Tuesday, October 28, 2008

Pertahanan Terbaik adalah Keadilan Sosial

Menhan: Pertahanan Terbaik adalah Keadilan Sosial
Media Advisory, INFID – Jakarta (28/10) – Berbicara dihadapan peserta Konferensi INFID ke-15, Menteri Pertahanan, Juwono Sudarsono, menekankan pentingnya landasan social ekonomi dalam mendorong berhasilnya reformasi di sektor keamanan. Ketika masalah kemiskinan sudah bisa diatasi termasuk juga beban ekonomi aparat keamanan, maka harapan untuk terwujudnya keamanan bisa diraih.
Keberhasilan reformasi sektor keamanan memiliki beberapa prasyarat, meliputi aparat keamanan seperti polisi dan jaksa memiliki infrastruktur yang kuat, pemberdayaan aparat senetral mungkin dan juga memperhatikan landasan hak asasi manusia secara utuh. Dimensi reformasi sektor keamanan harus ditempatkan pada pemberdayaan aparat secara ekonomi agar aparat bisa menjalankan kepentingan umum. Menurut Menhan ‘ the best defense is social justice’ atau pertahanan terbaik adalah keadilan social.
Menanggapi paparan yang disampaikan oleh Juwono Sudarsono, beberapa peserta konferensi menanyakan pandangan Juwono Sudarsono terkait dengan realitas kemiskinan yang terus meningkat saat ini. Bahkan salah satu peserta dari Serikat Petani Pasundan menanyakan mengenai konsepsi keadilan sosial sebagai bentuk sistem pertahanan yang paling baik dengan semakin maraknya penangkapan petani karena konflik agraria oleh aparat keamanan.
INFID melihat beberapa proses reformasi sektor keamanan yang sudah dimulai dengan memisahkan TNI dan Polri di tahun 1998, masih membutuhkan jalan panjang. Termasuk membutuhkan keberpihakan aparat keamanan di lapangan guna mewujudkan rasa aman bagi masyarakat miskin, demi mewujudkan makna demokrasi yang sesungguhnya. (nik)