah dari krisis global ini adalah harga-harga akan turun dan seharusnya pajak atau pungutan dari negara juga akan turun atau sebaiknya dihilangkan untuk menggenjot geliat ekonomi kelas bawah dan UKM-UKM yang daya tahannya cuma harian. Namun jika harga-harga di Negara ini tidak turun dan pajak malah dinaikkan, inilah nanti yang akan membuat bom pertanyaan anak bangsa, mengapa negara ini semakin memberatkan rakyat kecil tapi orang kaya saja yang dibantu, sebagai contoh adalah kasus BUMI Resources milik salah satu dinasti orang kaya di negeri yang kaya raya juga ini.

Berkah yang lainnya adalah jika kemudian harga turun maka kita bisa menabung, dan untuk menolong negara Amerika Serikat yang rakyatnya menjadi penghibur kita di televisi setiap harinya itu, maka bisalah kita membeli Surat Utang Negara Amerika Serikat yang semoga nantinya bunganya tinggi, sekaligus membalas sakit hati kita kepada ketamakan negara yang dibangun dengan ego kapitalis itu, agar menjadi budak kita, dan pertanyaan selanjutnya adalah apakah ini bisa masuk dalam kategori jihad fisabililiah?, seharusnya ia karena tidak melukai dan membunuh orang tapi menolong sesama manusia. Amin.

Namun jika kita sudah membantu dengan membeli SUN Amerika sebagaimana yang kita lakukan dengan membeli ORI, jika Amerika Serikat kemudian bangkrut total lagi, karena uang negaranya yang disikat oleh para spekulan, maka kita hanya akan gigit jari saja, karena untuk menagih utang kesana kita tidak bisa, biayaanya sangat mahal sekali....hahahhaha....dan mungkin negara itu akan membayar dengan serangan para marinirnya yang hebat...dan matilah kita. Atau kita hanya dikirimi film-film yang asik dari Asia Carrera, yang entah dia kena krisis sperma atau tidak.

Tulisan ini hanyalah sekedar inspirasi buat tertawa...amin.

Photo:Illustration for TIME by Jon Krause