Thursday, October 30, 2008

HP Virtualization

Jakarta - Hewlett-Packard (HP) mengenjot penawaran produk dan layanan untuk teknologi virtualisasi Microsoft. Kedua perusahaan memang berkolaborasi membuat sebuah pusat teknologi. 

Virtualisasi belakangan konon sedang ngetren di industri Teknologi Informasi. Teknologi itu disebut bisa mengurangi biaya dan risiko. "Karena, Virtualisasi kini telah berkembang dari sekadar teknologi taktis menjadi strategi transformasi utama," kata Aman Dokania, General Manager, Infrastructure Software, Technology Solutions Group, HP Asia Pacific and Japan dalam siaran pers yang diterima detikINET, Kamis (11/9/2008). 

Terkait dengan kerjasamanya dengan Microsoft, HP pun menggenjot produk-produk yang disebut cocok untuk lingkungan virtualisasi berbasis teknologi Microsoft. Ini termasuk server HP ProLiant dan HP BladeSystem, HP StorageWorks dan HP Thin Client, serta HP software. 

Saat ini HP dan Microsoft sedang mengembangkan pusat teknologi di Reston, Virginia, Amerika Serikat. Pusat gabungan HP dan Microsoft ini diperuntukkan bagi pasar negara-negara bagian Amerika Serikat.

Selain produk, HP juga menawarkan pelatihan dan pendidikan bagi perusahaan yang akan menerapkan virtualisasi tersebut. Ini termasuk pelatihan di kelas, pelatihan online secara langsung, e-learning yang dapat dipelajari sendiri serta beragam pilihan pembelajaran informal.

Teknologi Microsoft dalam virtualisasi adalah Microsoft Windows Server 2008 Hyper-V dan Microsoft Hyper-V Server. Disebutkan bahwa HP ProLiant adalah salah satu platform yang digunakan Microsoft dalam pengujian dan pengembangan sistem tersebut.