Saturday, November 1, 2008

HM Misbach; Kisah Haji Merah

Jakarta - Buku berjudul HM Misbach; Kisah Haji Merah ditarik Kejaksaan Agung (Kejagung). Buku yang semula karya skripsi seorang mahasiswa Fakultas Filsafat UGM Nor Hiqmah itu tidak boleh beredar karena sampul buku bergambar palu arit yang identik dengan Partai Komunis Indonesia (PKI).

"Kemarin kami mendapat berita dari Gramedia Matraman, Kejagung datang dan meminta buku itu tidak dijual lagi dan dikembalikan kepada penerbit," kata Direktur Komunitas Bambu JJ Rizal kepada detikcom, Sabtu (1/11/2008).

Rizal mengatakan, saat datang ke Gramedia Matraman, Kejagung menanyakan apakah penggunaan gambar itu berizin atau tidak. Kejagung, kata Rizal, berpegang pada Tap MPR soal komunis yang melarang penggunaan atribut-atribut komunis.

"Buku itu langsung disingkirkan. Seluruh Gramedia se Indonesia akan ditarik. Tapi tidak bersamaan karena kan Gramedia juga perlu waktu," kata Rizal.

Rizal mengatakan, sampul buku yang bercerita soal tokoh dan pemikirannya itu memang bergambar
kami menerima HM Misbach yang diapit palu arit. Namun dia berdalih, tidak ada tujuan apapun dengan penggunaan gambar itu.

"Kami tidak memiliki gambar HM Misbach yang lain selain foto itu. Sepanjang penelitian kami, memang tidak ada gambar selain gambar itu," ujarnya.

(ken/gah)
http://www.detiknews.com/read/2008/11/01/131605/1029532/10/sampul-bergambar-palu-arit-buku-hm-misbach-ditarik-kejagung